Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Tips Membuka Warung Sembako
1. Membuat Rincian Modal Usaha
2. Lakukan Riset Kompetitor
3. Buat Laporan Pembukuan Keuangan
4. Mencari Pemasok Tangan Pertama
5. Menata Barang dengan Baik
6. Dekor Toko dengan Warna Cerah
7. Pastikan Pencahayaan Terang
8. Buat Layanan Pesan Antar
Apa Saja Isi Warung Sembako?
Bikin Usaha dengan Tarik Dana di JULO

Ini 7 Tips Membuka Warung Sembako yang Laris!

warung sembako

Membuka warung sembako bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan, terutama di daerah pemukiman yang padat penduduk. Dengan kebutuhan masyarakat akan barang-barang pokok yang selalu ada, peluang usaha ini tetap cerah sepanjang waktu. 
Namun, agar warung sembako Anda bisa laris dan menarik banyak pelanggan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. 
Baca sampai habis untuk mempelajari tips membuka warung sembako yang laris!

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Tips Membuka Warung Sembako

Untuk memastikan warung sembako Anda dapat bersaing dan menarik banyak pelanggan, Anda perlu mempersiapkan berbagai aspek dengan matang. Mulai dari perencanaan modal hingga penataan toko, semua faktor ini berperan penting dalam kesuksesan usaha Anda. 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuka dan mengelola warung sembako yang laris.

1. Membuat Rincian Modal Usaha

Sebelum memulai usaha, penting untuk membuat rincian modal usaha yang dibutuhkan. Hitung dengan detail biaya untuk sewa tempat, pembelian barang dagangan, perlengkapan toko, serta biaya operasional lainnya seperti listrik dan air. Memiliki rincian modal yang jelas akan membantu Anda dalam mengatur anggaran dan menghindari kekurangan dana di tengah jalan.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

2. Lakukan Riset Kompetitor

Riset kompetitor sangat penting untuk memahami pasar dan menemukan keunggulan kompetitif bagi warung sembako Anda. Amati bagaimana warung sembako lain di sekitar Anda beroperasi, jenis produk apa yang mereka jual, harga yang mereka tawarkan, dan strategi promosi yang mereka gunakan. Dengan informasi ini, Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih baik dan menarik pelanggan lebih banyak

3. Buat Laporan Pembukuan Keuangan

Membuat laporan pembukuan keuangan yang rapi dan teratur sangat penting untuk memantau kesehatan finansial usaha Anda. Catat semua transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran, secara detail setiap hari. Dengan pembukuan yang baik, Anda dapat dengan mudah mengevaluasi kinerja usaha dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

4. Mencari Pemasok Tangan Pertama

Untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif dan meningkatkan margin keuntungan, carilah pemasok tangan pertama. Pemasok tangan pertama biasanya menawarkan harga lebih murah dibandingkan dengan pemasok perantara. Jalin hubungan baik dengan pemasok Anda untuk mendapatkan penawaran khusus dan keunggulan lainnya.

5. Menata Barang dengan Baik

Penataan barang yang baik akan membuat warung sembako Anda lebih menarik dan memudahkan pelanggan menemukan produk yang mereka butuhkan. Atur barang berdasarkan kategori dan pastikan label harga terlihat jelas. Penataan yang rapi juga membantu menjaga stok barang dan memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan inventaris.

Baca Juga: Tips Strategi Pemasaran yang Efektif

6. Dekor Toko dengan Warna Cerah

Dekorasi toko dengan warna-warna cerah dapat menarik perhatian pelanggan dan menciptakan suasana yang menyenangkan. Warna cerah seperti kuning, hijau, atau oranye dapat membuat toko terlihat lebih hidup dan menggugah minat belanja. Selain itu, warna-warna ini juga dapat meningkatkan mood pelanggan saat berbelanja.

7. Pastikan Pencahayaan Terang

Pencahayaan yang terang sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan berbelanja dan memastikan produk terlihat jelas. Gunakan lampu dengan cahaya putih yang cukup terang untuk menerangi seluruh area toko. Pencahayaan yang baik juga dapat menambah kesan bersih dan profesional pada warung sembako Anda.

8. Buat Layanan Pesan Antar

Menambahkan layanan pesan antar bisa menjadi nilai tambah yang menarik bagi pelanggan, terutama di era digital seperti sekarang. Sediakan opsi pemesanan melalui telepon atau aplikasi pesan instan, dan pastikan layanan antar yang cepat dan tepat waktu. Dengan layanan ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang mungkin tidak sempat datang langsung ke toko.

Apa Saja Isi Warung Sembako?

Warung sembako biasanya menyediakan berbagai kebutuhan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Berikut adalah beberapa produk yang sebaiknya tersedia di warung sembako Anda:

  • Beras dan bahan pokok seperti gula, garam, tepung terigu, dan minyak goreng.
  • Makanan dan minuman instan
  • Bumbu dapur
  • Produk Kebersihan seperti sabun mandi, sabun cuci, deterjen, sampo, dan pasta gigi.
  • Perlengkapan rumah tangga
  • Camilan dan makanan ringan
  • Produk lainnya seperti telur, sayuran segar, buah-buahan, dan produk olahan lainnya sesuai dengan kebutuhan pelanggan di sekitar.

Bikin Usaha dengan Tarik Dana di JULO

JULO Kredit Digital adalah solusi ideal untuk Anda yang butuh pinjaman modal usaha dengan cepat dan aman. Sudah berizin OJK, JULO menawarkan keamanan dan kepercayaan dengan limit kredit hingga 15 juta rupiah dan tenor cicilan fleksibel hingga 9 bulan.

Keunggulan JULO:

  • Bunga Rendah dan Transparan: Bunga hanya 0,1% per hari sesuai standar AFPI, tanpa biaya tersembunyi.
  • Penagihan Adil: Proses penagihan sesuai aturan, transparan, dan manusiawi.
  • Fleksibilitas Pembayaran: Sesuaikan tanggal cicilan dengan tanggal gajian Anda untuk kemudahan pembayaran pinjaman online.

JULO Kredit Digital memberikan solusi praktis dan transparan untuk kebutuhan modal usaha Anda. Jadi, segera bergabung dengan JULO sekarang juga!

Mulai Bisnis Makin Mudah dengan JULO!

Dapatkan modal usaha hingga Rp50 juta dengan cicilan fleksibel s/d 9 bulan!

Artikel Lainnya