Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja yang Dapat Menjadi Sumber Peluang Usaha?
1. Wawasan atau Pengetahuan
2. Pengalaman di Dunia Bisnis
3. Sumber Daya Manusia atau Kreativitas
4. Masalah yang Dihadapi
5. Permintaan Pasar
6. Melakukan ‘Upgrade’ pada Produk yang Sudah Ada
Bagaimana Cara Mengembangkan Sumber Peluang Usaha?
1. Melakukan Riset
2. Membuat Rencana Bisnis
3. Melakukan Pemasaran yang Tepat
4. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen
5. Mampu Beradaptasi dengan Pasar
6. Mengatur Modal dengan Baik
Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

6 Sumber Peluang Usaha yang Bisa Kamu Dapatkan

sumber peluang usaha

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi sumber peluang usaha, seperti faktor eksternal dan internal. Peluang usaha dapat dikatakan sebagai momen bagi para pengusaha untuk memajukan usaha yang telah mereka bangun. Dengan begitu, bisnis bisa berkembang dan mendapatkan banyak konsumen baru.

Seperti yang biasanya dikatakan orang, kesempatan atau peluang yang diberikan tidak akan datang dua kali. Maka dari itu, ketika sudah menemukan sumber peluang usaha, JULOvers harus memanfaatkannya sebaik mungkin agar dapat mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Lantas, faktor apa saja sih yang dapat menjadi sumber peluang usaha? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

bbc_btn_pinjaman

Apa Saja yang Dapat Menjadi Sumber Peluang Usaha?

apa saja yang dapat menjadi sumber peluang usaha

Seperti yang telah disebutkan, sumber peluang dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal. Pada sumber peluang usaha yang berasal dari faktor internal merupakan peluang usaha yang datang dari dalam lingkungan bisnis.

Sedangkan sumber peluang usaha yang berasal dari faktor eksternal adalah peluang usaha yang datang dari luar lingkungan bisnis. Biasanya, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah pengalaman pribadi seorang pengusaha.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi sumber peluang usaha, baik dari internal maupun eksternal:

1. Wawasan atau Pengetahuan

Wawasan atau pengetahuan merupakan sumber peluang usaha yang datang dari faktor internal. Seorang pengusaha atau wirausahawan membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang luas untuk dapat mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: Mari Mengenal 11 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

Pengetahuan tersebut termasuk cara mengelola bisnis hingga cara memasarkan produk agar konsumen dapat membelinya. Oleh karena itu, wawasan dan pengetahuan menjadi hal yang penting untuk mengembangkan sebuah bisnis.

2. Pengalaman di Dunia Bisnis

pengalaman di dunia bisnis

Pengalaman di dunia bisnis merupakan sumber peluang usaha yang datang dari faktor internal. Seseorang yang memiliki pengalaman sebelumnya di dalam dunia bisnis tentu akan lebih terampil dalam mengelola bisnisnya. Pasalnya, dia lebih tahu produk apa yang diinginkan di pasaran. Dengan begitu, dia juga akan lebih memiliki peluang untuk mengembangkan bisnisnya.

3. Sumber Daya Manusia atau Kreativitas

Sumber Daya Manusia atau Kreativitas

Sumber daya manusia atau kreativitas merupakan sumber peluang usaha yang datang dari faktor internal. Sumber daya manusia yang dimaksud di sini adalah orang-orang yang terlibat dalam pengelolaan dan berjalannya bisnis. Mereka dapat membantu kamu mengembangkan bisnis jika diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.

Selain itu, seorang pengusaha yang memiliki kreativitas tinggi juga dapat lebih mudah mengeluarkan ide untuk mengembangkan bisnisnya. Ide-ide kreatif yang dapat berguna untuk pengembangan bisnis salah satunya adalah yang terkait dengan cara-cara mempromosikan bisnis dan produknya.

4. Masalah yang Dihadapi

Berbeda dengan sumber peluang usaha yang sudah disebutkan di atas, masalah yang dihadapi adalah sumber peluang usaha yang datang dari faktor eksternal. Masalah atau fenomena yang terjadi di sekitar kita dapat dimanfaatkan menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis. Sebagai contoh, pada masa pandemi ini orang-orang jadi sulit untuk berbelanja atau membeli makanan keluar rumah, dengan begitu kamu bisa memanfaatkannya dengan menjual produk yang dijual secara online.

5. Permintaan Pasar

Permintaan Pasar

Permintaan pasar dapat menjadi sumber peluang usaha yang berasal faktor eksternal karena pengusaha dapat melihat besarnya permintaan pasar, sehingga dapat menciptakan produk yang sesuai dan diinginkan oleh pasar. Dengan begitu, bisnis yang telah diciptakan atau dijalankan oleh pengusaha bisa mendatangkan konsumen dengan sendirinya.

6. Melakukan ‘Upgrade’ pada Produk yang Sudah Ada

Melakukan ‘upgrade’ pada produk yang sudah ada merupakan sumber peluang usaha yang berasal dari faktor eksternal. Produk yang sudah tercipta dan jelas telah diminati oleh banyak orang bisa menjadi peluang bisnis untuk menciptakan hal ‘baru’. Sebagai contoh, sudah ada banyak produk minuman teh kekinian tetapi hanya memiliki varian rasa original saja. Agar konsumen tidak bosan, kamu dapat menambahkan varian rasa baru yang unik dan akan disukai banyak orang.

Bagaimana Cara Mengembangkan Sumber Peluang Usaha?

Bagaimana Cara Mengembangkan Ide dan Peluang Usaha

Setelah kamu bisa menemukan sumber peluang usaha yang dapat dimanfaatkan, selanjutnya masih ada banyak hal yang perlu dilakukan agar bisnis yang kamu mulai tidak berakhir sia-sia atau bisnis yang sudah dijalankan dapat berkembang lebih jauh. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan ide dan peluang usaha.

Baca Juga: Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Bisnis

Langkah-langkah untuk mengembangkan ide dan peluang usaha mencakup banyak hal, mulai dari melakukan riset, menyamakan persepsi dan ide kepada semua orang yang terlibat di dalam bisnis, hingga berhubungan dengan pelanggan secara langsung. Jika diuraikan satu per satu, langkah-langkah mengembangkan ide dan peluang usaha antara lain:

1. Melakukan Riset

Ada berbagai riset atau analisis yang harus dilakukan untuk mengembangkan ide dan peluang usaha. Oleh karena itu, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan riset, baik itu tentang pasar, pesaing, dan lain sebagainya.

Riset yang kamu lakukan harus relevan dengan sumber peluang usaha yang kamu temukan. Pikirkan tentang pertanyaan apa yang mungkin muncul ketika membicarakan mengenai ide dan peluang usaha tersebut. Pada tahap ini juga, kamu dapat mulai mencari tahu produk seperti apa yang dibutuhkan oleh orang-orang dan bagaimana cara menjualnya.

bbc_btn_pinjaman

2. Membuat Rencana Bisnis

Setelah melakukan riset, selanjutnya kamu perlu membuat rencana bisnis berdasarkan sumber peluang usaha yang telah ditemukan. Dalam mengembangkan ide dan peluang usaha, rencana bisnis ini meliputi perencanaan keuangan, konsep bisnis, sumber daya yang diperlukan, dan masih banyak lagi. Perencanaan yang matang akan membuat bisnis yang kamu jalankan lebih fokus dan lebih mudah untuk dikelola.

3. Melakukan Pemasaran yang Tepat

Pemasaran atau promosi dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan internet dan media sosial atau pemasaran digital.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Selain memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, biaya yang dibutuhkan juga jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan teknik pemasaran atau promosi konvensional.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Menjaga interaksi dan komunikasi yang baik dengan konsumen merupakan salah satu cara untuk mengembangkan ide dan peluang usaha. Cara terbaik untuk mendapatkan insight mengenai apa yang harus dikembangkan pada sebuah produk adalah dengan mendengarkan masukan-masukan pelanggan, sama halnya dengan ide dan peluang usaha.

5. Mampu Beradaptasi dengan Pasar

Dengan mengetahui apa saja yang sedang terjadi di pasar, kamu bisa lebih bijak dalam menentukan langkah selanjutnya dalam memanfaatkan sumber peluang usaha yang sudah ditemukan. Sebagai contoh, kamu dapat mengetahui langkah mana yang lebih baik antara melakukan inovasi produk atau malah membuat produk baru dari apa yang sedang terjadi di pasar.

6. Mengatur Modal dengan Baik

Sumber peluang usaha tidak akan dapat dimanfaatkan dengan baik jika kamu tidak dapat mengatur modal dengan baik pula. Semua rencana bisnis tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya modal. Oleh karena itu, kamu harus dapat mengelola modal untuk bisnis sebaik mungkin.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah dan Cepat

Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Jika JULOvers sudah melakukan semua hal di atas tetapi terhalang masalah modal yang kurang, tenang saja! Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo siap melesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya