Daftar Isi
Apa Saja Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Agar Untung?
1. Pilih Resep Donat Rumahan yang Enak
2. Sediakan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
3. Tawarkan Berbagai Topping
4. Siapkan Modal yang Cukup
5. Jangan Lupa Branding dan Pasarkan
Daftar Isi
Apa Saja Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Agar Untung?
1. Pilih Resep Donat Rumahan yang Enak
2. Sediakan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
3. Tawarkan Berbagai Topping
4. Siapkan Modal yang Cukup
5. Jangan Lupa Branding dan Pasarkan

5 Cara Memulai Usaha Donat Rumahan dengan Mudah

cara memulai usaha donat rumahan

JULOvers sedang mencari usaha rumahan yang bisa dimulai sekarang? Coba buka usaha donat rumahan, yuk! Cocok buat kamu yang suka masak dan tidak punya modal besar, usaha donat rumahan juga bisa untung besar, kok. Lantas, bagaimana, sih, cara memulai usaha donat rumahan agar untung? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Agar Untung?

Apa Saja Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Agar Untung
Sumber: Pexels

Bisnis makanan adalah salah satu industri yang paling menguntungkan, JULOvers. Berinvestasi dalam industri makanan umumnya menguntungkan karena makanan merupakan kebutuhan dasar. Tidak seperti bisnis fashion, aksesoris, atau jenis bisnis serupa lainnya yang berdasarkan “keinginan” pelanggan, bisnis makanan seperti donat rumahan lebih ke arah “kebutuhan”. Jadi, cukup bisa diandalkan untuk terus ramai.

Berikut penjelasan tentang apa saja cara memulai usaha donat rumahan agar kamu untung maksimal!

1. Pilih Resep Donat Rumahan yang Enak

Pilih Resep Donat Rumahan yang Enak
Sumber: Pexels

Pertama-tama, kamu perlu memilih resep donat rumahan yang enak. Tidak perlu mengembangkan resep sendiri, kok. Kamu bisa mencari resep donat rumahan di internet yang sekiranya enak dan mudah dibuat. Cita rasa dari donat yang akan kamu jual akan sangat bergantung pada resep yang kamu gunakan.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan Viral Terbaru 2022!

Meskipun terdengar sederhana, cara memulai usaha donat rumahan agar untung ini sangat penting, JULOvers. Sebab, jika rasa donat rumahan yang kamu jual enak, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang kemungkinan bakal jadi langganan. Karenanya, cobalah untuk pilih resep yang enak dan bikin donat jualanmu semenarik mungkin, ya.

2. Sediakan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sediakan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
Sumber: Pexels

Selanjutnya, kamu perlu menyediakan beberapa alat dan bahan membuat donat rumahan yang dibutuhkan. Umumnya, ada beberapa peralatan usaha donat rumahan yang harus kamu siapkan, yaitu:

  • Timbangan Digital - Ini berguna untuk mengukur takaran pada adonan dengan mudah, misalnya ketepatan skala 0,1 gram.
  • Mixer - Digunakan sebagai mesin pembuat donat rumahan karena dapat mempermudah proses membuat adonan donat yang rata. Tanpa mixer, menguleni adonan sampai kalis akan membutuhkan waktu cukup lama. 
  • Scraper Kue - Saat membagi adonan donat, scraper memungkinkan proses memotong adonan secara sempurna. Alat ini juga bisa membersihkan bekas adonan yang menempel pada meja.
  • Wajan - Sebaiknya gunakan wajan dengan diameter yang besar dengan kedalaman cukup tinggi untuk membuat proses penggorengan donat lebih cepat.
  • Cetakan Donat - Ini merupakan alat opsional jika kamu menginginkan hasil bentuk donat yang ideal karena bisa mempermudah pembentukan donat.
  • Tirisan Minyak - Fungsinya adalah menghilangkan minyak berlebih pada donat, sehingga donat lebih enak disantap.
  • Sumpit Panjang - Digunakan untuk membuat lubang pada donat agar bentuknya tetap bagus pada saat digoreng.

kredit digital Julo

3. Tawarkan Berbagai Topping

Tawarkan Berbagai Topping
Sumber: Pexels

Menyediakan banyak pilihan kepada calon konsumen juga merupakan salah satu cara memulai usaha donat rumahan agar untung, JULOvers. Sebab, selera masing-masing orang berbeda. Jika kamu bisa menawarkan banyak jenis topping donat yang sesuai dengan selera konsumen, maka akan lebih besar kemungkinan donatmu bakal laku keras.

Tapi, tidak perlu memaksakan untuk langsung menawarkan berbagai jenis topping di awal. Kalau modalmu masih terbatas, tidak ada salahnya untuk mulai dengan topping mainstream seperti gula halus, cokelat, atau keju. 

Nanti, saat usaha donat rumahanmu sudah semakin banyak yang beli, baru, deh, kamu bisa mengembangkan jenis topping yang lebih variatif agar terlihat lebih menarik. Beberapa pilihan topping donat yang bisa kamu coba misalnya matcha, oreo, classic glaze, sprinkles, dan caramel glaze. Kalau rasanya enak dan topping-nya menarik, dijamin usaha donat rumahanmu bakal semakin cuan.

4. Siapkan Modal yang Cukup

Siapkan Modal yang Cukup
Sumber: Pexels

Cara memulai usaha donat rumahan agar untung juga bisa dengan menyiapkan modal yang cukup untuk membeli alat dan bahan-bahan berkualitas. Jika modalmu masih kurang, kamu bisa, lho, mengajukan pinjaman online dari platform pemberi pinjaman online yang aman seperti JULO Kredit Digital.

Baca Juga: 8 Pilihan Pinjaman Modal Awal Usaha Tanpa Jaminan

JULO merupakan salah satu platform kredit digital yang sudah mengantongi izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pasti aman. Dengan JULO Kredit Digital, JULOvers bisa pinjam dana online yang cepat cair. Kamu juga bisa manfaatkan promo siap melesat biar makin cuan. 

5. Jangan Lupa Branding dan Pasarkan

Jangan Lupa Branding dan Pasarkan
Sumber: Pexels

Meskipun usaha rumahan, bukan berarti kamu tidak perlu branding, JULOvers. Tidak harus langsung branding seperti perusahaan-perusahaan besar, kamu hanya perlu memilih nama produk agar bisnis lebih dikenal oleh konsumen dan lebih bisa berkembang.

Baca Juga: 5 Tahapan Perencanaan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Jika sudah menemukan nama bisnis donat yang kamu sukai, buatlah logo untuk keperluan branding. Tempelkan nama brand-mu pada setiap kemasan donat agar konsumen jadi lebih mengenal dan mengingat produk yang kamu jual.

Menambahkan nomor telepon pada kemasan juga bisa jadi salah satu cara memulai usaha donat rumahan agar untung, lho. Sebab, konsumen jadi bisa menghubungi kalau ingin memesan donat darimu dalam jumlah banyak. Bisa jadi salah satu strategi bisnis yang cukup efektif, deh.

Kalau sudah branding, kamu juga perlu memasarkan produk jualanmu, lho. Gampang, kok, kamu bisa tawarkan melalui WhatsApp atau share di akun media sosial seperti Facebook atau Instagram. Semakin banyak yang melihat, semakin banyak juga yang kemungkinan tertarik memesan donat rumahan yang kamu jual.

Nah, demikian penjelasan mengenai cara memulai usaha donat rumahan agar untung, JULOvers. Jangan lupa, jika kamu ingin mengembangkan usaha yang sudah kamu jalankan namun terkendala modal, kamu bisa melakukan pinjaman melalui berbagai produk pinjaman JULO. JULO menawarkan proses pengajuan yang mudah dan pencairan dana pinjaman yang cepat, jadi JULOvers bisa segera mengembangkan usaha donat rumahan agar untung. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan