Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha?
1. Menentukan Tujuan Bisnis yang Akan Dibangun
2. Melakukan Research Terkait Bisnis yang Akan Dijalankan
3. Mempelajari Kompetitor
4. Melakukan Kegiatan Pemasaran
5. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya
6. Melakukan Inovasi Produk
7. Memperluas Relasi Bisnis
8. Melakukan Penilaian dan Evaluasi Secara Berkala
Apa Saja Ide dan Peluang Usaha yang Menguntungkan Pada Tahun 2023?
Dapatkan Modal Usaha Lebih Mudah dengan JULO!

8 Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Bisnis

langkah-langkah-pengembangan-ide-dan-peluang-usaha

JULOvers harus memahami langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha sebelum memutuskan untuk menjalankan suatu bisnis. Kamu perlu membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu agar bisnis yang ingin dimulai nanti dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Melalui artikel ini, kamu akan memahami berbagai langkah dalam pengembangan ide dan peluang usaha. Selain itu, ada juga informasi lainnya seputar ide dan peluang usaha pada tahun 2023 yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi kamu.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Apa Saja Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha?

Dalam melakukan perencanaan bisnis, ada setidaknya 5 langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang perlu kamu lakukan.

1. Menentukan Tujuan Bisnis yang Akan Dibangun

tulisan plan pada blok kayu kecil

Mengapa kamu ingin menjalankan suatu bisnis? Apa tujuan kamu menjalankan bisnis tersebut? Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk dapat membuat rancangan bisnis yang ideal adalah dengan menentukan tujuan bisnis yang akan dibangun terlebih dahulu.

Setiap pebisnis tentu saja ingin menjalankan sebuah usaha untuk mendapatkan keuntungan. Namun, keuntungan seperti apa yang ingin kamu dapatkan? Berapa angka pasti keuntungan yang ingin kamu dapatkan dalam tahun ini atau mungkin 5 tahun ke depan?

Ada lagi berbagai pertanyaan lainnya untuk membantu kamu dalam menentukan tujuan bisnis seperti apakah bisnis tersebut ingin dikembangkan hingga dikenal di mancanegara? Atau kamu ingin membuat bisnis rumahan sederhana agar dapat berfokus pada pelanggan tetap? Tentukanlah tujuan bisnis yang kamu bangun agar dapat lanjut ke dalam langkah selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Uang Hasil Jualan

2. Melakukan Research Terkait Bisnis yang Akan Dijalankan

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan dalam mengembangkan ide dan peluang usaha adalah dengan melakukan research. Carilah informasi yang sebanyak-banyaknya terkait dengan bisnis yang akan kamu jalankan.

Tidak jarang orang yang hanya langsung terjun untuk membuka bisnis yang mereka inginkan tanpa melakukan research terlebih dahulu. Pada akhirnya, bisnis tersebut menjadi gagal atau bahkan sulit untuk berkembang.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Di dalam mencari informasi, kamu dapat melakukan berbagai cara. Cara yang paling simpel yang dapat kamu lakukan seperti menyebarkan kuesioner kepada orang-orang untuk meminta pendapat mereka terhadap bisnis yang ingin dijalankan. Jawaban-jawaban tersebut nantinya dapat membantu kamu dalam mengembangkan ide bisnis yang tepat.

3. Mempelajari Kompetitor

seseorang sedang mengetik di laptop

Siapa kompetitor bisnis kamu? Sudahkah kamu mengetahui siapa saja perusahaan yang termasuk ke dalam kompetitor? 

Sebagai pebisnis, kamu perlu mempelajari siapa kompetitor yang harus dihadapi. Dari sana, kamu juga dapat memahami bagaimana kompetitor menjalankan bisnis mereka, strategi pemasaran apa yang mereka gunakan untuk dapat menarik perhatian orang, berapa keuntungan yang didapatkan setiap bulannya, dan masih banyak lagi.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

4. Melakukan Kegiatan Pemasaran

Kegiatan pemasaran sangat penting untuk dilakukan agar bisnis yang akan kamu jalankan dapat dikenal oleh lebih banyak orang. Kamu dapat melakukan berbagai macam kegiatan pemasaran.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Saat ini, kita telah memasuki era digital di mana kegiatan pemasaran yang sering dilakukan oleh berbagai perusahaan adalah digital marketing. Digital marketing dapat menarik perhatian pengguna internet untuk menjadi calon potensial customer kamu.

5. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya

Pengembangan usaha tidak akan lepas dari peningkatan kualitas sumber daya perusahaan, baik itu bahan baku atau sumber daya manusia. Karena, semakin berkualitas bahan baku pembuat produk kamu dan semakin ahli sumber daya manusia perusahaanmu, maka kamu dapat menjalankan usaha dengan lebih baik.

Butuh tambahan dana? Ajukan Pinjaman Modal Usaha di JULO Kredit Digital sekarang! 

6. Melakukan Inovasi Produk

Melakukan Inovasi Produk

Inovasi produk erat kaitannya dengan pengembangan usaha; perusahaan yang tidak dapat melakukan inovasi biasanya akan kalah dari kompetisi.

Untuk dapat melakukan inovasi produk, kamu bisa mulai dengan mendengarkan keluhan atau masukan dari konsumen kamu. Selain perusahaan, pengguna produk kamu adalah pihak yang sangat mengerti kelebihan dan kelemahan produk kamu.

Kamu bisa memberikan angket atau survei untuk mencari tahu apa yang pelanggan cari dari produk kamu. Atau, kamu bisa langsung mewawancara beberapa dari konsumen kamu untuk mencari tahu apa-apa saja yang bisa dikembangkan dari produk kamu. Dengan begitu, inovasi produk kamu akan tepat sasaran dan tidak hanya dibuat berdasarkan keinginan perusahaan.

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

7. Memperluas Relasi Bisnis

Menjalankan usaha tidak hanya sekedar perkara operasional dan keuangan sehari-hari namun juga hubungan dengan pebisnis lainnya. Kamu memang harus fokus untuk mengembangkan produk kamu dan membuat proses bisnis kamu lebih efisien. Namun, relasi bisnis yang bagus dapat membantu sebuah bisnis juga.

Misalnya, kamu bisa mencari relasi bisnis dari industri yang menghasilkan bahan baku untuk produk kamu. Dengan begitu, bisa saja kamu mendapatkan bahan baku yang berkualitas terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah. Atau, kamu bisa mencari relasi bisnis yang dapat membantu kamu menghubungkan kamu dengan para pemodal. Jadi, di saat bisnis kamu membutuhkan modal dengan cepat, kamu memiliki banyak opsi untuk mencari modal.

Butuh tambahan dana? Ajukan Pinjaman Modal Usaha di JULO Kredit Digital sekarang! 

8. Melakukan Penilaian dan Evaluasi Secara Berkala

Langkah terakhir di dalam pengembangan ide dan peluang usaha adalah melakukan penilaian dan evaluasi secara berkala. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu mengetahui bagaimana perjalanan bisnis dalam periode waktu tertentu. Dari perkembangan yang didapatkan, kamu dapat melakukan evaluasi untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik lagi.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Apa Saja Ide dan Peluang Usaha yang Menguntungkan Pada Tahun 2023?

seseorang mencatat di tablet

Setelah memahami langkah-langkah pengembangan bisnis, berikut ini ada 5 ide dan peluang usaha pada tahun 2023 yang mungkin dapat menarik minat kamu untuk menjalankan salah satu bisnis tersebut. Ini dia ide dan peluang usahanya:

  • Perusahaan Start-up: Apabila kamu sangat peka terhadap perkembangan teknologi dan memiliki inovasi yang dapat membantu pemecahan masalah di tengah masyarakat saat ini, ubahlah inovasi tersebut menjadi peluang usaha. Kamu dapat mencoba untuk mendirikan perusahaan start-up yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi.
  • Digital Marketing Agency: Saat ini kita hidup di era digital di mana banyak perusahaan mulai beralih ke aktivitas pemasaran dengan digital marketing. Kamu dapat membuka digital marketing agency untuk membantu kebutuhan para pebisnis dalam memasarkan usaha mereka di dunia digital.
  • Gerai Makan: Kebutuhan utama manusia adalah pangan. Manusia tidak dapat hidup tanpa makan. Oleh karena itu, bisnis gerai makan masih menjadi ide dan peluang usaha terbaik pada tahun 2023:
  • Jasa Titip (Jastip): Kamu memiliki hobi travelling ke kota atau negara lain? Ubah hobi ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan dengan membuka jasa titip. Orang dapat menitipkan barang dari tempat yang kamu kunjungi dan keuntungannya didapatkan dari biaya jasa yang mereka gunakan.
  • Clothing Line: Jika kamu memiliki hobi di bidang fashion, clothing line dapat menjadi peluang usaha yang tepat. Clothing line merupakan merek fashion yang kamu kembangkan sendiri untuk kemudian dijual di factory outlet, distro, ataupun secara online.

Persiapkanlah diri kamu dengan baik sebelum menjalankan suatu bisnis. Susun perencanaan yang matang terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha bisnis seperti yang telah disampaikan pada pembahasan di atas.

Dapatkan Modal Usaha Lebih Mudah dengan JULO!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Anda juga perlu mengumpulkan modal usaha yang cukup untuk memulai suatu usaha. Siapkan juga modal tambahan yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis kamu.

Fitur tarik dana online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Apabila modal tambahan yang  JULOvers miliki masih kurang cukup, silakan gunakan JULO Kredit Digital. Kami dapat menyediakan pinjaman modal bagi kamu yang membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan usaha. Download aplikasi JULO sekarang juga dan daftarkan diri kamu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari kami.

Mulai Bisnis Makin Mudah dengan JULO!

Fitur tarik dana online di JULO Kredit Digital bisa kamu gunakan jadi pinjaman modal usaha. Cicilannya ringan, pengajuannya anti ribet!

Artikel Lainnya