usaha yang belum ada di indonesia

Temukan Beragam Usaha yang Belum Ada di Indonesia dan Cara Memulainya

Mencari usaha yang belum ada di Indonesia? Memangnya ada? Tentu saja ada! Bahkan sangat banyak usaha-usaha yang ada di luar negeri tetapi belum masuk ke Indonesia. Namun tidak semua usaha dari luar bisa langsung JULOvers buat di Indonesia begitu saja. 

JULOvers perlu melakukan riset lebih dalam terkait usaha, lingkungan beroperasi, dan karakteristik masyarakat negara tersebut. Tanpa melakukan riset kamu pasti akan kesulitan membuat usaha yang belum ada di Indonesia dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. 

Itu sebabnya di sini JULOvers juga akan belajar mengenai persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai usaha. Kalau begitu langsung simak informasinya di bawah ini. 

Apa Saja Usaha yang Belum Ada di Indonesia?

Apa Saja Usaha yang Belum Ada di Indonesia?
Sumber: Pexels

Apa yang terlintas dipikiran kamu ketika ada seseorang bertanya “Usaha apa yang belum ada di Indonesia”? Apakah itu brand-brand tas atau baju terkenal? Atau berbagai brand makanan? Pemikiran kamu tidak sepenuhnya salah. 

Namun juga tidak sepenuhnya benar. Beberapa usaha yang belum ada di Indonesia berikut ini akan jauh di luar pemikiran atau ekspektasi yang pernah dibayangkan. Yuk perhatikan beberapa usahanya berikut ini. 

1. Teman Curhat

Teman Curhat
Sumber: Pexels

Apakah kamu merasa kesepian serta tidak punya teman yang bisa dipercaya untuk menjadi teman curhat? Apakah semua teman yang kamu kenal tidak setulus yang diharapkan? Di luar negeri keadaan ini dimanfaatkan sebagai usaha. 

Usaha ini datang dari Jepang yang warganya sangat sibuk bekerja. Terlalu sibuk bekerja sampai akhirnya tidak ada teman untuk menumpahkan semua isi hati dan pikiran. 

Hal ini mengakibatkan banyak orang —khususnya pekerja— menjadi stres dan depresi. Itu sebabnya usaha menjadi teman curhat hadir untuk membantu orang-orang dengan keadaan tersebut. 

2. Pacar Harian

Pacar Harian
Sumber: Pexels

Hampir serupa dengan teman curhat, di Jepang juga muncul usaha menjadi pacar harian. Banyak orang minder dengan apa yang tidak mereka punya. Kekayaan, kemampuan, termasuk pasangan. 

Itu sebabnya ada usaha yang menyediakan sewa pacar harian. Umumnya orang-orang akan menggunakan jasa ingin ketika ingin datang ke kondangan atau acara keluarga. Sebuah usaha yang belum ada di Indonesia tentunya.

3. Paket Makanan Dukacita

Paket Makanan Dukacita
Sumber: Pexels

Paket makanan dukacita ialah usaha yang mengirimkan makanan khusus untuk orang-orang yang sedang berduka karena kehilangan seseorang. Usaha yang belum ada di Indonesia ini hadir sebagai rasa empati kerabat dan teman-teman dekat kepada orang yang sedang berduka.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Biasanya setelah acara penguburan, orang yang merasa kehilangan akan sulit beraktivitas dengan normal. Jadi kiriman berupa makanan berat, ringan, buah, atau dessert dapat membantu mereka menyadari bahwa masih ada orang-orang yang peduli. 

4. Aplikasi Pembelian Bensin 

Aplikasi Pembelian Bensin 
Sumber: Pexels

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jasa pengiriman barang dan makanan. Jasa-jasa tersebut sudah menjadi “sahabat baik” dalam kehidupan sehari-hari. Namun di Indonesia belum ada jasa pengiriman bensin. 

Usaha ini muncul untuk menyimpan waktu masyarakat Amerika saat mengisi bensin. Masyarakat hanya perlu download aplikasi dan mengisi data pribadi sekaligus informasi kendaraan yang mereka punya. Lalu petugas akan langsung datang ke alamat yang sudah tertera di dalam aplikasi. 

5. Bridesmaid

Bridesmaid
Sumber: Pexels

Tidak hanya pacar atau teman yang bisa disewa, di luar negeri orang yang ingin menikah juga bisa menyewa bridesmaid. Ini merupakan salah satu usaha yang belum ada di Indonesia.

Meskipun penduduk di dunia ini sangat banyak, nyatanya masih ada yang tidak memiliki teman dekat untuk menemani ketika berjalan ke pelaminan. Itu sebabnya usaha ini muncul untuk menjadi solusi dari masalah tersebut. 

6. Pembuatan Profil Kencan 

Pembuatan Profil Kencan 
Sumber: Pexels

Pembuatan profil kencan muncul karena ada orang-orang di Singapura yang ingin mencari pasangan dalam aplikasi kencan. 

Jasa pembuatan profil ini bukan membuat informasi sembarangan atau tidak sesuai fakta. Sebaliknya, informasi yang dibuat berdasarkan fakta. Hanya saja dibuat lebih menarik agar ada orang-orang yang tertarik untuk berkenalan. 

7. Home Car Wash Service

Home Car Wash Service
Sumber: Pexels

Jasa cuci mobil memang sudah banyak tersedia di berbagai daerah. Namun apakah jasa cuci mobil tersebut bisa kamu panggil ke rumah? Di Indonesia sendiri jasa seperti ini sudah ada namun tidak banyak. 

Kemungkinan besar bisa kamu hitung hanya dengan jari. Padahal peluang usaha seperti ini sangat besar dan menguntungkan. Apakah kamu tertarik memulai usaha cuci mobil panggilan?

8. Ruang Kemarahan

Ruang Kemarahan
Sumber: Pexels

Ruang kemarahan dibuat untuk orang-orang yang ingin mengeluarkan amarahnya. Bisa jadi kamu sedang mengalami hari yang buruk seperti dimarahi atasan atau terkena musibah. 

Ruang ini dapat menjadi tempat yang tepat daripada mengamuk di tengah jalan atau mengeluarkannya kepada orang di rumah. Di Indonesia sebenarnya sudah ada yang membuat usaha seperti ini. Tetapi hanya di daerah tertentu saja. Padahal peluang untungnya terbilang lumayan.

 

kredit digital Julo

9. Produk Udara Segar

Produk Udara Segar
Sumber: Pexels

Benar! Kamu tidak salah membaca poin satu ini. Produk udara segar ialah usaha yang belum ada di Indonesia, yang memproduksi udara segar dalam bentuk kalengan. 

Baca Juga: Beragam Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing untuk Inspirasi

Islandia menjadi salah satu negara yang menjual kaleng udara segar. Umumnya bahkan produk ini dijual sebagai oleh-oleh agar keluarga yang tidak bisa ikut dapat merasakan udara segar dari Islandia.  

10. Permintaan Maaf

Permintaan Maaf
Sumber: Pexels

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tidak terkecuali perusahaan. Sering kali banyak pelanggan dikecewakan dengan customer service yang buruk atau adanya keterlambatan pengiriman barang. 

Di luar negeri keadaan ini diubah menjadi peluang usaha baru. Terdapat suatu platform yang khusus mengirimkan hadiah berupa makanan atau bunga kepada pelanggan dari suatu perusahaan. Hal ini dilakukan supaya kepercayaan pelanggan dan citra perusahaan tersebut kembali baik. 

11. Cleaning After Party

Cleaning After Party
Sumber: Pexels

Di luar negeri muncul jasa khusus untuk membersihkan kekacauan setelah pesta. Banyak tumpahan makanan dan minuman, serta berbagai sampah pesta yang berserakan. Kamu yang mengadakan pesta di gedung pasti tidak perlu khawatir karena ada pegawai yang membersihkannya. 

Tetapi bagaimana jika mengadakan pesta di rumah? Membersihkan rumah setelah pesta pasti membutuhkan tenaga dan kerja keras. Usaha yang belum ada di Indonesia ini tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar. Tertarik membuatnya?

12. Alpaca Cafe

Alpaca Cafe
Sumber: Unsplash

Dog cafe mungkin sudah sering kamu dengar. Tetapi bagaimana dengan alpaca cafe? Di negara-negara seperti Taipei dan Korea Selatan muncul alpaca cafe yang terbuka untuk pengunjung umum.

Para pengunjung disuguhkan dengan tempat yang nyaman, makanan enak, dan alpaca lucu yang akan menemani. Usaha yang belum ada di Indonesia ini jelas sangat menguntungkan. Pasti akan ada banyak orang yang datang berkunjung untuk bermain bersama alpaca

13. Sleep Cafe

Sleep Cafe
Sumber: Pexels

Cafe yang menyediakan makanan dan minuman sudah biasa. Bagaimana dengan cafe untuk beristirahat? Di Korea Selatan, sleep cafe hadir agar para pekerja dapat mengembalikan tenaga mereka. Sleep cafe menjadi peluang usaha yang dapat membawa keuntungan besar khususnya di area perkantoran. 

14. Study Cafe

Study Cafe
Sumber: Unsplash

Masih berasal dari Korea Selatan, terdapat study cafe yang dikhususkan bagi pelajar untuk belajar atau mengerjakan tugas. Cafe ini berbentuk bilik-bilik yang muat digunakan satu orang. Fasilitas yang diberikan ialah meja dan kursi belajar. 

15. Perhiasan ASI

Perhiasan ASI
Sumber: Pexels

Perhiasan yang kamu tahu pasti terbuat dari emas dan perak. Di Amerika muncul pertama kali perhiasan yang menggunakan ASI. ASI dari pelanggan selanjutnya akan dicampur dengan berbagai bahan kimia untuk kemudian dibentuk menjadi perhiasan yang diinginkan. Usaha ini dibuat untuk mengabadikan perjalanan ibu merawat anak mereka dari kecil hingga besar. 

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha?

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha?
Sumber: Pexels

Apakah ada satu usaha yang ingin kamu buat setelah membaca informasi di atas? Sebelum memulai membuat suatu usaha, kamu perlu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Buat Tujuan Usaha

Buat Tujuan Usaha
Sumber: Pexels

Tujuan kamu dalam memulai usaha harus jelas. Tanpa tujuan maka usaha yang dijalankan pasti akan gagal. Potensi kamu berhenti di tengah jalan bahkan sangat besar.

Baca Juga: Berbagai Tips dan Cara Memulai Usaha Dari Nol

Menentukan tujuan usaha dilakukan dengan melakukan riset mengenai keadaan pasar. Contohnya mencari tahu informasi seperti: 

  • Masalah apa yang banyak dialami masyarakat?
  • Barang apa yang sering masyarakat beli dan apa alasannya?
  • Tren apa yang sedang berjalan? 
  • Informasi apa yang sedang hangat dibicarakan?

2. Pilih Target Pelanggan

Pilih Target Pelanggan
Sumber: Envato

Memilih target pelanggan sama pentingnya dengan tujuan usaha. Keduanya harus berjalan bersamaan supaya usaha yang kamu buat berhasil dan menjawab masalah masyarakat. Perlu diingat bahwa produk yang dibuat sembarangan tidak akan terjual dengan maksimal. 

3. Buat Perencanaan

Buat Perencanaan
Sumber: Pixabay

Selanjutnya kamu perlu membuat rencana agar usaha yang dibangun dapat berjalan lancar dan stabil sampai menguntungkan. Berikut beberapa hal yang perlu direncanakan:

  • Proses produksi
  • Proses pengemasan 
  • Proses distribusi
  • Customer service
  • Strategi pemasaran

4. Buat Perhitungan dan Siapkan Modal

Buat Perhitungan dan Siapkan Modal
Sumber: Pexels

Jangan lupa buat perhitungan supaya kamu tahu berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk dapat membangun usaha tersebut. Setelah tahu jumlah pasti yang dibutuhkan barulah kamu mempersiapkan uang. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Modal Awal?

Bisa dari tabungan atau dengan meminjam uang. Saat ini ada platform pinjaman online yang mudah dan aman, contohnya JULO. JULO adalah aplikasi kredit digital yang menyediakan layanan bagi kamu untuk mengajukan pinjaman. 

Limit yang diberikan besar yakni mencapai Rp15.000.000. JULO sudah terdaftar di OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai kasus penipuan. 

Demikian informasi berbagai usaha yang belum ada di Indonesia. Semoga JULOvers merasa terinspirasi dan mulai mengambil tindakan untuk membangun usaha sendiri. Jangan lupakan empat hal pokok yang harus JULOvers siapkan untuk memulai usaha. 

Jika semua persiapan siap dan tinggal menyediakan modal, kamu bisa langsung download aplikasi JULO untuk mengajukan pinjaman. Layanan Pinjaman Julo tidak meminta banyak dokumen sebagai persyaratan. 

Bahkan proses pengajuannya pun sangat cepat. Jadi tunggu apalagi? Sudah #siapMelesat bersama JULO? Yuk manfaatkan semua promo siap melesat untuk usaha kamu sekarang juga!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…