Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Prospek Usaha Kredit Barang?
Bagaimana Cara Memulai Usaha Kredit Barang?
1. Siapkan Modal Belanja Awal
2. Buat Pembukuan Usaha dengan Cermat
3. Lakukan Promosi
4. Membuat Surat Perjanjian
5. Bekerja sama dengan Distributor dan Menyediakan Barang yang Lebih Bervariasi

5 Langkah Memulai Usaha Kredit Barang dengan Mudah

usaha kredit barang

Metode pembelian barang dengan cicilan menjadi semakin populer di era digital saat ini. Kita mungkin sudah mengenal istilah paylater, pinjaman online, dan jenis pinjaman serupa lainnya. Kehadiran opsi cicilan pada pembelian barang akan sangat memudahkan masyarakat dari kelas ekonomi bawah untuk mengakses barang berkualitas dengan harga yang cukup tinggi.

Tidak perlu dibayar semuanya di depan, barang yang dibeli bisa dicicil sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan. Namun, masih ada hambatan bagi masyarakat untuk bisa mengakses fasilitas ini. Sejumlah layanan, baik pinjaman online maupun bank, menetapkan sejumlah persyaratan ketat untuk peminjam sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya. 

Oleh karena itu, usaha kredit barang bisa menjadi peluang yang menjanjikan guna mengisi ruang kosong di dalam bisnis pinjaman. Kalau kamu berminat, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Bagaimana Prospek Usaha Kredit Barang?

Bagaimana Prospek Usaha Kredit Barang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis pinjaman di Indonesia masih memiliki ruang yang bisa kamu manfaatkan sebagai ladang bisnis baru. Untuk bisa bersaing dengan bank dan pinjaman online, maka usaha kredit barang milik kamu harus memiliki fleksibilitas dan kemudahan akses yang lebih tinggi.

Prospek usaha kredit barang masih terbuka sangat lebar di setiap segmen, baik untuk kelas ekonomi bawah, menengah, hingga kelas ekonomi atas. Sebagai contoh, kita sudah lumrah melihat banyaknya orang yang bisa membeli motor keluaran terbaru. Hal itu terjadi karena motor keluaran baru bisa didapat melalui kredit barang.

Baca Juga: 10 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing untuk Inspirasi

Lalu, pada masyarakat kalangan ekonomi bawah, mereka bisa saja memerlukan kebutuhan primer dan sekunder secara cepat, namun belum ada cukup uang untuk membelinya secara kontan. Celah-celah seperti ini selalu menjadi peluang usaha kredit barang yang menggiurkan. Untuk memulainya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kredit Barang?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kredit Barang

Untuk memulai usaha kredit barang, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan dan lakukan, seperti modal, promosi, kontak supplier, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih detail, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini, ya!

1. Siapkan Modal Belanja Awal

Siapkan Modal Belanja Awal

Sebagai pemilik usaha kredit barang, kamu nantinya akan berperan sebagai pihak yang menalangi pembayaran barang dari peminjam. Barang yang nasabah kamu perlukan, pembayarannya ke penjual akan diselesaikan oleh kamu. Oleh karena itu, perlu modal untuk bisa menjalankan bisnis ini.

Baca Juga: 5 Cara Mencari Modal Awal untuk Bisnismu

Besarannya tentu beragam, tergantung segmen barang yang kamu ambil seperti barang elektronik, otomotif, peralatan rumah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena biasanya orang yang mengambil kredit barang tidak memiliki cukup uang untuk membeli produk dengan harga tinggi, maka kemungkinan kamu juga harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk bisa melayani permintaan tersebut.

 

Namun, tidak perlu khawatir, pada usaha kredit barang, semakin tinggi harga barang yang diperlukan oleh peminjam, maka semakin tinggi juga potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.kredit digital Julo

2. Buat Pembukuan Usaha dengan Cermat

Buat Pembukuan Usaha dengan Cermat

Pencatatan administrasi pada usaha kredit barang menjadi hal yang sangat penting. Jika ada kesalahan pembukuan, usaha kamu bisa-bisa macet dan menanggung kerugian besar. 

Keterlambatan bayar oleh peminjam akan sangat lumrah terjadi pada usaha kredit barang. Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam mengatur keuangan usaha agar tidak terhambat meskipun beberapa peminjam mengalami permasalahan cicilan. Pembukaan usaha kredit barang juga akan sangat berguna untuk evaluasi kinerja kredit, kamu nantinya bisa menilai barang apa yang paling menguntungkan dan peminjam mana yang paling sering bermasalah dengan pembayaran.

3. Lakukan Promosi

Lakukan Promosi

Setiap bisnis memerlukan promosi agar bisa berkembang. Tidak perlu muluk-muluk sampai pasang iklan di internet atau membagikan selebaran ke orang-orang, usaha kredit barang biasanya dipromosikan dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Pahami Bagaimana Cara Melakukan Promosi Produk dan Usaha

Kamu bisa mendatangi orang-orang yang sedang memiliki proyek seperti renovasi atau membangun rumah untuk menawarkan jasa kredit barang. Langkah promosi ini bisa disesuaikan dengan target konsumen dan jenis kredit barang yang kamu sediakan.

4. Membuat Surat Perjanjian

Membuat Surat Perjanjian

Bisnis berbasis kepercayaan punya risiko kegagalan. Karenanya, kamu perlu cukup tegas dalam hal membuat surat perjanjian sebagai bukti kalau kamu dan peminjam telah membuat kesepakatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah peminjam menunda pembayaran dan agar terjadi transparansi antara nilai barang yang dipinjam dan nominal yang harus dikembalikan kepada kamu.

Dengan adanya surat perjanjian, risiko kredit macet atau kabur bisa diminimalisir dan usaha kredit barang yang kamu jalankan bisa bertahan lama.

5. Bekerja sama dengan Distributor dan Menyediakan Barang yang Lebih Bervariasi

Bekerja sama dengan Distributor dan Menyediakan Barang yang Lebih Bervariasi

Agar usaha kredit kamu menjadi lebih mudah dan menguntungkan, kamu perlu mencari distributor. Jadi, ketika ada permintaan, kamu bisa memenuhinya dengan mudah. Harga yang ditawarkan oleh distributor kepada partnernya juga akan berbeda, sehingga potensi keuntungan kamu bisa menjadi lebih tinggi.

Selain bekerja sama dengan distributor, kamu juga perlu menyediakan variasi barang yang lebih beragam agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Sebagai awalan, ketika kamu memulai usaha kredit barang, kamu mungkin bisa menawarkan beberapa produk spesifik terlebih dahulu.

Contohnya seperti smartphone, kendaraan bermotor, peralatan rumah, dan sebagainya. Namun, ketika sudah berkembang, maka keberagaman pilihan kredit barang harus ditingkatkan.

Untuk mendapatkan barang secara cepat dengan opsi pembayaran nanti ketika gajian, kamu bisa menggunakan aplikasi paylater JULO Kredit Digital. Dengan limit hingga Rp15 juta dan tenor yang cukup panjang, semua keperluan kamu bisa dipenuhi dengan lebih cepat dan praktis. 

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan promo Siap Melesat untuk mendapatkan berbagai cashback yang akan semakin menguntungkan kamu saat usaha kredit barang!

Artikel Lainnya