Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Ide Jualan Online Modal Kecil yang Menguntungkan?
1. Jualan E-Book
2. Thrift Shop
3. Hamper
4. Clothing Line
5. Rental Alat Elektronik
6. Jastip
7. Kue dan Dessert Box
8. Makanan Ringan
9. Makanan Beku
10. Perlengkapan Alat Tulis
11. Tanaman Hias

Kumpulan Inspirasi Ide Jualan Modal Kecil yang Menguntungkan

ide jualan online modal kecil

Bisnis online menjadi alternatif untuk masyarakat yang memerlukan penghasilan tambahan. Selain sederhana, pengelolaan bisnis online sudah dikenal fleksibel, yakni bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. 

Apakah JULOvers ingin membuka bisnis online juga? Di artikel ini JULO sudah mengumpulkan berbagai ide jualan online modal kecil yang bisa kamu coba. Daripada berlama-lama, langsung saja temukan ide jualan online modal kecil yang JULOvers butuhkan di bawah ini. 

Apa Saja Ide Jualan Online Modal Kecil yang Menguntungkan?

Apa Saja Ide Jualan Online Modal Kecil yang Menguntungkan

Dalam membangun bisnis, persiapan dan komitmen kamu saat menjalaninya merupakan kunci keberhasilan. Jadi bukan sekadar memilih lalu langsung menjalaninya saja tanpa arah dan tujuan. 

Jika hal ini yang kamu lakukan maka keuntungan maksimal tidak akan pernah bisa didapatkan. Namun tidak perlu terburu-buru. Sebagai permulaan kamu hanya perlu memilih satu dari banyaknya ide jualan online modal kecil yang tersedia. Berikut beberapa ide di antaranya. 

1. Jualan E-Book

Jualan E-Book

Tidak hanya berbagai aktivitas yang beralih ke dunia digital. Buku-buku juga sudah mulai diproduksi secara digital tanpa dicetak fisik. Peminat buku digital ini makin banyak karena mereka tidak perlu lagi menanggung beban berat. 

Semuanya bisa dibaca melalui tablet atau handphone sehingga tidak heran kalau mayoritas masyarakat lebih menyukai buku digital atau e-book. Tentu kamu bisa menjadikannya bisnis online yang sangat menguntungkan karena permintaannya terus meningkat. 

2. Thrift Shop

Thrift Shop

Thrift shop merupakan bisnis yang menjual barang-barang bekas tetapi masih memiliki kualitas yang bagus. Biasanya bisnis ini dijadikan pilihan karena barang-barang di rumah sudah terlalu banyak tetapi sangat sayang saat ingin membuangnya. 

Apakah JULOvers berada dalam keadaan yang sama? Jangan ragu untuk menjual kembali barang berkualitas yang tidak lagi digunakan. Selain akan membuat rumah kamu lebih rapi, keuntungan menjalankan bisnis thrift shop terhitung besar.

3. Hamper

Hamper

Ide jualan online modal kecil berikutnya adalah hamper atau parsel. Bisnis hamper mengacu kepada usaha membuat bingkisan yang berisi beragam makanan ringan, buah, atau produk-produk rumah tangga lainnya. 

Jika dilihat sekilas, kamu pasti akan merasa bahwa bisnis ini memerlukan modal besar. Padahal modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis hamper bisa dimulai dari Rp500.000 saja.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Menjalankan Bisnis

Peluang keuntungannya cukup besar karena mayoritas masyarakat mulai menggunakan jasa membuat hamper, khususnya sejak pandemi. Masyarakat tidak bisa pergi bertemu keluarga dan kerabat sehingga hamper menjadi solusi yang dibutuhkan.

 

kredit digital Julo

4. Clothing Line

Clothing Line

Pernahkah kamu berpikir untuk membuka clothing line sendiri? Modal yang dibutuhkan tidak besar. Jika kamu cerdas mengelola dan memilih metode untuk digunakan maka urusan modal tidak akan menjadi masalah.

Baca Juga: 9 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

Contohnya seperti menggunakan sistem Pre-Order (PO). Jadi kamu tidak perlu membuat banyak baju terlebih dahulu. Tunggu sampai kuota pesanan terpenuhi barulah buat baju tersebut. Praktis, bukan? 

5. Rental Alat Elektronik

Rental Alat Elektronik

Membuka rental alat elektronik juga bisa dijadikan alternatif ide jualan online modal kecil yang menguntungkan. Memang benar bahwa saat ini kemungkinan besar hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah memiliki handphone atau laptop mereka sendiri. 

Menurut hasil penelitian dari DataPortal pada awal tahun 2022, jumlah alat elektronik yang dimiliki penduduk Indonesia berada di angka 370,1 juta. Meskipun begitu, permintaan sewa alat elektronik tetap tinggi. 

Penyewaan alat elektronik paling dibutuhkan saat acara-acara besar oleh pemerintah maupun perusahaan sedang diselenggarakan. Kamu bisa mengajak beberapa teman untuk bekerja sama membangun bisnis rental sehingga alat elektronik yang dapat disewakan menjadi lebih banyak. 

6. Jastip

Jastip

Jastip atau jasa titip merupakan salah satu ide jualan online modal kecil yang populer di kalangan masyarakat. Meskipun sudah banyak yang melakukannya, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk menjalaninya. 

Pasalnya bisnis jastip memiliki penjualan barang yang berbeda-beda dan kuotanya juga terbatas. Jadi pelanggan pasti akan selalu ada untuk memesan barang yang ingin dititipkan. Keuntungan membangun bisnis jastip tentunya besar. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal apa pun selain mengunggah foto-foto produk di media sosial. 

7. Kue dan Dessert Box

Kue dan Dessert Box

Menjual kue dan dessert box menjadi ide jualan online modal kecil selanjutnya yang bisa kamu coba. Permintaan kue dan dessert box tentu akan selalu ada karena semua orang memiliki tanggal ulang tahun yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu bisa dipastikan bahwa keuntungan membuka bisnis satu ini cukup besar. Modal yang dikeluarkan tidak besar. Kamu hanya perlu membuatnya saat ada pesanan masuk alias made by order. 

8. Makanan Ringan

Makanan Ringan

Nah ide jualan online modal kecil satu ini tidak perlu lagi diragukan kalau berbicara soal keuntungan. Bisnis online makanan kecil memang selalu memiliki permintaan yang tinggi. 

Bahkan hasil survei Mondelez menunjukkan bahwa 60% orang Indonesia mengalami peningkatan dalam intensitas mengonsumsi makanan ringan. Itu berarti peluang keuntungan dalam membuka bisnis makanan ringan sangat menjanjikan.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Kamu bisa mencoba membuatnya dalam skala kecil terlebih dahulu untuk melihat permintaan pasar. 

9. Makanan Beku

Makanan Beku

Kedatangan pandemi mengubah hampir semua kebiasaan masyarakat. Jika dahulu berbelanja kebutuhan harus pergi ke pasar, namun sekarang semuanya bisa dilakukan secara online. Hal ini termasuk berbelanja sayur dan makanan beku lainnya. 

Awalnya pasti masyarakat enggan memesan secara online karena takut kualitasnya rendah. Tetapi seiring berjalannya waktu, makanan beku jadi lebih banyak dipesan secara online

Sebagai langkah awal, kamu hanya memerlukan modal sebesar Rp500.000. Beli beberapa makanan beku lalu jual lagi di berbagai media sosial untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

10. Perlengkapan Alat Tulis

Perlengkapan Alat Tulis

Selain mengubah kebiasaan sehari-hari, pandemi juga mengubah hobi yang dimiliki mayoritas masyarakat. Ada begitu banyak orang yang mulai melakukan journaling sebagai hobi saat berada di rumah saja. 

Journaling adalah kegiatan mencurahkan pemikiran serta isi hati ke dalam tulisan di kertas. Kegiatan journaling ini biasanya dibarengi dengan hobi hand lettering yang mengedepankan estetika. Jadi alat tulis seperti pulpen, washi tape, sticky notes, spidol, highlighters, brush pen, dan lainnya pasti akan laku terjual. 

11. Tanaman Hias

Tanaman Hias

Saat ini bisnis tanaman hias memiliki peluang keuntungan yang sangat tinggi. Hobi masyarakat juga mulai berubah dengan memelihara berbagai tanaman hias. Kamu bisa menjual berbagai tanaman hias dari harga yang paling murah sampai yang mahal. 

Atau bisa juga membuat hamper mini yang berisi perlengkapan menanam tanaman. Modalnya tidak perlu besar-besar. Beli saja sesuai budget yang sudah kamu siapkan sebelumnya, kemudian pasarkan di berbagai media sosial. 

Nah itu dia berbagai ide jualan online modal kecil yang bisa JULOvers coba. Membuka bisnis online dari rumah memang lebih menyenangkan dilakukan karena sangat praktis dan fleksibel. Pengelolaannya juga lebih sederhana dibandingkan bisnis offline

Bahkan membuka bisnis online tidak membutuhkan biaya sewa tempat sehingga dana yang JULOvers punya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Tetapi jika bisnis online yang sudah dibangun membutuhkan modal tambahan untuk menambah jumlah barang maka mengajukan pinjaman online bisa menjadi jawaban tepat. 

Saat ini sudah ada banyak fintech di Indonesia yang terjamin legalitasnya oleh OJK. Salah satunya seperti JULO Kredit Digital. Terdapat fitur Dana Tunai yang bisa JULOvers gunakan untuk modal usaha yakni dengan mengirimkan uang langsung ke rekening pribadi. 

Jika ada kebutuhan yang harus dibeli di e-commerce, JULOvers juga bisa menggunakan fitur paylater. Jadi tidak perlu lagi menunggu tanggal gajian saat berada dalam keadaan mendesak. 

Langsung saja download aplikasi JULO lalu gunakan untuk semua proses pembayaran. Manfaatkan juga promo siap melesat supaya bisnis JULOvers makin untung! Semoga informasi ide-ide jualan online modal kecil yang dijelaskan di atas dapat menginspirasi JULOvers

Artikel Lainnya

pinjaman online
rencana hidup
rencana hidup dengan pinjaman online
Keuangan & Bisnis
pinjaman online bunga kecil