Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Memutar Uang 500 Ribu?
1. Thrift Shop
2. Reseller
3. Dropshipping
4. Bisnis DIY atau Kerajinan Tangan
5. Berinvestasi di Peer-to Peer Lending
6. Freelancer

6 Cara Memutar Uang 500 Ribu Hingga Untung

cara memutar uang 500 ribu

Bingung cara memutar uang 500 ribu? Memangnya bisa untung jika hanya punya Rp500 ribu? Membangun bisnis rasanya identik dengan rencana hebat dan modal yang besar. JULOvers mungkin berpikir setidaknya harus ada modal minimal Rp5 juta untuk membangun suatu usaha. Sebenarnya saat ini membangun usaha tidak memerlukan banyak modal. 

Uang sebanyak Rp500 ribu bahkan bisa membuat dua bisnis berbeda sekaligus. Jika JULOvers berusaha keras pasti keuntungan bisa didapatkan. Jadi bagaimana cara memutar uang hingga untung? Yuk simak caranya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Memutar Uang 500 Ribu?

seseorang memegang beberapa lembar uang seratus ribu

Pada era digital ini semua hal bisa dijadikan usaha. Tidak perlu jauh-jauh mencari pekerjaan yang sedang populer. Kamu bisa mulai dari dalam diri sendiri yaitu hobi. JULOvers memiliki hobi apa? Memasak? Belajar bahasa? Merangkai bunga? Apa pun hobi yang kamu punya buatlah hal itu menjadi peluang usaha baru yang menguntungkan. Jika kamu masih bingung apa yang bisa dilakukan untuk memutar uang coba perhatikan beberapa contohnya berikut ini. 

1. Thrift Shop

dua orang wanita memilih pakaian di thrift shop

Thrift shop atau toko barang bekas adalah usaha yang menjual barang-barang bekas dengan kualitas premium. Punya baju atau tas yang sudah tidak digunakan dan berada dalam keadaan bagus? Jangan segera dibuang. Kamu bisa menjualnya dan mendapatkan untung yang cukup besar. Coba mulai bereskan lemari pakaian dan tas kamu.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Pilih mana saja yang tidak ingin digunakan dan kumpulkan di satu tempat besar. Kemudian cuci ulang baju-baju tersebut sebelum difoto dan dijual. Uang Rp500 ribu yang kamu punya bisa digunakan untuk memesan kemasan cantik yang estetik sebagai pembungkus baju tersebut. Bagaimana? Mudah, bukan?

2. Reseller

hiasan kepala patung dalam kotak siap dikirim oleh reseller

Tidak punya barang bagus untuk dijual? Tenang saja karena ada cara lain untuk mendapatkan keuntungan. Kamu bisa menjadi reseller. Reseller merupakan usaha yang barangnya dibeli dari supplier kemudian dijual kembali dengan harga lebih tinggi. Barang apa yang bisa dibeli dari supplier?

Baca Juga: 4 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Ada banyak barang yang bisa kamu beli mulai dari pakaian, produk kecantikan, produk elektronik, lilin aromaterapi, dan masih banyak lagi. Ini berarti uang Rp500 ribu yang kamu punya bisa digunakan setengahnya untuk membeli barang-barang di supplier dan setengah lagi untuk membeli kemasan. 

3. Dropshipping

seorang konsumen menerima barang pesanan dropship

Ingin untung tetapi tidak punya waktu untuk melakukan pengemasan dan pengiriman barang? Jangan khawatir karena masih ada cara lain untuk melipatgandakan uang Rp500 ribu yang kamu punya, yaitu dengan membuka usaha dropshipping. Bisnis online satu ini mungkin serupa dengan reseller. Hanya saja, dalam bisnis dropshippin, kamu tidak perlu membeli barang dan mengemasnya. 

Sebagai dropshipper kamu bertugas untuk menghubungkan supplier dan pelanggan. Jadi kamu hanya perlu membuat akun media sosial atau toko online di berbagai marketplace lalu mengunggah produk-produk yang dijual oleh supplier. Kemudian kamu tinggal melakukan pemasaran dan menunggu pesanan. Ketika pesanan datang kamu hanya perlu berkomunikasi dengan supplier mengenai produk yang dipesan dan alamat pengiriman.

kredit digital Julo

4. Bisnis DIY atau Kerajinan Tangan

kumpulan gelas hasil kreasi kerajinan tangan

Jika kamu senang membuat sesuatu dengan tangan maka jual saja hasil yang telah dibuat. Senang menggambar? Kamu bisa menjadi ilustrator untuk orang-orang yang ingin membelikan kado anniversary atau ulang tahun. Senang membuat lilin aromaterapi yang menenangkan? Kamu bisa membeli wadah lilin yang cantik dan buat lilin aromaterapi di dalamnya.

Jangan lupa menyiapkan kemasan yang cantik supaya orang-orang tertarik membeli produk lilin kamu. Suka merajut? Saat ini produk rajutan bahkan kembali populer dan dicari oleh banyak orang. Kamu bisa menjual hasil rajutan yang ada ke berbagai media sosial dan marketplace. Jadi uang Rp500 ribu yang kamu punya bisa digunakan untuk membeli bahan dasar pembuatan produk beserta kemasan estetik.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Setelah produk selesai kamu bisa langsung menjual dan memasarkannya. Buat konten-konten menarik sehingga banyak orang ingin mencoba produk yang kamu jual. Meskipun kecil, bisnis DIY seperti ini bisa mengembalikan modal bahkan memberi keuntungan yang hingga jutaan rupiah. 

5. Berinvestasi di Peer-to Peer Lending

layar handphone menunjukkan grafik pergerakan pasar

Satu lagi yang tidak kalah populer pada zaman ini yaitu investasi. Uang Rp500 ribu sudah cukup bagi kamu untuk melakukan investasi. Kamu bisa mulai dengan berinvestasi di Peer-to-Peer Lending. Investasi di platform pinjaman online ini bisa dijadikan alternatif untuk melipatgandakan uang karena risikonya terbilang cukup rendah dibandingkan saham dan trading

Di sini kamu bisa mulai berinvestasi dengan minimal uang Rp50 ribu atau Rp100 ribu tergantung platform P2P Lending yang dipilih. Bunga pengembalian yang bisa diterima juga terbilang cukup tinggi. Jadi biarkan saja uang bekerja sendiri selagi kamu mengerjakan pekerjaan yang lain. 

6. Freelancer

seorang freelancer sedang bekerja di depan laptop

Ingin menambah penghasilan tambahan tanpa mengeluarkan biaya? Freelance bisa kamu coba. Freelance bisa dibilang kerja part-time yang tidak terikat pada perusahaan mana pun. Biasanya ada website-website yang menjadi pihak ketiga untuk menghubungkan kamu dengan orang yang membutuhkan jasa. Pekerjaan dalam freelance ini cukup banyak dari desain grafis, animasi, copywriting, dan lain sebagainya. Kamu akan menerima bayaran ketika setiap proyek pesanan diselesaikan dengan baik.

Bagaimana? Hanya dengan uang Rp500 ribu kamu bisa melakukan banyak hal, bukan? Saat ini uang tidak bisa lagi dijadikan batasan untuk tidak keluar dan berkarya. Kamu bisa berkarya sambil mendapatkan keuntungan jutaan rupiah. Pilih satu dari enam cara memutar uang 500 ribu yang paling cocok dan banyak membawa keuntungan. Ada usaha yang ingin kamu buat tetapi membutuhkan dana lebih banyak? 

Coba ajukan pinjaman di JULO Kredit Digital, JULO merupakan aplikasi kredit di mana kamu bisa menarik dana tunai langsung ke rekening pribadi. Limit pinjaman di JULO cukup tinggi yakni sebesar Rp15 juta. Soal keamanannya JULOvers tidak perlu takut karena JULO sudah mendapatkan izin dan terdaftar pada daftar fintech legal yang ada di OJK. Jadi tunggu apalagi? Yuk #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya