Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Rincian Modal Usaha Minuman Kekinian
1. Modal Investasi
2. Modal Operasional
4 Ide Usaha Minuman Kekinian yang Populer
1. Soju Tanpa Alkohol
2. Mocktail
3. Yakult Tea
4. Minuman Topping Boba

Yuk, Pelajari Modal Usaha Minuman Kekinian!

modal-usaha-minuman-kekinian

Jika JULOvers tertarik membuka usaha minuman kekinian, maka kamu harus mengetahui berapa modal usaha minuman kekinian terlebih dahulu. Minuman kekinian seperti boba dan mocktail memang sedang menjadi produk yang tren belakangan ini, terutama di kalangan anak mudah.

Akibat ketenarannya, kini sudah ada banyak sekali pengusaha yang memanfaatkan peluang usaha ini dan telah membuka usaha minuman kekinian. Jenis minuman kekinian yang telah beredar pun sangat beragam, maka dari itu walaupun ada banyak kompetitor tetapi peluang usaha ini tetap menjanjikan.

Jika JULOvers tertarik untuk memanfaatkan peluang usaha ini, maka kamu perlu mengetahui rincian modal yang dibutuhkan untuk memulainya. Lantas, berapa sih modal usaha minuman kekinian? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Rincian Modal Usaha Minuman Kekinian

dua orang sedang membicarakan rincian biaya usaha minuman

Untuk memulai usaha minuman kekinian, sebenarnya kamu tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, kamu juga sebenarnya bisa membuka usaha minuman kekinian ini di depan rumah dan menjualnya secara online.

Berikut ini kisaran rincian modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha minuman kekinian:

1. Modal Investasi

seseorang memegang tiga lembar uang seratus ribu rupiah

Modal investasi merupakan modal yang dikeluarkan untuk kebutuhan atau barang-barang yang akan digunakan selama kamu membuka usaha minuman kekinian. Sebagai contoh, kamu ingin membuka usaha minuman kekinian di area perkantoran, maka kamu membutuhkan modal untuk menyewa ruko.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah dan Cepat

Selain itu, pengeluaran untuk barang-barang yang akan digunakan setiap harinya seperti alat press kemasan, stoples, ember, dan lain-lainnya juga termasuk ke dalam modal investasi. Jika kamu tidak membuka usaha ini di ruko melainkan di depan rumah, berarti pengeluaran untuk gerobak atau booth mini juga termasuk ke dalam modal investasi.

Untuk membantu membayangkan rincian modal investasi apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha minuman kekinian, setidaknya berikut ini beberapa pengeluaran yang diperlukan:

  • Ruko: sekitar Rp1,5 juta per bulan (di beberapa area di Jakarta)
    • Jika kamu ingin membuka usaha minuman kekinian di depan rumah atau area sejenis lainnya, setidaknya kamu membutuhkan gerobak atau booth mini, dengan harga: sekitar Rp1 juta
  • Alat press kemasan: sekitar Rp800 ribu
  • Stoples: sekitar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per buah
  • Ember: sekitar Rp50 ribu per buah

Selain keperluan dan barang-barang yang disebutkan di atas, terkadang kamu juga akan perlu mengeluarkan modal untuk hal lainnya, tergantung dari jenis minuman kekinian apa yang ingin dijual. Kisaran rincian yang disampaikan di atas hanya sebagai gambaran saja.

2. Modal Operasional

dua orang sedang membeli makanan dari food truck

Modal operasional merupakan modal yang dikeluarkan untuk barang-barang yang digunakan sehari-hari seperti bahan baku, gelas, sedotan, dan lain sebagainya. Selain itu, pengeluaran mendadak yang tiba-tiba dibutuhkan juga termasuk ke dalam modal operasional.

Baca Juga: Kenali 5 Sumber Modal Usaha Pilihan Pebisnis Ini

Untuk membantu membayangkan rincian modal operasional apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha minuman kekinian, setidaknya berikut ini beberapa pengeluaran yang diperlukan:

  • Bahan baku minuman: sekitar Rp250 ribu per hari (bisa kurang atau lebih, tergantung dari jenis minuman kekiniannya)
  • Gelas: Rp150 ribu per pack
  • Plastik dan sedotan: Rp100 ribu per pack

Modal operasional ini akan berbeda-beda tergantung dari jenis minuman kekinian yang dijual dan dari pemasok mana yang dipilih. Kisaran rincian yang disampaikan di atas hanya sebagai gambaran saja.

kredit digital Julo

4 Ide Usaha Minuman Kekinian yang Populer

dua orang sedang menikmati minuman kekinian

Setelah mengetahui modal minuman usaha kekinian yang sekiranya dibutuhkan, berikut ini ide-ide usaha minuman kekinian yang dapat kamu manfaatkan:

1. Soju Tanpa Alkohol

sebotol soju tanpa alkohol di atas meja

Kepopuleran budaya Korea yang masuk ke Indonesia dari industri hiburan mereka membuat banyak sekali anak muda yang tertarik mencoba kuliner dari negeri ginseng tersebut. Salah satu jenis minuman favorit dari banyak orang adalah soju.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Soju merupakan minuman tradisional khas Korea yang mengandung alkohol. Walaupun begitu, seiring dengan perkembangan zaman, sekarang sudah ada soju yang tidak mengandung alkohol. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini untuk menjualnya di Indonesia.

2. Mocktail

dua gelas mocktail di atas piring kayu

Mocktail merupakan salah satu jenis minuman kekinian yang sedang populer belakangan ini. Mocktail sendiri adalah minuman sejenis cocktail tetapi tidak mengandung alkohol di dalamnya. Jadi masih banyak orang yang bisa menikmatinya dengan bebas.

Mocktail sendiri biasanya sering disajikan di bar hingga kafe atau kedai kopi tertentu. Harga dari mocktail ini memang dapat terbilang lebih mahal dari jenis minuman kekinian lain, tetapi kamu bisa menjualnya secara online dengan ukuran yang lebih kecil dan harga yang lebih murah.

3. Yakult Tea

satu pak yakult yang belum dibuka

Yakult merupakan salah satu produk susu fermentasi yang baik untuk pencernaan tubuh. Selain menyehatkan, rasa dari yakult juga sangat enak sampai bisa membuat ketagihan, jadi tidak heran jika ada banyak orang yang menyukainya.

Berkat perkembangan zaman, kreativitas dari orang-orang juga sudah meningkat. Kini sudah ada minuman yang menjadi campuran antara teh dan yakult. Rasa yang unik dari yakult bercampur baik dengan rasa dari teh dan menciptakan jenis minuman kekinian baru favorit banyak orang.

Teh yang biasanya dicampurkan dengan yakult ini berupa teh leci, teh lemon, hingga teh mangga. Jadi pilihan rasanya juga bisa beragam dan tidak membosankan. Pastikan juga untuk mengemasnya dengan kemasan yang unik agar orang-orang makin tertarik.

4. Minuman Topping Boba

seseorang memegang satu gelas minuman boba

Sampai saat ini, minuman apa pun yang memiliki topping boba masih selalu menjadi favorit dari banyak orang. Selain populer, boba ini juga memang merupakan topping yang sangat cocok digabungkan dengan berbagai jenis minuman, mulai dari teh hingga kopi.

Demikian penjelasan modal usaha minuman kekinian yang dapat kami sampaikan. Jika JULOvers sudah membuat rencana bisnis untuk membuka usaha minuman kekinian dan sudah menjalankannya, namun belum memiliki modal yang cukup untuk membawanya ke tingkat selanjutnya, maka kamu bisa meminjam dana di aplikasi kredit digital seperti JULO. Rasakan mudahnya proses pencairan dan di JULO Kredit Digital.

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga kisaran modal usaha minuman kekinian ini dapat membantu ya!

Artikel Lainnya