ide bisnis di era digital

7 Ide Bisnis di Era Digital yang Kekinian

Mencari ide bisnis di era digital yang kekinian dan menguntungkan? JULOvers berada di artikel yang tepat! Di sini kamu bisa mencari tahu berbagai ide bisnis kekinian yang memiliki peluang menarik. Bisnis era digital berbicara tentang usaha yang memanfaatkan seluruh teknologi —khususnya internet— untuk berjualan. Bisnis digital tidak melulu soal aplikasi atau program untuk urusan pekerjaan. 

Saat ini bisnis digital sudah mencakup berbagai bidang seperti fashion, makanan dan minuman, peralatan tulis, alat elektronik, produk kecantikan, produk rumah tangga, dan masih banyak lagi. Apa pun produk yang dijual melalui internet atau secara online termasuk ke dalam bisnis digital. Kalau begitu bisnis digital apa yang bisa dicoba? Yuk langsung simak beberapa idenya di bawah ini. 

Apa Saja Peluang Bisnis di Era Digital?

layar laptop yang menunjukkan berbagai proyek digital
Sumber: Pexels

Apa pun bisa dijadikan bisnis pada masa digital saat ini. Tidak peduli barang kecantikan, kesehatan, bahkan properti. Dari banyaknya bisnis yang ada berikut beberapa ide usaha kekinian untuk kamu coba. 

1. Youtuber

seorang youtuber pria sedang mengambil gambar video
Sumber: Pexels

Menjadi seorang youtuber bisa menghasilkan keuntungan? Tentu saja! Sudah banyak deretan nama youtuber yang sukses dan mampu menghasilkan uang jutaan bahkan miliaran rupiah. Youtuber merupakan seseorang yang bekerja dengan menghasilkan konten berupa video. Kontennya pun beragam, ada yang membuat konten masak, komedi, review produk, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Untuk Pemula yang Layak Dicoba

Konten edukasi dan hiburan menjadi dua topik yang paling sering dicari. Dua topik tersebut bisa jadi langkah awal untuk kamu yang ingin menjadi youtuber. Tetapi tidak perlu merasa terbeban untuk menyediakan konten-konten menarik. Kunci penting menjadi youtuber yang berhasil adalah menjadi diri sendiri dan konsisten dalam mengunggah konten. 

2. Influencer Instagram

seorang influencer wanita sedang melakukan livestream
Sumber: Pexels

Pekerjaan influencer sebenarnya hampir sama dengan youtuber. Seorang influencer perlu membuat konten-konten menarik terkait kepribadiannya. Kepribadian yang dimaksud ialah ketertarikan dan image orang tersebut di media sosial. Contohnya A dikenal sebagai influencer di bidang kecantikan atau B dikenal sebagai influencer di bidang teknologi. Image inilah yang penting saat kamu memutuskan menjadi influencer.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Milenial yang Wajib Dicoba

Image seorang influencer menjadi faktor krusial yang akan membawa keuntungan serta menarik perhatian banyak brand untuk melakukan endorsement. Sebagai permulaan kamu hanya perlu fokus membuat konten-konten berkualitas. Jangan lupa untuk menentukan image seperti apa yang ingin dibangun. Kunci keberhasilan influencer adalah menjadi diri sendiri dan autentik.  

3. Jasa Pembuatan Website

seseorang sedang membuat website di laptop
Sumber: Pexels

Senang melakukan coding dan mendesain website? Kamu bisa menjadikan kesenangan ini sebagai usaha yang menguntungkan. Peralihan seluruh aspek kehidupan kita ke dunia digital pasti memerlukan banyak web design dan web developer. Mulailah dengan membuat berbagai desain web sebagai portofolio. Hasilnya bisa kamu taruh di media sosial dan di website atau platform yang menyediakan fasilitas bagi para freelancer untuk menjual jasa mereka.

 

kredit digital Julo

4. Dropshipping

seseorang menerima barang pesanan dropship
Sumber: Pexels

Salah satu bisnis yang juga semakin banyak dicoba ialah dropshipping. Dropshipping merupakan bisnis yang dilakukan dengan menghubungkan supplier dan pelanggan. Di sini kamu sebagai dropshipper bertugas menyampaikan pesanan pelanggan kepada supplier. Urusan selanjutnya seperti pengemasan dan pengiriman akan menjadi tugas supplier. Jadi sebenarnya membuka usaha dropshipping sangat nyaman. 

Kamu hanya membutuhkan ponsel untuk membuat konten dan memasarkannya dengan baik di berbagai kanal online yang ada. Modal yang dibutuhkan tidak banyak, bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Kuota internet yang kencang dan ide kreatif untuk konten menjadi modal yang paling dibutuhkan dalam melakukan dropshipping

5. Podcaster

sebuah mic di atas laptop sebagai alat podcaster
Sumber: Pexels

Selain konten video dan gambar, membuat konten audio juga bisa menjadi pilihan. Buat kamu yang suka berbicara maka menjadi seorang podcaster adalah pilihan yang tepat. Cara kerjanya hampir sama seperti YouTube atau Instagram. Kamu hanya perlu fokus membuat konten yang menarik dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik dengan Modal Kecil

Jika didapati konten yang dibuat menarik maka keuntungan bisa kamu dapatkan. Cara membuat channel podcast kamu sendiri tidaklah sulit. Langsung saja kunjungi laman platform penyedia layanan podcast dan buat akun mengikuti instruksi yang ada. 

6. Reseller

seorang reseller wanita menandatangani pesanannya
Sumber: Pexels

Menjadi seorang reseller sama seperti halnya membuka franchise. Kamu tinggal menyediakan akun media sosial dan akun seller di berbagai e-commerce. Kemudian beli beberapa barang berbeda dari supplier. Jangan lupa siapkan pengemasan yang menarik dan estetik supaya pelanggan senang ketika membuka paket kamu. 

Tahukah kamu bahwa desain kemasan estetik memainkan peranan yang besar dalam pengambilan keputusan pelanggan? Ada banyak orang yang bahkan melakukan pembelian hanya karena mendapati kemasan produk tersebut menggemaskan. 

7. Jasa Penulisan Konten

seorang penulis konten sedang bekerja di depan latop
Sumber: Pexels

Hobi menulis? Sudah banyak membuat blog pribadi? Mungkin ini saatnya kamu membuka jasa penulisan konten. Sekarang semua bisnis berlomba-lomba menarik pelanggan dengan berbagai konten bermanfaat yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Dunia blog yang sebelumnya tidak terlalu terlihat kini mulai naik ke permukaan. 

Kamu bisa membuat portofolio dari berbagai blog yang pernah dibuat dan memasukkannya ke platform freelance atau media sosial. Peluang membuka jasa penulisan konten cukup besar mengingat era digital yang akan terus berkembang. 

Demikian ide-ide bisnis di era digital yang kekinian. JULOvers pasti sudah tidak asing dengan bisnis-bisnis yang baru saja dijelaskan, bukan? Kalau begitu ini saatnya mulai melangkah dan membuat bisnis kamu sendiri. Ada berbagai bisnis yang bisa langsung dicoba tanpa memerlukan modal. Tetapi ada juga yang membutuhkan dana awal untuk memulainya. 

Jika memerlukan pinjaman untuk modal usaha maka aplikasi JULO merupakan platform yang tepat. JULO adalah aplikasi kredit digital yang dapat memenuhi semua kebutuhan. Berbagai fitur yang tersedia di JULO sangat lengkap dan mudah digunakan. Hanya satu kali proses pengajuan kamu sudah bisa menggunakan kredit JULO untuk berbagai kebutuhan selama limit kredit tersedia. 

Kebutuhan membayar tagihan, dana tunai, hingga berbelanja di berbagai e-commerce bisa dilakukan dengan beberapa sentuhan jari. Silakan mengunjungi website JULO untuk mengetahui informasi selengkapnya. Yuk #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…