Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Kerugian Telat Bayar Cicilan JULO!
1. Masuk ke Daftar Blacklist
2. Bunga dan Denda Menumpuk
3. JScore Turun, Limit Susah Naik
Tips Anti Telat Bayar Cicilan dari JULO
1. Atur Keuangan dan Prioritaskan Cicilan JULO
2. Bijak dalam Menggunakan Limit
3. Gunakan Fitur Autodebit dari JULO
Cara Membayar Cicilan JULO
1. Cara Membayar Cicilan JULO di Gerai Indomaret/Alfamart
2. Cara Membayar Cicilan JULO Lewat Bank BCA
3. Cara Membayar Cicilan JULO Lewat Bank Permata
4. Cara Membayar Cicilan JULO Lewat Bank BRI

Jangan Telat Bayar Cicilan JULO, Banyak Ruginya!

kerugian-telat-bayar-cicilan-JULO

Dengan banyaknya kemudahan solusi finansial yang ditawarkan JULO, pengajuan untuk mendapatkan kreditnya pun sangatlah mudah. Akan tetapi, dalam segala kemudahan pembayaran yang dapat JULOvers gunakan, ada tanggung jawab pelunasan cicilan yang harus dilakukan oleh JULOvers. Tanggung jawab tersebut merupakan suatu hal perlu dibayarkan tepat waktu, agar kita dapat menghindari kerugian kerugian yang dapat dialami ketika kita telat bayar cicilan.

Menggunakan fungsi kredit pun mesti cermat. Jangan sampai hanya tergiur karena cepatnya pencairan, tapi tak tahu besarnya bunga kredit dari JULO. Kecermataan ini penting karena ada resiko tidak membayar cicilan. Kebutuhan yang mendesak seringkali menjadi penyebab ajukan kredit online. Namun, meski sistem pengaplikasian kredit JULO terbilang cukup mudah bahkan Kredit dana tunai tersebut langsung ditransfer ke rekening JULOvers hanya dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

Namun di balik semua kemudahan ini, perlu diketahui melakukan kredit di JULO juga memiliki risiko, seperti misalnya gagal bayar kredit. Untuk terhindar dari ancaman gagal bayar JULOvers harus bijaksana dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan produk JULO. Ini perlu dilakukan agar keuangan tidak terlalu terbebani. Dengan begitu, JULOvers akan lebih mudah melunasi cicilan kredit hingga lunas, tanpa merasa kewalahan untuk memenuhi segala kebutuhan pokok lainnya.

Lantas, kerugian apa saja yang mungkin bisa dialami JULOvers ketika cicilan kreditnya terlambat dibayar? Kalau sudah, kita simak kerugian telat bayar dibawah sini!

Kerugian Telat Bayar Cicilan JULO!

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

Kasus telat atau gagal bayar kredit online membuat muncul banyak pertanyaan apakah tidak membayar ataupun menunggak akan menyebabkan seseorang terkena kasus pidana? Jawabannya yaitu tidak. Hal ini mengacu pada UU No. 39 Tahun 1999 pasal 19 ayat 2 tentang HAM. Dimana pada UU tersebut menjamin seseorang tidak akan terjerat kasus pidana karena tidak memenuhi kewajiban membayar utang piutang.

Namun ini juga bisa menyebabkan seseorang dilaporkan ke pihak berwenang, mengingat JULO memiliki hak mengambil tindakan hukum apapun berdasarkan perjanjian kredit yang ditanda tangani.

Menggunakan cicilan kredit memang mengasyikkan. Kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan dengan mudah dan tidak menggerus dana tabungan. Tetapi jangan lupa untuk membayarkan cicilan kredit secara tepat waktu ya, karena jika tidak kamu sendiri yang akan kerepotan. Lakukan pembayaran pelunasan setiap bulannya sehingga kondisi keuangan kamu juga bisa terkontrol dengan baik. Lalu bagaimana jika sering telat membayar cicilan kredit? Nah berikut merupakan akibat yang bisa kamu dapatkan jika sering telat membayar cicilan kredit.

1. Masuk ke Daftar Blacklist

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

Pada saat mengajukan kredit di JULO, akan ada beberapa data yang harus diisi dan sejumlah data pribadi. Hal tersebut digunakan untuk proses verifikasi peminjam secara lengkap. 

Jika suatu hari bermasalah, misalnya tidak membayar kredit online sesuai batas waktu atau tidak melunasinya. Data pribadi akan dilaporkan ke Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK) dan Fintech Data Centre (FDC) sehingga memiliki status sebagai warga negara dengan masalah kredit. Akibat dari sanksi ini, JULOvers akan kesulitan mengajukan kredit di lain hari pada semua tempat pengajuan kredit karena pernah ada rekam jejak yang kurang baik.

2. Bunga dan Denda Menumpuk

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

Hitungan bunga kredit online yang tidak bayar atau belum dilunasi akan terus berjalan. Resiko ini menyebabkan akumulasi bunga dan denda menumpuk. Jumlahnya bisa membengkak  membebani penunggak kredit. Selain itu, akumulasi kredit akan disertai denda jika kredit sudah jatuh tempo. Semakin lama menunggak, maka total kredit semakin besar karena ditambah bunga dan denda yang berlipat ganda.

3. JScore Turun, Limit Susah Naik

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

JULO memberikan kemudahan dengan memberikan limit yang cukup besar untuk membantu JULOvers memenuhi kebutuhan. Tentunya limit tersebut hanya akan diberikan pada JULOvers yang selalu membayar tepat waktu. Lalu, apa jadinya jika JULOvers terlambat membayar?

Baca Juga: Begini Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

Jscore kamu akan turun dan mempengaruhi kenaikan limit yang diberikan. Tidak adanya kenaikan limit karena keterlambatan pembayaran tentunya akan membuat JULOvers leluasa lagi dalam berbelanja. Menunda membayar, sama saja menunda kepuasan JULOvers dalam bertransaksi. Kamu pastinya tak mau merugi bukan? Jadi lebih baik bayar cepat, dibanding bayar telat.

Tips Anti Telat Bayar Cicilan dari JULO

telat-bayar-cicilan

Tagihan berupa kewajiban bulanan, cicilan, atau utang memang seringkali menjadi permasalahan yang dapat menghambat kebebasan finansial. Namun, mau bagaimana juga, kamu tidak akan bisa lari dari tanggung jawab membayar tagihan. Apapun alasannya, tagihan tetap tagihan. Semua itu harus kamu pikirkan bagaimana cara melunasinya dengan tepat waktu setiap bulan.

JULO akan memberikan beberapa tips dan strategi yang dapat membantu kamu membayar tagihan cicilan tanpa telat. Yuk, simak!

1. Atur Keuangan dan Prioritaskan Cicilan JULO

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

Ketika tiba saatnya gajian, perlu kita atur dana pemasukan dan pengeluaran yang kita gunakan. Salah satu strategi keuangan yang bisa kita lakukan adalah metode 50-30-20. Dimana metode 50-30-20 ini merupakan metode yang mengharuskan kita untuk mengalokasikan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan pokok, 30% pendapatan untuk keinginan dan kemudian 20% untuk Tabungan atau Investasi. 

Lalu, dimana kah cicilan dari JULO berada? Cicilan JULO haruslah masuk pada alokasi 50% dana pendapatan kita, yaitu sebagai bagian dari kebutuhan pokok. Karena cicilan yang kita punya merupakan sebuah tanggung jawab milik kita yang harus segera dilunasi. Pada dasarnya, dana yang kita dapatkan dari kredit merupakan sebuah 'pinjaman', yaitu dana yang kita dapatkan dari kredit bukanlah milik kita yang bisa dikategorikan sebagai hutang kepada penyedianya.

2. Bijak dalam Menggunakan Limit

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

Saat JULO memberikan limit kredit, JULO juga menyesuaikan dengan kapasitas kredit kamu juga. Sehingga seharusnya dalam bertransaksi, JULOvers tidak akan melewati limit. Walaupun memiliki limit, tapi bukan berarti kamu harus menghabiskan semuanya, itulah cara bijak menggunakan kartu kredit. Adapun akan lebih baik jika keuangan kamu membatasi kredit dari total penghasilan atau pemasukan yang kamu peroleh. Dengan demikian, keuanganmu bisa tetap sehat. Jika lebih dari itu, kamu bisa kesulitan membayar. Jadi, ada baiknya limit kecil pada layanan kredit kamu gunakan dengan maksimal, tanpa overlimit.

3. Gunakan Fitur Autodebit dari JULO

jangan telat bayar cicilan

Dengan menggunakan fitur autodebit, kamu dapat menghindari resiko telat bayar lho! Karena tagihan cicilan kamu akan otomatis terbayarkan kepada penyedia kreditnya. Apalagi selain memudahkan dan membantu menghindari keterlambatan pembayaran, menggunakan fitur pembayaran JULO dengan autodebit juga memberikan bonus cashback yang dapat kamu gunakan untuk meringankan pembayaran tagihan juga. Jadi tidak ada lagi kata terlambat bayar dengan fitur autodebit dari JULO!

Cara Membayar Cicilan JULO

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

JULO memberikan kemudahan bagi kalian yang hendak membayar cicilan. JULO menyediakan beragam pilihan mulai dari transfer ke Bank pilihan hingga datang langsung ke outlet yang bekerjasama dengan JULO, seperti Alfamart dan Indomaret. Beberapa bank yang dapat menjadi pilihan JULOvers untuk membayar cicilan antara lain, Bank BRI, Bank Permata, dan Bank BCA. Nah, masing-masing bank tersebut juga menyediakan pilihan pembayaran, mulai dari transfer melalui ATM, internet banking, dan juga mobile banking. JULOvers dapat memilih cara ternyaman dan tercepat untuk membantu kalian membayar cicilan. Mudah bukan? Yuk lihat lengkapnya disini:

1. Cara Membayar Cicilan JULO di Gerai Indomaret/Alfamart

  1. Buka aplikasi JULO yang terdapat pada smartphone milikmu.
  2. Setelah itu, tekan menu aktivitas pada menu bagian bawah layar.
  3. Lanjutkan dengan menekan Pilih "Metode Lain"
  4. Pilih Indomaret/Alfamart dan secara otomatis akan muncul 16 digit kode pembayaran Virtual Accountmu.
  5. Pergi ke gerai Indomaret/Alfamart terdekat dari lokasimu.
  6. Pergi ke kasir untuk melakukan pembayaran.
  7. Sebutkan nomor Virtual Account milikmu dan juga nama merchant.
  8. Setelah itu, silakan konfirmasi pembayaran kamu
  9. Selamat, transaksi kamu telah selesai!

2. Cara Membayar Cicilan JULO Lewat Bank BCA

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar cicilan JULO lewat bank BCA.

Pembayaran JULO via ATM BCA

  1. Pilih Transaksi Lainnya
  2. Pilih Transfer
  3. Pilih ke Rek. BCA Virtual Account
  4. Masukkan nomor Virtual Account, lalu tekan Benar
  5. Masukkan jumlah total yang ditagihkan kepada Anda, lalu tekan Benar
  6. Pastikan data yang telah Anda masukan telah benar, lalu tekan YA untuk membayar
  7. Transaksi kamu sudah selesai!

Pembayaran JULO via KlikBCA

  1. Pada menu di bagian kiri layar, pilih Transfer Dana
  2. Pada menu di bagian kiri layar, pilih Transfer ke Rek. BCA Virtual Account
  3. Masukkan nomor BCA Virtual Account atau pilih daftar transfer
  4. Masukkan jumlah yang ingin dibayarkan
  5. Validasi pembayaran
  6. Selamat! Transaksi kamu telah selesai

Pembayaran JULO via m-Banking

  1. Pilih menu m-BCA
  2. Pilih menu m-Transfer
  3. Pilih BCA Virtual Account
  4. Masukkan Nomor Virtual Account
  5. Pada tampilan konfirmasi, klik Send
  6. Periksa kembali data Anda, lalu tekan OK untuk membayar
  7. Masukkan PIN Anda, kemudian tekan OK
  8. Transaksi kamu telah selesai.

3. Cara Membayar Cicilan JULO Lewat Bank Permata

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar cicilan JULO lewat bank Permata.

Pembayaran JULO via ATM Permata

  1. Pilih Transaksi Lainnya
  2. Pilih Pembayaran
  3. Pilih Pembayaran Lainnya
  4. Pilih Virtual Account
  5. Masukkan 16 digit nomor Virtual Account, lalu tekan Benar
  6. Masukkan jumlah total yang ditagihkan ke Anda, lalu tekan Benar
  7. Pilih rekening tabungan kamu
  8. Transaksi kamu telah selesai

Pembayaran JULO via PermataNet

  1. Pada menu di bagian kiri layar, pilih Pembayaran
  2. Pada menu di bagian kiri layar, pilih Pembayaran Tagihan
  3. Pada menu di bagian kiri layar, pilih Virtual Account
  4. Pilih rekening tabungan kamu, dan masukkan 16 digit nomor Virtual Account
  5. Setelah itu, tekan Lanjut
  6. Masukkan otentikasi transaksi, tekan Lanjut dan transaksi kamu telah selesai!

Pembayaran JULO via Permata Mobile

  1. Pilih Pembayaran Tagihan
  2. Pilih Virtual Account
  3. Masukkan 16 digit nomor Virtual Account, lalu tekan Lanjut
  4. Klik tombol Konfirmasi
  5. Masukkan nominal pembayaran, lalu klik tombol Konfirmasi
  6. Masukkan token otentikasi transaksi, lalu klik Konfirmasi
  7. Transaksi Anda telah selesai!

4. Cara Membayar Cicilan JULO Lewat Bank BRI

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar cicilan JULO lewat bank BRI.

Pembayaran JULO via ATM BRI

  1. Pilih Transaksi lainnya
  2. Kemudian pilih menu Pembayaran
  3. Pilih lainnya
  4. Pilih menu Briva
  5. Masukan 16 digit nomor Virtual Account, lalu tekan Benar
  6. Masukan jumlah total yang ditagihkan ke anda, lalu tekan Benar
  7. Ketika muncul konfirmasi pembayaran, silahkan pilih Ya
  8. Transaksi anda telah selesai

Pembayaran JULO via BRI Internet Banking

  1. Silahkan login Internet Banking
  2. Kemudian pilih Menu Pembayaran
  3. Lalu pilih menu Brivia
  4. Masukkan 16 digit nomor virtual account anda
  5. Kemudian klik Kirim
  6. Setelah itu, masukkan password serta mToken internet banking
  7. Setelah itu tekan Lanjut dan transaksi anda akan selesai

Pembayaran JULO via BRI Mobile Banking

  1. Silahkan login Mobile Banking
  2. Lalu pilih menu Pembayaran
  3. Setelah itu klik menu Brivia
  4. Masukkan 16 digit nomor virtual account anda kemudian klik Kirim
  5. Dan jangan lupa tuliskan jumlah nominal tagihan yang ada di invoice
  6. Lalu masukkan PIN Mobile Banking dan klik Kirim
  7. Transaksi anda telah selesai

JULO Kredit Digital bisa menjadi rekomendasi utama untuk kamu yang sedang mencari layanan kredit digital terpercaya dan terdaftar di OJK. Dengan limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Jadi tunggu apalagi? Ayo segera #SIAPMELESAT bersama JULO Kredit Digital!

kerugian-telat-bayar-cicilan-julo

Cara Bayar Cicilan dari JULO?

Ayo bayar cicilan JULO tepat waktu mulai dari sekarang! Anti Telat Bayar!!

Artikel Lainnya

lebaran
lebaran 2024
lebaran 1445
menu lebaran
belanja lebaran
belanja lebaran
npwp
membuat npwp pribadi
npwp online
npwp pribadi online
npwp online