Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung
Wajib Menerapkan Pola Makan Sehat Sedari Usia Muda
Rutin Olahraga Secara Teratur
Rutin Memeriksa Kadar Gula Dalam Darah
Kendalikan Stres
Hindari Begadang dan Tidur dengan Waktu yang Cukup
Rutin Melakukan Pengecekan Kesehatan Jantung
Gejala Jantung Bermasalah yang Perlu Kamu Ketahui
Nyeri Dada yang Menyebar
Sering Merasa Lelah, Pusing dan Sesak, meski Tidak Melakukan Aktivitas Berat
Sering Keringat Dingin
Hidup Kuat, Jantung Sehat, Bayar Biaya Kesehatan Cuma di JULO!

Jantung Sehat, Hidup Tenang! Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

jantung sehat

Tak memandang usia, serangan jantung dapat menimpa siapa saja dan dapat terjadi kapan saja. Faktanya, sebesar 20% orang yang mengalami serangan jantung berusia kurang dari 40 tahun. Maka dari itu, penting sekali menjaga kesehatan jantung sedari dini agar hidup lebih panjang dan tenang.

Banyak sekali faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Faktor tersebut dapat berupa, seringnya mengkonsumsi makanan sembarangan yang tidak sehat, sering begadang, merokok, kurang gerak dan olahraga, dan juga stress.

Hal ini dapat berdampak fatal pada kondisi kesehatan jantung dan meningkatkan risiko penyakit seperti serangan jantung, gagal jantung ataupun stroke.

Kunci terhindar dari berbagai jenis penyakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Ubah pola hidupmu menjadi lebih sehat dari usia muda, agar kamu terhindar dari penyakit jantung di kemudian hari. 

Beberapa cara sederhana dari JULO ini dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung kamu lho, JULOvers! Simak baik-baik, yuk!

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung Aritmia, Koroner, Endokarditis diketahui sebagai nomor satu penyakit pembunuh di dunia. Kualitas pola hidup penderitanya sangat berkaitan dengan penyakit ini.

Tenang! Nggak akan pernah ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan jantung agar hidup lebih berkualitas. Agar dapat terhindar dari penyakit jantung dan juga komplikasinya di masa yang akan datang, kamu wajib memulai pola hidup sehat sedari usia muda. 

Yuk, kita bahas melalui artikel JULO berikut untuk mengetahui dan menerapkan cara menjaga kesehatan jantung sedari usia muda!

Baca juga: Menu Diet Sehat dan Enak untuk Sehari-hari

Wajib Menerapkan Pola Makan Sehat Sedari Usia Muda

Penerapan pola makan yang tidak sehat tentunya membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan jantung. Terapkan pola makan sehat dan pilihlah makanan dengan rendah lemak jenuh, lemak trans serta sodium.

Jika kamu ingin jantungmu sehat, pilihlah makanan sehat seperti sayuran, buah, ikan, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Kurangi mengkonsumsi minuman manis dan juga daging merah. Apabila kamu ingin memakan daging, pilihlah potongan daging yang memiliki jumlah lemak paling sedikit. Kunci terhindari dari penyakit jantung adalah variasi menu yang tepat dan seimbang agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.

Rutin Olahraga Secara Teratur

Jantung terdiri dari banyak otot yang harus dilatih dengan rutin. Olahraga sederhana seperti berjalan, berlari, berenang atau senam jantung dapat membantu menjaga kesehatan otot jantung.

Berolahraga dapat menurunkan tekanan darah sehingga menguatkan otot jantung serta mengontrol penumpukan lemak pada tubuh. Jika tubuh aktif bergerak, hal ini membawa pengaruh pada mental yang sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Ketika berolahraga jantung akan memompa darah sehingga pembuluh darah dalam tubuh akan menjadi lebih luwes. Selain itu, oksigen dalam tubuh juga akan terdistribusi dengan lancar.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan olahraga sederhana setidaknya 15-30 menit setiap harinya. 

Rutin Memeriksa Kadar Gula Dalam Darah

Selain meningkatkan risiko diabetes, mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula juga dapat memicu dampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Kandungan gula yang tinggi dalam tubuh akan menimbulkan penumpukan lemak, peradangan serta gangguan pada fungsi pembuluh darah, yang nantinya akan sangat berisiko pada penyakit jantung.

Maka dari itu, memperhatikan pola makan dan juga memeriksa konsumsi gula dalam tubuh secara teratur sangatlah penting.

Kendalikan Stres

Dalam jangka waktu yang lama, stres dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, yang dapat merusak dinding arteri.

Mempelajari cara untuk mengendalikan stres dapat membantu kualitas hidup dan kesehatanmu. Pelajari teknik pernapasan dalam, dan luangkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai.

Hindari Begadang dan Tidur dengan Waktu yang Cukup

Untuk kamu yang sering tidur larut malam atau begadang harus waspada dengan kesehatan jantungmu. Pasalnya, tidur yang cukup dengan minimal 7-8 jam sehari merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantungmu di usia muda.

Kalau terlalu sering begadang secara terus-menerus, hal ini akan menyebabkan kinerja jantung akan menjadi lebih berat, sehingga berisiko untuk memicu penyakit jantung.

Rutin Melakukan Pengecekan Kesehatan Jantung

Nggak ada salahnya kamu melakukan check up mengenai bagaimana kondisi jantungmu. Rutin melakukan check up kesehatan jantung di usia muda, hal ini merupakan salah satu langkah pencegahan untuk terhindar dari risiko penyakit jantung.

Pemeriksaan kesehatan jantung secara rutin dapat mengetahui kadar tekanan darah serta bagian penting lainnya. Meskipun, kamu merasa sehat dan tidak ada kendala apa-apa pada jantungmu.

Akan tetapi, jauh lebih baik jika kamu rutin melakukan pengecekan. Apalagi, jika kamu mempunyai faktor risiko penyakit jantung.

Gejala Jantung Bermasalah yang Perlu Kamu Ketahui

jantung sehat

Selain memahami bagaimana cara menjaga kesehatan jantung, kamu juga perlu untuk mengetahui bagaimana gejala apabila jantung kamu sedang tidak baik-baik saja.

Gejalanya tidak hanya dirasakan di sekitar organ jantung saja atau di dada sebelah, namun juga dapat terlihat dari beberapa bagian tubuh. Berikut gejala jantungmu sedang tidak baik-baik saja yang harus kamu ketahui:

Nyeri Dada yang Menyebar

Jika kamu merasakan nyeri di bagian dada sebelah kiri, tandanya kamu sudah harus mulai waspada, karena hal itu merupakan salah satu gejala penyakit jantung.

Bukan hanya sekedar nyeri biasa, akan tetapi kamu akan merasakan nyeri tersebut menyebar hingga ke bagian lengan kiri, leher, rahang hingga punggung. Rasa nyeri tersebut dapat muncul selama beberapa menit.

Sering Merasa Lelah, Pusing dan Sesak, meski Tidak Melakukan Aktivitas Berat

Gejala berikutnya adalah adalah pernapasan sering sesak meski tidak banyak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini dikarenakan oleh aliran darah menuju paru-paru yang terganggu.

Gangguan pada sirkulasi darah yang dipompa oleh jantung dapat berakibat pada tubuh sehingga lebih mudah merasa lelah atau lemas, bahkan dapat juga disertai dengan pusing dan juga berkunang-kunang

Baca juga: 8 Latihan Kardio untuk Menjaga Kesehatan Kamu Dari Rumah

Sering Keringat Dingin

Jika sedang santai atau beristirahat kamu kerap mengalami kondisi keluar keringat berlebih atau yang biasa disebut dengan keringat dingin, maka kamu harus lebih memerhatikan bagaimana kesehatan jantungmu.

Hal tersebut terjadi karena pembuluh darah yang menyempit dan juga otot jantung yang kekurangan oksigen. Umumnya, keringat dingin juga disertai dengan rasa tidak nyaman hingga mual.

Checkout Keranjang E-Commerce Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Belanja di Tokopedia, Shopee, Blibli hingga Rp50 juta bisa dicicil hanya di JULO

Hidup Kuat, Jantung Sehat, Bayar Biaya Kesehatan Cuma di JULO!

Lebih dari 25.000 fasilitas kesehatan, kamu bisa bayar berbagai kebutuhan. Tagihan rumah sakit, klinik, dokter gigi, apotek hingga biaya cek di laboratorium, cukup bayar lewat JULO dan bisa kamu cicilan pembayarannya!

Pahami cara bayar beragam biaya kesehatan dengan JULO Paylater! Ikuti 3 langkah praktis di bawah ini:

  1. Klik fitur Biaya Kesehatan pada aplikasi JULO.
  2. Tambahkan detail rumah sakit tujuan seperti nama rumah sakit / klinik / apotek / aplikasi kesehatan, no. rekening / VA, dan nama pasien.
  3. Masukkan jumlah pembayaran dan pilih tenornya. Lalu, konfirmasi pembayaran dengan PIN dan Tanda Tangan Elektronik. Selesai, deh!

Kamu bisa bayar biaya kesehatan online dan offline seperti rumah sakit, klinik, apotek, lab atau aplikasi kesehatan. Lunasi biaya kesehatan sekarang, bayarnya bisa belakangan saat gajian!

Cicil Biaya Kesehatan di Puluhan Ribu Faskes se-Indonesia!

Lunasi biaya kesehatan sekarang, bayarnya bisa belakangan saat gajian!

Artikel Lainnya