Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Tepat?
1. Mencatat Keuangan
2. Buat Rencana Anggaran
3. Memanfaatkan Kartu Kredit dan Promo
4. Mempersiapkan Dana Darurat
5. Mulai Berinvestasi
6. Asuransi dan Dana Pensiun
7. Evaluasi Keuangan 
8. Membayar Cicilan Tepat Waktu

Bebas Finansial dengan 8 Tips Mengatur Keuangan Pribadi yang Efektif

 tips mengatur keuangan pribadi

Belakangan ini, banyak orang yang mulai menyadari pentingnya mengatur keuangan untuk mempersiapkan masa depan. Tak heran, informasi tips mengatur keuangan pribadi menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari. Semakin dewasa, ketika JULOvers telah memiliki penghasilan, mengatur keuangan pribadi memang harus dilakukan dengan baik. 

Bahkan sebaiknya, JULOvers dapat menyisihkan sebagian dari gaji untuk menabung. Beberapa orang masih kesulitan mengatur keuangan sehingga kerap kali mengalami kewalahan akibat kondisi pengeluaran yang tidak terkontrol. JULOvers boleh memiliki cara sendiri untuk mengatur uang setiap bulannya, namun jika tidak melakukannya sama sekali itu adalah hal yang salah.

Membuat rencana pemasukan dan pengeluaran yang disesuaikan dengan penghasilan serta kebutuhan hidup sebenarnya tidaklah sulit. Tetapi masih banyak yang belum mengetahui bagaimana caranya dan harus mulai dari mana. Maka dari itu, melalui artikel ini JULO akan berbagi tips mengatur keuangan pribadi agar tidak boros dan keuangan tetap terkontrol.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Tepat?

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Tepat

Ada berbagai cara yang dapat diterapkan untuk mengatur keuangan pribadi dengan tepat. Atur keuangan secara realistis dengan membuat rincian pengeluaran yang sesuai dengan besaran penghasilan yang masuk. Sampai saat ini permasalahan finansial terbesar adalah jumlah pengeluaran yang terlalu besar dan tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima. 

Untuk menghindari hal tersebut, berikut merupakan tips mengatur keuangan pribadi yang dapat JULOvers terapkan:

1. Mencatat Keuangan

Mencatat Keuangan

Tips mengatur keuangan pribadi yang dapat diterapkan pertama adalah mencatat keuangan. Dalam catatan ini, kamu dapat mencatat penghasilan yang diterima setiap bulan dan menuliskan pengeluaran. Tidak perlu khawatir, sebab sekarang telah banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran dengan mudah.

Baca Juga: Langkah dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 4 Juta

Hal ini akan sangat membantu JULOvers untuk mengatur keuangan sebab seluruh transaksi tercatat dengan jelas dan kamu akan mengetahui rata-rata pengeluaran setiap bulannya. Sehingga, saat terdapat pengeluaran besar mengenai hal yang tidak penting, kamu dapat mengurangi pengeluaran pada bagian tersebut dan mengalihkannya ke tabungan atau kebutuhan lain. 

2. Buat Rencana Anggaran

Buat Rencana Anggaran

Rencana anggaran meliputi segala hal yang dibutuhkan setiap bulannya. Jika kesulitan membuat rencana anggaran, JULOvers dapat menerapkan cara 50-30-20. Apa maksudnya? Jadi kamu dapat membagi keuangan dengan rincian 50% untuk kebutuhan pokok termasuk juga bersedekah dan membayar seluruh cicilan jika ada.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta yang Tepat

30% dapat digunakan untuk gaya hidup dan kebutuhan untuk menyenangkan diri sendiri. Terakhir, 20% digunakan untuk menabung dan mempersiapkan dana darurat sebagai langkah mempersiapkan masa depan. Pastikan kamu selalu mendahulukan kebutuhan pokok dibandingkan keinginan. 

3. Memanfaatkan Kartu Kredit dan Promo

Memanfaatkan Kartu Kredit dan Promo

Jika JULOvers memiliki kartu kredit, kamu harus memanfaatkan dengan baik. Biasanya, kartu kredit memiliki banyak promo terutama pada pusat perbelanjaan atau e-commerce. Manfaatkan promo tersebut untuk memenuhi kebutuhan bulanan kamu.

Baca Juga: Kartu Kredit VS Debit, Mana yang Lebih Baik?

 

Selain itu, banyak aplikasi yang menawarkan promo menarik yang dapat dimanfaatkan. Hal ini akan membantu mengurangi pengeluaran kamu sebab pemenuhan kebutuhan memiliki anggaran yang lebih rendah dibandingkan rencana pada awalnya.bayar tagihan online Julo

4. Mempersiapkan Dana Darurat

Mempersiapkan Dana Darurat

Mempersiapkan dana darurat adalah salah satu tips mengatur keuangan pribadi yang bijak terutama untuk kesiapan di masa depan. Seperti yang diketahui, ada kemungkinan terjadi hal yang tidak ada dalam perencanaan dan tidak terduga. Ketika JULOvers memiliki dana darurat, maka kamu tidak akan terlalu kebingungan dalam pengeluaran tidak terduga yang cukup penting. 

5. Mulai Berinvestasi

Mulai Berinvestasi

Investasi bukan hanya sebuah trend saja. Melalui investasi, kamu bisa berpeluang mendapatkan keuntungan. Alokasikan sebagian uang untuk berinvestasi dan usahakan pilih investasi jangka panjang. Hal ini akan menjadi salah satu dana tabungan yang terus berkembang. 

Pastikan kamu telah mempelajari jenis investasi yang dipilih termasuk dengan profil risikonya. Pilih broker yang tepercaya dan hindari melakukan investasi pada broker yang tidak terdaftar pada lembaga keuangan yang berwenang. 

6. Asuransi dan Dana Pensiun

Asuransi dan Dana Pensiun

Apabila memungkinkan, JULOvers dapat menggunakan asuransi sebagai alat untuk melindungi diri pada masa depan. Maksudnya, saat kamu berada pada masa sulit seperti sakit atau kejadian buruk lainnya, asuransi akan membantu menutup seluruh biaya yang dibutuhkan. Kamu hanya perlu membayar premi setiap bulannya dengan nominal tertentu.

Selain itu, dana pensiun juga penting untuk menjadi sumber keuangan di masa depan. Seiring berjalannya waktu, JULOvers tentu akan tiba pada masa pensiun dan tidak dapat bekerja lagi. Untuk itu, dana pensiun adalah hal penting yang harus direncanakan sebab setelah pensiun nanti, kamu akan tetap membutuhkan pemasukan untuk kebutuhan pokok. 

7. Evaluasi Keuangan 

Evaluasi Keuangan 

Sebelum masuk ke rencana anggaran pada bulan berikutnya, sebaiknya lakukan evaluasi keuangan dengan melihat apakah jumlah pengeluaran sudah sesuai dengan rencana anggaran dan memiliki jumlah nominal yang tepat atau belum. Apabila masih ada pengeluaran yang kurang penting dan masih terlalu boros, JULOvers dapat mengurangi porsi pada transaksi yang tidak berdasarkan kebutuhan. 

8. Membayar Cicilan Tepat Waktu

Membayar Cicilan Tepat Waktu

Salah satu langkah bijak dalam mengatur keuangan adalah dengan selalu membayar cicilan maupun utang tepat waktu. Dengan begitu kamu tidak lagi memiliki tanggungan di akhir bulan dengan denda dan bunga yang besar. Rencana anggaran pun dapat tersusun dengan rapi. Sisihkan nominal sebesar nilai cicilan saat membuat rencana anggaran agar tidak lupa dan menjadi pengeluaran darurat.

Baca Juga: Besaran Denda Telat Bayar BPJS dan Cara Mengetahuinya

Manfaatkan tips mengatur keuangan pribadi agar JULOvers terbebas dari beban finansial. Mulai dari sekarang, hindari pemikiran untuk mengesampingkan menabung dan mengutamakan gaya hidup hanya karena usia masih muda. Justru, saat usia muda sekarang ini, kamu harus mulai mempersiapkan finansial untuk berbagai tujuan masa depan.

Apabila diperlukan, JULOvers dapat membuat dua rekening bank. Satu untuk digunakan pada berbagai transaksi, sedangkan rekening lainnya dimanfaatkan untuk mengelola dana darurat, tabungan, dan dana pensiun. Sehingga pengeluaran dan penyimpanan uang berada pada dua tempat yang berbeda. 

Jika kamu memiliki penghasilan yang tidak terlalu besar, maka berhemat dapat menjadi langkah yang tepat. Kurangi bagian dana keinginan dan alokasikan pada kebutuhan atau tabungan, dengan begitu JULOvers tetap dapat memenuhi kebutuhan pokok, tabungan, dan masih ada anggaran untuk memenuhi keinginan meskipun tidak banyak. 

Bagaimana jika ada hal penting yang harus dipenuhi namun tidak tersedia dana? JULOvers dapat memanfaatkan fitur Paylater dari JULO. Fitur ini akan membantu kamu membayar tagihan transaksi dari berbagai aplikasi e-commerce dengan tenor cicilan panjang hingga 9 bulan. 

Jadi, saat ada kebutuhan mendesak dan tidak ada dalam rencana keuangan, JULOvers dapat membelinya terlebih dahulu dan membayar secara berkala di aplikasi JULO. Keuntungan lain yang didapatkan dari JULO adalah limit kredit yang mencapai 15 juta. Jadi tunggu apa lagi? Download JULO sekarang juga dan gunakan promo siap melesat untuk mendapatkan cashback senilai Rp. 50.000!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
cara-bayar-denda-bpjs-kesehatan
belanja
belanja online
belanja online di bulan ramadan
diskon belanja online
bulan ramadan
hampers ramadan
belanja online