Daftar Isi chevron down
Apa Saja Tips Meminjam Saat Butuh Dana Darurat?
1. Memastikan Pendapatan Aman 
2. Pelajari Bunga dan Denda Pinjaman 
3. Melakukan Simulasi Pinjaman
4. Hindari Konsep Gali Lubang Tutup Lubang
5. Memilih Platform Pinjaman Tepercaya
Daftar Isi
Apa Saja Tips Meminjam Saat Butuh Dana Darurat?
1. Memastikan Pendapatan Aman 
2. Pelajari Bunga dan Denda Pinjaman 
3. Melakukan Simulasi Pinjaman
4. Hindari Konsep Gali Lubang Tutup Lubang
5. Memilih Platform Pinjaman Tepercaya

5 Solusi Butuh Dana Darurat yang Aman dan Efektif

butuh dana darurat

Apakah JULOvers butuh dana darurat yang aman? Pada dasarnya, dana darurat adalah salah satu hal yang dibutuhkan ketika mengalami kondisi mendadak yang tidak direncanakan. Tetapi beberapa orang mungkin tidak dapat menyisihkan pendapatan untuk mempersiapkan dana darurat sebab memiliki keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika berada pada posisi tersebut, JULOvers tidak perlu terlalu khawatir. Saat ini terdapat layanan pinjaman online sebagai solusinya. Penyediaan dana melalui pinjaman online umumnya memiliki proses yang lebih mudah dan cepat. Dalam artikel kali ini, JULO akan berbagi informasi seputar solusi butuh dana darurat yang cepat dan aman untuk JULOvers. 

Apa Saja Tips Meminjam Saat Butuh Dana Darurat?

Apa Saja Tips Meminjam Saat Butuh Dana Darurat

JULOvers, kondisi mendesak terkadang memang tidak dapat direncanakan dan dikendalikan. Untuk itu ketersediaan dana ekstra adalah hal yang cukup penting. Tetapi bagaimana saat tidak memiliki simpanan dana darurat? Meminjam adalah solusi yang cepat dan tepat. 

Bila orang terdekat tidak dapat memenuhi dana yang kamu butuhkan, coba pinjaman online. Tetapi ada beberapa tips meminjam yang harus JULOvers ketahui saat butuh dana darurat, berikut ulasan lengkapnya:

1. Memastikan Pendapatan Aman 

Memastikan Pendapatan Aman 

Saat butuh dana darurat dan berencana melakukan pinjaman online, pastikan pendapatan yang diterima setiap bulannya dalam kondisi yang aman dan lancar. Hal ini dikarenakan penyedia layanan akan melihat kemampuan JULOvers untuk membayar cicilan pinjaman setiap bulannya. 

Pertimbangkan besaran jumlah pinjaman dengan kemampuan finansial dalam membayar cicilan nantinya. Sebaiknya ajukan pinjaman yang nominalnya tidak melebihi 30% pendapatan. Selain itu, pertimbangkan pula cicilan lain selain pembayaran pinjaman online yang akan diajukan. Hindari meminjam dana untuk memenuhi keinginan konsumtif yang terlalu besar.

2. Pelajari Bunga dan Denda Pinjaman 

Pelajari Bunga dan Denda Pinjaman 

 

Kondisi darurat kerap kali membuat orang terburu-buru dalam memilih platform pinjaman online tanpa memperhatikan ketentuan lainnya. Padahal membaca informasi bunga dan denda pinjaman penting sebab mencegah terjadinya tagihan yang membengkak akibat bunga atau denda pinjaman yang terlalu besar.

Baca Juga: Ikuti Cara Menghitung Bunga Pinjaman Yang Mudah Berikut Ini

Sehingga, pastikan untuk melakukan pengecekan pada informasi bunga dan denda sebelum mengajukan limit pinjaman.bayar tagihan online Julo

3. Melakukan Simulasi Pinjaman

Melakukan Simulasi Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman pada aplikasi online, lakukan simulasi pinjaman terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan kemampuan JULOvers. Maksudnya, coba untuk membuat rincian dana yang dipinjam dengan jumlah cicilan yang dibayar setiap bulannya beserta tenor dan bunga yang ditentukan aplikasi pinjaman.

Baca Juga: Sangat Mudah, Begini Simulasi Pinjaman JULO Kredit Digital

Cara ini akan membantu kamu terhindar dari pengajuan pinjaman yang terlalu besar dan tidak sesuai dengan kemampuan finansial. Bila perlu, tuliskan pula keterangan alokasi uang pinjaman tersebut agar jumlah nominal dapat memenuhi seluruh kebutuhan darurat. 

4. Hindari Konsep Gali Lubang Tutup Lubang

Hindari Konsep Gali Lubang Tutup Lubang

Gali lubang tutup lubang adalah cara peminjaman dana untuk membayar utang lainnya. Menerapkan konsep ini dapat membahayakan JULOvers sebab bukan merupakan jalan keluar yang baik. 

Kamu memang dapat menutup satu bagian cicilan, tetapi hal ini justru menimbulkan cabang utang yang lain dan waktu cicilan akan semakin bertambah serta nilai yang mungkin juga meningkat. Jadi pastikan untuk membayar cicilan utang dengan pendapatan tetap yang diterima setiap bulannya. 

5. Memilih Platform Pinjaman Tepercaya

Memilih Platform Pinjaman Tepercaya

Meski dalam kondisi darurat, pastikan JULOvers selalu mencari informasi tentang aplikasi penyedia dana yang dipilih. Ada banyak aplikasi yang mampu menyediakan uang dengan cepat, tetapi tidak semuanya aman. Sehingga perlu dilakukan pengecekan cepat apakah platform  tersebut terdaftar dan diawasi oleh lembaga yang berwenang seperti OJK atau tidak. 

Jika tidak, maka hindari mengajukan limit pinjaman dari platform tersebut dan temukan aplikasi tepercaya lainnya yang terdaftar dan diawasi seperti JULO. OJK telah menentukan tingkat bunga maksimal yang diizinkan yaitu sebesar 0,3% hingga 0,4%. Aplikasi yang tidak terdaftar umumnya akan memberikan bunga yang terlalu tinggi dan tagihan yang lebih besar. 

Jadi, apakah JULOvers telah memahami tips saat meminjam dana darurat? Perlu diingat bahwa pada dasarnya pinjaman online merupakan solusi kebutuhan finansial, jangan sampai kegiatan ini menjadi beban finansial baru untuk JULOvers. Hal lain yang perlu diingat adalah selalu melunasi seluruh tagihan dan cicilan tepat waktu. 

Dengan begitu JULOvers tidak akan menerima denda yang membengkak melebihi jumlah pinjaman dan jauh dari perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Kamu dapat membuat alarm pada ponsel atau menandai kalender pada tanggal jatuh tempo. 

Sehingga ajukan jumlah dana sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan pula dengan kemampuan pembayaran cicilan setiap bulannya. Selain itu, JULOvers juga perlu berhati-hati dalam memilih platform pinjaman online sebab banyak bermunculan situs yang tidak terdaftar pada OJK. 

Pilih JULO untuk solusi kredit digital dana darurat JULOvers dengan cepat, mudah, dan tentunya aman karena terdaftar dan diawasi oleh OJK. Download JULO sekarang juga dan dapatkan promo siap melesat untuk mendapatkan cashback spesial saat melakukan registrasi dan pengajuan pinjaman pada aplikasi JULO.

Artikel Lainnya