Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Tips Membeli Mobil Kredit agar Keuangan Tetap Aman?
1. Periksa Besaran Uang Muka dan Biaya Lainnya
2. Periksa Keuangan Pribadi dan Data Kredit
3. Pahami Prinsip 5C
4. Pilih Penyedia Kredit yang Terjamin Aman
5. Buat Rencana Keuangan Baru

5 Tips Membeli Mobil Kredit dengan Tepat

tips membeli mobil kredit

Butuh mobil tetapi dana belum tersedia? JULOvers bisa membelinya dengan mengajukan kredit. Saat ini sudah ada banyak penyedia kredit yang memberikan layanan untuk mencicil kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. Tetapi JULOvers tetap harus tahu tips-tips membeli mobil kredit supaya tidak terjebak penipuan ataupun utang. 

Faktanya sampai hari ini masih ada banyak korban yang terkena penipuan oleh orang tidak bertanggung jawab. Sudah saatnya JULOvers menjadi bagian dari kelompok masyarakat yang cerdas dan bijaksana ketika ingin melakukan kredit. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari simak tips membeli mobil kredit di bawah ini!

Apa Tips Membeli Mobil Kredit agar Keuangan Tetap Aman?

Apa Tips Membeli Mobil Kredit agar Keuangan Tetap Aman

Membaiknya keadaan perekonomian Indonesia setelah pandemi memberikan angin segar bagi masyarakat yang sudah berencana ingin melakukan kredit mobil ataupun rumah. Makin banyak masyarakat yang mengajukan kredit sebenarnya makin baik karena dapat mendorong daya beli sekaligus meningkatkan pertumbuhan perekonomian. 

Tetapi jangan sampai salah langkah supaya kamu tidak terjebak penipuan atau utang. Berikut beberapa tips membeli mobil kredit yang perlu kamu pahami. 

1. Periksa Besaran Uang Muka dan Biaya Lainnya

Periksa Besaran Uang Muka dan Biaya Lainnya

Sebelum persetujuan kredit ditanda tangani, kamu perlu memahami besaran uang muka yang harus dibayarkan. Hal ini penting karena besaran uang muka yang kamu bayarkan pertama kali akan memengaruhi sisa cicilan yang perlu dibayar pada bulan-bulan ke depan.

Coba perhatikan lagi semua detail biaya yang harus kamu bayar seperti administrasi, provisi, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memeriksa tenor yang ada. Biasanya tenor yang disediakan beragam.

Baca Juga: Apa Itu Tenor Pinjaman? Simak Pengertiannya di Sini!

Kamu bisa memilih dari jangka waktu 1 tahun sampai 6 tahun. Tetapi hal ini akan kembali lagi kepada pihak penyedia kredit yang kamu gunakan. Intinya, pastikan semua biaya dan tenornya sudah kamu pahami dengan baik. 

2. Periksa Keuangan Pribadi dan Data Kredit

Periksa Keuangan Pribadi dan Data Kredit

Harga jual mobil yang tidak sedikit membuat kamu perlu mempertimbangkan dengan baik apakah keadaan keuangan pribadi saat ini cukup untuk membayar cicilan sampai selesai. Jangan sampai kamu memaksakan membeli mobil dengan keadaan keuangan yang sedang tidak stabil atau memiliki cicilan lainnya yang belum selesai.

Baca Juga: 4 Solusi Saat Pengen Beli Motor Tapi Gak Punya Uang

Periksa juga credit score yang kamu punya. Credit score merupakan salah satu penilaian yang akan menentukan pengajuan akan diterima atau ditolak. Pastikan bahwa semua data kredit sudah benar karena tidak jarang persoalan data menjadi penghalang pengajuan kredit.

3. Pahami Prinsip 5C

Pahami Prinsip 5C

Prinsip 5C merupakan salah satu tools yang digunakan oleh pihak penyedia kredit untuk memastikan apakah kamu layak mendapatkan kredit. Prinsip 5C terdiri dari Character, Capacity, Capital, Condition, dan Collateral. Berikut masing-masing penjelasannya: 

  • Character adalah prinsip yang menilai kepribadian seorang calon debitur yang memiliki komitmen serta itikad baik untuk menyelesaikan cicilan hingga akhir.
  • Capacity mengacu kepada kemampuan calon debitur dalam mengelola keuangan pribadi yang mereka punya. 
  • Capital ialah nilai aset yang dimiliki oleh calon debitur saat mengajukan kredit. 
  • Condition mengacu kepada faktor eksternal yang dapat memberikan pengaruh bagi calon debitur saat melakukan pembayaran. Beberapa faktornya seperti usia, kondisi ekonomi negara, dan lain sebagainya. 
  • Collateral menjadi aspek penilaian yang menentukan apakah aset calon debitur memenuhi syarat pengajuan kredit atau tidak. 

4. Pilih Penyedia Kredit yang Terjamin Aman

Pilih Penyedia Kredit yang Terjamin Aman

Saat ini pihak yang menyediakan layanan kredit sudah sangat banyak dan beragam. Kamu bisa memilih lembaga keuangan seperti bank atau kredit online dari financial technology (fintech). Keduanya sama-sama memberikan layanan kredit namun memiliki beberapa perbedaan terkait syarat, jaminan, hingga bunga dan tenor.

Baca Juga: 5 Keuntungan Melakukan Pinjaman di JULO Kredit Digital

Itu sebabnya kamu perlu memilih penyedia kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuangan. Jangan sampai cicilan per bulan yang dibayarkan terlampau besar karena suku bunganya juga besar. 

Selain itu kamu juga perlu memastikan pihak penyedia kredit yang dipilih sudah memiliki izin dan legalitas dari OJK. Pastikan penyedia kredit yang kamu pilih tidak sekadar menawarkan kemudahan “too good to be true” tetapi juga sesuai dengan peraturan yang berlaku.bayar tagihan online Julo

5. Buat Rencana Keuangan Baru

Buat Rencana Keuangan Baru

Kamu pasti sudah memiliki rencana keuangan yang berjalan hingga saat ini. Tetapi adanya penambahan cicilan kredit mobil membuat kamu harus mengubah rencana keuangan sesuai pengeluaran pada bulan mendatang. 

Kamu pasti tidak bisa terus mengeluarkan biaya belanja yang sama ketika memiliki cicilan mobil. Jika hal tersebut terus dijalankan maka sudah pasti keadaan keuanganmu akan membengkak. 

Itu sebabnya kamu perlu membuat rencana keuangan baru yang sesuai dengan keadaan bulan depan. Atur lagi jumlah alokasi ke setiap kebutuhan supaya pendapatan yang kamu terima per bulan cukup untuk memenuhi semua aspek kehidupan. 

Gunakan 5 tips membeli mobil kredit yang aman ini untuk menjaga kondisi keuangan JULOvers. Semoga informasi di atas membantu JULOvers untuk mempersiapkan diri dan keuangan ketika ingin mengajukan kredit mobil. 

Jika kamu tidak ingin menggunakan layanan bank karena tidak memiliki waktu untuk pergi ke kantor cabang terdekat maka fintech bisa jadi pilihan tepat. Contoh fintech yang menyediakan kredit adalah JULO Kredit Digital

JULO menjadi salah satu fintech yang sudah memiliki izin dan legalitas dari OJK sehingga sangat aman digunakan untuk berbagai transaksi. Limit kredit yang dapat diajukan juga besar yakni mencapai Rp15.000.000. 

JULO tidak hanya menyediakan fitur dana tunai yang bisa ditarik untuk membayar kebutuhan sehari-hari tetapi juga ada paylater dan tagihan online yang sangat efisien. Jadi tunggu apalagi? Segera download aplikasi JULO sekarang juga! 

Semoga kamu mendapati berbagai tips membeli mobil kredit di atas bermanfaat. Dapatkan berbagai tips praktis lainnya yang kamu butuhkan hanya di website JULO.

Artikel Lainnya