pinjol-bunga-rendah

Pinjol Bunga Rendah: 10 Faktor yang Aman untuk Keluarga

Menumpuknya tagihan dan keperluan pembayaran dalam rumah tangga merupakan hal umum yang dirasakan hampir semua orang. Belum lagi keperluan sekolah anak yang harganya fantastis, melihat angkanya saja bisa membuat ginjal bergetar. Merogoh kocek pada saat membayar uang sekolah anak pun, rasanya seperti tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya.

Asanya, dalam rumah tangga pastinya banyak kebutuhan darurat yang kadang tidak dapat terprediksi dalam pengaturan anggaran keuangan rumah tangga. Mencari Pinjol bunga rendah bisa menjadi solusi yang dapat membantu meringankan pengeluaran keperluan rumah tangga. Lantas, pinjol bunga rendah seperti apa yang cocok untuk digunakan dalam keperluan rumah tangga?

Kebutuhan masyarakat yang tinggi, ditambah pula dengan perilaku masyarakat yang konsumtif menebalkan peluang untuk para pelaku usaha pinjol bunga rendah untuk melayangkan penawaran. Akan tetapi, banyaknya pinjol bunga rendah yang merambak di Indonesia membuat calon nasabah menjadi bingung dalam memantapkan pilihan.

Baca Juga: Beragam Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Dipraktekkan

Terlebih pilihan pilihan yang beredar di media sosial sampai dengan iklan iklan yang ada, memberikan penawaran yang sangat mengunggah hati. Masyarakat pun bingung untuk mencapai titik prioritas utama dalam memilih faktor penunjang pinjol bunga rendah yang pas untuk rumah tangga

Untuk itu JULO sudah rangkum dalam artikel ini untuk JULOvers, 10 Karakteristik Pinjol Bunga Rendah yang Cocok untuk Keluarga. Yuk disimak!

10 Karakteristik Pinjol Bunga Rendah yang Cocok untuk Keluarga

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Ada beragam macam fitur fitur dan bermacam macam keunggulan yang ditonjolkan oleh para pelaku usaha pinjol bunga rendah. Akan tetapi ada beberapa hal yang esensial untuk para pengguna dengan keperluan keluarga atau kebutuhan rumah tangganya tinggi. Beberapa hal itulah yang bisa menjadi tolak ukur JULOvers dalam memilih Pinjol Bunga Rendah yang pas untuk keluarga.

1. Terdaftar di OJK

pinjol-bunga-rendah
wikipedia.org

Aplikasi pinjol bunga rendah dan layanan financial technology (fintech) lainnya harus terdaftar dalam dan memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga ini berperan sebagai pengawas kegiatan keuangan secara online, termasuk kredit.

Baca Juga: Pinjaman Online Resmi, Catat List Terbaru dari OJK!

Tidak semua aplikasi berlabel OJK di toko aplikasi (app store) terdaftar dan berizin resmi dari lembaga tersebut. Jadi, lakukan pengecekan dengan mengunjungi website OJK. Kamu akan terhindar dari tindakan penipuan serta aplikasi layanan pinjaman online yang tidak sesuai regulasi OJK.

2. Syarat dan Ketentuan Jelas

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Syarat dan ketentuan pinjaman online biasanya muncul sebelum kamu mengajukan kredit. Halaman ini berisi kewajiban dan hak pengguna, biaya, risiko, dan ketentuan lainnya terkait pinjaman online. Kelalaian saat membaca persyaratan tersebut berujung pada masalah yang disebabkan oleh penggunanya sendiri, padahal aturannya sudah tertulis jelas.

Bacalah seluruh persyaratan dan ketentuan yang tertulis dalam halaman tersebut secara teliti dan hati-hati. Pahami semua klausulnya dan hubungi CS perusahaannya jika kamu memiliki pertanyaan seputar syarat dan ketentuannya. Jangan sampai kamu menyetujui klausul persyaratan yang justru memberatkan dan tidak bisa disanggupi. Karena syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan untuk pinjol bunga rendah biasanya terbilang praktis, misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, serta foto selfie dengan KTP. 

3. Cepat Cair

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Jika membicarakan soal pinjol bunga rendah, pastinya banyak yang langsung menghubungkan dengan cepat cairnya pinjaman yang diajukan. Bukan tanpa sebab, layanan seperti ini semakin menjamur dikarenakan adanya permintaan dari masyarakat. Terutama di tengah masa pandemi seperti ini di mana arus pemasukan bisa terhambat. Penyebabnya pun beragam – dari omzet usaha yang menurun, pengurangan shift kerja sampai pemutusan hubungan kerja. Hal ini tentunya membuat banyak orang berusaha mencari alternatif dana tambahan secara cepat.

Nah JULOvers perlu untuk mencari tahu, seberapa cepatkah pinjol bunga rendah yang digunakan oleh JULOvers untuk bisa mencairkan uangnya? Karena pada dasarnya kebutuhan darurat keluarga bersifat mendadak. Apabila penyedia pinjol bunga rendah yang digunakan JULOvers jangka waktu cairnya lama, maka kebutuhan pembayaran bisa terhambat. Sehingga kebutuhan kebutuhan lain bisa jadi saling membebani, karena beban biayanya saling terkait.

4. Bunga Rendah

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Sesuai dengan kesepakatan dalam bagian kode etik bersama AFPI, pinjaman dan layanan kredit online dari perusahaan teknologi berbasis finansial (fintechtidak boleh lebih besar dari 0,4% per hari. Dengan demikian, bunga yang ditanggung tidak mencekik nasabah dan layanan serupa dapat dijadikan sarana alternatif untuk peningkatan kualitas hidup.

Baca Juga: Pinjaman Online Pribadi: Ekspektasi vs Realita

Peraturan yang dibuat sedemikian rupa harus dipatuhi oleh seluruh badan fintech legal di bawah naungan OJK – seperti layanan JULO Kredit Digital dengan bunga mulai dari 0,1% per hari. Selain itu, besaran bunga atau denda yang dikenakan juga wajib diberitahukan secara transparan kepada nasabah bersangkutan.

5. Limit Tinggi

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Dengan kebutuhan rumah tangga yang banyak dengan harga yang fantastis, tentu saja kebutuhan untuk pinjol bunga rendah haruslah memiliki limit yang tinggi. Kebutuhan darurat atau dana darurat dalam rumah tangga bergantung pada situasinya. Misalnya dana darurat untuk kebutuhan anak hingga kesehatan, semuanya memiliki biaya yang tergolong cukup mahal. Maka dari itu limit pinjaman yang tinggi harus jadi pertimbangan yang dapat memadai kebutuhan pembayaran dalam rumah tangga.

pinjol-bunga-rendah

6. Tenor Panjang

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Kebutuhan darurat pastinya hanyalah terjadi dalam sekali waktu dan tidak terjadi terus menerus. Demi meringankan keuangan, maka dibutuhkanlah tenor yang panjang. Agar ketika JULOvers membutuhkan pinjol bunga rendah dan sampai harus meminjam dengan harga mahal, keringanan saat pembayaran berkala bisa menjadi solusi pembayaran yang tepat. 

7. Tenor Flexible

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Selain tenor yang panjang, keringanan yang JULOvers butuhkan adalah tenor yang flexible. Karena banyak dari pinjol bunga rendah yang beredar, tidak menyediakan pembayaran pinjaman dengan tenor yang bisa disesuaikan dengan pengguna. Kebanyakan bahkan hanya bisa memilih antara 1 bulan ,  3  bulan , 6 bulan , dst. Padahal banyak juga dari penggunanya yang ingin bisa bayar dalam kurun waktu seperti 5 bulan atau 4 bulan saja.

8. Tanggal Pembayaran Bisa Disesuaikan Dengan Gajian

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Penting bagi masyarakat untuk bisa mengatur strategi membayar utang di perusahaan pinjol bunga rendah. Seperti, memilih tenor sesuai dengan tanggal gajian. Karena apabila pembayaran bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, maka perhitungan tentang pembayaran bisa kita kontrol sehingga tidak kejebolan dalam mengatur keuangan.

pinjol-bunga-rendah

9. Bisa untuk Bayar Tagihan

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Dalam urusan anggaran rumah tangga keluarga, tentu saja banyak tagihan yang harus dilunasi. Maka dari itu penting untuk diketahui, apakah pinjol bunga rendah yang JULOvers gunakan dapat membayar tagihan-tagihan yang digunakan oleh JULOvers. Jadi JULOvers pun bisa menghindari telat bayar, sehingga jasa dari tagihan itu tidak akan memblokir JULOvers.

10. Limit Tetap Bisa Digunakan Sebelum Lunas

pinjol-bunga-rendah
Source: Pexels.com

Untuk keperluan keluarga, perlu rasanya menggunakan pinjol bunga rendah untuk dana darurat secara berulang. Karena biasanya tagihan atau biaya yang harus dibayar tidak hanya satu. Maka solusinya adalah, cari pinjol bunga rendah yang bisa menggunakan limit sampai habis bahkan sebelum pembiayaan sebelumnya lunas. Tentu saja JULOvers harus mengukur sendiri kemampuan JULOvers dalam bertransaksi, agar budget keuangannya tidak jebol.

Semua Itu Bisa Didapatkan dengan JULO Kredit Digital

7 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online

(source: JULO)

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Di tengah peliknya keadaan, JULO pun hadir sebagai jawaban dan solusi keuangan bagi para JULOvers. Kini, JULOvers tak perlu ragu atau cemas lagi menggunakan layanan kredit digital karena JULO sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Baca Juga: Jenis-Jenis Strategi Pemasaran yang Bisa Dicoba

Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, di JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Jadi tunggu apalagi? Ayo #SiapMelesat bersama JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…