Daftar Isi
Apa Saja Sumber untuk Mendapatkan Modal Usaha dengan Aman?
1. Uang atau Tabungan Pribadi
2. Pinjaman Online
3. Love Money
4. Cari Investor
5. Subsidi dari Pemerintah
Daftar Isi
Apa Saja Sumber untuk Mendapatkan Modal Usaha dengan Aman?
1. Uang atau Tabungan Pribadi
2. Pinjaman Online
3. Love Money
4. Cari Investor
5. Subsidi dari Pemerintah

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Aman?

bagaimana cara mendapatkan modal usaha

JULOvers butuh uang untuk memulai bisnis? Mendanai bisnis adalah salah satu tugas keuangan pertama dan yang paling penting dibuat oleh pemilik bisnis. Terlebih, bagaimana cara mendapatkan modal usaha dapat memengaruhi langkah kamu dalam menyusun dan menjalankan bisnis nantinya.

Lantas, apa saja sumber untuk mendapatkan modal usaha dengan aman? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Sumber untuk Mendapatkan Modal Usaha dengan Aman?

Apa Saja Sumber untuk Mendapatkan Modal Usaha dengan Aman
Sumber: Pexels

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda, JULOvers. Tidak ada solusi keuangan yang cocok untuk semua bisnis. Situasi keuangan pribadi dan visi akan membentuk masa depan keuangan bisnis. Setelah mengetahui berapa banyak dana awal yang kamu perlukan, inilah saatnya untuk mencari tahu bagaimana kamu akan mendapatkannya.

Berikut penjelasan tentang apa saja sumber untuk mendapatkan modal usaha dengan aman!

1. Uang atau Tabungan Pribadi

Uang atau Tabungan Pribadi
Sumber: Pexels

Kamu bisa menjadi investor pertama bagi bisnismu sendiri dengan cara mengandalkan uang atau tabungan pribadi. Kamu akan tahu persis berapa banyak uang yang tersedia untuk menjalankan bisnis dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencoba mendapatkan bentuk pendanaan lain dari investor atau bank.

Baca Juga: 5 Cara Mencari Modal Awal untuk Bisnismu

Membiayai bisnis sendiri juga memberimu lebih banyak kendali atas bisnis yang dijalankan daripada opsi keuangan lainnya. Namun, salah satu pilihan bagaimana cara mendapatkan modal usaha ini juga punya kekurangan. Menggunakan uang sendiri untuk membiayai bisnis dapat membebani keluarga dan kehidupan pribadimu, lho

Kamu mungkin jadi tidak punya cukup uang yang tersisa untuk menutupi biaya hidup lainnya. Jadi, pastikan untuk menghitungnya baik-baik, ya.

2. Pinjaman Online

Pinjaman Online
Sumber: Pexels

Bagaimana cara mendapatkan modal usaha selain dari tabungan sendiri? Jawabannya adalah dengan mengajukan pinjaman online! Pemberi pinjaman online biasanya memberikan akses modal yang lebih cepat dan mudah daripada pemberi pinjaman tradisional seperti bank. Pastikan saja JULOvers memilih platform pemberi pinjaman online yang aman seperti JULO Kredit Digital.

JULO merupakan platform kredit digital di Indonesia yang sudah mengantongi izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pasti aman. Dengan JULO Kredit Digital, JULOvers bisa pinjam dana online yang cepat cair. Kamu juga bisa manfaatkan promo siap melesat biar makin cuan!

Selain itu, nikmati juga mudahnya proses pengajuan tarik dan kirim dana pinjaman online. Proses tarik dan kirim dana lewat aplikasi JULO cenderung cepat cair, sehingga semakin memudahkanmu. Agar semakin yakin untuk ajukan pinjaman uang sekarang, simak beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengajukan dana kredit online di JULO berikut ini:

  • Limit Kredit Maksimal - Limit maksimal pinjaman mencapai Rp15 juta. JULO menawarkan proses pengajuan mudah dan cepat, sehingga kamu bisa memanfaatkan limit untuk tarik dan kirim dana ke rekening sesuai kebutuhan finansialmu.

  • Tenor Panjang dan Fleksibel - Pinjaman dana online JULO memiliki durasi tenor maksimal sampai dengan 9 bulan. Tenor ini bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, sehingga kamu bisa menikmati pengalaman bayar cicilan ringan dan mudah.

  • Suku Bunga Rendah - Pinjaman dana online JULO memberikan suku bunga hanya dari 0,1% per hari sehingga kamu bisa menikmati transparansi biaya.

  • Transaksi Aman dan Terpercaya - Kamu tidak perlu khawatir mengajukan dana pinjaman online di JULO karena seluruh aktivitas pinjam-meminjam uang berbasis teknologi di aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. JULO juga sudah punya sertifikasi ISO 27001 Full Scope yang membuat informasi data pribadi semakin terjaga.

 

kredit digital Julo

 

3. Love Money

Love Money
Sumber: Pexels

Love money merupakan jenis uang atau modal usaha yang dipinjamkan oleh pasangan, orang tua, keluarga, atau teman. Investor dan bankir menganggap cara mendapatkan modal usaha ini sebagai "modal sabar", yaitu uang yang akan dilunasi nanti seiring dengan peningkatan keuntungan bisnis kamu.

Jika mempertimbangkan untuk mendapatkan modal usaha dengan cara ini, kamu harus menyadari bahwa:

  • Keluarga dan teman jarang punya banyak modal.
  • Mereka mungkin ingin memiliki ekuitas dalam bisnis yang kamu jalankan.
  • Hubungan bisnis dengan keluarga atau teman tidak boleh dianggap enteng.

4. Cari Investor

Cari Investor
Sumber: Pexels

Bagaimana cara mendapatkan modal usaha yang selanjutnya adalah dengan mencari investor. Dengan mendapat investor, pengembangan bisnismu akan sangat terbantu karena biasanya investor mampu memberikan suntikan dana yang cukup besar.

Kamu bisa mempertimbangkan investor saat baru mulai berbisnis dan masih belum memiliki penghasilan yang dapat diputar kembali untuk kebutuhan bisnis. Mulailah cari calon investor modal yang berinvestasi di industri yang sesuai dengan bisnismu.

Agar peluang untuk mendapatkan investor semakin besar, kamu juga bisa ikut lembaga atau workshop. Khususnya yang mengadakan pelatihan dan menyediakan akses bagi pengusaha untuk mendapatkan modal usaha.

5. Subsidi dari Pemerintah

Subsidi dari Pemerintah
Sumber: Pexels

Manfaatkanlah ketersediaan modal usaha berupa subsidi dari pemerintah untuk memulai bisnis. Contohnya, saat ini pemerintah Indonesia memberikan Bantuan Langsung Tunai bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (BLT UMKM).

Baca Juga: 3 Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM Tanpa Agunan

Bantuan ini berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai usaha UMKM dan memenuhi syarat sebagai penerima. BLT UMKM ini ditargetkan dapat tersalur pada 12 juta pelaku usaha dengan nominal sebesar Rp600.000 per penerima.

Masih banyak, kok, subsidi lain dari pemerintah yang bisa kamu coba cari. Biasanya, syarat atau kriteria penerima bantuan ini tidak sulit, yaitu harus Warga Negara Indonesia (WNI), mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK), serta tentunya mempunyai UMKM.

Nah, demikian penjelasan mengenai bagaimana cara mendapatkan modal usaha dengan aman, JULOvers. Jangan lupa, jika kamu ingin mengembangkan usaha namun masih membutuhkan modal, kamu bisa melakukan pinjaman melalui berbagai produk pinjaman JULO. JULO menawarkan proses pengajuan yang mudah dan pencairan dana pinjaman yang cepat, jadi JULOvers bisa segera mendapatkan modal usaha untuk membawa bisnis ke tingkat selanjutnya. Ingat juga JULO punya promo siap melesat yang bisa bikin kamu makin cuan! Good luck!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan