Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Tahapan Perencanaan Strategi Pemasaran?
1. Menentukan Target Pasar
2. Melakukan Analisis SWOT
3. Menentukan Tujuan dari Kegiatan Pemasaran
4. Menyusun Strategi Pemasaran
5. Melakukan Evaluasi 
Apa Perbedaan Perencanaan Strategi Pemasaran dan Perencanaan Bisnis?
Manfaat Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kamu
Beberapa Contoh Strategi Pemasaran
1. Memasang Iklan
2. Mengoptimasi Website
3. Bekerja Sama dengan Influencer

5 Tahapan Perencanaan Strategi Pemasaran Yang Tepat

perencanaan strategi pemasaran

Ada berbagai tahapan yang perlu JULOvers lakukan dalam melakukan perencanaan strategi pemasaran. Seluruh tahapan tersebut perlu dilalui agar strategi pemasaran yang telah kamu susun dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Setiap bisnis harus menjalankan kegiatan pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijual. Tanpa adanya kegiatan pemasaran, kamu akan sulit untuk meningkatkan penjualan. Bisa jadi, hanya sedikit orang saja yang mengenali bisnis kamu. Oleh karena itu kamu membutuhkan kegiatan pemasaran.

Agar kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan lancar, baik, dan sukses, maka diperlukan perencanaan strategi yang tepat. Di dalam penyusunan strategi pemasaran, kamu perlu melalui beberapa tahapan yang akan kami sampaikan melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Saja Tahapan Perencanaan Strategi Pemasaran?

Untuk dapat menyusun perencanaan strategi pemasaran dengan baik, setidaknya ada 5 tahapan yang perlu kamu lalui.

1. Menentukan Target Pasar

ilustrasi anak panah mengenai targetnya

Sudahkah kamu menentukan siapa target pasar yang akan dituju? Banyak pebisnis yang sering melakukan kesalahan pada tahapan ini.

Demi mendapatkan penjualan yang tinggi, maka tidak jarang para pebisnis yang langsung melakukan kegiatan pemasaran kepada semua orang tanpa adanya target pasar yang spesifik. Tidak heran jika kegiatan pemasaran yang berlangsung menjadi gagal.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Anda perlu menentukan target pasar secara spesifik. Sesuaikanlah target pasar dengan bidang bisnis yang kamu jalankan saat ini. Contohnya, jika kamu menjual dress anak-anak, target pasar yang dituju adalah ibu-ibu yang sudah memiliki anak dengan batas usia 21 tahun ke atas.

Lakukan research secara mendalam untuk mencari tahu segmentasi demografis, geografis, dan psikografi bisnis kamu. Hasil research tersebut akan membantu kamu untuk dapat menentukan target pasar yang tepat.

2. Melakukan Analisis SWOT

diagram SWOT di papan tulis hitam

Pernahkah kamu mendengar istilah analisis SWOT? Setiap bisnis perlu melakukan analisis SWOT, termasuk bisnis kamu. Namun, apa itu analisis SWOT?

SWOT merupakan kepanjangan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi bisnis kamu ke dalam 4 hal tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pebisnis Muda

Setelah kamu mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan peluang dari bisnis yang dijalankan saat ini, tonjolkan kedua hal tersebut menjadi keunggulan bisnis untuk menarik perhatian customer. Sedangkan kelemahan dan ancaman dapat menjadi tantangan bagi kamu untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.

3. Menentukan Tujuan dari Kegiatan Pemasaran

sekumpulan orang sedang menentukan target pemasaran

Kegiatan pemasaran memiliki berbagai macam tujuan. Tujuan tersebut tidak hanya untuk menaikkan penjualan saja. Kamu juga dapat menerapkan kegiatan pemasaran untuk meningkatkan brand awareness atau bahkan sekadar menjaga hubungan dengan customer.

Anda perlu menentukan tujuan dari kegiatan pemasaran secara rinci dan jelas. Biasanya, banyak perusahaan besar yang menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound). Metode ini dapat membantu kamu dalam menentukan tujuan yang realistis dan dapat diukur.

4. Menyusun Strategi Pemasaran

buku catatan dengan gumpalan kertas di sekitarnya

Akhirnya, kita masuk ke dalam tahapan penyusunan strategi pemasaran. Kamu hanya perlu menggabungkan seluruh informasi yang didapat untuk kemudian diolah menjadi strategi pemasaran yang tepat.

Ajaklah anggota tim kamu untuk berdiskusi bersama dalam menyusun perencanaan strategi pemasaran. Strategi pemasaran haruslah kreatif dan mampu menarik perhatian banyak orang untuk mengenal brand atau bahkan melakukan pembelian produk/jasa yang kamu tawarkan. Setelah strategi pemasaran disusun dengan baik, kamu dapat langsung mengeksekusi strategi tersebut sesuai dengan waktu dan tempat yang telah direncanakan.

5. Melakukan Evaluasi 

sekumpulan orang sedang melakukan evaluasi

Setiap kali kamu telah menyusun dan menjalankan strategi pemasaran, lakukanlah evaluasi. Evaluasi memiliki peranan penting dalam keberhasilan bisnis kamu. Melalui hasil evaluasi, kamu dapat mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki atau dikembangkan di dalam strategi pemasaran selanjutnya.

 

Apa Perbedaan Perencanaan Strategi Pemasaran dan Perencanaan Bisnis?

Sama-sama membahas tentang rencana, keduanya sering disalahpahami sebagai sebuah kesatuan. Padahal, ada perbedaan mendasar akan keduanya.

Perbedaan pertama terletak pada deskripsi. Perencanaan strategi pemasaran mendeskripsikan langkah-langkah apa saja yang akan diambil perusahaan, khususnya tim marketing, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sementara itu perencanaan bisnis membahas tentang kerangka bisnis secara umum tidak hanya pemasaran saja.

Dalam pembahasannya, perencanaan strategi pemasaran tidak akan membahas apapun terkait perencanaan bisnis melain fokus pada aspek pemasaran saja. Di sisi lain, perencanaan bisnis akan memasukkan perencanaan strategi pemasaran sebagai komponen penyusun sebagai pertimbangan tim manajemen.

Singkatknya, perencanaan strategi pemasaran adalah bagian detil dari perencanaan bisnis. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyusun strategi pemasaran agar rencana bisnis kamu dapat berjalan lancar.

Manfaat Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kamu

ilustrasi tulisan add to cart di keyboard komputer

Strategi pemasaran memiliki manfaat yang sangat banyak untuk perkembangan bisnis kamu. Apa saja manfaat tersebut?

  • Strategi pemasaran dapat membantu kamu dalam mengetahui sejauh mana kemampuan perusahaan saat ini untuk dapat mengungguli kompetitor.
  • Strategi pemasaran dapat membantu bisnis kamu untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas.
  • Strategi pemasaran dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis kamu secara signifikan.

kredit digital Julo

Beberapa Contoh Strategi Pemasaran

Setelah memahami tahapan dan juga manfaatnya, berikut ini ada beberapa contoh strategi pemasaran yang dapat diterapkan di dalam bisnis kamu.

1. Memasang Iklan

papan iklan di tengah keramaian kota

Contoh strategi pemasaran pertama untuk mempromosikan bisnis kamu adalah dengan pemasangan iklan. Kamu dapat memasang iklan di media cetak, elektronik, bahkan digital.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Media cetak dan media elektronik sering digunakan sebagai media pemasangan iklan pada beberapa waktu yang lalu. Namun karena biayanya yang cenderung tinggi dan tidak banyak perusahaan yang mampu untuk memasang iklan, akhirnya banyak yang mulai beralih ke dunia digital. Kamu dapat mencoba iklan digital dengan Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan masih banyak lagi.

2. Mengoptimasi Website

kaca pembesar sedang menyoroti kata Google pada layar komputer

Apakah kamu memiliki website bisnis? Optimalkan website kamu dengan menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Strategi pemasaran ini dapat membantu website kamu untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung yang lebih tinggi lagi.

3. Bekerja Sama dengan Influencer

seorang influencer sedang mempromosikan barang

Influencer dapat membantu kamu untuk mempromosikan bisnis yang ingin dipasarkan kepada masyarakat luas. Kamu dapat mencoba bekerja sama dengan beberapa influencer untuk meningkatkan penjualan secara signifikan.

Untuk dapat melakukan strategi pemasaran di atas, kamu tentu memerlukan tambahan modal. Oleh karena itu, kamu dapat mengajukan pinjaman online melalui JULO. Pinjaman yang kami tawarkan kepada masyarakat Indonesia dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, khususnya perkembangan bisnis. Kamu dapat langsung menghubungi JULO sekarang juga jika membutuhkan pinjaman online untuk menjalankan strategi pemasaran.

Artikel Lainnya