Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Biaya BPJS Kelas 3 Per Bulannya
Ketentuan Batas Limit BPJS Kelas 3
Sanksi Telat Bayar BPJS Kelas 3
Fasilitas BPJS Kelas 3 yang Bersahabat
Fasilitas Subsidi Kacamata yang Didapatkan Peserta BPJS Kelas 3
Hindari Telat Bayar BPJS Kelas 3 Kamu Pakai JULO Kredit Digital!
Manfaatkan Promo SEHATYUK untuk Keperluan Kesehatan Kamu!

BPJS Kelas 3: Solusi Untuk Mengakses Kesehatan Dengan Murah

bpjs-kelas-3

Penting untuk diketahui bahwa perbedaan antara BPJS kelas 1, 2, dan 3 sebenarnya tidak terlalu signifikan. Dalam hal pelayanan medis atau pengobatan yang diberikan, fasilitas yang disediakan secara umum sama. Namun, terdapat perbedaan yang cukup mencolok di antara ketiganya terkait layanan kesehatan seperti rawat inap atau fasilitas non-medis lainnya.

Baca Juga: 6 Call Center BPJS Kesehatan Terlengkap dan Terbaru

Selain itu, salah satu perbedaan yang mencolok dari setiap kelas adalah jumlah iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara rinci mengenai BPJS kelas 3, termasuk besaran iuran bulanan yang harus kamu bayarkan serta fasilitas apa saja yang akan kamu terima sebagai peserta kelas tersebut.

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

Dalam artikel yang sudah ditulis oleh JULO Kredit Digital ini, kamu akan mengetahui berapa jumlah iuran yang harus kamu bayarkan setiap bulan sebagai peserta BPJS kelas 3. Selain itu, akan dijelaskan pula fasilitas apa saja yang dapat kamu nikmati sebagai peserta kelas tersebut. Dengan informasi ini, diharapkan kamu dapat memahami lebih baik mengenai manfaat dan keterbatasan yang ada dalam BPJS kelas 3 serta mempersiapkan diri dengan lebih baik terkait biaya dan layanan kesehatan yang akan kamu terima.

Biaya BPJS Kelas 3 Per Bulannya

bpjs-kelas-3

Pembayaran iuran untuk peserta BPJS kelas 3, yang bukan termasuk dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI), ditetapkan sebesar Rp35.000 berdasarkan informasi yang terdapat di situs resmi BPJS Kesehatan. Awalnya, jumlah iuran untuk kelas ini adalah Rp42.000, namun pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp7.000 kepada peserta BPJS kelas 3, sehingga jumlah iuran yang harus dibayar menjadi Rp35.000 per bulan.

Baca Juga: BPJS Kelas 1: Solusi Terbaik Jaminan Kesehatan Masyarakat

Namun, penting untuk diketahui bahwa iuran BPJS kelas 3 tidak bisa digratiskan kecuali bagi mereka yang terdaftar sebagai Peserta Bantuan Iuran (PBI). Pemberian bantuan iuran ini ditangani oleh Kementerian Sosial atau Dinas Sosial kabupaten/kota setempat. Proses pendataan untuk kepesertaan BPJS Kesehatan PBI dilakukan melalui lembaga-lembaga tersebut.

Dengan demikian, bagi peserta BPJS kelas 3 yang tidak termasuk dalam kategori PBI, tetap dikenakan iuran sebesar Rp35.000 per bulan. Adanya bantuan pemerintah sebesar Rp7.000 membantu mengurangi beban iuran yang harus dibayarkan oleh peserta tersebut. Informasi ini penting untuk dipahami agar peserta BPJS kelas 3 memahami besaran iuran yang harus dibayarkan dan memperoleh manfaat perlindungan kesehatan yang diperlukan.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Ketentuan Batas Limit BPJS Kelas 3

bpjs-kelas-3

Bagaimana dengan ketentuan batas BPJS kelas 3? Saat ini, BPJS Kesehatan tidak memberlakukan batasan tertentu pada kelas 3. Hal ini disebabkan oleh prinsip dasar BPJS Kesehatan yang mengadopsi konsep gotong royong dengan sistem subsidi silang. Dalam sistem ini, mereka yang sehat akan membantu mereka yang sedang sakit. Ketika seseorang yang sehat mengalami sakit, mereka sudah memiliki jaminan kesehatan yang sesuai.

Sanksi Telat Bayar BPJS Kelas 3

bpjs-kelas-3

Nah, berapa sanksi yang harus kamu bayar jika terlambat membayar iuran BPJS kelas 3? Menurut Perpres 64/2020, sanksi yang dikenakan adalah sebesar 5 persen dari biaya rawat inap, yang kemudian dikalikan dengan jumlah bulan yang belum kamu bayar. Diatur pula bahwa kamu maksimal dikenai sanksi selama 12 bulan, dengan jumlah maksimal denda sebesar Rp30 juta.

Baca Juga: Besaran Denda Telat Bayar BPJS dan Cara Mengetahuinya

Namun, bagaimana jika kamu hanya terlambat membayar iuran selama 1 atau 2 minggu saja? Untuk saat ini, kamu tidak akan dikenakan sanksi jika hanya terlambat selama 1 atau 2 minggu.

Fasilitas BPJS Kelas 3 yang Bersahabat

bpjs-kelas-3

Sebagai kelas yang menawarkan jaminan kesehatan dengan biaya paling terjangkau, terdapat beberapa perbedaan dalam fasilitas yang diberikan kepada peserta BPJS Kelas 3, terutama dalam hal layanan rawat inap di rumah sakit. Bagi peserta BPJS Kelas 3, mereka akan mendapatkan kamar perawatan dengan kapasitas antara 4 hingga 6 pasien.

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

Terkadang, ada kemungkinan beberapa rumah sakit menempatkan lebih banyak pasien dalam satu kamar rawat inap untuk layanan kelas 3. Dampaknya, tingkat kenyamanan pasien bisa berkurang.

Baca Juga: 6 Cara Cek Tagihan BPJS dengan Mudah Sat Set Sat Set

Namun, jika ruang rawat inap untuk peserta BPJS Kelas 3 penuh dan pasien membutuhkan penanganan segera, rumah sakit biasanya akan memberikan izin kepada pasien kelas 3 untuk sementara waktu dirawat di ruang kelas yang lebih tinggi.

Perlu diingat bahwa perbedaan biaya perawatan saat naik kelas masih menjadi tanggung jawab pasien. Oleh karena itu, rumah sakit umumnya akan mengarahkan pasien kelas 3 untuk dirawat di rumah sakit lain yang memiliki kamar inap kelas 3 yang tersedia, guna menghindari pembayaran selisih biaya.

Fasilitas Subsidi Kacamata yang Didapatkan Peserta BPJS Kelas 3

bpjs-kelas-3

Sama seperti kelas di atasnya, peserta BPJS Kelas 3 juga mendapatkan fasilitas subsidi biaya kacamata. Sesuai dengan Pasal 47 Permenkes RI 3/2023, peserta BPJS Kelas 3 berhak menerima subsidi kacamata sebesar Rp165.000. Besaran subsidi kacamata ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Setiap kelas menerima peningkatan nilai klaim sebesar 10%. Sebelumnya, peserta kelas 3 hanya mendapatkan subsidi kacamata sebesar Rp150.000, namun sekarang nilai subsidi telah meningkat menjadi Rp165.000. Namun, perlu dicatat bahwa peserta hanya dapat mengajukan klaim kacamata dua tahun sekali.

Hindari Telat Bayar BPJS Kelas 3 Kamu Pakai JULO Kredit Digital!

Tarik Dana Online dengan JULO

Selain melakukan pembayaran secara manual, kamu juga dapat membayar BPJS kelas 3 secara online agar lebih praktis. Caranya sangat mudah, yaitu menggunakan aplikasi JULO! Kamu tidak perlu khawatir, karena JULO telah memiliki izin operasional yang sah dari OJK untuk menyelesaikan tagihan BPJS kamu.

Perlu bayar tagihan BPJS tanpa takut terlambat? Pakai JULO sekarang, bayarnya pas gajian! Berikut cara bayar tagihan BPJS Kesehatan:

  1. Klik fitur 'BPJS Kesehatan' di aplikasi JULO.
  2. Masukkan nomor BPJS dan periode bayar
  3. Pilih tenor jangka waktu. 
  4. Terakhir, konfirmasi pembayaran BPJS dengan PIN dan Tanda Tangan Elektronik

Selain aman dan terpercaya, JULO Kredit Digital juga menyediakan limit tinggi hingga 50 juta rupiah. Kamu dapat melakukan pembayaran dengan cicilan ringan dan tenor fleksibel selama 9 bulan. Yang lebih menarik lagi, JULO Kredit Digital memberlakukan tingkat bunga rendah dan transparan mulai dari 0,1% per hari, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir tentang adanya biaya tambahan yang tidak jelas dan membesar secara tiba-tiba. JULO juga menawarkan praktik penagihan yang manusiawi dan telah tersertifikasi.

Baca Juga: Cara Bayar Denda BPJS tanpa Ribet dengan JULO Kredit Digital

Di JULO, kamu juga dapat menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajianmu, sehingga membayar cicilan menjadi lebih mudah dan nyaman. Untuk cara membayar BPJS dengan JULO, kamu hanya perlu membuka aplikasinya, kemudian masukkan nomor BPJS dan periode pembayaran. Setelah itu, pilih tenor atau jangka waktu yang diinginkan, lalu konfirmasikan pembayaran dengan memasukkan PIN dan tanda tangan elektronik.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 20.000 hanya dengan mendaftar di JULO Kredit Digital menggunakan kode promo HIDUPKAN ,lho! Jadi tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Manfaatkan Promo SEHATYUK untuk Keperluan Kesehatan Kamu!

bayar-denda-bpjs-kesehatan

Jangan lewatkan kesempatan istimewa ini untuk memanfaatkan promo SEHATYUK dari JULO! Dapatkan diskon bunga 0% untuk tagihan pertama biaya kesehatan kamu dengan menggunakan kode promo SEHATYUK. Ingatlah untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Segera gunakan promo ini sebelum periode promo berakhir pada tanggal 30 April 2024. Jangan ragu untuk memanfaatkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi dengan JULO Kredit Digital untuk kebutuhan kesehatan kamu. Ayo, segera manfaatkan promo SEHATYUK dan nikmati kesehatan tanpa beban!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
cara-bayar-denda-bpjs-kesehatan
belanja
belanja online
belanja online di bulan ramadan
diskon belanja online
bulan ramadan
hampers ramadan
belanja online