Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif?
1. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar
2. Menganalisis Usaha Kompetitor
3. Berkolaborasi dengan Orang Lain
4. Memanfaatkan Teknologi Internet, Khususnya Media Sosial
5. Menambahkan Skill dengan Pelatihan
6. Berangkat dari Passion dan Kesenangan
Mengapa Seorang Wirausaha Harus Mempunyai Jiwa Kreatif dan Inovatif dalam Menjalankan Usahanya? 
1. Membantu Bisnis Bersaing 
2. Menarik Perhatian Pelanggan Karena Adanya USP
3. Membantu Meningkatkan Penjualan

Begini 6 Cara Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif

bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif

Bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif? Peluang usaha yang tersedia di depan mata sering kali tidak dimanfaatkan dengan baik karena kurangnya pengetahuan. Padahal peluang usaha didukung dengan modal usaha yang cukup tersebut adalah kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan yang tidak boleh dilewatkan.

Jika JULOvers tidak mengerti cara memanfaatkannya maka sudah pasti keuntungan tersebut hilang begitu saja. Itu sebabnya JULOvers akan belajar bagaimana cara memanfaatkan peluang usaha yang datang berikut ini. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif?

bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif?

Memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif sangat penting supaya bisnis dapat bertahan di tengah-tengah persaingan yang ketat. Bisnis yang dijalankan akan menjadi biasa saja dan tidak menarik tanpa adanya unsur kreativitas. Kalau begitu mari langsung saja belajar bagaimana memanfaatkan peluang usaha yang datang. Perhatikan cara-cara mengenai bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif baik-baik di bawah ini. 

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

1. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Peluang usaha bisa dimanfaatkan dengan memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal. Contohnya kamu menyadari bahwa mayoritas tetangga akan mulai mencuci pakaian kotor mereka pada malam hari. Setelah kamu observasi ternyata alasan mereka mencuci pada malam hari ialah karena keberadaan pekerjaan. 

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Mayoritas keluarga ternyata harus bekerja untuk menafkahi keluarga sehingga tidak sempat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci. Dari sini kamu bisa memikirkan solusi dari permasalahan tersebut. Kamu bisa membuka jasa cuci dan setrika dengan harga yang terjangkau. Peluang membuka jasa laundry dalam keadaan ini cukup besar mengingat ada banyak keluarga yang tidak sempat mencuci. Ini adalah cara bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif yang pertama.

2. Menganalisis Usaha Kompetitor

Setelah mendapatkan peluang usaha yang tepat maka langkah selanjutnya adalah menganalisis kompetitor. Inilah cara bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif yang selanjutnya. Membuka bisnis laundry pasti bukan ide yang baru saja muncul. Beberapa orang kemungkinan besar sudah menyadari keadaan ini dan akhirnya membuka bisnis laundry. Cari bisnis laundry yang sudah sukses supaya kamu bisa mengambil beberapa tips atau insight secara tepat.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Dapatkan informasi keunggulan serta kekurangan kompetitor seperti waktu penyelesaian jasa laundry dan sistem antar jemput yang digunakan. Kamu bisa mencoba menggunakan jasa mereka sambil mengumpulkan informasi tersebut. Informasi yang dikumpulkan nantinya berguna untuk membuat bisnis kamu menjadi lebih baik dan unggul dari kompetitor lain. 

3. Berkolaborasi dengan Orang Lain

Memanfaatkan peluang usaha yang datang tidak harus selalu dilakukan sendiri. Meskipun “menyatukan dua kepala” dalam satu keputusan menjadi tantangan yang harus dilewati, nyatanya berdua lebih baik daripada seorang diri. 

Kamu jadi bisa berdiskusi dan melakukan brainstorming terhadap berbagai macam aspek bisnis. Semua beban yang berat akan menjadi lebih ringan karena ditanggung bersama. Kolaborasi yang dilakukan bisa dalam bentuk apa saja seperti bersama-sama membangun bisnis atau sebagai mitra bisnis untuk menguntungkan kedua belah pihak.

4. Memanfaatkan Teknologi Internet, Khususnya Media Sosial

Peluang usaha bisa dimanfaatkan secara maksimal melalui keberadaan teknologi yang semakin canggih. Ini adalah salah satu cara bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif. Keberadaan berbagai media dan aplikasi internet membuat bisnis berkembang dengan pesat. Seperti halnya penggunaan media sosial dalam pemasaran. Menjangkau pelanggan di wilayah yang berbeda tidak lagi menjadi masalah. 

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Tidak peduli dari negara atau wilayah mana dan perangkat apa yang digunakan, semua orang bisa mengaksesnya ketika sudah terhubung dengan internet. Kamu juga bisa memanfaatkan internet itu sendiri sebagai peluang usaha yakni seperti jasa pembuatan website, analisis SERP, interpretasi analisis, serta SEO. 

5. Menambahkan Skill dengan Pelatihan

Menambah skill menjadi tugas yang wajib dilakukan oleh seluruh pebisnis. Penambahan skill salah satu syarat munculnya kreativitas dan inovasi. Itu sebabnya belajar hal baru dan menambahkan skill sangat krusial. Jadi bagaimana cara menambahkan skill? Kamu bisa membaca buku bisnis atau autobiografi pebisnis, mengikuti seminar online, mendaftar kelas-kelas online, dan masih banyak lagi. 

6. Berangkat dari Passion dan Kesenangan

Kebingungan memilih peluang usaha mana yang harus diambil dan dijalankan? Kamu bisa memilih peluang usaha yang paling dekat dengan hobi atau passion. Memulai bisnis dari hobi dan passion membuat kamu lebih berkomitmen dalam menjalankannya. Andaikan kamu tertarik dengan berbagai jenis bunga karena warna dan bentuknya yang sangat indah. 

Kemudian kamu bisa mencari tahu peluang usaha yang tersedia di dalamnya. Contohnya menjadi perangkai bunga atau florist. Ketika sudah mengetahui hal ini, cari tahu lebih lanjut bagaimana persaingannya di pasar. Apa yang bisa kamu tambahkan ke dalam bisnis florist supaya berbeda dari kompetitor. Memahami informasi seperti ini akan membantu kamu memanfaatkan peluang usaha dengan sangat baik.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Mengapa Seorang Wirausaha Harus Mempunyai Jiwa Kreatif dan Inovatif dalam Menjalankan Usahanya? 

Memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif menjadi penting karena beberapa alasan, yaitu

1. Membantu Bisnis Bersaing 

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Umumnya, tidak banyak bisnis yang bisa bertahan melawan ketatnya persaingan. Namun kamu bisa menemukan bisnis tersebut karena pemiliknya memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif. Bisnis yang kreatif dan inovatif akan selalu menarik hati pelanggan dengan produk yang dijual. 

Baca Juga: Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Bisnis

Bayangkan jika semua penjual katering makanan menjual menu-menu yang sama. Bukankah katering yang satu akan jauh lebih untung daripada yang lain? Tetapi akan menjadi cerita berbeda ketika setiap katering memiliki keunikannya masing-masing. Kedua katering pasti bisa bertahan dalam persaingan tersebut. 

2. Menarik Perhatian Pelanggan Karena Adanya USP

Menarik Perhatian Pelanggan Karena Adanya USP

Selanjutnya unsur kreativitas dan inovatif membuat bisnis kamu berbeda dari yang lain. Keduanya membantu kamu menemukan USP atau Unique Selling Point yang belum dimiliki oleh kompetitor. 

Pelanggan jadi dapat mengingat brand dan produk yang kamu jual dengan mudah. Namun penemuan USP tentu tidak instan hanya karena jiwa kreatif dan inovatif. Kamu perlu terlebih dahulu melakukan riset atau analisis pasar untuk mengetahui bagian bisnis mana yang bisa ditingkatkan dalam menarik hati pelanggan. 

3. Membantu Meningkatkan Penjualan

membantu meningkatkan penjualan

Terakhir, jiwa kreatif dan inovatif akan mendatangkan peningkatan penjualan yang signifikan. Hal ini dapat terjadi karena keunikan produk yang kamu tawarkan memiliki lebih banyak manfaat dari kompetitor. Apalagi jika harga yang kamu dan kompetitor tetapkan tidak jauh berbeda. Sudah pasti pelanggan akan memilih produk yang memberikan benefit lebih banyak. 

Apakah kini JULOvers sudah mengerti bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif? Semoga penjelasan informasi di atas dapat membantu JULOvers memanfaatkan peluang usaha yang datang. Memahami cara memanfaatkan peluang bisnis memang penting tetapi jangan sampai semua persiapan menjadi sia-sia karena modal yang dibutuhkan tidak ada. 

JULOvers perlu menghitung seluruh modal yang dibutuhkan. Jika membutuhkan dana pinjaman maka JULO bisa menjadi platform yang tepat. JULO adalah aplikasi kredit digital yang bisa kamu gunakan untuk menarik dana tunai secara langsung ke rekening pribadi. Hanya dengan satu kali verifikasi kamu sudah bisa menggunakan semua fitur dan layanan yang tersedia di JULO. 

Tidak hanya tarik dana, kini membayar tagihan kebutuhan rumah tangga atau berbelanja di berbagai e-commerce menjadi lebih mudah. Limit yang disediakan juga besar yakni hingga Rp15.000.000. Yuk download aplikasinya dan #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital sekarang juga

Artikel Lainnya