Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Deretan Tips Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan
1. Ketahui Jenis Ide Bisnis Bulan Ramadhan
2. Melakukan Identifikasi Pasar
3. Membuat Perencanaan Produk dan Layanan Bisnis
4. Membuat Strategi Marketing Kreatif di Media Sosial
5. Bangun Interaksi dengan Konsumen melalui Testimoni
6. Jalin Kolaborasi dengan Influencer
7. Tawarkan Diskon dan Promo Menarik
8. Membangun Konsep Branding yang Kuat dengan Ramadhan
9. Tingkatkan Kepuasan Konsumen
10. Terus Pantau Perkembangan Bisnis di Bulan Ramadhan Lainnya
11. Jangan Lupa dengan Layanan yang Unggul
Ingin Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan? JULO Solusinya! 

11 Tips Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan, Dijamin Untung

bisnis bulan ramadhan

Ramadhan menjelang, pastinya kamu telah mempersiapkan berbagai aktivitas untuk mendapatkan berkah. Selain ibadah dan berbuat kebaikan, bulan Ramadhan dijadikan sebagai momen untuk menebar kebahagiaan kepada sesama yang saling membutuhkan. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah memulai bisnis di bulan Ramadhan. 

Untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan, kamu perlu menentukan strategi, karena bisnis di momen ini sangat tersegmentasi dengan target pasar yang unik. Ditambah lagi, momen Ramadhan hanya berlangsung selama 30 hari. Sangat singkat, ‘kan? 

Untuk itu, JULO akan memberi tips memulai bisnis di bulan Ramadhan yang menguntungkan dan bisa menambah cuan kamu! 

Baca juga: 18 Peluang Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Deretan Tips Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan

Apabila JULOvers punya ide bisnis bulan puasa yang brilian, yuk ikuti tips memulai bisnis di bulan Ramadhan berikut ini! 

1. Ketahui Jenis Ide Bisnis Bulan Ramadhan

Sebelum bergerak memulai bisnis, alangkah baiknya kamu mengetahui jenis ide bisnis yang berpeluang besar di bulan Ramadhan, seperti makanan takjil untuk berbuka puasa, minuman segar yang manis untuk melepas waktu berbuka, pakaian muslim dan kerudung (Termasuk mukena, baju muslim, perlengkapan ibadah lainnya), jasa katering makanan untuk sahur dan berbuka, sampai aneka kue kering menjelang lebaran. 

2. Melakukan Identifikasi Pasar

Pada bagian ini, JULOvers harus memahami apa yang dibutuhkan oleh target pasar di bulan Ramadhan, apa yang sering dikonsumsi dan digunakan oleh target pasar bisnis kamu, serta mengadaptasi tren kekinian sesuai perilaku target pasar. Setelah itu, kamu bisa menentukan ide bisnis yang cocok sesuai dengan perilaku konsumen. 

3. Membuat Perencanaan Produk dan Layanan Bisnis

Untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan, JULOvers wajib membuat perencanaan matang terhadap perencanaan produk dan service kedepannya ke target pasar dengan segala pertimbangan. 

Saat kamu memiliki ide bisnis bulan puasa dengan berjualan takjil, kamu bisa merencanakan menu apa saja yang akan dijual dan berpotensi laku, lokasi penjualan, dan layanan delivery service yang tak banyak dipunyai oleh bisnis takjil lain di sekitar lingkungan konsumen. 

4. Membuat Strategi Marketing Kreatif di Media Sosial

Promosi merupakan kunci penting dalam strategi marketing. Dalam memulai bisnis di bulan Ramadhan, kamu bisa menerapkan strategi marketing melalui media sosial dengan membuat konten kreatif. Meskipun strategi marketing dengan konten unik bisa menjangkau lebih luas dari target pasar bisnis kamu, nilai plus lainnya adalah memberikan brand awareness hingga consideration kepada konsumen lainnya, sehingga mereka rela untuk mencoba produk bisnis JULOvers. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

5. Bangun Interaksi dengan Konsumen melalui Testimoni

Testimoni adalah tanggapan konsumen, baik itu positif dan negatif, terhadap produk dan jasa bisnis kamu. Saat kamu ingin memulai bisnis di bulan Ramadhan, pertimbangkan untuk meminta testimoni kepada konsumen mengenai nilai-nilai yang bisa dikembangkan dalam produk dan bisnis JULOvers secara keseluruhan. Selain itu, kamu bisa menampilkan testimoni positif dari konsumen sebagai media promosi ke target pasar lainnya. Testimoni dinilai lebih ampuh untuk menarik kepercayaan konsumen, sebab testimoni bersifat interaktif. 

6. Jalin Kolaborasi dengan Influencer

Apabila bisnismu ingin semakin dikenal dan terjangkau hingga target konsumen yang lebih besar, kolaborasi dengan influencer media sosial sangat direkomendasikan. Perlu diingat untuk memilih influencer yang dapat relevan dengan produk atau jasa usaha bulan Ramadhan kamu, serta budget yang bisnis kamu punya, ya! 

7. Tawarkan Diskon dan Promo Menarik

Salah satu komponen penting supaya bisnis di bulan Ramadhan kamu untung adalah diskon yang dapat digunakan oleh banyak konsumen. Bentuk diskon dan promosi bermacam-macam, misalnya paket hemat, bundling produk, atau diskon dengan harga terjangkau dengan syarat tertentu. 

Baca juga: Pahami Bagaimana Cara Melakukan Promosi Produk dan Usaha

8. Membangun Konsep Branding yang Kuat dengan Ramadhan

Bisnis di bulan Ramadhan tentunya perlu branding yang sangat kuat dengan pancaran bulan suci yang penuh berkah. Konsep branding dapat JULOvers terapkan di bisnis kamu dengan menentukan warna, logo, packaging atau kemasan, serta tagline atau kalimat promosi yang relevan dengan aksen bulan Ramadhan. Kamu bisa membuat branding yang relevan dengan Ramadhan, namun tetap unik dan kekinian, tetapi sesuai dengan target pasar. 

9. Tingkatkan Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen menjadi hal yang sangat bermakna bagi bisnis kamu untuk tetap berkelanjutan. Nah, bagaimana sih JULOvers bisa mendapatkan kepuasan konsumen terus menerus? Ya, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan unik mereka. Hadirkan produk atau layanan yang mereka inginkan, dan belum ada direalisasikan oleh  kompetitor bisnis kamu. 

10. Terus Pantau Perkembangan Bisnis di Bulan Ramadhan Lainnya

Sebagai pebisnis, kamu wajib untuk terus ikut terjun dalam tren bisnis, termasuk saat di bulan Ramadhan. Kamu bisa ambil tren unik untuk melengkapi dan mengembangkan produk bisnis kamu. Selain itu, JULOvers bisa melihat kemajuan kompetitor, atau mengambil celah kompetitor dengan ide bisnis Ramadhan yang inovatif. 

11. Jangan Lupa dengan Layanan yang Unggul

Selain produk yang diminati konsumen, jangan lupa untuk mempertimbangkan pemberian layanan (Service) terbaik agar target pasar bisa terus bertahan untuk menggunakan bisnis kamu, JULOvers. Layanan yang bisa kamu pertimbangkan saat memulai bisnis di bulan Ramadhan adalah memberi feedback dan solusi terhadap komplain konsumen, optimalisasi channel promosi untuk customer service. 

Baca juga: Panduan Pinjaman Online Bunga Rendah untuk Memulai Bisnis Baru

Ingin Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan? JULO Solusinya! 

JULOvers yang berencana ingin memulai bisnis di bulan Ramadhan, semoga diberikan kelancaran dan dapat bermanfaat bagi semua. 

Buat JULOvers yang masih berpikir panjang untuk membuka bisnis di bulan puasa, kamu bisa ajukan pinjaman dengan JULO Kredit Digital yang fleksibel. Limit pinjaman hingga 50 juta, durasi peminjaman maksimal 9 bulan, suku bunga hanya 0,1%. Jangan khawatir, JULO Kredit Digital resmi terdaftar dan diawasi OJK. 

Tunggu apalagi? Yuk, download JULO sekarang juga! 

Wujudkan Bisnismu Bersama JULO!

Lakukan pinjaman sekarang dan bangun bisnis impianmu!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
cara-bayar-denda-bpjs-kesehatan
belanja
belanja online
belanja online di bulan ramadan
diskon belanja online
bulan ramadan
hampers ramadan
belanja online