Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Usaha Apa yang Menggunakan Modal Kecil Untung Besar?
1. Bisnis Makanan Ringan
2. Bisnis Frozen Food
3. Bisnis Catering Sehat
4. Bisnis Minuman Kesehatan
5. Bisnis Dropship 
6. Bisnis Reseller
7. Bisnis Affiliate Marketing 
8. Bisnis Kursus Online 
9. Freelancer 
10. Bisnis Waralaba

10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Kamu Coba!

contoh usaha modal kecil untung besar

Modal menjadi salah satu aspek bisnis yang penting JULOvers perhatikan, baik itu modal yang besar maupun kecil. Sebab, modal berpengaruh pada jenis usaha yang dijalani. Terdapat contoh usaha modal kecil untung besar yang dapat JULOvers coba, seperti bisnis makanan ringan, frozen food, bisnis catering sehat, hingga bisnis affiliate marketing. Untuk lebih mengenal berbagai usaha modal kecil lain dengan untung besar, simak uraiannya di bawah ini.

Usaha Apa yang Menggunakan Modal Kecil Untung Besar?

Usaha Apa yang Menggunakan Modal Kecil Untung Besar

Jika berbicara mengenai modal usaha kecil, hal pertama yang perlu disederhanakan yaitu mengenai lokasi usaha. Tidak semua bisnis harus menyewa tempat usaha, karena saat ini bisnis dapat dilakukan secara online. Bisnis online apa saja yang bisa menghasilkan keuntungan besar dengan modal kecil? Simak uraiannya di bawah ini ya.

1. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis Makanan Ringan

Jualan makanan ringan menjadi salah satu bisnis yang timeless. JULOvers bisa menjual jenis makanan ringan seperti keripik, makaroni, basreng, dan lain sebagainya. Makanan ringan tersebut dapat JULOvers kreasikan dengan berbagai rasa, sehingga memunculkan inovasi produk yang baru. 

Namun, perlu dipahami bahwa bisnis makanan ringan bersifat mengikuti tren. Alternatif solusi yang bisa kamu lakukan supaya bisnis tetap bertahan yaitu mencari makanan ringan yang mudah dikreasikan dan memiliki banyak peminat. Sebagai contoh, keripik singkong dan keripik pisang termasuk jenis makanan ringan yang timeless. 

Bisnis makanan ringan menjadi salah satu contoh bisnis modal kecil yang banyak digeluti orang-orang. Hingga saat ini, pesaingnya belum terlalu banyak, sehingga kamu memiliki peluang mendapatkan margin yang relatif besar.

2. Bisnis Frozen Food

Bisnis Frozen Food

Semenjak pandemi hingga saat ini, bisnis frozen food memiliki banyak peminat lantaran semakin banyak orang yang membutuhkan makanan praktis yang dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Produk-produk yang dapat kamu sediakan yaitu sosis, nugget, french fries, bakso, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inspirasi Usaha Makanan yang Cocok bagi Pemula dan Menguntungkan

JULOvers dapat menjual makanan beku ini dengan sistem dropship, yaitu mengutamakan pemasaran produk, lalu meneruskan order kepada distributor jika ada konsumen yang hendak membeli. Sistem penjualan seperti ini memungkinkan bisnis kamu dapat dilakukan dengan modal kecil, bahkan bisa jadi tanpa modal, tetapi keuntungan yang didapatkan cukup besar.

3. Bisnis Catering Sehat

Bisnis Catering Sehat

Sejak pandemi, orang-orang sudah mulai mengikuti tren pola hidup sehat. Tidak heran kalau peminat makanan sehat semakin melonjak, karena konsumen mengedepankan higienis dan kualitas makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Kebutuhan akan makanan sehat ini dapat JULOvers manfaatkan menjadi peluang bisnis, salah satunya bisnis catering sehat. JULOvers dapat membuat beberapa menu dengan harga yang terjangkau, tetapi tetap mengutamakan nilai-nilai kesehatan.

4. Bisnis Minuman Kesehatan

Bisnis Minuman Kesehatan

Tidak hanya bisnis makanan sehat yang sedang naik daun, bisnis minuman kesehatan juga dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini karena kebutuhan masyarakat terkait vitamin dan nutrisi semakin meningkat setiap harinya. Jenis minuman sehat yang bisa JULOvers tawarkan yaitu jamu, jus, minuman herbal lainnya. 

JULOvers dapat membangun bisnis minuman kesehatan ini di rumah dan mempromosikannya secara online. Hal ini dilakukan untuk menekan modal dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Modal yang JULOvers butuhkan berkisar antara Rp1.000.000 - Rp2.000.000. Modal ini bisa JULOvers dapatkan dari dana pribadi maupun pinjaman dana online melalui JULO Kredit Digital.

 

kredit digital Julo

 

5. Bisnis Dropship 

Bisnis Dropship 

Contoh usaha modal kecil untung besar yang diminati banyak pelaku usaha yaitu bisnis dropship. Sistem penjualannya sangat mudah dan hanya mengandalkan pemasaran yang dilakukan secara online. Modal yang perlu JULOvers keluarkan juga relatif kecil, karena modal ini digunakan untuk kuota internet saja.

Dalam bisnis dropship, kamu tidak perlu stok produk untuk dijual. Cukup dengan menyampaikan order secara langsung kepada distributor. Nantinya, distributor akan mengemas dan mengirimkan produk kepada konsumen atas nama toko kamu. 

Namun, perlu JULOvers pahami, bisnis dropship ini perlu dibarengi dengan pengetahuan mengenai tren yang sedang berkembang. Sehingga kamu bisa mendapat konsumen dengan mudah. Selain itu, kamu dapat menjual barang lebih dari satu jenis dari beberapa distributor, supaya penghasilan kamu tidak bergantung dari satu produk saja.

6. Bisnis Reseller

Bisnis Reseller

Selain bisnis dropship, bisnis reseller menjadi salah satu bisnis yang mengeluarkan modal kecil, tetapi keuntungannya relatif besar. Bedanya dengan dropship, bisnis reseller harus stok produk terlebih dahulu. Meski begitu, kelebihan dari bisnis reseller ini yaitu kamu tidak perlu memikirkan biaya produksi atau sewa tempat usaha. Bahkan kamu bisa menukar produk apabila tidak diminati konsumen. 

7. Bisnis Affiliate Marketing 

Bisnis Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan bisnis yang memasarkan sebuah produk tertentu yang nantinya kamu akan mendapatkan imbalan berupa jasa komisi. Untuk jumlah komisi yang bisa kamu dapatkan tergantung dari produk yang dipromosikan. Tetapi, umumnya komisi dari bisnis ini relatif besar. Melakukan bisnis affiliate marketing tidak memerlukan modal untuk stok produk, JULOvers hanya membutuhkan modal untuk kuota internet.

Cara kerja bisnis affiliate marketing hampir sama dengan dropship dan reseller, yaitu mempromosikan produk. Akan tetapi, affiliate marketing biasanya menjual produk-produk digital seperti jasa web hosting, pelatihan digital beserta modulnya, dan lain sebagainya.

8. Bisnis Kursus Online 

Bisnis Kursus Online

Bagi JULOvers yang memiliki keahlian tertentu dan menyukai public speaking, kamu bisa mencoba bisnis ini. Modal yang perlu dipersiapkan hanya jaringan internet dan ilmu pengetahuan yang kamu kuasai. JULOvers dapat memulai bisnis ini dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk menarik minat konsumen. Jangan lupa mempersiapkan materi pelajaran yang menarik sebelum melakukan kursus online. 

9. Freelancer 

Freelancer

Freelance dapat menjadi contoh usaha modal kecil untung besar lantaran memaksimalkan kemampuan yang JULOvers miliki, seperti menulis, desain, translate, dan berbagai kemampuan lainnya. Bisnis freelance cocok untuk kamu yang mempunyai modal kecil, namun memiliki keahlian digital. Mengingat berbagai keahlian digital juga cukup dicari di era digitalisasi ini dan keuntungan dari bisnis ini juga tidak sedikit.

10. Bisnis Waralaba

Bisnis Waralaba

Bagi JULOvers yang memiliki modal usaha yang lebih banyak, kamu bisa mencoba bisnis waralaba atau franchise. Belakangan ini bisnis waralaba sedang tren, bahkan kalangan selebriti banyak yang join bisnis ini. 

Dalam bisnis waralaba, JULOvers tidak perlu memikirkan berbagai sistem penjualan yang cenderung rumit. Cukup mengeluarkan modal awal untuk membeli waralaba, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Lantaran pembelian bisnis ini biasanya lengkap dengan berbagai paket usahanya, seperti perlengkapan dan bahan produksi.

Setelah mengetahui berbagai contoh usaha modal kecil untung besar, saatnya JULOvers beraksi untuk mempraktikkannya. JULOvers tidak perlu bingung soal modal, karena ada layanan JULO Kredit Digital yang menyediakan pinjaman dana online untuk modal usaha. Untuk lebih mengenal aplikasi JULO, kamu bisa download aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan promo siap melesat.

Artikel Lainnya