Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Berapa Modal Usaha Laundry?
Rincian Modal Usaha Laundry:
Apa Saja Jenis Usaha Laundry?
1. Laundry Kiloan
2. Laundry Premium
3. Laundry Express
4. Laundry Sepatu
5. Laundry Karpet
6. Laundry Online
7. Laundry Koin
8. Laundry Hotel
9. Laundry Dry Cleaning
Cara Memulai Usaha Laundry
1. Riset Pasar dan Konsep Usaha
2. Persiapan Modal dan Peralatan
3. Menentukan Lokasi Usaha
4. Bangun Branding dan Promosi
5. Memberikan Layanan Terbaik
6. Kelola Keuangan dengan Baik
Buka Usaha Laundry Makin Mudah dengan JULO!

Biaya Modal Usaha Laundry serta Cara Memulai Bisnis dari Nol

Biaya Modal Usaha Laundry serta Cara Memulai Bisnis dari Nol

Bisnis laundry merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan di tengah kesibukan masyarakat modern. Dengan modal yang relatif kecil dan prospek keuntungan yang menarik, bisnis laundry bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memulai usaha sendiri.

Namun, sebelum terjun ke bisnis laundry, penting untuk mengetahui modal usaha laundry yang dibutuhkan. Artikel ini akan mengupas tuntas modal usaha laundry, mulai dari rincian biaya, cara memulainya, hingga estimasi keuntungan yang bisa diraih.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Berapa Modal Usaha Laundry?

Jika kamu bertanya mengenai berapa modal usaha laundry, tiap bisnis memiliki angka yang bervariasi tergantung pada skala bisnis yang dijalankan. Berikut perkiraan modal usaha laundry untuk skala kecil:

Rincian Modal Usaha Laundry:

  1. Sewa tempat: Rp2.000.000 - Rp5.000.000 per bulan
  2. Mesin cuci: Rp4.000.000 - Rp10.000.000 per unit
  3. Lemari: Rp1.000.000 - Rp3.000.000 per unit
  4. Penjemur: Rp500.000 - Rp1.000.000
  5. Peralatan setrika: Rp500.000 - Rp1.000.000
  6. Bahan baku (deterjen, pewangi, dll): Rp500.000 - Rp1.000.000 per bulan
  7. Gaji karyawan: Rp2.500.000 - Rp3.500.000 per bulan untuk satu orang
  8. Biaya promosi: Rp500.000 - Rp1.000.000 per bulan
  9. Modal kerja: Rp2.000.000 - Rp5.000.000

Total perkiraan modal usaha laundry adalah Rp17.000.000 - Rp80.000.000

Baca Juga: Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM Tanpa Agunan

Apa Saja Jenis Usaha Laundry?

Jika kamu ingin membuka usaha laundry, kamu perlu mengetahui jenis laundry yang akan kamu jalankan. Sesuaikan dengan kebutuhan. 

1. Laundry Kiloan

Jenis laundry ini paling umum dan melayani pencucian pakaian berdasarkan beratnya. Biasanya, laundry kiloan menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan jenis laundry lainnya. Cocok untuk kamu yang ingin menjangkau target pasar menengah ke bawah. Estimasi modal usaha laundry kiloan dimulai dari Rp18.000.000

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Cocok untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas dan punya penghasilan min. Rp2,5 juta. Bunga ringan, tenor panjang!

2. Laundry Premium

Jenis laundry ini menawarkan layanan pencucian dan penyetrikaan dengan kualitas tinggi dan harga yang lebih mahal. Biasanya menggunakan deterjen dan parfum khusus, serta proses penyetrikaan yang lebih detail. Cocok untuk kamu yang ingin menjangkau target pasar kelas atas. Estimasi modal usaha laundry premium dimulai dari  Rp85.000.000

3. Laundry Express

Jenis laundry ini menawarkan layanan pencucian dengan waktu yang singkat, biasanya dalam 1-2 hari. Cocok untuk kamu yang ingin menjangkau target pasar yang membutuhkan layanan laundry cepat dan praktis seperti pekerja profesional di daerah perkantoran. Estimasi modal usaha laundry ekspres dimulai dari Rp25.000.000

Biaya Modal Usaha Laundry - Laundry Ekspres
4. Laundry Sepatu

Jenis laundry ini khusus mencuci sepatu dan menawarkan berbagai layanan seperti pembersihan, pewarnaan, dan perbaikan. Cocok untuk kamu yang ingin menjangkau target pasar pecinta sepatu dan sneakershead. Estimasi modal usaha laundry sepatu dimulai dari Rp8.000.000

Baca Juga: Rincian Modal Usaha Coffee Shop

5. Laundry Karpet

Jenis laundry ini khusus mencuci karpet dan menawarkan berbagai layanan seperti pembersihan, desinfeksi, dan pengemasan. Cocok untuk kamu yang ingin menjangkau target pasar yang memiliki karpet yang perlu dicuci secara profesional. Estimasi modal usaha laundry karpet dimulai dari Rp50.000.000

6. Laundry Online

Jenis laundry ini memanfaatkan platform online seperti website atau aplikasi untuk menerima pesanan dan mengantarkan laundry ke pelanggan. Cocok untuk kamu yang ingin menjangkau target pasar yang lebih luas dan ingin memberikan kemudahan bagi pelanggan. Estimasi modal usaha laundry online dimulai dari Rp40.000.000

7. Laundry Koin

Jenis laundry ini menyediakan mesin cuci koin yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Cocok untuk kamu yang ingin membuka bisnis laundry tanpa memerlukan banyak pekerja. Estimasi modal usaha laundry koin dimulai dari Rp60.000.000

8. Laundry Hotel

Biaya Modal Usaha Laundry - Laundry Hotel

Jenis laundry ini menyediakan layanan laundry untuk keperluan industri perhotelan seperti sprei, handuk, atau pakaian penjunjung hotel. Cocok untuk kamu yang ingin memiliki usaha laundry dengan skala besar, bekerja sama langsung dengan hotel-hotel di daerahmu. Estimasi modal usaha laundry hotel dimulai dari Rp80.000.000.

9. Laundry Dry Cleaning

Jenis laundry ini menawarkan jasa pencucian profesional untuk pakaian dan barang-barang tekstil yang membutuhkan perawatan khusus. Tidak seperti laundry biasa yang menggunakan air dan deterjen, laundry dry cleaning menggunakan cairan kimia khusus untuk membersihkan pakaian tanpa risiko merusak bahannya. Cocok untuk kamu yang ingin menyasar pelanggan dengan kebutuhan pakaian khusus dengan harga premium. Estimasi modal usaha laundry hotel dimulai dari Rp120.000.000

Cara Memulai Usaha Laundry

Jika kamu sudah mengetahui biaya modal usaha laundry dan merasa siap untuk membuka bisnis, kini kamu tinggal perlu merencanakan bagaimana mengeksekusi usahanya. Berikut panduan cara memulai usaha laundry dari JULO:

1. Riset Pasar dan Konsep Usaha

Lakukan riset untuk mengetahui jenis laundry yang dibutuhkan di daerah kamu, target pasar, dan harga layanan yang kompetitif. Pilih jenis laundry yang sesuai dengan hasil riset pasarmu.

Susunlah rencana bisnis yang detail, mulai dari analisis SWOT, target pasar, strategi marketing, hingga proyeksi keuangan dalam business plan atau business model canvas.

2. Persiapan Modal dan Peralatan

Perhitungkan semua biaya yang dibutuhkan, seperti sewa tempat, pembelian peralatan, bahan baku, gaji karyawan, dan biaya promosi. Siapkan modal usaha yang cukup untuk membiayai semua keperluan bisnis kamu baik dari modal pribadi, tabungan, atau mencari pinjaman modal usaha.

Pilihlah peralatan laundry yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Beberapa peralatan yang dibutuhkan antara lain mesin cuci, mesin pengering, setrika, meja setrika, dan rak pakaian.

Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol

3. Menentukan Lokasi Usaha

Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan akan membantu meningkatkan penjualan kamu. Pertimbangkan faktor seperti kepadatan penduduk, akses transportasi, dan potensi pasar. Pastikan juga tempat usaha kamu memiliki kondisi yang bersih, nyaman, dan aman.

Khusus untuk usaha laundry, kamu perlu mengetahui suplai air bersih pada lokasi yang akan kamu pilih. Kualitas air yang baik akan mempengaruhi hasil cucian dari laundry kamu.

4. Bangun Branding dan Promosi

Buatlah nama dan logo yang menarik agar dapat membantu kamu membangun brand laundry yang mudah diingat oleh pelanggan serta membuat calon pelanggan penasaran. Gunakan media sosial untuk promosi: Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk mempromosikan bisnis kamu lengkap dengan promo menarik.

Usaha laundry yang kamu miliki juga bisa menalin kerjasama dengan bisnis lain seperti salon, hotel, atau apartemen, untuk menawarkan layanan laundry kepada pelanggan mereka.

Baca juga: 10 Ide Jualan Online Modal Kecil Mengutungkan

5. Memberikan Layanan Terbaik

Pelanggan akan selalu kembali jika Anda memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan memuaskan. Gunakan deterjen, parfum, dan bahan baku lainnya yang berkualitas untuk menghasilkan cucian yang bersih dan wangi.

Pastikan tempat usaha kamu selalu bersih, rapi, dan nyaman untuk pelanggan. Apabila kamu mendapatkan feedback atau masukkan dari pelanggan, gunakan informasi itu untuk terus meningkatkan kualitas layanan kamu.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Cocok untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas dan punya penghasilan min. Rp2,5 juta. Bunga ringan, tenor panjang!

6. Kelola Keuangan dengan Baik

Catat semua pengeluaran dan pemasukan dengan rapi untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis kamu. Buatlah laporan keuangan secara berkala untuk melihat perkembangan bisnis kamu.

Jangan mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis kamu. Agar lebih mudah, kamu dapat menggunakan aplikasi keuangan untuk membantu kamu mengelola keuangan bisnis laundry ini

Buka Usaha Laundry Makin Mudah dengan JULO!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Gunakan JULO Kredit Digital untuk tambahan modal usaha laundry.  Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Seluruh kebutuhan buka usaha bisa terselesaikan sekarang, bayarnya belakangan! Proses pembayaran di JULO juga secepat kilat, cocok untuk kebutuhan darurat saat proses pembayaran listrik. Terakhir, bunganya rendah mulai dari 0,1%/hari sehingga pembayaran pun ringan dan transparan. Apalagi sekarang kamu bisa mendapatkan limit yang tinggi bisa sampai Rp50 juta!

JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI sehingga seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia.  Tak hanya itu, JULO juga memiliki ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan datamu, JULOvers!Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Mulai Bisnis Makin Mudah dengan JULO!

Dapatkan modal hingga Rp50 juta dengan cicilan fleksibel s/d 9 bulan!

Artikel Lainnya