Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Mengembangkan Hobi Menjadi Peluang Usaha?
1. Kenali Hobimu
2. Pilih Hobi yang Nilai Jualnya Tinggi
3. Cari Tahu Target Pasar yang Dituju
4. Rencanakan Bagaimana Bisnis Dijalankan
5. Gunakan Platform Online untuk Pemasaran
6. Bangun Branding
7. Lakukan Perhitungan dan Siapkan Modal
Apa Saja Hobi yang Bisa Menjadi Peluang Usaha?
1. Hobi Desain
2. Hobi Mengambil Foto
3. Hobi Menulis
4. Hobi Memasak
5. Hobi Makeup

Bagaimana Cara Mengembangkan Hobi Menjadi Peluang Usaha? Berikut Caranya

bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha

Bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha? JULOvers pasti memiliki hobi yang disukai, bukan? Ada begitu banyak hobi yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha. Tentu peluang usaha yang dilakukan dari hobi tidak bisa JULOvers lewatkan begitu saja. 

Jika bisa melakukan kesenangan sambil menghasilkan uang, mengapa tidak dilakukan? JULOvers pasti tidak akan merasa tertekan atau stres karena melakukan apa yang menjadi kesukaan. 

Sudah ada begitu banyak masyarakat yang mengembangkan hobi mereka menjadi usaha baik secara offline maupun online. Pada zaman ini memulai bisnis online sudah seperti tren yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat. 

Apakah JULOvers mengikuti tren satu ini? Membuka bisnis —khususnya secara online— sering kali menjadi pilihan karena dapat memberikan penghasilan tambahan. Apakah JULOvers memikirkan hal yang sama? Kalau iya maka informasi di artikel ini wajib dibaca hingga akhir. 

JULO telah mengumpulkan informasi penting yang perlu diketahui tentang bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha. Langsung simak selengkapnya di bawah ini, ya.

Bagaimana Cara Mengembangkan Hobi Menjadi Peluang Usaha?

Bagaimana Cara Mengembangkan Hobi Menjadi Peluang Usaha

Jadi bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha dengan nilai jual tinggi? Mengubah hobi menjadi peluang usaha sebenarnya tidak sulit. Tetapi kamu perlu mengeluarkan usaha supaya bisnis berhasil berkembang dan maju seiring berjalannya waktu. Setidaknya ada 7 cara mengubah hobi menjadi peluang usaha. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Kenali Hobimu

Kenali Hobimu

Hobi yang kamu punya tentu tidak hanya satu, bukan? Kenali semua hobi yang kamu punya lalu tuliskan satu per satu menjadi suatu daftar yang lengkap. Selagi mencatat hobi, tuliskan juga metode yang bisa digunakan untuk menjalankannya. Jangan lupakan perkiraan penghasilan yang bisa kamu dapatkan saat mengubah hobi-hobi tersebut menjadi bisnis. 

2. Pilih Hobi yang Nilai Jualnya Tinggi

Pilih Hobi yang Nilai Jualnya Tinggi

Catatan yang sudah dibuat sebelumnya kemudian dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih hobi yang memiliki nilai jual paling tinggi.

Baca Juga: Berbagai Sumber Peluang Usaha yang Bisa Didapatkan

Jika catatan sebelumnya tidak cukup maka kamu bisa mencari informasi tambahan seperti kelebihan dan kekurangan, jumlah kompetitor, target pasar, serta kebutuhan masyarakat. Mencari tahu informasi tambahan tersebut akan membantu kamu melihat hobi mana yang memiliki nilai jual tertinggi. 

3. Cari Tahu Target Pasar yang Dituju

Cari Tahu Target Pasar yang Dituju

Menentukan target pasar sangat penting dilakukan agar kamu bisa membuat personalisasi produk dengan baik. Pasalnya setiap pelanggan memiliki preferensinya masing-masing yang tidak mungkin dipenuhi seluruhnya. 

Menetapkan suatu kelompok tertentu akan memudahkan kamu untuk memproduksi produk sesuai kebutuhan. Jadi potensi produk tidak terjual akan sangat kecil karena semuanya sudah disesuaikan dengan target pasar. 

4. Rencanakan Bagaimana Bisnis Dijalankan

Rencanakan Bagaimana Bisnis Dijalankan

Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan ialah membuat perencanaan bisnis yang akan dijalankan. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu dijawab untuk membantu kamu membuat perencanaan matang:

  • Produk seperti apa yang akan dibuat? 
  • Bahan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya? 
  • Keunggulan apa yang ingin ditonjolkan dalam produk yang kamu buat?
  • Metode seperti apa yang akan digunakan untuk menjual produk?
  • Berapa target keuntungan yang ingin didapatkan?

5. Gunakan Platform Online untuk Pemasaran

Gunakan Platform Online untuk Pemasaran

Pada tahap ini seharusnya kamu tidak akan kebingungan untuk memilih platform online yang akan digunakan dalam memasarkan produk. Dari semua informasi yang kamu punya mengenai target pasar, platform online apa yang sering mereka digunakan

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini 

Sebagai contoh, jika kamu memiliki target pasar dengan rentang usia 17 tahun - 30 tahun maka penggunaan media sosial bisa menjadi platform paling tepat. 

6. Bangun Branding

Bangun Branding

Membangun branding termasuk hal krusial karena dapat berdampak pada penjualan produk yang kamu lakukan. Branding yang baik perlu dibangun agar kredibilitas atau kepercayaan pelanggan terhadap produk tinggi. 

Jika kredibilitas didapatkan maka penjualan produk pasti akan mengalami peningkatan. Sebaliknya, saat kredibilitas buruk maka penjualan produk akan menurun. 

7. Lakukan Perhitungan dan Siapkan Modal

Lakukan Perhitungan dan Siapkan Modal

Terakhir, coba lakukan perhitungan menyeluruh terkait biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari biaya produksi, pemasaran, hingga pengiriman kepada pelanggan. Catat semua pengeluaran supaya kamu bisa memperkirakan jumlah modal yang perlu disiapkan. 

Selanjutnya kamu perlu menyiapkan modal agar bisnis dapat berjalan sebagaimana mestinya. Modal untuk usaha bisa kamu dapatkan dalam beberapa cara yaitu menggunakan uang pribadi, meminjam dari kerabat atau mengajukan pinjaman online seperti di JULO.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Modal Awal?

 

Pengajuan pinjaman di JULO sangat sederhana sehingga kamu tidak perlu direpotkan dengan proses yang sangat panjang. Proses pengajuan ini bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit. JULO juga sudah terbukti aman dengan adanya legalitas dari OJK.kredit digital Julo

Apa Saja Hobi yang Bisa Menjadi Peluang Usaha?

Apa Saja Hobi yang Bisa Menjadi Peluang Usaha

Apakah kamu sudah memiliki gambaran bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha? Jika masih kebingungan, coba perhatikan beberapa contoh hobi yang bisa menjadi peluang di bawah ini. 

1. Hobi Desain

Hobi Desain

Memiliki hobi desain tentu dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Desain apa yang sering kamu lakukan? Animasi, interior, atau grafis? Apa pun hobi desain yang kamu punya, semuanya bisa dijadikan peluang usaha. 

Apalagi hampir semua aktivitas saat ini beralih menjadi digital, jadi hasil desain kamu pasti sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, organisasi, dan pemerintahan. 

2. Hobi Mengambil Foto

Hobi Mengambil Foto

Berawal dari hobi mengambil foto langit serta interaksi yang ada di masyarakat, kamu bisa mengubahnya menjadi usaha yang menguntungkan. Saat ini ada begitu banyak perusahaan, organisasi, dan pemerintahan yang memerlukan jasa fotografi.

Kamu bisa memilih untuk menawarkan jasa foto produk, fotografer untuk berbagai acara penting, dan lain sebagainya. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Tertarik menekuni hobi satu ini?

3. Hobi Menulis

Hobi Menulis

Hobi menulis juga bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan lho! Sudah saatnya mengembangkan hobi menjadi sumber penghasilan, baik sampingan maupun utama. Kamu bisa mencoba menulis di blog, atau menjadi copywriting dan content writer bagi perusahaan serta pemerintah. 

4. Hobi Memasak

Hobi Memasak

Hobi memasak sudah pasti bisa dijadikan peluang usaha dan memiliki nilai jual yang tinggi. Pasalnya makanan atau minuman menjadi hal pokok yang selalu dibutuhkan setiap orang.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Jadi produk makanan yang kamu jual pasti akan laku. Kamu hanya perlu menyesuaikan rasa dan tampilannya untuk menarik target pasar yang dituju. 

5. Hobi Makeup

Hobi Makeup

Punya hobi mencoba berbagai produk kecantikan? Mengapa tidak kamu bagikan pengalaman menggunakan berbagai produk kecantikan tersebut? Kamu bisa menjadi influencer atau content creator yang membahas kecantikan. 

Jika tidak percaya diri berbicara di depan kamera maka kamu juga bisa membuka bisnis produk-produk kecantikan secara online. Pemahaman kamu tentang berbagai produk akan sangat berguna untuk meningkatkan penjualan. 

Jadi kini JULOvers sudah tahu bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha, bukan? Semua informasi tersebut bisa langsung kamu praktikkan untuk membuat bisnis online yang berhasil. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, JULOvers bisa menggunakan JULO untuk memenuhi kebutuhan modal usaha. Limit yang diberikan JULO cukup besar yakni mencapai Rp15.000.000. 

Tenornya bahkan cukup lama jika dibandingkan dengan platform pinjaman online lainnya. Fitur yang tersedia dalam JULO bisa kamu gunakan untuk tarik tunai, pinjaman paylater, hingga membayar tagihan online

Tidak perlu ragu menggunakan JULO karena keamanannya sudah terjamin dengan legalitas yang dikeluarkan oleh OJK. Tunggu apalagi? Sudah #SiapMelesat bersama JULO? Download aplikasi JULO Kredit Digital dan manfaatkan semua promo siap melesat sekarang juga! 

Semoga informasi mengenai bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha di atas bermanfaat bagi JULOvers, ya

Artikel Lainnya