Daftar Isi
Apa Saja Rincian Biaya Nikah 30 Juta Rupiah?
1. Pendaftaran Pernikahan
2. Sewa Tempat Pernikahan
3. Prasmanan
4. Gaun dan MUA
5. Undangan dan Souvenir
6. Fotografer dan Videografer
7. Seserahan
8. Mas Kawin atau Cincin Pernikahan
9. Seragam Keluarga dan Kerabat
Daftar Isi
Apa Saja Rincian Biaya Nikah 30 Juta Rupiah?
1. Pendaftaran Pernikahan
2. Sewa Tempat Pernikahan
3. Prasmanan
4. Gaun dan MUA
5. Undangan dan Souvenir
6. Fotografer dan Videografer
7. Seserahan
8. Mas Kawin atau Cincin Pernikahan
9. Seragam Keluarga dan Kerabat

Rincian Biaya Nikah 30 Juta Rupiah dan Tipsnya Pada Tahun 2022

rincian biaya nikah 30 juta

Menikah identik dengan pesta besar serta perayaan yang meriah. Namun membuat pesta pernikahan yang megah memerlukan uang lebih dari Rp100 juta. Bagaimana kalau hanya punya Rp30 juta? Apakah bisa? Apa saja rincian biaya nikah 30 juta rupiah?

Saat ini bukan hal mustahil untuk mengadakan pesta pernikahan yang meriah meski hanya didatangi oleh keluarga serta kerabat terdekat saja. Budget yang terbatas bukan berarti tidak bisa membuat pesta versi JULOvers sendiri. Jika kamu sedang merencanakan pernikahan pada tahun 2022 ini maka informasi berikut bisa menjadi panduan yang tepat. 

Sudah siap mencari tahu apa saja rincian biaya yang perlu diperhatikan? Mari simak semuanya dengan baik di bawah ini!

Apa Saja Rincian Biaya Nikah 30 Juta Rupiah?

Apa Saja Rincian Biaya Nikah 30 Juta Rupiah
Sumber: Pexels

Perencanaan menikah bukan hanya beban satu orang saja melainkan kedua belah pihak yang memutuskan untuk bersatu dalam rumah tangga.

Baca Juga: Rincian Biaya Nikah 20 Juta yang Sederhana

Meski ada beberapa budaya serta kepercayaan yang dianut oleh setiap pasangan tetapi umumnya seluruh urusan pernikahan diurus bersama-sama. Supaya tidak ada yang terlewatkan, berikut beberapa rincian yang sangat penting. 

1. Pendaftaran Pernikahan

Pendaftaran Pernikahan
Sumber: Pexels

Pernikahan yang ingin dilakukan tidak hanya perlu disetujui oleh kedua pasangan dan keluarga saja. Pernikahan tersebut masih harus disahkan oleh agama serta hukum dengan mengunjungi Kantor Urusan Agama (KUA) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). 

Biaya administrasi kedua lembaga tersebut sebenarnya gratis. Namun apabila kamu ingin menikah di gedung lain selain di KUA maka akan ada biaya sebesar Rp600.000 yang perlu dibayarkan. 

2. Sewa Tempat Pernikahan

Sewa Tempat Pernikahan
Sumber: Pexels

Menyewa tempat pernikahan memang lebih baik daripada melakukannya di sekitar lingkungan rumah. Kamu jadi tidak perlu pusing mengenai parkiran atau siapa yang akan membersihkan saat pesta selesai. 

Namun perlu diingat bahwa harga sewa tempat memakan biaya yang cukup banyak. Jika biayanya terbatas tetapi tetap ingin mengadakan pesta di tempat pernikahan maka carilah yang tidak terlalu besar namun cukup menampung tamu undangan. Tetapkan budget maksimal untuk sewa tempat agar kebutuhan lainnya masih bisa terpenuhi. 

3. Prasmanan

Prasmanan
Sumber: Pexels

Tamu yang diundang tentu tidak boleh dibiarkan kelaparan, bukan? Oleh karena itu kamu perlu menyediakan prasmanan terbaik agar setiap tamu yang datang bisa makan makanan lezat serta pulang dengan hati gembira. 

Kisaran harga prasmanan sendiri cukup beragam dan bisa kamu pilih sesuai budget. Harga yang dipatok mulai dari Rp25.000/orang sampai Rp100.000/orang. Kemudian harga tersebut bisa langsung dikali dengan total tamu yang diundang. 

4. Gaun dan MUA

Gaun dan MUA
Sumber: Pexels

Biaya gaun pengantin dan MUA sebenarnya tidak murah. Jika kamu memilih MUA terkenal yang sudah sangat berpengalaman maka uang yang harus dikeluarkan pasti besar. Tetapi sekarang ada juga yang masih membuka harga MUA di bawah Rp3.000.000.

Baca Juga: Rincian Biaya Tunangan di 2022 dan Apa yang Harus Dipersiapkan

Selain itu kamu juga bisa menyewa gaun pernikahan dari bridal yang diinginkan. Harga sewa gaun sudah pasti lebih murah daripada membeli atau membuat baru. Kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan gaun baru. Penyewaan gaun pengantin dimulai dari harga Rp1.500.000 sampai Rp5.000.000.

5. Undangan dan Souvenir

Undangan dan Souvenir
Sumber: Pexels

Sejak pandemi masuk ke Indonesia, seluruh cara kerja aktivitas sehari-hari berubah drastis. Meski lebih banyak hal negatif yang telah terlihat, namun ada juga dampak positif yang bisa dirasakan yaitu undangan pernikahan digital. 

 

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada para tamu undangan, kamu tetap bisa mengundang mereka secara digital. Hal ini tentu membantu kamu dan pasangan untuk menghemat pengeluaran. Harga yang perlu dikeluarkan sudah pasti jauh lebih murah. Rentang harganya mulai dari Rp100.000 sampai Rp500.000.bayar tagihan online Julo 

6. Fotografer dan Videografer

Fotografer dan Videografer
Sumber: Pexels

Momen pernikahan yang datang 1x seumur hidup pastinya harus diabadikan. Sudah banyak fotografer dan videografer yang menawarkan jasa mereka untuk mengabadikan hari bahagia. 

Namun sekali lagi kamu perlu memilih vendor yang memenuhi ekspektasi, berkualitas serta masuk ke dalam budget. Harganya juga beragam, kamu bisa memilih vendor yang jasanya Rp1.500.000 sampai puluhan juta rupiah. 

7. Seserahan

Seserahan
Sumber: Pexels

Acara seserahan bukan hal yang wajib dilakukan. Tergantung budaya dan kepercayaan masing-masing keluarga yang mengadakan pernikahan. Biasanya acara ini memerlukan berbagai macam barang wanita yang nantinya akan diberikan oleh mempelai pria. 

Budget yang perlu dikeluarkan juga tergantung dari barang apa yang ingin dibeli. Kamu bisa menentukan budget khusus apabila mengadakan acara seserahan tersebut. 

8. Mas Kawin atau Cincin Pernikahan

Mas Kawin atau Cincin Pernikahan
Sumber: Pexels

Mas kawin menjadi simbol kesungguhan mempelai pria untuk menikahi sang wanita pujaan hati. Biaya yang dibutuhkan untuk mas kawin sudah pasti tidak sedikit. Harga emas yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya perlu kamu waspadai. 

Per 4 Oktober 2022, 1 gram emas dijual dengan harga Rp955.000. Berapa beratnya sudah pasti ditentukan oleh mempelai pria, jadi kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan harga emas pada hari pembelian. 

Kemudian ada pengeluaran untuk cincin pernikahan yang digunakan sebagai simbol suci bagi kedua mempelai bahwa mereka telah disatukan. Harga sepasang cincin tersebut pasti tidak murah. Harganya bisa dipilih sesuai budget serta berat yang diinginkan. 

Namun memang kamu perlu menabung secara terpisah dari uang pernikahan agar cincin yang dibeli benar-benar berkualitas serta sesuai keinginan. 

9. Seragam Keluarga dan Kerabat

Seragam Keluarga dan Kerabat
Sumber: Pexels

Seragam keluarga dan kerabat sebenarnya tidak wajib. Hal ini akan bergantung kepada kedua mempelai apakah memiliki uang yang cukup atau tidak. 

Jika kamu memang tidak memiliki budget maka sebaiknya tidak perlu dipaksakan untuk harus ada. Pasalnya biaya jahit dan mencari bahan saja sudah sangat mahal. Kisaran biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000.

Bagaimana sudah pusing? Tenang JULOvers, tenang. Supaya tidak terlampau pusing berlebihan, mari rangkum semua rincian biaya nikah 30 juta rupiah yang dibutuhkan. Coba perhatikan tabel skenario A dan B berikut ini:

Tabel Skenario Rincian Biaya Nikah 30 Juta Rupiah Versi A

rincian biaya nikah 30 juta lebih sedikit

Tabel Skenario Rincian Biaya Nikah 30 Juta Rupiah Versi B

rincian biaya nikah 30 juta sederhana

Rincian biaya nikah 30 juta rupiah sebenarnya bukan hal yang mustahil dilakukan. Namun kamu memang harus merelakan beberapa bagian yang mengeluarkan biaya paling banyak. Contohnya seserahan atau menurunkan kualitas jasa dan produk yang bisa didapatkan. 

Meski pilihannya jadi terbatas tetapi kamu bisa mewujudkan acara nikah impian dengan dana yang cukup serta tidak berutang. Tetapi apabila membutuhkan dana lainnya untuk membayar beberapa kebutuhan maka kamu bisa mengajukan pinjam dana online dari JULO. 

Limit kredit yang diberikan mencapai Rp15.000.000 sehingga kamu bisa mencukupi biaya yang belum dibayarkan. Selain itu JULOvers juga bisa menggunakan fitur Paylater serta Tagihan Online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Bagaimana? Tertarik menggunakan JULO Kredit Digital? Segera download aplikasinya dan #HidupkanHidupmu bersama JULO sekarang!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan