Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Sifat-Sifat atau Karakter yang Sebaiknya Dimiliki oleh Wirausahawan?
1. Percaya Diri
2. Disiplin dan Mandiri
3. Berani Mengambil Risiko
4. Kreatif dan Inovatif
5. Berani Bersaing Sehat dan Sportif
6. Bisa Menikmati Proses
7. Terus Belajar
8. Bisa Menerima Saran dan Masukan
9. Memiliki Dedikasi yang Tinggi
10. Ulet Berpikir dan Bekerja
Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

10 Sifat Wirausaha Sukses yang Dapat Kita Tiru sebagai Inspirasi

apa saja sifat wirausaha sukses yang dapat kita tiru

Menjadi pengusaha sukses merupakan impian semua orang. Tetapi, merintis usaha sendiri dari nol bukan sesuatu yang mudah. JULOvers membutuhkan banyak faktor pendukung, mulai dari modal dan strategi bisnis, hingga sifat atau karakter pelaku bisnis. Apa saja sifat wirausaha sukses yang dapat kita tiru? Mari simak uraiannya di bawah ini. 

bbc_btn_pinjaman

Apa Saja Sifat-Sifat atau Karakter yang Sebaiknya Dimiliki oleh Wirausahawan?

Apa Sifat-sifat atau Karakter yang Sebaiknya Dimiliki oleh Wirausahawan

Kesuksesan dalam berwirausaha tidak hanya bergantung pada strategi dan modal bisnis saja. Terdapat faktor pendukung lain yang akan membuat bisnis kamu sukses, yaitu kepribadian dan sifat-sifat pelaku bisnis. Apa saja sifat-sifat yang sebaiknya dimiliki seorang pebisnis? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Percaya Diri

Rasa percaya diri bisa dikatakan jadi modal utama saat JULOvers hendak berbisnis. Percaya diri mampu menumbuhkan rasa pantang menyerah dalam membangun bisnis, sehingga kamu lebih terstruktur dalam merancang visi, misi, serta strategi bisnis.

Baca Juga: Tahapan-Tahapan Perencanaan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Sifat percaya diri dapat mempermudah kamu dalam membangun jaringan dalam rangka mengembangkan bisnis. Sebab, pebisnis yang memiliki sifat percaya diri biasanya lebih luwes dan tidak mudah goyah saat berada di titik rendah.

2. Disiplin dan Mandiri

Pengusaha yang sukses biasanya memiliki sifat disiplin dan mandiri yang kuat. Kedua karakter ini akan mempengaruhi strategi dan target bisnis yang telah dirancang. Mulailah disiplin dari diri sendiri, seperti menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Sementara itu, sifat mandiri diperlukan dalam momen penting seperti mengambil keputusan. Mandiri dalam berbisnis, artinya JULOvers dapat menyelesaikan berbagai persoalan bisnis yang muncul tanpa harus menunggu pihak lain. Tanpa karakter disiplin dan mandiri, bisnis kamu akan kehilangan arah.

3. Berani Mengambil Risiko

Terdapat berbagai risiko yang perlu kamu hadapi saat menjalankan bisnis. Mulai dari risiko internal seperti tidak memiliki waktu untuk sendiri, hingga risiko eksternal seperti mengalami kerugian akibat pembatalan proyek. Menghadapi berbagai risiko bisnis tentu tidak mudah. Jadi, alih-alih menghindarinya, JULOvers dapat menganggap risiko sebagai peluang bisnis.

bbc_calculator

4. Kreatif dan Inovatif

Memiliki sifat kreatif dan inovatif dalam berbisnis merupakan suatu keharusan. Dalam berbisnis, kamu harus menyesuaikan strategi bisnis dengan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menyusun strategi bisnis membutuhkan ide-ide yang tidak biasa, maka dari itu kreativitas dalam berbisnis merupakan hal yang penting.

5. Berani Bersaing Sehat dan Sportif

Penting bagi pengusaha bisnis memiliki karakter berani bersaing, terutama secara sehat dan sportif. Melalui persaingan, JULOvers bisa mengetahui titik kelemahan bisnis kamu dan kelebihan kompetitor.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Hingga Sukses

Dari sini, kamu bisa meningkatkan kualitas bisnis untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Jadi, jangan takut untuk bersaing, karena persaingan akan membawa bisnis kamu menuju kesuksesan.

6. Bisa Menikmati Proses

Bisa Menikmati Proses

Membangun bisnis dari nol bukan hanya tentang mendirikan bangunan serta sarana dan prasarananya. Tetapi ada strategi bisnis yang perlu dijalankan, mulai dari tahapan merencanakan, mengorganisasi, hingga mengeksekusi. Tahapan-tahapan ini perlu kamu lewati jika ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Nikmati semua proses ini untuk meminimalisir kadar stres yang bisa muncul kapan saja. Menikmati setiap proses juga mengajarkan kamu untuk menghargai sekecil apapun keberhasilan yang diraih. 

7. Terus Belajar

Jangan pernah merasa puas dengan keberhasilan bisnis yang pernah kamu raih. JULOvers harus terus belajar, supaya bisnis kamu bisa berkembang lebih luas lagi. Banyak hal yang bisa kamu pelajari, mulai dari belajar pemasaran bisnis yang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya, mengenal karakter karyawan dan pelanggan, hingga belajar memprediksi pasar dan kondisi ekonomi negara. 

Bisnis merupakan industri yang dinamis dan dipengaruhi oleh stabilitas ekonomi negara. Jika, perekonomian negara sedang tidak stabil, maka akan memengaruhi bisnis kamu. Maka, penting sekali untuk terus belajar dan beradaptasi terhadap berbagai kondisi yang memengaruhi bisnis.

8. Bisa Menerima Saran dan Masukan

Penting sekali bagi pelaku bisnis untuk bisa menerima saran dan masukan, terutama dari konsumen. Terkadang, pebisnis ingin membuat produk tertentu karena dianggap merepresentasikan ide bisnis yang telah dirancang, tetapi konsumen kurang berminat dengan produk tersebut.

Baca Juga: Pahami Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Dengan Tepat

Dalam situasi seperti ini, sebaiknya JULOvers memiliki sifat yang bisa menerima saran dan masukan, supaya bisnis kamu tetap bisa bertahan dan produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan konsumen.

9. Memiliki Dedikasi yang Tinggi

Memiliki Dedikasi yang Tinggi

Perlu JULOvers pahami, memiliki dedikasi yang tinggi saat menjalankan bisnis merupakan hal yang paling penting. Memulai bisnis bisa dikatakan mudah, tetapi mempertahankan bisnis bisa jadi lebih sulit. Sebab itu, diperlukan dedikasi yang tinggi untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

bbc_btn_pinjaman

10. Ulet Berpikir dan Bekerja

Ulet Berpikir dan Bekerja

Memiliki dedikasi yang tinggi dalam berbisnis harus dibarengi dengan keuletan berpikir dan bekerja. JULOvers harus mencari berbagai solusi bisnis supaya bisa bersaing dengan kompetitor. 

Caranya dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan bisnis kamu dengan kompetitor. Setelah itu, rancang kembali strategi bisnis yang disesuaikan dengan hasil analisis tadi. Lakukan langkah-langkah ini secara berkala supaya bisnis kamu tetap eksis meskipun memiliki banyak kompetitor.

Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Nah, itu dia berbagai sifat wirausaha sukses yang dapat kamu tiru. Selain sifat-sifat dan karakter tersebut, kamu memerlukan modal yang bisa didapatkan di aplikasi kredit digital. Saat ini, mendapat modal untuk usaha bisa dikatakan lebih mudah. JULOvers bisa melakukan pinjaman dana online melalui ponsel. 

Jika JULOvers sudah melakukan semua hal di atas tetapi terhalang masalah modal yang kurang, tenang saja! Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo siap melesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital!

Cukup dengan isi form, KTP, dan klik submit, dana akan langsung cair ke rekening kamu. Jadi, tunggu apalagi? Download aplikasi JULO  dan dapatkan promo siap melesat sekarang juga!

Artikel Lainnya