Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing?
1. Katering Sehat
2. Paket Sayuran
3. Cemilan Dalam Bentuk Frozen Food
4. Jasa Titip
5. Jasa Pembersihan Rumah
6. Personal Trainer
7. Sewa Peralatan Bayi dan Anak
8. Makanan Vegan
9. Jasa Cuci Sepatu dan Tas
10. Jasa Tulis dan Alih Bahasa Online
11. Barang Antik
12. Minuman Kesehatan
13. Kursus Online
14. Sewa Mainan Anak
15. Toko Kebutuhan Hewan Peliharaan

15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing untuk Inspirasi

peluang usaha yang belum banyak pesaing

Mudahnya penggunaan teknologi digital saat ini mendorong masyarakat untuk menggunakannya sebagai media bisnis. Sehingga, makin banyak usaha yang muncul dengan beragam jenis produk. Bagi kamu yang ingin memulai sebuah usaha, perhatikan peluang usaha yang belum banyak pesaing agar lebih mudah berkembang. 

Saat memulai usaha, JULOvers juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menciptakan peluang baru. Masih bingung menentukan peluang usaha yang belum banyak pesaing? Simak informasinya di bawah ini.

Apa Saja Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing?

Apa Saja Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing?

Tentu akan menjadi sebuah kelebihan tersendiri saat memilih untuk menjalankan usaha dengan jumlah pesaing yang kecil. Namun, perhatikan pula minat masyarakat terhadap produk dan tentukan target pasar secara tepat. Untuk mempermudah kamu, berikut rekomendasi usaha dengan sedikit pesaing:

bbc_calculator

1. Katering Sehat

Katering Sehat

Sebagian besar masyarakat mulai sadar mengenai pentingnya hidup sehat. Kebiasaan menjalankan hidup mulai diubah dengan rajin berolahraga, minum air putih, hingga pemilihan makanan sehat. Namun, banyaknya aturan dalam membuat makanan sehat menyebabkan orang memilih jalan pintas menggunakan jasa katering.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Usaha katering makanan sehat saat ini masih belum banyak pesaing, terlebih pada beberapa kota kecil di Indonesia. Kamu bisa mulai usaha ini dengan menyajikan berbagai pilihan menu sehat yang dapat dipesan beberapa hari sebelum makanan didistribusikan. Kamu juga bisa memberikan kuota untuk membatasi jumlah masakan setiap harinya.

Sudah siap memanfaatkan peluang usaha yang belum banyak pesaing ini?

2. Paket Sayuran

Paket Sayuran

Saat ini, masyarakat lebih memilih sebuah kemudahan dalam berbagai hal tak terkecuali perihal bahan makanan. Masih sedikit ditemukan usaha penyediaan sayuran dalam satu paket sesuai dengan menu yang disajikan. 

Kamu dapat menyediakan satu box yang berisikan bahan baku sebuah menu seperti kebutuhan pembuatan sayur sop, sayur bayam, dan lain sebagainya. 

Hal ini akan memudahkan orang lain dalam memasak sebab kebutuhan bahan telah disediakan sesuai resepnya. Jenis usaha ini masih belum banyak ditemukan. Sebagian besar penjual memilih untuk menyediakan kebutuhan dapur secara satuan. Jangan ragu untuk memanfaatkan peluang usaha yang belum banyak pesaing ini.

3. Cemilan Dalam Bentuk Frozen Food

Cemilan Dalam Bentuk Frozen Food

Kebutuhan akan makanan tidak akan pernah hilang. Sehingga ini bisa menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing dan menjanjikan. Dibantu dengan kemudahan teknologi digital, kamu dapat memulai usaha penjualan cemilan yang dibuat dalam bentuk frozen food

Banyak daerah yang memiliki kesulitan untuk menemukan cemilan baik tradisional lokal, modern maupun makanan internasional.

Baca Juga: Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah, Patutkah Dicoba?

Kamu bisa mulai menjual makanan frozen food  sembari melihat minat pasar. Mulai dengan sistem pre-order sehingga menghindari terjadinya makanan basi dan pembelian stok yang berlebihan.

4. Jasa Titip

Jasa Titip

Tidak meratanya kemudahan berbelanja dan ketersediaan sebuah produk atau toko pada setiap daerah menyebabkan sulitnya sebagian masyarakat mendapatkan produk yang dibutuhkan. Bagi kamu yang berada pada daerah dengan ketersediaan akan barang yang mudah didapatkan, usaha jasa titip dapat menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Kamu dapat membantu orang lain menemukan produk yang dibutuhkan dengan menyisipkan fee pada harga produk sebagai harga jasa. Usaha ini memiliki minat pelanggan yang tinggi dengan jumlah jasa yang sedikit, sehingga dapat menjadi salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing dan menguntungkan.

5. Jasa Pembersihan Rumah

Jasa Pembersihan Rumah

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa malas atau terlalu sibuk untuk merapikan dan membersihkan rumah. Hal ini dapat menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing bagi kamu pemilik jiwa kebersihan dan kerapian yang tinggi. Kamu bisa memberikan jasa untuk membantu membersihkan dan merapikan rumah, sehingga dapat meringankan beban pelanggan.

Baca Juga: Ini Dia 8 Contoh Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

Memulai usaha ini membutuhkan peralatan yang simpel serta ketelitian dan jiwa kebersihan yang tinggi sehingga rumah benar-benar bersih dan hasilnya tidak mengecewakan pelanggan. Jasa ini merupakan pekerjaan harian, sehingga pelanggan tidak perlu memberikan biaya besar untuk pekerjaan rumah yang satu ini.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

6. Personal Trainer

Personal Trainer

Saat ini seorang personal trainer banyak dibutuhkan untuk melatih tubuh menjadi lebih sehat. Apabila kamu memiliki bakat dalam olahraga dan melatih seseorang, usaha ini cocok untuk kamu. Bagi sebagian orang melakukan segala sesuatu dari rumah akan lebih nyaman dibandingkan dengan pergi pada suatu lokasi.

Gunakan keahlianmu untuk menjadi sebuah aktivitas yang menguntungkan serta dapat membantu orang lain mengembangkan tubuhnya menjadi lebih sehat dan bugar.

7. Sewa Peralatan Bayi dan Anak

Sewa Peralatan Bayi dan Anak

Beberapa keperluan bayi memiliki masa pemakaian yang singkat. Kebutuhan akan alat tersebut dapat dipenuhi melalui metode sewa. Cara ini dapat menghemat pengeluaran namun kebutuhan sebuah barang tetap terpenuhi. Sedikitnya jasa penyedia peralatan bayi dan anak dapat menjadi peluang besar untuk memulai usaha ini. 

Usaha dapat dimulai dengan menyediakan peralatan krusial seperti stroller, tempat tidur bayi, dan kebutuhan penting lainnya. Berikan layanan penyewaan beserta pilihan jangka waktu yang beragam sehingga akan memudahkan calon pelanggan untuk melakukan sewa jangka panjang. 

Dalam menjalankan peluang usaha yang belum banyak pesaing ini, kamu perlu memperhatikan kebersihan peralatan mengingat alat tersebut akan digunakan berulang kali. Lakukan sterilisasi dan pencucian pada peralatan usai digunakan.

8. Makanan Vegan

Makanan Vegan

Saat ini banyak orang memilih untuk menjadi seorang vegetarian dan menghindari produk hewani untuk dikonsumsi. Jenis makanan vegan yang dibuat tanpa produk hewani sedikit pun, dapat menjadi ide usaha dengan sedikit pesaing. Kamu bisa menyediakan berbagai jenis makanan mulai dari cemilan hingga makanan berat. Usaha makanan ini akan menjadi salah satu pilihan bagi para vegetarian.

9. Jasa Cuci Sepatu dan Tas

Jasa Cuci Sepatu dan Tas

Beberapa jenis tas dan sepatu tidak dapat dibersihkan secara sembarangan. Maka dari itu, dibutuhkan jasa cuci sepatu dan tas untuk membersihkan sepatu dan tas dengan teknik dan aturan tertentu.

Baca Juga: 16 Peluang Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan

Pastinya tanpa merusak bahan dan barang tersebut. Apabila memilih untuk melakukan peluang usaha yang belum banyak pesaing ini, pastikan kamu tahu tentang bagaimana cara perawatan sebuah barang sesuai dengan bahannya dan perhatikan kebersihan barang.

10. Jasa Tulis dan Alih Bahasa Online

Jasa Tulis dan Alih Bahasa Online

Kemudahan yang diciptakan oleh teknologi tidak hanya berhenti pada penggunaan digital sebagai media promosi, tetapi juga tersedianya banyak jasa online untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Usaha ini mungkin masih terdengar asing, namun tidak perlu khawatir untuk mencoba karena memiliki cukup banyak peminat. 

Bagi penyediaan jasa tulis online, layanan yang dapat kamu berikan berupa penulisan skrip iklan, penulisan konten sebuah situs, penulisan caption, dan lain sebagainya. Sebagai penyedia jasa alih bahasa, kamu dapat membantu mengubah sebuah dokumen menjadi bahasa yang kamu kuasai. 

11. Barang Antik

Barang Antik

Barang antik memang adalah sebuah pasar yang sangat spesifik. Hal ini bisa JULOvers manfaatkan karena itu berarti barang antik memiliki target pasar yang sangat pasti.

Untuk memulainya, kamu bisa mencari topik yang spesifik, misalnya uang kuno atau barang berharga kuno lainnya. Kamu juga bisa menerima dan menjual berbagai jenis barang antik sekaligus.

Untuk mengembangkan ide bisnis ini, kamu bisa memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan produk. Kamu juga bisa membuat konten terkait cerita barang-barang antik yang kamu jual untuk menarik pembeli.

12. Minuman Kesehatan

Minuman Kesehatan

Di zaman yang semakin cepat ini, orang-orang mulai semakin susah serta tidak memiliki waktu untuk membuat makanan dan minuman yang sehat. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membantu banyak orang melalui ide bisnis minuman kesehatan.

Selain bisa membantu banyak orang, ide bisnis ini juga merupakan yang tidak akan mati. Karena setiap orang pastinya akan selalu membutuhkan asupan minuman kesehatan setiap harinya.

Modal yang dibutuhkan juga relatif lebih sedikit daripada bisnis makanan kesehatan. Umumnya, kamu akan membutuhkan modal di angka 1 hinggaa 2 juta untuk mencoba peluang bisnis satu ini.

13. Kursus Online

Kursus Online

Kursus online mungkin memang telah ramai oleh banyak orang. Namun, kamu tetap memiliki kesempatan besar jika kamu memiliki pengalaman sebagai praktisi secara langsung.

Misalnya, kamu memiliki pengalaman beberapa tahun sebagai seorang digital marketer. Kamu bisa berbagi pengalaman unik serta materi yang memang sesuai dengan keadaan di industri untuk membuat bisnis kursus online kamu semakin unik dan membawa manfaat bagi para murid.

Jika kamu memiliki seorang teman atau kenalan pada bidang yang berbeda, kamu juga bisa mengajak dia untuk membangun kursus online bersama. Dengan begitu, bisnis kamu bisa menyasar lebih banyak orang.

14. Sewa Mainan Anak

Sewa Mainan Anak

Sewa mainan anak mungkin terdengar cukup asing di telinga banyak orang. Namun, peluang bisnis ini memiliki potensi yang besar.

Hal ini karena membeli mainan anak dapat menjadi keputusan yang butuh pertimbangan bagi banyak rumah tangga. Misalnya, jika anak cepat bosan atau mainannya tidak akan digunakan lagi ketika anak telah tumbuh dewasa.

Dengan menyediakan layanan sewa mainan anak, JULOvers dapat membantu para orang tua untuk menemukan solusi akan hal-hal tersebut.

Kamu bisa menggunakan pemasaran digital untuk mempromosikan jasamu. Kamu bisa membagikan konten tentang beragam manfaat tentang mainan anak-anak yang kamu sewakan dan lainnya.

15. Toko Kebutuhan Hewan Peliharaan

Toko Kebutuhan Hewan Peliharaan

Perhatian orang-orang terhadap hewan peliharaannya semakin membesar. JULOvers bisa memanfaatkan hal ini dengan membuka toko kebutuhan hewan peliharaan.

Kamu bisa mulai dengan menjual kebutuhan hewan peliharaan yang umum seperti anjing dan kucing. Selain itu, kamu juga bisa melakukan inovasi dengan membuka jasa pemandian serta penitipan hewan peliharaan.

Itulah tadi 15 peluang usaha yang belum banyak pesaing untuk dicoba sesuai dengan kemampuan JULOvers. Buat perencanaan usaha yang matang beserta rincian biaya yang dibutuhkan secara terperinci. 

Ingin mengembangkan usaha tetapi terkendala dana? JULO bisa jadi solusinya. Gunakan produk JULO berupa kredit digital dengan limit hingga 15 juta Rupiah dan tenor panjang. Manfaatkan juga promo siap melesat untuk membawa usaha kamu ke tingkat selanjutnya. Tunggu apalagi? Download JULO sekarang juga!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza