Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Ciri-ciri Wirausaha yang Berhasil?
1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan
2. Berani Mengambil Risiko
3. Selalu Optimis
4. Berkeyakinan Tinggi
5. Semangat Belajar
6. Memiliki Pikiran Positif
7. Selalu Bersemangat
8. Terbuka Untuk Apa Saja
9. Memiliki Kreativitas yang Tinggi
10. Ketahanan dan Keuletan
11. Rasa Ingin Tahu yang Besar
Bagaimana Cara Menjadi Wirausahawan yang Sukses?
1. Melakukan Riset
2. Membuat Rencana Bisnis
3. Menyiapkan Modal Usaha
Mulai Bisnis Lebih Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Ciri Ciri Wirausaha Sukses yang Bisa Kamu Jadikan Teladan

ciri ciri wirausaha

Sebelum baca artikelnya, tahukah kamu? Bahwa kamu bisa mendapatkan cashback sebesar Rp20.000 hanya dengan mendaftar di JULO Kredit Digital menggunakan kode promo HIDUPKAN lho! Jadi tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital

Jika ingin berhasil ketika melakukan bisnis, JULOvers harus memiliki beberapa ciri-ciri wirausaha yang wajib dimiliki semua pengusaha. Ciri-ciri wirausaha adalah karakteristik khas, kemampuan, dan pola pikir yang terkait dengan pengusaha sukses.

Beberapa orang memang bisa terlahir dengan sifat ini, tetapi orang lain yang tidak memilikinya juga bisa mengembangkannya. Lantas, seperti apa sih ciri-ciri wirausaha itu? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Apa Saja Ciri-ciri Wirausaha yang Berhasil?

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, kamu harus memiliki beberapa ciri-ciri wirausaha yang berhasil ini, antara lain:

1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

memiliki jiwa kepemimpinan

Salah satu ciri-ciri wirausaha yang berhasil adalah memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Hal ini dibutuhkan untuk membangun bisnis karena seorang wirausahawan harus bertanggung jawab untuk memimpin karyawan dan semua orang yang terlibat di dalam perusahaan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pebisnis Muda

Seorang pemimpin yang efektif dapat dilihat dari kemampuannya menggerakkan orang untuk mencapai tujuan dan dapat dianggap sebagai panutan oleh para pengikutnya. Untuk menjadi pemimpin yang baik, kamu harus memiliki sikap tanggung jawab, keberanian, kebijaksanaan, ketegasan, keadilan, dan kecerdasan yang dapat diandalkan oleh banyak orang.

2. Berani Mengambil Risiko

Berani Mengambil Risiko

Seorang calon wirausahawan yang sukses harus berani mengambil risiko dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini dikarenakan dalam berbisnis akan ada banyak risiko yang mungkin muncul, mulai dari kerugian, penipuan, kegagalan, dan kemungkinan buruk lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan jiwa yang kuat dan penuh ketenangan dalam menghadapinya.

Dalam mengambil keputusan atas risiko tersebut, seorang pengusaha juga harus berhati-hati dan tidak boleh gegabah. Biasanya, semakin besar risiko yang harus dihadapi, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang akan diperoleh.

Salah satu bentuk berani mengambil risiko adalah dengan melakukan ekspansi usaha baik dengan membuka cabang atau menambah jenis produk. Butuh tambahan dana? Ajukan Pinjaman Modal Usaha di JULO Kredit Digital sekarang! 

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

3. Selalu Optimis

Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, kamu harus selalu optimis ketika menghadapi berbagai tantangan. Seorang wirausahawan yang mengorganisir, mengelola, dan menjalankan bisnis kemungkinan bisa menghadapi banyak kemunduran dari waktu ke waktu. Maka dari itu, mereka harus dapat selalu optimis agar bisa melewati masa-masa sulit.

Bersikap optimis dapat membantu kamu mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dalam menjalankan sebuah bisnis. Sikap optimis pada diri sendiri juga mampu mencegah turunnya motivasi ketika bisnis sedang mengalami penurunan.

4. Berkeyakinan Tinggi

Berkeyakinan Tinggi

Selain optimis, penting juga bagi seorang wirausahawan untuk berkeyakinan tinggi atau memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, kamu bisa mewujudkan semua tujuan bisnis dengan motivasi yang tinggi pula, jadi ketika sedang terjatuh kamu akan bisa bangkit kembali dengan lebih mudah.

Baca Juga: Beragam Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Rasa percaya diri tersebut tentu harus dibarengi dengan kemampuan dan wawasan yang mumpuni. Jangan sampai hanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi tanpa adanya kemampuan dan wawasan dibelakangnya. Jika sampai begitu, kamu hanya akan menemui kegagalan.

5. Semangat Belajar

Bisnis baru seringkali tidak memiliki orang yang bertanggung jawab di setiap departemen karena kurangnya dana. Dibutuhkan waktu dan sumber daya untuk membangun sebuah tim yang kompeten. Oleh karena itu, seorang wirausahawan perlu mempelajari segala hal mulai dari akuntansi hingga pemasaran sejak awal.

Inilah pentingnya memiliki ciri-ciri wirausaha semangat belajar. Dengan demikian, wirausahawan memiliki pengetahuan yang luas dan lebih siap untuk menjalankan bisnis. Pada awal berbisnis, kamu harus bisa diandalkan dan  tidak bisa selalu mengandalkan orang lain.

6. Memiliki Pikiran Positif

Untuk menjadi pengusaha sukses, kamu juga harus memiliki ciri-ciri wirausaha pikiran yang positif. Hal ini karena pengusaha dituntut untuk mengambil tindakan atau keputusan yang bersangkutan terhadap banyak orang. Jadi, berpikir positif sangat penting untuk menghindari kesalahan dalam mencari solusi.

Dengan pikiran yang positif, seorang pengusaha juga dapat menumbuhkan rasa keberanian dan selalu optimis dalam berwirausaha. Jadi, mereka terbebas dari rasa takut saat berbisnis. Selain itu, pikiran yang positif dari seorang pengusaha juga memengaruhi pegawainya agar lebih positif dalam bekerja.

Untuk memperkuat sifat positif, lakukan riset pasar dan analisa bisnis sehingga kamu lebih percaya diri dalam membuka usaha. Butuh tambahan dana? Ajukan Pinjaman Modal Usaha di JULO Kredit Digital sekarang! 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

7. Selalu Bersemangat

Ciri-ciri wirausaha selanjutnya yang harus kamu miliki yaitu selalu bersemangat. Dengan bersemangat, akan lebih mudah bagi kamu untuk membangun dan menjalankan bisnis untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Agar dapat selalu bersemangat menjalankan bisnis, kamu harus menyukai jenis bisnis yang dijalankan, jangan hanya fokus pada keuntungan saja. Coba juga pikirkan hal-hal positif tentang alasan mengapa mendirikan bisnis tersebut. Dengan begitu, kamu dapat selalu bersemangat menjalani bisnis dan melewati segala tantangan.

8. Terbuka Untuk Apa Saja

Seorang pengusaha yang berhasil harus mempunyai ciri-ciri wirausaha yang terbuka untuk apa saja. Dunia terus berjalan, termasuk dalam dunia bisnis. Sehingga selalu ada perubahan yang menunggu sehingga kamu harus terbuka untuk apa pun.

Seperti kehidupan, bisnis tidak dapat diprediksi jalannya. kamu harus bersiap untuk segala sesuatu yang akan datang di masa depan. Suka atau tidak suka, kamu harus bisa beradaptasi dengan perubahan apapun ketika menjalani bisnis. Sebagai contoh, saat ini telah terjadi peralihan dari bisnis konvensional ke bisnis online. Jangan sampai tertinggal oleh zaman.

9. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Penting bagi seorang wirausahawan untuk memiliki ciri-ciri wirausaha yang kreatif dan penuh ide. Kreativitas dapat menggiring seorang pengusaha untuk membangun bisnis yang berbeda dari para pesaingnya.

Baca Juga: Begini 6 Cara Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif

Kreativitas bisa muncul dengan ide-ide orisinal yang membedakan perusahaan mereka dari yang lain. Peluang suksesnya pun lebih besar karena kreativitas memungkinkan seorang pengusaha untuk lebih unggul dari pesaing. Selain itu, kreativitas juga mampu menuntun kamu untuk menemukan cara memecahkan masalah dari lebih dari satu sisi.

10. Ketahanan dan Keuletan

Rasa Ingin Tahu yang Besar

Seorang wirausahawan yang ingin sukses juga harus memiliki ciri-ciri wirausaha ketahanan dan keuletan. Pasalnya, bisnis yang dijalani belum tentu berjalan dengan mudah dan mulus. Ada banyak tantangan yang dapat menjadi penghambat perjalanan bisnis menuju kesuksesan. Jadi, dibutuhkan keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi kesulitan.

11. Rasa Ingin Tahu yang Besar

Ciri-ciri wirausaha selanjutnya yaitu memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ketika kamu menyelidiki bagaimana segala sesuatu bekerja dan bagaimana melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda, kamu cenderung menjadi penasaran dan ingin tahu. Keingintahuan tersebut akan memungkinkan kamu menemukan berbagai solusi untuk masalah bisnis, bahkan sebelum itu terjadi.

 

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Bagaimana Cara Menjadi Wirausahawan yang Sukses?

Menjadi wirausahawan yang sukses memang rasanya agak sulit karena tidak ada rumus pastinya. Namun, kamu dapat memiliki kemungkinan yang lebih baik jika mengikuti beberapa cara di bawah ini:

1. Melakukan Riset

Melakukan Riset

Ada berbagai penelitian atau analisis yang harus dilakukan untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Oleh karena itu, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah menjalankan riset, baik itu tentang pasar, kompetitor, produk, dan lain sebagainya.

Riset yang dilakukan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Dengan cara ini juga, kamu dapat mulai mencari tahu jenis produk apa yang dibutuhkan oleh orang-orang dan bagaimana cara menjualnya.

Baca Juga: Rincian Berapa Modal Usaha Perabotan Rumah Tangga

2. Membuat Rencana Bisnis

Setelah melakukan riset, maka kamu perlu membuat rencana bisnis dari data-data yang telah ditemukan. Rencana bisnis ini mencakup perencanaan keuangan, konsep bisnis, sumber daya yang diperlukan, dan masih banyak lagi. Perencanaan bisnis yang matang akan membuat kemungkinan kamu menjadi seorang wirausahawan yang sukses lebih besar.

3. Menyiapkan Modal Usaha

Setelah rencana bisnis disiapkan, selanjutnya kamu dapat menyiapkan modal usaha untuk memulai langkah menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Tanpa adanya modal, sebagus dan sematang apapun rencana bisnis yang sudah dibuat, bisnis tersebut tidak akan bisa dijalankan.

Baca Juga: Cara Dapat Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Mulai Bisnis Lebih Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Jika JULOvers sudah memiliki rencana bisnis yang sangat baik tetapi terhalang modal untuk memulainya, tenang saja karena sekarang ada aplikasi kredit digital seperti JULO yang bisa memberikan dana pinjaman segar untuk pengembangan bisnis. 

Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di Homepage.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga penjelasan mengenai ciri-ciri wirausaha yang kami sampaikan dapat membantu JULOvers semua ya!

Artikel Lainnya