Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apakah Peluang Usaha Online Efektif?
1. Efektif dari Segi Biaya
2. Pasar yang Lebih Luas
3. Toko Kamu Selalu Buka
Apa Saja Peluang Usaha Online yang Harus Kamu Coba?
1. Bisnis Dropshipping
2. Freelancer
3. Blogger
4. Bisnis Pembuatan Website
5. Berjualan Di Marketplace
6. Kursus Online
7. Membuka Jasa Desain Grafis
8. Jasa Menulis Artikel
9. Admin Media Sosial
10. Afiliate Marketing
11. Survey Online
12. Menjual Foto

12 Peluang Usaha Online Wajib Kamu Coba, Pasti Untung!

peluang usaha online

Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan banyak orang opsi untuk melakukan sesuatu. Salah satunya adalah kegiatan usaha. Kini ada peluang usaha online yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan sampingan ataupun utama kamu.

Namun, seberapa efektifkah peluang usaha ini dibandingkan dengan menjalankannya secara tradisional atau offline? Apa saja yang menjadi pembeda diantaranya? Manfaat apa yang membuat kedua opsi berbisnis ini yang membuatnya unggul dari satu sama lain?

Apabila kamu penasaran dengan jawaban dari pertanyaan di atas, simak beberapa informasi berikut ini. Kenali peluang usaha online serta bagaimana keefektifannya saat ini.

Apakah Peluang Usaha Online Efektif?

seorang wanita sedang bekerja di depan laptop

Jika kamu perhatikan, hampir setiap orang tidak pernah lepas dari gadget-nya. Hampir setiap hal bisa dilakukan dari satu genggaman saja, mulai dari komunikasi, mencari informasi, hingga berbelanja.

Pada zaman modern ini, semakin banyak orang yang berbelanja online. Transaksi juga semakin dipermudah berkat teknologi-teknologi baru. Tidak heran betapa mudahnya seseorang membeli barang dari dunia maya.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Di Sini!

Hal ini tentu menjadikan kegiatan berbisnis secara online sesuatu yang sangat menjanjikan. Bayangkan banyaknya calon pelanggan yang bisa kamu dapatkan. Tentu keuntungannya begitu besar.

Terdapat beberapa hal yang membuat kegiatan usaha online begitu menjanjikan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Efektif dari Segi Biaya

tumpukan uang rupiah dengan nominal 75 ribu

Mudah serta murahnya mengurus bisnis online menjadi alasan utama mengapa peluang usaha online digemari banyak orang. Membangunnya juga tidak sesulit toko offline. Tidak perlu tempat khusus mendirikannya. Kamu bisa mulai dari kamar tidur dan tidak perlu repot memikirkan biaya operasional.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah dan Cepat

Bahkan jika kamu mau, bisnis ini juga tidak memerlukan karyawan yang banyak. Cukup beberapa orang saja, bisnis online bisa beroperasi dengan baik.

2. Pasar yang Lebih Luas

suasana pasar pagi yang penuh dengan kios

Peluang bisnis online yang menjanjikan selanjutnya adalah dari segi jangkauannya. Bisnis kecil bisa menjangkau pasar yang lebih luas hanya menggunakan internet. Akses internet yang mudah menandakan siapa saja, dari belahan dunia mana pun dapat mengetahui bisnis kamu. Menggapai hal ini juga bukan hal yang sulit melalui dunia maya.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

3. Toko Kamu Selalu Buka

tanda buka yang tergantung di pintu toko

Tidak ada jam operasional ketika kamu memulai bisnis secara online. Siapa pun bisa melihat produk kamu kapan pun mereka inginkan. Baik pagi, hari, jam makan siang, hingga larut malam. Kamu bisa menerima pesanan di jam 3 pagi, lalu memprosesnya keesokan hari tanpa masalah. Hal ini tentunya juga menjadi peluang usaha online yang bisa menguntungkan.

Itulah beberapa hal yang membedakan antara toko offline dengan yang online. Beragam kemudahan tersebut menjadi daya tarik bagi orang banyak untuk mencoba berbisnis online.

Lalu, apakah peluang ini masih efektif? Jawabannya iya. Terutama melihat teknologi yang terus berkembang, semakin banyak daerah dan negara yang memiliki internet mumpuni, dan peluang akan pasar yang masih begitu luas.

kredit digital Julo

Apa Saja Peluang Usaha Online yang Harus Kamu Coba?

Beberapa peluang usaha berikut ini bisa menjadi pertimbangan jika kamu tertarik untuk terjun berbisnis online

1. Bisnis Dropshipping

seseorang sedang membuka halaman ecommerce di handphone

Salah satu keuntungan dari bisnis online adalah tidak diperlukannya toko fisik untuk menjalankan bisnismu. Ternyata gudang atau inventaris juga tidak diperlukan jika kamu memilih untuk menjalankan bisnis dropshipping.

Pada peluang bisnis ini yang perlu kamu lakukan hanya menjalin kerja sama dengan produsen atau supplier yang produknya nanti akan kamu jual. Proses inventori dan pengemasan sepenuhnya menjadi tugas mereka.

Peran kamu dalam bisnis ini yaitu memasarkan dan menjual produk tersebut. Setiap kali pembelian terjadi, kamu akan melakukan pemesanan dengan pihak ketiga. Sehingga merekalah yang menangani sisa proses pembelian. 

2. Freelancer

meja kerja dengan dua layar dan satu buah laptop

Apakah kamu memiliki keahlian tertentu? Cobalah untuk menawarkan keahlian yang kamu miliki melalui internet sebagai seorang freelancer. Salah satu tantangan bagi freelancer yaitu sulitnya menemukan klien yang ingin menggunakan jasa mereka.

Namun dengan mudahnya berbagi informasi di dunia maya, maka kamu bisa dengan gampang mencari klien yang membutuhkan keahlianmu. Menampilkan portofolio juga tidak sulit, klien bisa melihat bagaimana hasil pekerjaanmu melalui website atau profil media sosial.

Kamu juga tidak memerlukan kantor karena proses mengerjakan proyek bisa dilakukan di mana saja. Bahkan kamu juga bisa mengatur sendiri jadwal untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

3. Blogger

tulisan blog pada empat buah kotak

Manfaatkan hobi menulis kamu menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan. Kamu bisa menulis beragam topik dengan banyak niche yang bisa dipilih. Jika sudah berhasil membangun trafik dan audiens, maka saatnya kamu menghasilkan uang dari sini.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Untuk Pemula yang Layak Dicoba

Akan ada banyak yang ingin memasang iklan pada blog berkualitas dengan trafik tinggi. Kamu bahkan juga bisa menjadi influencer yang dapat memengaruhi para pembaca. Bisa saja brand tertarik menggunakan blog kamu sebagai sarana kampanye pemasaran mereka.

4. Bisnis Pembuatan Website

seseorang sedang mendesain website di laptop

Website menjadi salah satu elemen yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan bisnis di dunia maya. Melalui website ini mereka dapat memperkenalkan produk dan menjalankan kampanye digital marketing mereka.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis di Era Digital yang Kekinian

Bagaimana jika kamu menawarkan jasa untuk membuat website tersebut? Ini bisa menjadi peluang usaha yang bagus untuk dicoba. Manfaatkan keahlianmu membangun website sebagai sumber penghasilan. Menggunakan dunia online, kegiatan ini bisa dengan mudah dilaksanakan.

5. Berjualan Di Marketplace

seorang wanita sedang mengemas produk sepatu

Bagi kamu yang ingin menjual produk secara online tetapi tidak tahu tempat yang tepat, maka berjualan di marketplace dapat menjadi ide yang baik. Hampir segala hal sudah disediakan oleh pihak marketplace. Sehingga yang perlu kamu lakukan hanya mendaftarkan bisnis dan menginput produk yang ingin dijual.

6. Kursus Online

Kursus Online

Buat kamu yang memiliki waktu luang serta senang berbagi ilmu, kamu bisa membuka bisnis kursus online. Kamu bisa membuka kursus terkait bidang yang kamu kuasai.

Peluang bisnis online ini juga cukup menguntungkan. Hal ini karena trend tentang kursus online sedang naik-naiknya. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan jasa bootcamp.

Selain bisa mendapatkan pemasukan, membuka kursus online juga dapat menjadi kesempatan branding bagi dirimu; semakin banyak kamu dikenal sebagia ahli, maka akan kesempatan bekerja akan semakin terbuka lebar.

Untuk memasarkannya, kamu bisa mulai dari akun sosial media yang kamu miliki. Kamu juga mulai dari teman-teman sekitarmu yang mungkin ingin switch career atau sekadar ingin memperdalam ilmu di bidang yang kamu ajarkan.

7. Membuka Jasa Desain Grafis

Membuka Jasa Desain Grafis

memiliki kemampuan desain grafis. Untuk mencari klien, kamu bisa mencari melalui website-website yang menawarkan pekerjaan sampingan seperti Fiverr.

Salah satu keuntungan peluang usaha online satu ini adalah kamu bisa menerima bayaran dalam bentuk mata uang asing, khususnya dollar. Dengan begitu, kamu memiliki potensi untuk memiliki pendapatan yang sama atau bahkan melebihi gaji utama kamu.

8. Jasa Menulis Artikel

Jasa Menulis Artikel

Menulis artikel adalah salah satu peluang usaha online yang menjanjikan bagi kamu yang memiliki kemampuan menulis. Artikel atau konten yang menarik akan selalu dibutuhkan perusahaan yang melakukan pemasaran digital.

Dengan demikian, kamu memiliki target pasar yang sangat luas. Kamu bisa mulai dengan membuat portfolio tulisan yang akan kamu gunakan ketika menawarkan jasa menulis artikel nantinya.

Sebagai bentuk investasi jangka panjang, kamu bisa memilih sebuah area atau topik untuk kamu kuasai. Walaupun hal ini dapat berdampak pada mengecilnya target pasar, kamu akan menjadi rebutan bagi perusahaan yang membutuhkan konten terkait bidang atau topik yang kamu kuasai nantinya.

Kamu bisa mengunjungi website seperti Fiverr untuk mulai menawarkan jasa menulis artikel. Media sosial juga dapat menjadi tempat yang tepat bagi kamu untuk mulai memasarkan jasa.

9. Admin Media Sosial

Admin Media Sosial

Sosial media adalah bagian penting dari strategi pemasaran sebuah perusahaan. Oleh karena itu, kebutuhan akan admin media sosial meningkat. JULOvers dapat menjadikan hal ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan tambahan uang.

Salah satu kelebihan peluang usaha online ini adalah kamu bisa bekerja secara langsung pada berbagai perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pemasukan yang lebih banyak. Pastikan saja bahwa kamu memiliki waktu dan kemampuan yang cukup jika ingin melakukannya.

Serupa dengan peluang usaha online lainnya, kamu bisa mulai dengan menyusun portfolio apa saja yang telah kamu kerjakan sebagai admin media sosial. Untuk memperbesar peluang mendapatkan klien, kamu juga bisa mengasah kemampuan desain grafis yang kamu miliki. Atau, kamu juga bisa mengawinkan peluang usaha online satu ini dengan jasa desain grafis.

10. Afiliate Marketing

Afiliate Marketing

Bagi JULOvers yang gemar berbelanja dan memberikan review produk, menjadi affilate marketing dapat menjadi salah satu peluang usaha bisnis online yang menjanjikan.

Simpelnya, affilate marketing adalah kegiatan yang mana kamu mempromosikan sebuah produk dan mengajak orang-orang untuk membeli produk tersebut melalui link yang kamu berikan. Ketika ada orang yang melakukannya, kamu akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

Untuk melakukannya, kamu bisa mulai dengan membuat review produk dan membagikannya di sosial media. Kalau kamu memiliki modal lebih, kamu juga bisa membuat channel YouTube dan mulai memnbuat konten video review.

Keuntungan peluang usaha online ini adalah kamu dapat terus mendapatkan komisi selama ada orang yang membeli dari link yang kamu berikan.

11. Survey Online

Survey Online

JULOvers dapat menemukan berbagai website survey online seperti ClixSense. Kamu tinggal mengisi survey dan memenuhi syarat yang ada. Mengapa peluang usaha ini dapat menghasilkan uang cukup banyak? Karena umumnya kamu akan dibayar dalam mata uang dollar.

Lalu, karena tidak membutuhkan modal yang cukup banyak juga membuat kamu bisa langsung mulai menghasilkan keuntungan.

12. Menjual Foto

Menjual Foto

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, kamu dapat mulai mendapatkan uang untuk gambar-gambar yang kamu ambil. Kamu dapat mengupload foto kamu pada website penyedia gambar stok, seperti Unsplash, untuk mendapatkan uang bagi setiap orang yang menggunakan gambar kamu.

Itulah dia beragam peluang usaha online yang ternyata masih sangat efektif saat ini. Tentu kamu tidak ingin melewati kesempatan ini. Salah satu faktor penting dalam mengembangkan bisnis adalah budget.

Dapatkan dana yang JULOvers perlukan dari aplikasi pinjaman online aman JULO. Rasakan proses pengajuan pinjaman yang sangat cepat dan mudah. Tidak ada lagi alasan untuk menunda kesempatan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Yuk #HidupkanHidupmu bersama promo siap melesat di JULO Kredit Digital.

Apakah Anda #Siapmelesat bersama JULO? Jika iya tunggu apalagi, segera gunakan promonya untuk mengenmbangkan usaha Anda menjadi lebih baik lagi!

Artikel Lainnya