Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi yang Wajib Diketahui?
1. Memiliki Izin dan Diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
2. Memiliki Situs Resmi
3. Memiliki Alamat dan Bangunan Kantor yang Jelas
4. Terbuka Mengenai Bunga dan Biaya Lainnya
5. Memiliki Aplikasi Mobile
6. Proses Pengajuan yang Mudah
Apa Saja Tips Memilih Pinjaman Online?
1. Memeriksa Bunga yang Ditetapkan
2. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan
3. Perhatikan S&K pada Aplikasi Pinjaman Online

Ciri Ciri Pinjaman Online Resmi yang Perlu Kamu Ketahui!

ciri-ciri-pinjaman-online-resmi

Jika JULOvers sedang membutuhkan dana dan ingin melakukan pinjaman online, sebaiknya kamu mengetahui ciri-ciri pinjaman online resmi terlebih dahulu. Jangan sampai kamu melakukan pinjaman online dari pihak sembarangan atau bahkan ilegal.

Lantas, apa saja sih ciri-ciri pinjaman online resmi? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar JULOvers bisa melakukan pinjaman online dengan aman dan nyaman!

Apa Saja Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi yang Wajib Diketahui?

Apa Saja Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi yang Wajib Diketahui?

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini jasa peminjaman uang sudah bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. Namun untuk melakukan pinjaman online, kamu harus berhati-hati karena ada banyak pihak ilegal yang hanya akan merugikan kamu.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal Agar Tidak Terjebak

Ketika mengajukan aplikasi pinjaman online, biasanya nasabah akan dimintai data-data penting seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan yang lainnya sebagai salah satu jaminan yang dibutuhkan oleh pihak penyedia pinjaman online. Data-data tersebut bisa disebarluaskan secara sembarangan oleh pinjaman online yang ilegal.

Maka dari itu, demi menghindari terjadinya hal tersebut, kamu harus mengetahui ciri-ciri pinjaman online resmi. Berikut ini beberapa ciri-cirinya:

1. Memiliki Izin dan Diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Memiliki Izin dan Diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Ciri-ciri pinjaman online resmi yang pertama dan yang paling penting adalah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini merupakan wajib dan menjadi syarat mutlak untuk setiap perusahaan keuangan yang ingin membuka jasa pinjaman online di Indonesia.

Baca Juga: Pinjaman Online Terpercaya, 5 Alasan Pilih yang Berizin OJK

Bila kamu ingin melakukan pinjaman online kepada sebuah perusahaan keuangan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengecek apakah perusahaan tersebut sudah memiliki izin atau terdaftar di OJK. Berdasarkan keterangan tertulis di situs OJK, terdapat 102 perusahaan pemberi pinjaman yang sah atau berizin per 22 April 2022.

Untuk mengecek apakah perusahaan tersebut telah mendapatkan izin dan terdaftar di OJK, kamu dapat mengunjungi laman resmi OJK di sini.

2. Memiliki Situs Resmi

Memiliki Situs Resmi

Sebagai sebuah perusahaan keuangan penyedia pinjaman online yang sudah memiliki izin dan terdaftar di OJK, situs resmi merupakan hal selanjutnya yang wajib dimiliki. Situs resmi ini berfungsi sebagai portal bagi nasabah untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai pinjaman online atau produk keuangan lain yang disediakan.

Selain itu, situs resmi juga menunjukkan bahwa perusahaan pinjaman online ini memang profesional dalam menyediakan jasanya. Jadi, pastikan kamu mengetahui situs resmi perusahaan penyedia pinjaman online yang kamu pilih ya!

3. Memiliki Alamat dan Bangunan Kantor yang Jelas

Memiliki Alamat dan Bangunan Kantor yang Jelas

Ciri-ciri pinjaman online resmi yang selanjutnya yaitu perusahaan tersebut harus memiliki alamat dan bangunan kantor yang jelas. Alamat kantor yang jelas penting bagi nasabah untuk memastikan perusahaan pinjaman itu resmi atau tidak palsu. Pastikan juga bahwa bangunan yang ada di alamat tersebut memang benar milik perusahaan tersebut.

Keberadaan alamat dan bangunan kantor yang jelas juga akan memudahkan nasabah untuk bertemu dengan perwakilan perusahaan pemberi pinjaman, baik untuk menyampaikan keluhan maupun kebutuhan lainnya. Jadi, jika perusahaan tersebut tidak memiliki alamat atau bangunan kantor yang jelas, mereka patut diwaspadai sebagai penipu.

4. Terbuka Mengenai Bunga dan Biaya Lainnya

Terbuka Mengenai Bunga dan Biaya Lainnya

Ciri-ciri pinjaman online resmi yang tidak kalah pentingnya adalah transparansi dalam hal bunga dan biaya lainnya. Artinya, perusahaan pinjaman online yang resmi tidak akan menanggung bunga dan biaya yang dibebankan kepada nasabah dari proses pinjaman.

Baca Juga: Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!

Pinjaman online yang resmi biasanya telah menyampaikan semua informasi yang dibutuhkan terlebih dahulu mengenai bunga, biaya, tenor atau jangka waktu pinjaman di awal ketika nasabah ingin melakukan pinjaman. Jika ada informasi yang disembunyikan, kemungkinan besar pinjaman online tersebut ilegal.

5. Memiliki Aplikasi Mobile

Memiliki Aplikasi Mobile

Selain ciri-ciri pinjaman online resmi di atas, pinjaman online juga harus memiliki aplikasi mobile untuk mempermudah semua proses transaksi antara perusahaan keuangan dengan nasabahnya. Melalui aplikasi yang dapat diunduh di perangkat elektronik nasabah, perusahaan pinjaman online dapat dengan mudah memperkenalkan layanannya kepada pelanggan.

Melalui aplikasi mobile ini juga, nasabah bisa mendapatkan banyak informasi resmi tentang perusahaan pinjaman online yang bersangkutan. Mulai dari cara pengajuan aplikasi pinjaman online, cara pembayaran pinjaman, jumlah utang dan cicilan, serta nomor registrasi atau nomor yang terdaftar di OJK.

6. Proses Pengajuan yang Mudah

Proses Pengajuan yang Mudah

Ciri-ciri pinjaman online resmi yang terakhir yaitu proses pengajuannya yang mudah. Kemajuan teknologi memang bertujuan untuk memudahkan hidup orang-orang, termasuk dalam melakukan pinjaman online.

Selain mudah, biasanya proses pinjaman online juga cepat. Hanya dalam beberapa hari saja, aplikasi yang diajukan biasanya akan langsung disetujui jika semua persyaratan sudah dilengkapi. Proses pencairan dananya pun cepat, di mana dana akan langsung cair ke rekening kamu setelah aplikasi disetujui.

kredit digital Julo

Apa Saja Tips Memilih Pinjaman Online?

Agar tidak salah dalam memilih pinjaman online, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat memilihnya:

1. Memeriksa Bunga yang Ditetapkan

Memeriksa Bunga yang Ditetapkan

Dalam mengajukan pinjaman online, besaran bunga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Meskipun proses pengajuan kreditnya mudah, tetapi biasanya bunga yang dikenakan dalam pinjaman online lebih tinggi.

Hal tersebut jelas akan sangat merugikan kamu dalam melunasi pinjaman maupun bunganya. Untuk itu, pilihlah pinjaman yang menetapkan jumlah bunga yang wajar sesuai dengan proses pengajuan dan jangka waktu tenor yang diberikan.

2. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Ketika melakukan pinjaman online, pastikan kamu menyesuaikannya jumlah pinjamannya dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak mengajukan pinjaman karena nantinya hanya akan menyebabkan kamu kesulitan dalam melunasinya.

Selalu pertimbangkan matang-matang berapa dana yang dibutuhkan sebelum mengajukan pinjaman agar kamu tidak kesulitan membayar di kemudian hari. Jangan sampai kamu dikejar-kejar utang dan membebani orang lain nantinya.

3. Perhatikan S&K pada Aplikasi Pinjaman Online

Perhatikan S&K pada Aplikasi Pinjaman Online

Selain kedua hal di atas, selanjutnya kamu juga perlu memperhatikan poin syarat dan ketentuan yang tertera pada aplikasi pinjaman online. Biasanya, kamu harus membaca syarat-syarat ini sebelum dapat mengajukan aplikasi pinjaman online.

Baca Juga: 6 Syarat Pinjaman Online Yang Kamu Penuhi Agar Pinjaman Cair

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal ini karena biasanya isi dari S&K akan sangat panjang. Meski isi dari S&K ini sangat penting, pastikan kamu membacanya ya karena takutnya ada poin yang dapat memberatkan kamu di kemudian hari.

Jika JULOvers tertarik untuk melakukan pinjaman online, kamu bisa melakukannya di aplikasi pinjaman online yang tepercaya seperti JULO. Syarat pengajuannya mudah dan aman, serta sudah memiliki izin dan terdaftar di OJK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pinjaman online di JULO, kamu dapat klik di sini, rasakan kemudahan dalam mengajukan pinjaman.

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga penjelasan mengenai ciri-ciri pinjaman online resmi yang kami sampaikan dapat membantu JULOvers ya!

Artikel Lainnya

mudah atur keuangan
mengatur keuangan
generasi milenial
milenial
tips mengatur keuangan anak milenial
mengatur keuangan
takjil
ide takjil
ide jualan takjil
ide kuliner
ide bisnis makanan
ide takjil