Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Membuat Brand Sendiri Bagi Pemula?
1. Riset dan Menentukan Target Pasar
2. Menempatkan Posisi Brand Secara Tepat 
3. Tentukan Nama Brand Sesuai Dengan Tujuannya
4. Tentukan Slogan Brand
5. Menentukan Tampilan Visual Brand
6. Membuat Logo
7. Rencana Dan Pelaksanaan Strategi Marketing
Bagaimana Cara Membangun Dan Mempertahankan Kesuksesan Brand?
1. Menentukan Karakter Brand
2. Menciptakan Konten Yang Menarik
3. Memasang Iklan

Cara Membangun Brand Sendiri dan Mengembangkannya

cara membuat brand sendiri

JULOvers pasti tahu bahwa membuat sebuah brand sendiri dari awal bukanlah kegiatan yang mudah. Banyak hal yang harus dikerjakan dan diperhatikan serta membutuhkan ketekunan guna mendorong pertumbuhan brand tersebut. Apabila ingin mencoba membangun bisnis dari brand sendiri, dalam artikel JULO kali ini akan menjelaskan seputar cara membuat brand sendiri.

Dalam masa awal membuat sebuah brand, langkah yang harus dilakukan adalah menciptakan kesadaran khalayak akan keberadaan brand. Bisnis yang baik akan selalu dikenal dan memiliki pengaruh yang tak lekang oleh waktu terhadap pelanggan, serta berpotensi untuk menciptakan loyalitas. 

Sebuah brand dapat dikatakan tepat ketika produk yang dihasilkan tercipta dari banyak faktor yang saling terkait dan semuanya dirancang untuk mengubah pola pikir tentang brand tersebut. Tidak hanya visual seperti desain situs web, logo, warna, dan lain sebagainya, tetapi juga suara, visi dan misi, serta nilai perusahaan. Untuk cara membuat brand yang baik, pelajari informasi selengkapnya mengenai cara membuat brand sendiri berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Brand Sendiri Bagi Pemula?

bagaimana cara membuat brand sendiri bagi pemula

Membuat brand bukan hanya sekedar bagaimana membuat logo atau nama yang akan digunakan. Dalam cara membuat brand sendiri, branding adalah ekspektasi mengenai bagaimana orang akan memandang bisnis yang kamu ciptakan. Brand merupakan nama baik yang ditunjukkan pada khalayak yang dapat menggambarkan citra perusahaan selanjutnya.

Membuat brand sendiri bukanlah hal yang mudah, terutama pada tahap awal memulai bisnis. Untuk mulai membuat brand sendiri yang baik, kamu bisa melakukannya dengan menerapkan cara-cara berikut ini:

1. Riset dan Menentukan Target Pasar

Riset dan Menentukan Target Pasar

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara membuat brand sendiri adalah menentukan siapa yang akan menjadi target pasar brand tersebut serta melakukan riset berkaitan dengan kompetitor. 

Cari tahu bagaimana sebuah brand serupa dapat diterima oleh masyarakat. Dalam melakukan perencanaan, pastikan untuk memasukkan data demografi target audiens. Informasi ini bisa membantu mengembangkan bisnis kamu. 

Sebagai contoh, cara membuat brand sendiri pada bidang sabun cuci muka sebaiknya menunjukkan kesadaran atas brand tersebut pada wanita dengan kisaran usia 14 hingga 30 tahun. 

Brand bisa saja diperkenalkan pada pria atau wanita dengan usia di luar ketentuan tersebut, namun brand awareness yang diciptakan hanya akan memengaruhi sedikit audiens. Hal ini tentu memperlambat perkembangan produk.

Baca Juga: Beragam Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Dipraktekkan

Kamu juga dapat melakukan penelitian pasar dengan mendengarkan brand seperti apa yang diharapkan. Pelajari juga hal-hal yang mendorong minat belanja calon pelanggan. Tips penting dalam cara membuat brand sendiri, selalu tempatkan posisi kamu sebagai seorang pelanggan untuk lebih memahami konsumen dalam menjalankan bisnis nantinya. Gunakan juga alat analisis seperti google analytics untuk mencari kata kunci yang sesuai dengan produk yang kamu hasilkan. 

Riset mengenai kompetitor dapat dilakukan dengan menganalisis kelebihan dan kelemahan atas produk yang dihasilkan serta visi misinya. Meski menjadi kompetitor, usahakan untuk bersaing secara sehat tanpa menjatuhkan pihak mana pun. 

2. Menempatkan Posisi Brand Secara Tepat 

Menempatkan Posisi Brand Secara Tepat 

Ketika sebuah brand diciptakan, pasti ada kemungkinan untuk tidak disukai oleh sebagian orang. Hal tersebut adalah masalah yang wajar terjadi, apalagi jika kamu baru memulai cara membuat brand sendiri. Sebuah brand baru membutuhkan waktu untuk dikenal dan diminati calon pelanggan, untuk itu tidak perlu terburu-buru atau terlalu memaksa untuk memperkenalkan brand kamu. 

Lebih baik lakukan kegiatan atau campaign yang berkaitan dengan produk kamu dan dapat menarik perhatian banyak orang. Sebagai contoh, jika produk yang ditawarkan adalah sebuah tas belanja ramah lingkungan, kamu bisa ikut mendukung dan memberikan edukasi secara menarik kepada masyarakat tentang pentingnya mengurangi penggunaan plastik dan beralih ke tas belanja. 

Baca Juga: Langkah-langkah Strategi Pemasaran yang Harus Dilakukan

Campaign seperti contoh di atas dapat membantu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari limbah plastik dan membantu memperkenalkan produk kamu pada masyarakat secara perlahan. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai langkah promosi dalam rangkaian cara membuat brand sendiri.

3. Tentukan Nama Brand Sesuai Dengan Tujuannya

Tentukan Nama Brand Sesuai Dengan Tujuannya

Cara membuat brand sendiri yang tak kalah penting adalah menentukan nama brand. Nama brand merupakan komponen penting yang harus ditentukan secara matang. Karena nama punya peran penting tentang bagaimana brand dikenal banyak orang. 

Tidak hanya itu, pemilihan nama juga harus sejalan dengan tujuan dari bisnis atau brand. Nama ini nantinya dapat berpengaruh pada pembuatan visual brand, pendaftaran brand pada lembaga terkait, dan kegiatan periklanan. Jangan lewatkan hal ini dalam cara membuat brand sendiri.

4. Tentukan Slogan Brand

Tentukan Slogan Brand

Pemberian slogan pada sebuah brand dapat membantu menunjukkan sebagian kecil visi dan misi brand terkait sekaligus menjadi cara membuat brand sendiri yang cukup membantu. Ciptakan slogan yang singkat, catchy, dan deskriptif sehingga mudah untuk diingat. 

Pastikan juga mudah dikenali calon pelanggan namun tetap mewakili visi dan misi brand kamu. Melalui slogan yang catchy, calon pelanggan juga dapat mengenali brand melalui kalimat singkat tersebut. Yuk maksimalkan cara membuat brand sendiri ini dengan membuat slogan yang menarik.

5. Menentukan Tampilan Visual Brand

Menentukan Tampilan Visual Brand

Cara membuat brand sendiri selanjutnya, kamu dapat mulai menentukan bagaimana tampilan visual brand yang ingin dimiliki. Pada langkah ini, kamu dapat mulai dengan menentukan warna yang akan digunakan baik pada logo, packaging, maupun tampilan pada platform iklan. Selanjutnya, tentukan karakteristik font untuk setiap tulisan yang berkaitan dengan brand. 

Pastikan untuk memilih warna dan font yang menarik namun tetap mudah untuk dilihat dan dibaca ya. Hindari pemilihan warna yang terlalu mencolok dan font yang sulit untuk dibaca. Hal ini nantinya bisa mengganggu pandangan mata sehingga calon pelanggan pun enggan untuk melihat lebih lanjut.

6. Membuat Logo

Membuat Logo

Setelah menentukan warna dan font yang akan digunakan, cara membuat brand sendiri yang bisa kamu lakukan adalah membuat logo brand. Logo merupakan wajah yang menunjukkan karakteristik dan tujuan brand kepada calon pelanggan. 

Pastikan untuk membuat logo yang unik, menarik, dan sesuai dengan karakteristik brand tersebut. Buatlah logo yang dapat disesuaikan pada setiap ukuran tanpa mengubah komponen di dalamnya. Hal ini dikarenakan logo mungkin saja akan digunakan pada packaging produk, desain iklan, dan kebutuhan marketing lainnya.

Kamu bisa menggunakan layanan jasa pembuatan logo dan menjelaskan bagaimana brand ingin dikenal oleh calon pelanggan untuk kemudian diubah menjadi visual logo brand kamu.

7. Rencana Dan Pelaksanaan Strategi Marketing

Rencana Dan Pelaksanaan Strategi Marketing

Faktor utama dalam berkembangnya sebuah brand adalah strategi marketing. Pada era perkembangan teknologi saat ini, kegiatan marketing dapat dilakukan dengan mudah dan di mana saja. Kamu dapat memanfaatkan media sosial dan situs web sebagai alat promosi guna memperkenalkan brand baru kamu.

Perencanaan strategi marketing harus dilakukan sesuai dengan target pasar yang dituju, begitu juga media periklanannya sebagai cara membuat brand sendiri yang efektif.. Apabila iklan ditampilkan pada media yang tidak sesuai dengan target, maka kegiatan marketing menjadi tidak efektif. 

Menerapkan strategi yang telah dibuat juga tidak perlu terburu buru. Karena bisa memberikan dampak yang buruk dan menggagu beragam cara membuat brand sendiri yang sudah kamu jalankan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

Pada masa awal pembuatan brand sendiri, hindari marketing yang hanya berfokus untuk mendapatkan pelanggan dan menjual produk. Alangkah baiknya marketing dilakukan untuk meningkatkan kesadaran audiens mengenai brand dan mengenalkan produk kepada pasar yang lebih luas.

 

kredit digital Julo

Bagaimana Cara Membangun Dan Mempertahankan Kesuksesan Brand?

Bagaimana Cara Membangun Dan Mempertahankan Kesuksesan Brand

Setelah mengetahui cara membuat brand sendiri, kamu akan menjalankan bisnis dengan produk yang kamu ciptakan. Dalam menjalankan bisnis, ada beberapa cara untuk membantu membangun dan mempertahankan kesuksesan brand. Cara yang dapat dilakukan antara lain:

1. Menentukan Karakter Brand

Menentukan Karakter Brand

Karakter brand diciptakan agar dapat membuat brand dikenal melalui keunikannya dibandingkan dengan kompetitor. Biasanya, calon pelanggan dapat mengenali karakter yang dibentuk saat melakukan aktivitas marketing. Ini sangat mendukung kegiatan kamu dalam memaksimalkan cara membuat brand sendiri.

Terciptanya karakter juga membantu brand untuk selalu diminati pelanggan. Oleh karena itu, karakter yang telah diciptakan sebaiknya dipertahankan agar brand dapat tetap dikenal baik pelanggan terdahulu maupun calon pelanggan baru.

2. Menciptakan Konten Yang Menarik

Menciptakan Konten Yang Menarik

Dalam memperkenalkan brand sendiri melalui media sosial dan situs web sebagai cara membuat brand sendiri, kamu bisa menggunakan konten yang menarik. Konten tidak harus selalu dibuat dengan isi promosi, hal seperti ini justru akan terlihat membosankan bagi pengguna lain. Namun, ciptakan konten yang berisi edukasi atau hiburan yang dikemas menarik dan memiliki keterkaitan dengan jenis brand. 

Sebagai contoh, apabila kamu menciptakan sebuah brand baju, ciptakan konten berupa cara merawat pakaian yang dikemas secara unik. Dapat berupa konten visual maupun tutorial dalam bentuk video.

Jenis konten seperti ini akan mendatangkan banyak pengguna media sosial untuk melihat akun brand kamu dan mendukung kamu memaksimlkan cara membuat brand sendiri

3. Memasang Iklan

Memasang Iklan

Untuk membantu mengembangkan brand kamu, pemasangan iklan dapat memiliki peran besar sebagai cara membuat brand sendiri. Iklan berfungsi untuk memberikan informasi seputar brand agar dikenal dan diketahui lebih banyak calon pelanggan. Penggunaan iklan yang efektif juga dapat membujuk pelanggan untuk melakukan transaksi produk kamu.

Dalam melakukan pemasangan iklan baik digital maupun konvensional, dibutuhkan biaya yang cukup besar mengingat dampaknya yang juga cukup besar. Melakukan pemasangan iklan dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk memasarkan brand baru agar dikenali lebih banyak orang.

Itulah beberapa cara membuat brand sendiri yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang sedang merintis sebuah bisnis brand sendiri, coba untuk melakukan pemasangan iklan untuk membantu menyebarkan informasi brand. Jika terkendala pada dana, JULO Kredit Digital dapat menjadi solusinya. 

JULO menyediakan kredit digital sebagai solusi modal mengembangkan usaha yang mudah diakses bagi pemula. Hubungi JULO sekarang juga! Saatnya meningkatkan usaha kamu melalui promo siap melesat yang luar biasa ini!

Artikel Lainnya