Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Syarat Kredit Elektronik agar Aman?
1. Mengetahui Keadaan Keuangan Pribadi
2. Memiliki Riwayat Kredit yang Baik
3. Memberitahukan Pengajuan Kredit Kepada Keluarga
4. Menggunakan Data Pribadi yang Lengkap
5. Ajukan Uang Muka (Jika Ada)
6. Pilih Penyedia Kredit yang Aman

6 Syarat Kredit Elektronik yang Harus Kamu Pahami Biar Kredit Tetap Aman

syarat kredit elektronik

Kemunculan banyak fintech membuat masyarakat bisa mengakses kredit elektronik dengan mudah. Proses yang lebih cepat serta syarat kredit elektronik yang tidak banyak menjadikannya pilihan ketika ada kebutuhan mendesak. 

Namun kemudahannya juga membawa risiko yang sering kali menjebak masyarakat dalam utang. Hal ini terjadi karena pemahaman pengguna tentang kredit elektronik masih sangat minim. 

Bahkan tidak jarang yang terkena penipuan karena tidak mencari izin operasional dan legalitas yang diberikan oleh OJK. Supaya JULOvers tidak terjebak, coba simak informasi di bawah ini baik-baik. 

Apa Saja Syarat Kredit Elektronik agar Aman?

Apa Saja Syarat Kredit Elektronik agar Aman

Akses kredit elektronik yang sangat mudah dan menjangkau banyak masyarakat di wilayah berbeda sungguh membawa perubahan. Hampir seluruh kalangan dalam masyarakat bisa menggunakan kredit untuk membeli berbagai barang elektronik. Namun penggunaan kredit tersebut masih perlu diwaspadai mengingat banyaknya kasus penipuan yang terus-menerus terjadi. 

Bukan karena pemerintah tidak melakukan tindakan, namun modus yang dilancarkan oleh para penipu makin berkembang dan jumlahnya bertambah banyak. Keadaan ini menuntut masyarakat sebagai pengguna kredit untuk tetap waspada dan teliti ketika akan mengajukan kredit. 

Tidak cukup hanya mencari barang elektronik berkualitas tetapi masyarakat juga harus jeli melihat legalitas platform kredit yang tersedia. Selain melakukan pemeriksaan terkait pihak penyedia, pastikan juga kamu sudah memenuhi kriteria sebagai debitur yang baik. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut semua persyaratan penting yang harus diperhatikan terkait pengajuan kredit elektronik.  

1. Mengetahui Keadaan Keuangan Pribadi

Mengetahui Keadaan Keuangan Pribadi

Sebelum mengajukan kredit, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu keadaan keuangan pribadi. Pastikan bahwa dana yang tersedia cukup untuk membayar kebutuhan pokok dan cicilan per bulan. Mengetahui jumlah pastinya akan membuat hati kamu lebih tenang ketika nantinya pengajuan kredit diterima. 

2. Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Ini dia faktor penentu apakah pengajuan kreditmu disetujui atau tidak yaitu riwayat kredit yang baik. Pasalnya semua data transaksi kredit yang dilakukan oleh masyarakat terekam oleh Bank Indonesia.

Baca Juga: 4 Cara Kredit Laptop Online dengan Mudah

Jika sebelumnya kamu pernah mengajukan kredit lalu ada masalah pembayaran seperti keterlambatan maka kemungkinan besar pengajuan kredit tidak diterima. 

Kalau pun akhirnya kredit disetujui, pasti ada beberapa syarat tambahan yang harus kamu siapkan. Jadi pastikan semua cicilan atau utang lainnya yang masih tersisa telah diselesaikan dengan baik.

bayar tagihan online Julo

3. Memberitahukan Pengajuan Kredit Kepada Keluarga

Memberitahukan Pengajuan Kredit Kepada Keluarga

Memberitahukan pengajuan kredit kepada keluarga sangat penting supaya pihak penyedia kredit melihat bahwa kamu memberikan data yang benar. Biasanya kreditur akan menghubungi anggota keluarga yang bersangkutan untuk memastikan kebenaran data-data yang telah diberikan. Jika kedua data sama maka pengajuan kredit akan diterima. 

4. Menggunakan Data Pribadi yang Lengkap

Menggunakan Data Pribadi yang Lengkap

Pastikan juga kamu mengisi formulir yang tersedia dengan data pribadi yang jelas, lengkap, dan benar. Jangan pernah melakukan penipuan dengan menggunakan data orang lain.

Baca Juga: 5 Keuntungan Melakukan Pinjaman di JULO Kredit Digital

Bukan hanya merugikan pihak penyedia dan orang yang datanya kamu gunakan tetapi juga diri sendiri. Apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini, setiap tindakan penipuan pasti akan terdeteksi. Oleh karena itu jangan mencoba-coba membodohi pihak penyedia kredit. 

5. Ajukan Uang Muka (Jika Ada)

Ajukan Uang Muka (Jika Ada)

Pengajuan kredit biasanya tidak menggunakan pengajuan uang muka. Tindakan ini juga bukan syarat wajib yang diberlakukan dalam aturan kredit. Namun pengajuan uang muka sebenarnya bisa meringankan bebanmu pada kemudian hari.

Baca Juga: 5 Cara Kredit HP dengan Bijak

Selain meringankan cicilan yang harus dibayarkan per bulannya, keberadaan uang muka juga membuat kemungkinan penerimaan kredit menjadi lebih besar. Kamu bisa mencoba menanyakannya di awal serta membuat kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak. 

6. Pilih Penyedia Kredit yang Aman

Pilih Penyedia Kredit yang Aman

Last but not least, pilihlah penyedia kredit yang aman, tepercaya serta memiliki izin operasional yang sah dari lembaga-lembaga Indonesia terkait. Umumnya fintech dan lembaga keuangan lain harus berada di bawah pengawasan OJK alias Otoritas Jasa Keuangan. 

Periksa juga bunga yang diberikan apakah persentasenya masuk akal dan sesuai budget. Coba hitung apakah dana yang tersedia bisa membayar cicilan sekaligus bunganya. 

Selain bunga, kamu juga perlu memastikan tenor yang tersedia fleksibel serta bisa diatur sesuai kebutuhan. Faktanya tidak semua platform kredit menyediakan tenor fleksibel yang bisa kamu atur sendiri. 

Nah itu dia informasi penting seputar syarat kredit elektronik yang perlu JULOvers pahami. Semoga informasi di atas membantu kamu dalam mengajukan kredit supaya disetujui. Apabila JULOvers sedang membutuhkan kredit dan mencari platform yang aman maka JULO Kredit Digital bisa menjadi solusi tepat. 

JULOvers tidak perlu takut tertipu karena JULO sudah mengantongi izin operasional dari OJK. Selain itu semua proses pinjam dana online jadi lebih cepat dan mudah hanya melalui genggaman tangan. 

Kamu hanya perlu memasukkan data pribadi lalu menunggu verifikasi. Apabila pengajuan disetujui maka kredit bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan. Terdapat 3 produk utama yang bisa dimanfaatkan yaitu Dana Tunai, Paylater, dan Tagihan Online. 

Ketiganya memampukan kamu untuk berbelanja melalui e-commerce favorit, melakukan top-up dompet digital, sampai membayar tagihan bulanan secara online. Sangat praktis, bukan? Terlebih lagi limit kredit yang disediakan JULO terbilang besar, yakni mencapai Rp15.000.000. 

Sudah ada banyak orang yang terbantu dengan keberadaan JULO Kredit Digital. Ini saatnya kamu untuk merasakan kepuasan yang sama dengan memanfaatkan seluruh layanan JULO. Langsung saja download aplikasi JULO Kredit Digital di ponsel dan mulai #HidupkanHidupmu sekarang!

Artikel Lainnya