Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
1. Cari Tahu Rute Terbaik dan Lokasi Walk In Interview
2. Riset Tentang Posisi yang Kamu Lamar
3. Siapkan Berkas Walk In Interview yang Diminta
4. Jangan Begadang atau Kurang Tidur!
5. Siapkan Pakaian Sopan dan Rapi
6. Jangan Lupa Sarapan / Makan Lebih Dahulu!
7. Pelajari Pertanyaan Walk In Interview
8. Perhatikan Sikap ketika Walk In Interview
9. Persiapkan Pertanyaan Saat Akhir Interview
10. Rencanakan Self-Reward setelah Interview

Walk In Interview : 10 Hal yang Wajib Kamu Siapkan!

walk in interview

Walk in interview. Sesuai dengan namanya, sistem interview yang satu ini bersifat langsung dan tidak memerlukan seleksi screening CV. Kandidat hanya perlu langsung datang dan bisa mengikuti proses interview. Dengan begitu, banyak pencari kerja yang melihat walk in interview sebagai golden ticket untuk mendapat pekerjaan impian.

Seusai pandemi, semakin banyak juga sesi walk in interview yang dijalankan perusahaan untuk menggaet para pencari kerja. Dari sisi perusahaan, jenis interview ini juga menjadi ajang untuk mencari calon pekerja dengan lebih cepat - terutama untuk posisi-posisi vital. Jika JULOvers hendak menghadiri walk in interview dalam waktu dekat, ada baiknya jika kesempatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin dengan persiapan matang.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan? Ini dia 10 persiapan yang wajib JULOvers lakukan sebelum menghadiri walk in interview dan juga interview pada umumnya.

1. Cari Tahu Rute Terbaik dan Lokasi Walk In Interview

walk in interview

Ketika mengikuti walk in interview dan interview pada umumnya, banyak orang yang menganggap remeh hal ini. Banyak yang beranggapan kalau lokasi perusahaan di office tower ternama memiliki akses yang mudah dijangkau segala jenis moda transportasi, padahal belum tentu.

Ada beberapa office tower yang tidak menyediakan akses parkir motor - sehingga untuk JULOvers yang membawa motor harus mencari area parkir umum terpisah. Kebayang kan bagaimana paniknya jika kamu sampai di venue walk in interview dalam waktu mepet?

Akan jauh lebih baik jika kamu mencari tahu terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya dengan aplikasi navigasi seperti Google Map. Dari sana, kamu bisa mencari rute terbaik dan moda transportasi yang sesuai - sehingga kamu bisa langsung satsetsatset pas hari H.

Atau kamu juga bisa menggunakan layanan taksi online dan ojek online untuk mencapai venue walk in interview  seperti Grab / Goride. Dompet lagi seret? Udah mending langsung daftar instant JULO Kredit Digital dan pakai limitnya buat top-up OVO dan GoPay. Bayarnya bisa cicil belakangan sampai 9 bulan!

pinjol-mudah-cair-2023

2. Riset Tentang Posisi yang Kamu Lamar

walk in interview

Sebelum mengikuti walk in interview dan interview pada umumnya, sangat penting bagi kamu untuk riset terlebih dahulu tentang posisi yang kamu lamar. Selain cari tahu tentang posisi, kamu juga wajib riset tentang latar belakang perusahaan yang kamu lamar. Kedua hal ini merupakan beberapa hal dasar dari setiap interview kerja.

Ingat, walk in interview benar-benar bertumpu pada pengalaman interview yang terjadi di venue - sehingga impresi ketika bertemu sengat menentukan. Tentunya, kamu tidak ingin diingat sebagai kandidat yang tidak kompeten karena hah hoh hah hoh pada saat ditanya mengenai latar belakang posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Cukup sediakan waktu googling beberapa menit dan amunisi dasar kamu pas interview sudah siap!

3. Siapkan Berkas Walk In Interview yang Diminta

walk in interview

Hal selanjutnya yang wajib kamu siapkan sebelum walk in interview adalah berkas-berkas wawancara. Pastikan kamu sudah mempersiapkan hal ini sebelum hari H dan mengecek kembali undangan yang kamu dapat. Walau mungkin kamu sudah mengirimkan CV melalui e-mail, banyak perusahaan yang juga tetap meminta kamu untuk print CV sebagai pegangan.

Selain CV, terkadang ada juga walk in interview yang mewajibkan beberapa surat tambahan seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau portfolio untuk beberapa posisi khusus. Jangan sampai kamu abai mengecek dan tidak membawa kelengkapan yang diminta, karena pasti akan berdampak pada penilaian interview, JULOvers!

Baca Juga: Kredit Online, Yuk Kenal JULO Kredit Digital Lebih Jauh!

4. Jangan Begadang atau Kurang Tidur!

walk in interview

Seringkali perasaan tegang dan nervous menghampiri sebelum hari walk in interview dan pastinya membuat kamu sulit untuk tertidur karena terpacu oleh hormon Adrenalin. Walau sekilas terlihat remeh, kurang tidur dapat berdampak serius pada performa interview kamu karena ikut memengaruhi kondisi mood dan daya ingat dalam jangka waktu pendek. Gawatnya lagi, dua hal tersebut cukup diperlukan dalam menghadapi sesi interview.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menyiasati waktu tidur sebelum hari walk in interview. Menurut penelitian dari Oxford University, kamu bisa menerapkan prinsip 15 menit - jika kamu belum bisa tertidur dalam waktu 15 menit, bangun dari ranjang dan lakukan aktivitas lain sampai kamu merasa capek / mengantuk. Jika kamu tetap berbaring di atas ranjang, kamu akan semakin sulit mengantuk karena badan kamu sudah menganggap ranjang sebagai tempat untuk bangun. Selain itu, kamu juga wajib mematikan lampu dan sebisa mungkin buat kamarmu sejuk dengan AC.

Bagaimana kalau AC lagi rusak atau tidak dingin padahal dompet lagi pas-pasan? Udah langsung aja daftar cepat JULO Kredit Digital dan check-out AC di e-commerce favorit kamu. Tenor fleksibel s/d 9 bulan, limitnya juga leluasa sampai 15 juta - bisa bebas deh pilih AC yang kamu mau!

 

walk in interview

5. Siapkan Pakaian Sopan dan Rapi

walk in interview

 

Jangan sampai salah kostum - hal ini juga berlaku di semua acara, termasuk walk in interview. Jangan sampai kamu menggunakan pakaian asal atau berantakan ketika menghadiri sesi interview. Menjadi suatu peraturan dasar untuk selalu memakai pakaian sopan dan rapi ketika mengikuti sesi walk in interview - seperti padanan kemeja dan celana/rok bahan.

Lantas, apakah pakaian sopan dan rapi saja sudah aman untuk walk in interview? Aman tapi sayangnya belum cukup. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa aspek penampilan kamu yang lain, seperti tidak menggunakan parfum yang menyengat serta atur gaya rambut yang rapi. Untuk mengatur rambut dengan cepat, kamu bisa siap sedia pomade / hair powder di tas ketika datang ke venue walk in interview.

6. Jangan Lupa Sarapan / Makan Lebih Dahulu!

walk in interview

Jangan pernah menghadiri walk in interview dengan perut kosong! Hal ini sering kali dilewatkan oleh para pencari kerja karena sudah keburu nervous atau gugup pada saat harinya - sehingga sama sekali tidak merasa lapar. Padahal kurang asupan makanan bisa memengaruhi kemampuan otak dalam memberikan tanggapan dan lebih mudah merasa stress. Ironisnya, walk in interview sendiri termasuk salah satu momen yang cukup membuat stress - sehingga kurang makan pasti akan memberikan dampak negatif ke tubuh.

Kalau benar-benar tidak merasa lapar, kamu bisa sekedar makan roti untuk mengganjal perut. Dengan begitu, fungsi tubuh kamu tidak terganggu dan kamu bisa siap menghadapi walk in interview! Tidak hanya itu, hindari juga makanan yang pedas dan asam atau minuman yang mengandung kafein. Tentunya kamu tidak ingin pecah konsentrasi karena nahan mules ketika interview.

7. Pelajari Pertanyaan Walk In Interview

walk in interview

Datang walk in interview tanpa mempelajari kemungkinan pertanyaan terlebih dahulu merupakan dosa terbesar yang bisa dilakukan para pencari kerja - terutama dari kalangan fresh graduate. Satu hal yang wajib diingat, menjawab pertanyaan ketika interview sangat berbeda dengan interaksi sehari-hari pada umumnya - walau sekilas bisa terlihat sama.

Seperti contohnya, permintaan Perkenalan Diri pada saat interview tidak dapat dijawab dengan jawaban sehari-hari seperti hobi dan biodata personal. Pada saat tersebut, kamu perlu menjelaskan kompetensi, pengalaman serta kontribusi yang bisa dibawa ke dalam perusahaan tempat kamu melamar. Jangan sampai malah jawaban kamu terkesan kosong dan terlalu over-sharing ketika sesi walk in interview.

Di zaman sekarang ini, sangat mudah bagi JULOvers untuk mencari tahu daftar pertanyaan interview pada umumnya. Cukup dengan googling atau browsing pada kebanyakan job portal yang ada di pasaran - seperti Glints, Jobstreet atau Kalibrr.

Baca Juga: SIAGA PENIPUAN - Penipuan Berkedok JULO Lewat Lowongan Kerja Bodong

8. Perhatikan Sikap ketika Walk In Interview

walk in interview

Manners maketh man - istilah ini juga berlaku pada saat kamu mengikuti walk in interview. Walaupun kamu bisa menjawab semua pertanyaan interview dengan sangat baik, sikap yang kurang baik dapat sangat memengaruhi, bahkan menganulir hasil interview di akhir. Karena pada akhirnya perusahaan mencari orang-orang yang dapat menjaga sikap, mampu berkolaborasi serta membawa suasana kerja menjadi positif.

Hindari sikap serta gestur yang kurang lazim ketika melakukan walk in interview - seperti terlalu menyender di bangku, berpangku dagu atau sambil makan dan merokok. Jika kamu ingin terlihat standing out, cara terbaik adalah dengan memberikan jawaban interview yang berbobot - bukan bersikap tidak wajar di depan penanya.

9. Persiapkan Pertanyaan Saat Akhir Interview

walk in interview

Pada saat mengikuti walk in interview, kamu juga wajib mempersiapkan pertanyaan pada saat akhir interview kepada penanya. Walau banyak orang yang beranggapan kalau sesi interview adalah proses satu arah dari perusahaan ke kandidat, sebenarnya tidak demikian loh JULOvers! Kamu juga berhak untuk mengetahui perusahaan tempat kamu akan bekerja lebih jauh dan inilah saat yang tepat.

Tidak tahu harus bertanya apa pada akhir sesi walk in interview? Kamu bisa bertanya balik kepada penanya mengenai kesan mereka selama bekerja di perusahaan tersebut, tentunya dengan sopan. Dengan demikian, kamu juga bisa mengetahui insight dari orang dalam untuk pertimbangan kamu dan kamu juga dinilai sebagai kandidat yang antusias. Sekali dayung dua pulau pun terlampaui.

Baca Juga: Pinjol Mudah Cair 2023: Ini Dia 12 Rekomendasi untuk Kamu!

10. Rencanakan Self-Reward setelah Interview

walk in interview

Pernah merasakan lemas sekujur badan setelah melaksanakan interview atau walk in interview? Hal ini ternyata merupakan hal yang normal karena keseluruhan proses interview dinilai sangat menguras kondisi mental seseorang - yang dikenal dengan istilah interview fatigue. Apalagi kalau kamu sedang gencar melamar kerja, JULOvers harus pintar-pintar dalam mengistirahatkan mental serta tubuh setelah walk in interview. Salah satu caranya adalah dengan merencanakan self-reward.

Selain mengistirahatkan mental, mermiliki rencana self-reward setelah walk in interview juga berguna untuk menjaga kondisi mood kamu ketika interview. Dengan demikian, kamu akan lebih bersemangat dan antusias yang juga berdampak pada performa kamu. Self-reward juga tidak harus berbentuk barang atau makanan mahal, bisa kamu sesuaikan dengan hal yang lagi kamu inginkan - seperti Basreng depan gang atau sesederhana momen ngumpul bareng sohib / bestie di sore hari. Wah, memikirkannya aja udah bikin bersemangat ya!

Tapi untuk JULOvers yang misal pengen self-reward dengan makanan spesial atau pergi makan bareng keluarga padahal dompet lagi tipis, bisa banget langsung daftar JULO Kredit Digital. Limit maksimal 15 juta rupiah, bisa dipakai untuk tarik dana dan juga isi e-wallet. Bayarnya? Bisa dicicil fleksibel sampai 9 bulan!

pinjol-mudah-cair-2023

Nah, berikut 10 tips ampuh yang bisa kamu ikuti dalam mempersiapkan walk in interview yang mungkin sudah di depan mata JULOvers! Apapun hasilnya, tetap semangat dan salut untuk JULOvers karena sudah menyiapkan walk in interview dengan sepenuh hati!

Yuk saatnya hidupkan hidupmu dan #SIAPMELESAT dengan JULO Kredit Digital yang bisa penuhi segala kebutuhanmu setiap saat, termasuk ketika lagi walk in interview!

dana tunai

Ada Kebutuhan Tambahan Kala Interview?

Semangat buat kamu yang lagi proses cari kerja! Apapun kebutuhanmu, JULO siap membantu finansial kamu sampai dapat kerja yang kamu impikan!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza