Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik?
1. Ide Berasal dari Diri Sendiri
2. Nyata atau Realistis
3. Memiliki Nilai Jual yang Tinggi
4. Bukan Usaha Musiman
5. Produk yang Dijual Menjadi Kebutuhan Masyarakat
6. Bahan Baku Tersedia dan Mudah Diakses
7. Mampu Beradaptasi 
8. Dapat Dikembangkan
9. Bertahan dalam Jangka Waktu yang Panjang
10. Tidak Menghabiskan Modal 
11. Memiliki Risiko yang Dapat Ditanggung
Bagaimana Cara Menemukan Peluang Usaha yang Baik?
1. Menambah Pengetahuan
2. Berdiskusi dengan Teman
3. Mengenali Potensi Diri Sendiri
Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO!

11 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat!

ciri ciri peluang usaha yang baik

Peluang usaha yang datang tidak selalu bisa JULOvers ambil. Jika salah mengambil peluang usaha maka bisnis yang dijalankan berpotensi gagal. Butuh tambahan dana untuk buka usaha? Tenang, ada pinjaman modal usaha dari JULO Kredit Digital!

Tentu JULOvers tidak ingin membangun bisnis yang gagal, bukan? Itu sebabnya pada kesempatan kali ini JULOvers akan diajak mengenali ciri-ciri peluang usaha yang baik supaya tidak salah dalam mengambil keputusan. Langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Apa Saja Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik?

Berikut merupakan ciri-ciri peluang usaha yang harus kamu ketahui. 

1. Ide Berasal dari Diri Sendiri

Ide atau peluang usaha yang dijalankan perlu berasal dari diri sendiri supaya bisnis bisa bertahan dalam waktu yang lama. Bayangkan jika kamu hanya menjiplak mentah-mentah dari bisnis orang lain.

Baca Juga: Kriteria-Kriteria Peluang Usaha yang Ideal

Bukankah bisnis kamu tidak akan berkembang? Ide yang dimaksudkan ialah buah hasil pemikiran setelah melihat bisnis orang lain. Kamu merasa terinspirasi lalu terpikirkan cara lain untuk membuatnya menjadi berbeda dan unik. 

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

2. Nyata atau Realistis

Nyata atau Realistis

Peluang usaha yang baik tentu saja nyata. Istilah nyata bukan berarti bisnis tersebut harus terlihat secara fisik. Nyata yang dimaksudkan berarti bisa diwujudkan dan bukan hanya angan-angan semata. Hal ini bisa terlihat dari modal yang dibutuhkan untuk membangunnya. Apakah modal bisnisnya masuk ke dalam hitungan yang kamu lakukan? 

Baca Juga: Franchise Indomaret: Modal, Syarat, dan Cara Daftar Terbaru 2023

Butuh tambahan dana untuk buka usaha? Tenang, ada pinjaman modal usaha dari JULO Kredit Digital!

Apakah bahan baku yang dibutuhkan banyak serta mudah diakses? Dari dua pertanyaan ini kamu bisa menilai peluang usaha yang nyata, bukan? Jika modalnya sangat besar sedangkan kapasitas kamu belum seberapa maka bisa dikatakan bahwa peluang tersebut tidak nyata atau realistis. 

3. Memiliki Nilai Jual yang Tinggi

Peluang usaha yang memiliki nilai jual tinggi bisa dikenali lewat beberapa hal berikut ini, yaitu:

  • Masyarakat membutuhkan produk tersebut.
  • Unik dan berbeda dari yang lainnya. 
  • Menjadi solusi atas masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing serta Menguntungkan

4. Bukan Usaha Musiman

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Setiap orang pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang serta bertahan dalam musim apa pun. Jika menemukan peluang usaha yang hanya bisa dieksekusi pada waktu tertentu maka sebaiknya kamu mempertimbangkannya baik-baik sebelum mengambil keputusan. Sah-sah saja menjalankan bisnis musiman jika kamu menjadikannya sebagai pendapatan sampingan.

Baca Juga: Aneka Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Dicoba

Namun akan menjadi cerita berbeda untuk kamu yang menjadikan bisnis sebagai pendapatan utama. Sudah pasti bisnis musiman tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jadi pastikan terlebih dahulu tujuan kamu dalam memilih bisnis tersebut.

5. Produk yang Dijual Menjadi Kebutuhan Masyarakat

Produk yang Dijual Menjadi Kebutuhan Masyarakat

Peluang usaha yang baik pasti menjual produk kebutuhan masyarakat. Ciri yang satu ini seharusnya menjadi alasan mengapa kamu membangun suatu bisnis. Bisnis yang menjual produk kebutuhan masyarakat pasti akan jauh lebih untung. Pelanggan akan berbondong-bondong membeli produk kamu karena memang itulah yang menjadi kebutuhan mereka. 

6. Bahan Baku Tersedia dan Mudah Diakses

Bahan baku yang tersedia dan mudah diakses menjadi aspek krusial dalam membangun bisnis. Urusan bahan baku tidak seharusnya menjadi kendala dalam proses produksi. Coba bayangkan jika bisnis tidak memiliki ketersediaan bahan baku yang banyak. Kamu pasti akan kebingungan mencari bahan baku setiap ingin memproduksi barang, bukan? Belum lagi jika bahan baku tersebut hanya ada di daerah tertentu saja yang jauh dari jangkauan. 

7. Mampu Beradaptasi 

Mampu Beradaptasi 

Peluang usaha yang baik dapat beradaptasi dalam berbagai keadaan. Maksudnya bisnis tersebut harus fleksibel dan bisa diatur sesuai kondisi. Contohnya kamu perlu mengetahui apakah bahan baku yang digunakan saat ini memiliki pengganti ketika harganya naik atau tidak.

8. Dapat Dikembangkan

Dapat Dikembangkan

Peluang usaha yang dijalankan harus bisa dikembangkan dalam waktu mendatang supaya dapat bertahan melawan ketatnya persaingan pasar. Bisnis yang baik tidak hanya memiliki satu atau dua produk saja, bukan? Semakin banyak varian produk yang bisa kamu berikan maka semakin banyak juga pelanggan yang dapat dijangkau. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih bisnis yang dapat berkembang lebih besar lagi. 

9. Bertahan dalam Jangka Waktu yang Panjang

Bertahan dalam Jangka Waktu yang Panjang

Bertahan atau tidaknya suatu bisnis dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Mulai dari produk, layanan, hingga strategi yang digunakan. Jika kualitas produk dan layanan buruk maka sudah pasti bisnis tidak akan bertahan lama. Strategi yang digunakan juga perlu mengikuti tren supaya pelanggan dapat mengenali produk yang kamu jual. 

Penggunaan media sosial memang dapat membuat produk menjadi viral. Tetapi yang penting bukan hanya menjadi viral. Langkah setelahnya adalah yang paling penting. Apa yang harus kamu lakukan berikutnya setelah produk menjadi viral? Strategi mana yang tepat untuk digunakan? Apakah harus mengeluarkan produk baru dalam waktu dekat?

10. Tidak Menghabiskan Modal 

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Setiap peluang usaha pasti memerlukan modal untuk mewujudkannya. Entah itu modal awal saat memulai atau untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga: 6 Pilihan Pinjaman Modal Awal Usaha Tanpa Jaminan

Namun pengeluaran modal juga harus sesuai perhitungan. Pengeluaran modal yang berlebihan tentu tidak akan menguntungkan. Jika kamu mendapati pengeluaran berlebihan maka sudah pasti peluang usaha tersebut tidak baik. 

11. Memiliki Risiko yang Dapat Ditanggung

Risiko akan selalu ada apa pun jenis bisnis yang dijalankan. Risiko bisnis dibagi dua menurut skalanya yaitu besar dan kecil. Menjalankan bisnis dengan risiko yang besar memang memberikan keuntungan yang juga besar saat berhasil dilakukan. 

Tetapi bagaimana kalau gagal? Kerugian yang kamu alami pasti sangat besar. Apakah kamu sanggup menjalankannya? Jika ragu, cobalah memilih peluang usaha yang risikonya kecil. Kegagalan bisnis risiko kecil tidak terlalu membuat kamu kaget dengan kerugian yang dialami.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Bagaimana Cara Menemukan Peluang Usaha yang Baik?

Kini ciri-ciri peluang usaha yang baik sudah kamu ketahui. Selanjutnya kamu perlu memahami cara menemukan peluang usaha tersebut. Berikut cara-caranya. 

1. Menambah Pengetahuan

Menambah Pengetahuan

Inspirasi dan ide ditemukan dari berbagai macam hal salah satunya saat kamu sedang menambah pengetahuan. Kamu bisa tiba-tiba mendapatkan inspirasi ketika sedang membaca buku tentang bisnis, masalah yang terjadi di dunia, atau saat menonton YouTube. 

Informasi-informasi seperti ini dapat membantu kamu menyadari hal-hal yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Semakin banyak informasi yang didapatkan maka semakin banyak juga inspirasi dan ide yang muncul. 

2. Berdiskusi dengan Teman

Berbincang-bincang dengan teman yang sudah memiliki bisnis menjadi salah satu cara menemukan peluang usaha. Mereka pasti lebih mengenal peluang usaha mana yang memiliki potensi keuntungan besar. Kamu bisa bertanya dan meminta saran mengenai peluang usaha yang ingin dijalankan. Teman-teman yang memiliki bisnis akan membantu kamu melihat aspek lain untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan final. 

3. Mengenali Potensi Diri Sendiri

Peluang usaha juga dapat ditemukan ketika kamu mengenali potensi diri sendiri. Ini berarti semua bakat dan passion yang kamu punya dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Sudah ada banyak kasus pebisnis memulai perjalanannya dari mengerjakan bakat dan passion mereka. Tidak ada salahnya menjadikan potensi diri kamu menjadi sebuah bisnis. 

Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Itu dia ciri-ciri peluang usaha yang baik. Mengenali dan memahami ciri-cirinya merupakan langkah awal untuk menemukan peluang usaha yang tepat. JULOvers yang sedang berencana membuka usaha perlu memahami ciri-ciri tersebut.

Jangan lupa untuk membuat perhitungan menyeluruh supaya JULOvers dapat mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Ketika membutuhkan dana tambahan untuk memulai bisnis maka JULO Kredit Digital bisa menjadi tempat yang tepat. 

Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

JULO adalah aplikasi kredit digital yang tepercaya karena sudah mengantongi izin dari OJK. JULO memiliki fitur Dana Tunai, Paylater, dan Tagihan Online yang bisa digunakan dengan mudah dari genggaman tangan. Limit kredit yang diberikan juga cukup besar yakni hingga Rp50.000.000. Sudah ada banyak orang yang terbantu dengan keberadaan JULO. Sekarang saatnya kamu untuk bergabung dan mewujudkan impian bersama kami. Mari #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital sekarang!

Artikel Lainnya