Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!

Akun Fintech aman - Seiring berkembangnya teknologi saat ini, segala komunikasi menjadi semakin canggih, cepat, dan mudah. Dengan internet, kita disuguhi berbagai macam kenyamanan lifestyle; hanya dengan sentuhan jari, kita bisa mengakses berbagai aplikasi untuk belanja, transportasi, membeli tiket online, kuliner, dan alat pembayaran.

Tak ketinggalan dengan aplikasi keuangan atau sering disebut dengan Financial Technology hadir dengan menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi tanpa sulit dan ribet. Salah satunya JULO Kredit Digital, yang memberi kemudahan limit kredit digital hingga 15 juta dengan bunga 0,1% per bulan, juga berizin OJK. Ditambah lagi, banyak fitur kredit digital - dari bayar tagihan listrik, isi dompet digital sampai bayar e-commerce - yang bisa kamu manfaatkan dalam kemudahan genggaman smartphone.

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!
Tips agar akun Fintech aman

Tentu JULO selalu mengedepankan keamanan akun para JULOvers, karena tak dapat dipungkiri banyak penjahat di internet yang selalu berusaha mencari celah lengah para penggunanya. JULO mempunyai beberapa tips untuk mencegah para penjahat mengganggu keamanan akun.

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!

Baca Juga: Penipuan Berkedok JULO, Kenali 4 Modus Jahat Berikut!

6 Tips agar Akun Fintech Aman

Untuk senantiasa menjaga keamanan akun Fintech milik JULOvers, berikut 6 tips yang sudah JULO rangkum spesial untuk JULOvers:

1. Buat PIN yang Tidak Umum atau Sulit Ditebak agar Akun Fintech Aman

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!
Akun Fintech Aman (source: Pexels)

Pada aplikasi fintech, biasanya kita diminta untuk mengaktifkan suatu set nomor PIN (Personal Identity Number) sebagai pengganti password. Seringkali kita tergoda untuk menggunakan suatu set nomor yang sama untuk setiap akun kita. Akan lebih baik jika kebiasaan tersebut mulai ditinggalkan ya JULOvers untuk keamanan akun kamu!

Hindari juga set PIN yang terlalu sederhana atau mudah ditebak seperti tanggal lahir diri sendiri atau orang terdekat. Kamu dapat menggunakan kombinasi PIN yang tidak umum dengan formula yang hanya kamu tahu agar tidak sembarang orang mudah masuk ke akun kalian.

2. Hindari Akses WiFi Publik untuk Transaksi agar Akun Fintech Aman

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!
Akun Fintech Aman (source: Pexels)

Ketika berada di tempat umum, kita kerap kali dihadapkan dengan tawaran akses wifi publik atau wifi gratis. Bukannya tidak boleh digunakan, akan lebih baik jika JULOvers tidak mengakses aplikasi keuangan dan fintech ketika menggunakan akses wifi tersebut karena faktor keamanan yang tidak optimal.

Untuk mengakses aplikasi fintech pribadi, JULOvers dapat menggunakan akses wifi privat atau pribadi karena akan jauh lebih aman. Jika tidak ada akses wifi, JULOvers dapat menggunakan akses mobile data untuk sementara.

Baca Juga: Begini Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

3. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!
Akun Fintech Aman (source: Pexels)

Walau sekilas sederhana, jangan pernah memberitahu siapapun data-data pribadi kamu ke pihak yang tidak berkepentingan. Hal ini termasuk nama lengkap, alamat rumah, nomor HP, alamat email, nomor KTP, nomor NPWP, nama orang tua, dan lain-lain.

Oleh karena itu, akan sangat tidak dianjurkan bagi JULOvers untuk menjabarkan data pribadi ke platform umum seperti media sosial atau review suatu aplikasi. Jika ada keluhan atau pertanyaan, JULOvers dapat menyampaikan kelengkapan data tersebut melalui channel privat kepada Customer Service seperti e-mail.

4. Waspada Penipuan Phising

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!
Akun Fintech Aman (source: Pexels)

Phising adalah media online tiruan, bisa dalam bentuk website atau aplikasi yang menyerupai aslinya. Apabila kamu mendapat kiriman link website atau aplikasi yang mencurigakan, cek dulu keasliannya - yaitu mulai dari alamat URL-nya atau cek keaslian sumber aplikasinya (Google Play atau App Store). Jika mencurigakan, jangan sekali-kali mengklik link tersebut karena salah-salah data kamu bisa langsung berpindah tangan seketika.

5. Lakukan Transaksi Hanya dari Aplikasi

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!
Akun Fintech Aman (source: Pexels)

Banyak penipuan terjadi melalui SMS, e-mail atau telepon yang mengaku resmi dari pihak fintech. Entah memberi Virtual Account atau nomor rekening palsu. Bahkan beberapa juga menjanjikan iming-iming yang nampak menggoda - seperti limit besar atau bunga 0%. Pastikan JULOvers hanya melakukan transaksi yang ada atau tertulis pada aplikasi.

6. Hubungi Call Center Aplikasi

Akun Fintech Aman, Ikuti 6 Cara Ampuh Ini!
Akun Fintech Aman (source: Pexels)

Jika melihat atau menemukan keanehan dari aplikasi fintech-mu, kamu bisa segera menghubungi call center aplikasi tersebut. Perlu diingat, jangan sampai kalian termakan pesan dari call center palsu. Untuk JULO Kredit Digital, e-mail resmi julo selalu berakhiran @julo.co.id

  Berikut daftar akun resmi media sosial dan Customer Service JULO:

Sebagai pengguna gawai yang pintar dan bijak, kita juga harus belajar untuk melindungi diri sendiri dari para penjahat yang selalu punya cara untuk meretas segala akses keamanan online kita. Jadi, JULOvers harus selalu waspada dengan cyber crime yang ada di sekitar agar akun kita tetap aman!

Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital dan tetap jaga Akun Fintech Aman!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-17   |   

Memahami Manajemen Risiko Keuangan

Pahami apa itu manajemen risiko keuangan dan caranya, mulai dari mengidentifikasi resiko hingga mengevaluasi strategi…

2022-06-16   |   

Cara Memilih Motor Matic Bekas, Jangan Sampai Salah Pilih

Sepeda motor bekas merupakan sebuah pilihan yang terbaik untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak uang. Sepeda…