usaha makanan yang cocok untuk pemula

Inspirasi Usaha Makanan yang Cocok bagi Pemula dan Menguntungkan

Usaha makanan saat ini banyak dilirik oleh pelaku bisnis. Pasalnya, banyak orang yang siap untuk mengeluarkan biaya pada makanan yang memiliki rasa enak, bahkan makanan unik. Terdapat banyak pilihan usaha makanan yang cocok untuk pemula. 

JULOvers bisa sesuaikan jenis makanan apa yang ingin dikembangkan sebagai bisnis untuk mendapatkan sumber penghasilan. Berikut JULO bagikan informasi mengenai usaha makanan yang cocok untuk pemula. 

Usaha Makanan Apa yang Cocok Untuk Pemula?

Usaha Makanan Apa yang Cocok Untuk Pemula
Sumber: Pexels

Pasar untuk kegiatan usaha makanan tidak akan hilang karena produk ini merupakan kebutuhan pokok manusia. Mulai dari makanan pokok hingga cemilan terus mengalami pertumbuhan konsumen yang semakin tinggi. 

Sehingga sebagai pemula dalam dunia usaha, kamu tidak perlu ragu untuk mencoba usaha satu ini. Pilihan berikut mungkin akan membantu kamu menemukan usaha makanan mana yang sesuai dan bisa dijalankan.

1. Roti Bakar

Roti Bakar
Sumber: Pexels

Makanan penutup dengan berbagai rasa ini masih memiliki jumlah pelanggan yang tinggi. Siapapun bisa menyantapnya dalam berbagai jenis kegiatan dan acara, menjadikan roti bakar pilihan makanan penutup banyak kalangan. 

Dalam menjalankan usaha roti bakar, kamu perlu memperhatikan lokasi. Umumnya, bisnis ini tersedia di pinggir jalan raya sehingga mudah untuk ditemukan.

Selain pemilihan lokasi untuk menarik banyak pelanggan, sediakan berbagai macam rasa sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan. Apabila memiliki pengetahuan pada bidang makanan, kamu bisa memberikan kombinasi rasa yang unik untuk menjadi daya tarik usaha makanan yang cocok untuk pemula ini.

2. Tahu Krispi

Tahu Krispi
Sumber: Wikimedia

Tahu krispi merupakan cemilan berbahan dasar tahu yang dibalut dengan banyak tepung sehingga menghasilkan kulit yang garing. Cemilan asin ini banyak disukai masyarakat dari berbagai rentang usia. Ini merupakan usaha makanan yang cocok untuk pemula.

Produk ini dapat menjadi salah satu pilihan usaha untuk kamu tekuni. Terdapat pilihan untuk menciptakan produk sendiri atau memilih membuka usaha waralaba brand tertentu. 

Produk makanan yang telah dikenal dan menjadi favorit masyarakat ini punya potensi pertumbuhan yang baik. Selain itu, untuk membuka sebuah usaha tahu krispi tidak memerlukan banyak peralatan yang sulit. 

Hanya dibutuhkan sebuah penggorengan, kompor, dan minyak goreng. Sebagai pilihan rasa, disarankan untuk menambahkan berbagai varian bumbu seperti bbq, pedas, jagung manis, dan lain lain. Berbagai pilihan rasa tadi dapat menjadi daya tarik.

3. Dimsum

Dimsum
Sumber: Pexels

Dimsum merupakan makanan dari negara asing yang memiliki berbagai macam isi dengan kulit yang membungkusnya. Saat ini, dimsum menjadi makanan yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang enak serta dapat dimakan pada berbagai macam kegiatan. Banyaknya peminat pada makanan ini, dapat menciptakan peluang usaha yang baik.

Baca Juga: Mari Mengenal 11 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

Untuk usaha makanan dimsum, kamu hanya memerlukan peralatan seperti kompor dan panci kukus untuk menjaga dimsum agar tetap hangat. Dapat juga ditambahkan berbagai macam varian rasa pada isi dimsum seperti ayam, udang, wortel, keju, dan lain sebagainya. 

Hal terpenting untuk ada pada dimsum dan dapat membantu menambahkan cita rasanya adalah saus lezat sebagai pendamping. Tertarik mengembangkan usaha makanan yang cocok untuk pemula ini?

4. Ayam Geprek

Ayam Geprek
Sumber: Wikimedia

Apabila kamu tertarik membuka usaha pada makanan utama, ayam geprek bisa menjadi pilihannya. Ayam geprek adalah ayam goreng yang “digeprek” bersamaan dengan sambal. Sehingga, ayam dan sambal dapat dinikmati secara bersamaan. 

Ayam geprek menjadi salah satu solusi makanan utama bagi sebagian orang, dengan demikian akan menjadi sebuah peluang besar bagi pemula untuk mencoba usaha makanan satu ini.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

 Selain itu, produksi ayam geprek juga dapat dikatakan mudah. Hanya perlu ayam goreng dan sambal yang enak, sehingga nantinya produk ini memiliki cita rasa yang nikmat. Ini merupakan peluang usaha makanan yang cocok untuk pemula karena target pasar dari ayam geprek pun jelas dan luas.

5. Frozen Food

Frozen Food
Sumber: Pixabay

Frozen food dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencoba usaha makanan yang cocok untuk pemula dan bisa bertahan lama. Frozen food adalah makanan beku yang harus dipanaskan terlebih dahulu untuk bisa disajikan. Makanan beku ini memiliki banyak varian. Mulai dari berbagai macam makanan ringan seperti sosis, nugget, dimsum, hingga pasta dan pizza.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Bisnis frozen food merupakan pilihan praktis, karena pemilik hanya membutuhkan peralatan pendingin atau chiller untuk menjaga makanan agar tetap beku. Sehingga  makanan tidak mudah basi. Namun, perlu diperhatikan pula pada bagian dan cara penyimpanan serta pengemasan makanan.

kredit digital Julo

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula?
Sumber: Pexels

Pemilihan ide usaha makanan yang cocok untuk dijalani oleh pemula dapat ditentukan dengan sesuai minat dan kemampuan. Sebelum memulainya, ikuti beberapa cara dalam memulai usaha makanan berikut ini untuk mempermudah langkahmu. 

1. Tentukan Jenis Makanan dan Target Pasar

Tentukan Jenis Makanan dan Target Pasar
Sumber: Pixabay

Setiap makanan memiliki penggemar masing-masing. Saat menentukan usaha makanan yang cocok untuk pemula yang ingin dijalankan, lakukan riset mengenai beberapa pilihan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat usaha.

Baca Juga: Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah, Patutkah Dicoba?

Lalu riset mengenai lingkungan dan bagaimana daya beli produk makanan tersebut. Dalam memulai sebuah bisnis, kegiatan riset menjadi hal penting untuk mulai melakukan perencanaan lainnya.

2. Buat Rencana Keuangan

Buat Rencana Keuangan
Sumber: Pexels

Rencana keuangan memiliki peran penting dalam penentuan besaran modal yang akan digunakan. Menyusun rencana keuangan dapat membantu sebuah bisnis untuk mewujudkan tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga: Memahami Manajemen Risiko Keuangan

Pada bisnis makanan, rencana keuangan dapat membantu JULOvers untuk mengalokasikan dana dengan tepat sesuai kebutuhan sehingga menghindari adanya pengeluaran melebihi besaran modal.

3. Menentukan Lokasi Usaha

Menentukan Lokasi Usaha
Sumber: Pexels

Melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya, kamu dapat dengan mudah menentukan lokasi usaha makanan pada daerah yang memiliki daya beli tinggi. Saat melakukan penyewaan atau pembelian, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan rencana anggaran untuk menghindari pengeluaran yang tinggi.

4. Perhatikan Kualitas Makanan

Perhatikan Kualitas Makanan
Sumber: Pixabay

Dalam menjalankan usaha makanan, pastikan untuk selalu memperhatikan kualitas bahan dan rasa pada makanan. Hal ini memiliki pengaruh yang sangat besar untuk keberlangsungan usaha dalam jangka panjang. 

Menyajikan makanan dengan rasa yang tidak enak dapat memberikan dampak buruk pada usaha dan sangat mungkin untuk kehilangan pelanggan. Rasa makanan yang enak akan membantu kamu mengembangkan usaha makanan yang cocok untuk pemula dan menarik lebih banyak pelanggan.  

5. Berikan Pelayanan Maksimal

Berikan Pelayanan Maksimal
Sumber: Pexels

Usaha makanan biasanya membutuhkan seorang yang ahli dalam melakukan pengolahan bahan dasar dan memberikan pelayanan pelanggan. Bagi pemula, kamu dapat menggunakan pekerja tambahan bila skala usaha yang dibangun cukup besar. Namun dalam usaha skala kecil, pemilik dapat melakukan segala kebutuhan pekerjaan sendiri. 

Dalam melakukan pelayanan, pastikan untuk selalu memberikan yang terbaik. Pelayanan yang ramah dapat menjadi nilai tambah sebuah usaha. Selain itu, terima segala kritik dan masukkan sebagai evaluasi. 

Pelanggan akan merasa nyaman dan berpotensi untuk menyebarkan informasi seputar usaha makanan kamu kepada orang di sekitar mereka.

6. Lakukan Kegiatan Promosi

Lakukan Kegiatan Promosi
Sumber: Pixabay

Sebagai langkah untuk menyebarkan informasi usaha, kamu dapat melakukan promosi pada media iklan. Maksimalkan penggunaan sosial media untuk menyebarkan informasi usaha makanan. 

Buat setiap foto dan isi konten yang menarik untuk memikat hati pengguna lain. Selain itu, promosi juga dapat dilakukan melalui rekomendasi dari pelanggan. Jadi pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik dan kualitas makanan yang sempurna.

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

Itulah tadi beberapa usaha makanan yang cocok untuk pemula. Pilihan makanan di atas dapat disesuaikan dengan kemampuan pengolahan makanan dan besaran dana usaha yang direncanakan. 

Perhatikan pula pengeluaran rutin seperti air, gas, dan listrik. Mulai sekarang, kamu bisa cek tagihan listrik online dengan mudah menggunakan JULO. JULO juga memiliki fitur yang memudahkan segala aktivitas transaksi kamu. Download JULO sekarang juga untuk kemudahan dompet digital tepercaya.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…