bisnis kuliner yang menjanjikan

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis kuliner, seharusnya JULOvers tidak perlu bingung. Faktanya ada begitu banyak kuliner yang bisa dijadikan bisnis dan membawa keuntungan besar. 

JULOvers bisa menjual makanan apa saja yang sempat terlintas di pikiran. Namun kunci untuk membangun bisnis kuliner yang menjanjikan ialah melihat peluang di lingkungan tempat tinggal JULOvers. Jika masih sedikit atau belum ada yang menjualnya maka JULOvers dapat memanfaatkan peluang tersebut. 

Di artikel ini JULOvers akan diajak untuk melihat berbagai ide bisnis kuliner yang menjanjikan untuk dijadikan inspirasi. Selain itu ada berbagai cara supaya JULOvers sukses membangun bisnis kuliner yang menjanjikan tersebut. Jika masih bingung mengapa harus bisnis kuliner daripada yang lainnya, langsung saja baca alasannya di bawah ini. 

Jualan Makanan Apa yang Paling Laris?

Jualan Makanan Apa yang Paling Laris
Sumber: Pexels

Makanan yang bisa dijual tentu banyak. Namun untuk menentukan laris atau tidaknya makanan tersebut, kamu harus melihat tren di masyarakat. Selain tren, kamu juga perlu mengetahui keadaan pasar. Contohnya seperti makanan apa yang biasanya banyak dibeli dari kompetitor. 

Coba perhatikan beberapa ide bisnis di bawah ini untuk mendapatkan inspirasi. 

1. Keripik Pedas

Keripik Pedas
Sumber: Pexels

Keripik pedas sering jadi lauk untuk makan nasi saat tidak ada makanan lain. Terutama di kalangan anak kos. Kamu bisa menggunakan peluang ini untuk menciptakan varian keripik pedas yang berbeda dari kompetitor.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Entah kamu membuatnya dari bahan selain singkong atau menambahkan beberapa pilihan rasa pedas. Jangan lupa kemas dengan kemasan yang unik agar masyarakat tertarik

2. Dimsum

Dimsum
Sumber: Pexels

Bisnis kuliner yang menjanjikan selanjutnya ialah dimsum. Dimsum sendiri merupakan makanan berukuran kecil dari Cina. Makanan ini banyak disenangi masyarakat karena rasanya yang sangat enak. Kamu bisa membuat tempat makan dimsum atau menjualnya dalam keadaan beku.

3. Donat

Donat
Sumber: Pexels

Siapa yang tidak tahu donat? Makanan bulat manis satu ini masih menjadi kegemaran masyarakat dan termasuk bisnis kuliner yang menjanjikan. Tidak perlu minder dengan perusahaan donat besar. 

Kamu bisa membuat donat sesuai resep sendiri dan menambahkan varian baru yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Lalu kemas dengan cantik dan estetik. Terakhir, tinggal pasarkan melalui media sosial. 

4. Martabak

Martabak
Sumber: Pixabay

Martabak merupakan jajanan pinggir jalan yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Peluang menjual martabak terbilang cukup besar. Apalagi jika di tempat tinggalmu belum ada yang menjualnya. Kamu bisa membuka bisnis martabak dengan berbagai topping lezat yang menjadi kesukaan masyarakat. 

5. Seblak

Seblak
Sumber: Pexels

Seblak menjadi makanan yang sedang tren beberapa tahun ke belakang. Meskipun banyak yang menjual seblak, namun tidak semuanya memiliki rasa yang nikmat. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual seblak berkualitas premium. 

6. All You Can Eat

All You Can Eat
Sumber: Pexels

Bisnis kuliner yang menjanjikan berikutnya ialah all you can eat. Bisnis all you can eat memiliki daya tariknya sendiri di mata masyarakat.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Tidak perlu membuatnya mewah seperti kompetitor yang bisnisnya sudah besar. Kamu bisa membuatnya ala Indonesia yaitu duduk lesehan dan membuat suasana nyaman seperti di rumah. 

7. Bubble Tea

Bubble Tea
Sumber: Pexels

Minuman dengan topping bubble tapioka ini juga menjadi kesukaan masyarakat khususnya anak-anak muda. Meskipun sudah banyak yang membuat bisnis ini, kamu masih bisa melakukannya dengan menawarkan varian rasa dan topping lainnya.

 

kredit digital Julo

8. Bakso

Bakso
Sumber: Pexels

Makanan bakso memang tidak ada tandingannya. Kamu bisa membuat bakso dengan resep pribadi untuk dijual kepada masyarakat. Tambahkan varian rasa seperti bakso udang atau bakso babi jika dirasa enak.

9. Pecel Ayam dan Lele

Pecel Ayam dan Lele
Sumber: Pexels

Pecel lele dan ayam sudah sangat dekat di lidah masyarakat. Makanan pinggir jalan ini selalu membuat masyarakat kembali. Namun tidak semua pecel lele dan ayam memiliki rasa yang nikmat.

Baca Juga: Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah, Patutkah Dicoba?

Ada yang hanya sekadar membuka tanpa memikirkan kualitas. Itu sebabnya kamu masih memiliki peluang untuk membuat pecel lele dan ayam sebagai bisnis kuliner yang menjanjikan di mata masyarakat. 

10. Bubur

Bubur
Sumber: Free Images

Bubur merupakan makanan saat sedang sakit. Namun saat ini keberadaan penjual bubur sudah makin sulit dicari. Kamu bisa mengisi kekosongan tersebut dengan berjualan bubur. 

Jangan lupa menyediakan berbagai macam sate yang biasanya dimakan bersama-sama dengan bubur. Kamu juga bisa memasukkan bisnis bubur ke dalam aplikasi pengiriman makanan supaya bisa menjangkau banyak pelanggan. 

11. Frozen Food

Frozen Food
Sumber: Pexels

Sejak pandemi datang, semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Masyarakat jadi lebih memilih berbelanja secara online. Tidak hanya barang-barang tetapi juga makanan. 

Kamu perlu memanfaatkan keadaan ini untuk menjual makanan beku. Bisa berupa bahan makanan mentah atau makanan matang yang dibekukan. Keduanya merupakan solusi atas masalah pandemi seperti ini. 

12. Katering Makanan Sehat

Katering Makanan Sehat
Sumber: Pexels

Masih berhubungan dengan pandemi, semua orang menjadi lebih memperhatikan kesehatan mereka. Itu sebabnya banyak yang mulai beralih ke makanan sehat. Kamu bisa membuat katering makanan sehat dengan target pelajar dan pekerja kantoran. 

13. Jajanan Sekolah

Jajanan Sekolah
Sumber: Pixabay

Jajanan sekolah masih memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Khususnya bagi mereka yang sudah lulus dan bekerja.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Kamu bisa menjual kue ape, kue cubit, hamburger, kebab, telur gulung, martabak telur, dan lain sebagainya.  

14. Masakan Padang

Masakan Padang
Sumber: Wikimedia

Jika kamu memiliki keterampilan memasak, cobalah membuat masakan Padang. Masakan padang juga menjadi kegemaran masyarakat. Kamu bisa membuat masakan Padang dengan berbagai lauk sampingan serta memiliki tempat untuk makan yang nyaman dan bersih. Pasalnya ada banyak tempat makan Padang yang sangat kotor. 

15. Rice Box

Rice Box
Sumber: Unsplash

Rice box sebenarnya merujuk pada kemasan makanan tersebut yang menggunakan box. Isi makanannya sendiri beragam. Itu berarti kamu bisa menggunakan kemasan yang sama namun dengan makanan yang berbeda. Buat berbagai variasi menu makanan supaya ada banyak orang ingin mencoba apa yang kamu jual. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kuliner agar Sukses?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kuliner agar Sukses
Sumber: Unsplash

Saat memulai bisnis tentu saja kamu ingin menjadikannya besar. Tidak ada orang yang hanya ingin memulai bisnis lalu membiarkannya begitu saja. Tidak dikerjakan atau diusahakan supaya bisnis menjadi stagnan. 

Semua orang pasti ingin membuat bisnis kuliner yang menjanjikan agar bisa sukses dalam jangka waktu panjang. Itu sebabnya JULO telah merangkum beberapa cara memulai bisnis supaya kamu sukses. Perhatikan informasinya di bawah ini ya!

1. Tentukan Target Pelanggan

Tentukan Target Pelanggan
Sumber: Unsplash

Menentukan target pelanggan akan membantu kamu mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan. Tanpa adanya target pelanggan yang dituju maka semua strategi pemasaran yang digunakan menjadi sia-sia. 

2. Riset Pasar

Riset Pasar
Sumber: Unsplash

Riset pasar dilakukan untuk mengetahui bagaimana peluang bisnis yang kamu jalankan di pasar. Kamu bisa mencari tahu banyak hal, contohnya seperti:

  • Apakah kompetitor sangat banyak sehingga bisnis kamu berpotensi bangkrut.
  • Makanan seperti apa yang paling sering dibeli oleh target pelanggan. 

Kumpulkan juga informasi mengenai kompetitor seperti keunggulan dan kekurangan produk yang mereka jual. 

3. Buat Perencanaan 

Buat Perencanaan 
Sumber: Unsplash

Perencanaan selalu membuat bisnis berjalan lebih lancar dan terarah. Memang benar bahwa tidak ada yang bisa memprediksi masa depan. Tetapi setidaknya kamu sudah memiliki rencana yang bisa dijadikan panduan untuk melangkah dan mengambil keputusan. 

4. Buat Perhitungan 

Buat Perhitungan 
Sumber: Pexels

Jangan lupa untuk membuat perhitungan detail mengenai semua biaya yang harus dikeluarkan. Hitung setiap pengeluaran dengan saksama supaya kamu memiliki perkiraan kasar tentang jumlah modal yang dibutuhkan. Dari sana kamu bisa mulai mengumpulkan modal, baik melalui tabungan pribadi atau mengajukan pinjaman. 

Mengapa Kamu Harus Mencoba Bisnis Kuliner?

Mengapa Kamu Harus Mencoba Bisnis Kuliner?
Sumber: Pexels

Pernahkah kamu berpikir “Mengapa ada banyak orang yang mencoba memulai bisnis kuliner? Apakah ada keuntungan atau peluang yang besar di dunia kuliner?” Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang masuk ke dunia bisnis dan mengapa kamu harus mencobanya. 

1. Peluangnya Besar

Peluangnya Besar
Sumber: Pexels

Bisnis kuliner memiliki peluang yang besar karena semua orang di bumi ini memerlukan makanan untuk mengisi ulang tenaga tubuh mereka. Setiap orang harus makan setidaknya tiga kali sehari supaya tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Faktor-Faktor Keberhasilan Peluang Usaha yang Harus Kamu Sadari

Ini berarti makanan yang dibeli oleh masyarakat terus berulang dan tidak mungkin hanya satu jenis saja. Dapat disimpulkan bahwa permintaan masyarakat terhadap makanan sangat tinggi. Meskipun sudah sangat banyak yang menjual makanan dan minuman, nyatanya masih ada peluang besar yang bisa kamu masuki. 

2. Banyak Makanan yang Bisa Dijual

Banyak Makanan yang Bisa Dijual
Sumber: Pexels

Makanan yang bisa dijual tidak hanya tiga atau lima jenis saja. Ada begitu banyak makanan yang bisa dijual. Contohnya seperti kombinasi buah dan sayur, sayur dan daging, serta jenis makanan lainnya. Selain itu kamu juga bisa menjual makanan siap saji atau makanan beku. 

3. Risiko Rendah

Risiko Rendah
Sumber: Pexels

Takut tidak laku? Kamu tidak perlu takut dengan hal tersebut karena makanan dan minuman yang tidak laku bisa langsung dikonsumsi diri sendiri. 

Kamu juga bisa memasarkan dengan memberikan makanan dan minuman gratis kepada kerabat. Selain memberikannya secara gratis, kamu jadi bisa sekaligus meminta feedback mengenai produk kuliner yang dibuat. 

4. Modal yang Dibutuhkan Tidak Besar

Modal yang Dibutuhkan Tidak Besar
Sumber: Envato

Membangun bisnis kuliner bisa dimulai dengan modal yang kecil. Kamu tidak perlu membuat makanan dalam jumlah besar supaya masyarakat tertarik. Cukup buat satu atau dua jenis lalu pasarkan di media sosial.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Menjalankan Bisnis

Jadi kamu hanya membuatnya saat ada pesanan masuk sehingga modal yang dikeluarkan bisa langsung kembali karena ada bayaran dari pelanggan dalam waktu singkat. Selanjutnya modal akan terus berputar dari pesanan yang masuk. 

Itu dia berbagai ide bisnis kuliner yang menjanjikan untuk kamu coba. Bisnis mana yang menarik perhatian JULOvers? Apa pun bisnis yang JULOvers pilih, pastikan semua persiapan sudah dilakukan dengan matang. Jangan lupa siapkan modal yang dibutuhkan untuk bisnis. 

Bagaimana kalau JULOvers kekurangan modal untuk mengembangkannya? Jangan khawatir karena kamu bisa mengajukan pinjaman di JULO. Limit pinjaman yang disediakan JULO besar yakni mencapai Rp15.000.000. Nikmati seluruh Layanan Pinjaman Julo seperti dana tunai, tagihan online, dan paylater

Jadi JULOvers bisa melakukan berbagai transaksi kebutuhan bisnis hanya dari satu aplikasi. Sangat efisien, bukan? Proses pengajuannya pun cepat. Bisnis kamu dijamin #siapMelesat bersama JULO Kredit Digital. Jadi tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang dan manfaatkan semua promo siap melesat sekarang juga!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…