Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Itu UMKM?
Bagaimana Cara Daftar UMKM Dengan Tepat dan Mudah?
1. Persyaratan Daftar UMKM Secara Online
2. Cara Daftar UMKM Secara Online
Contoh Usaha UMKM Apa Saja?
1. Menjual Sayur dan Buah Organik
2. Membuka Bengkel
3. Menyediakan Jasa Laundry
4. Membuka Katering Rumahan
5. Membuat Clothing Line
Mengapa Kamu Perlu Mendaftarkan UMKM-mu?
1. Mendapatkan Identitas Usaha
2. Mempermudah Kerjasama
3. Bisa Mendapatkan Bantuan

Cara Daftar UMKM untuk Buka Usaha Dengan Mudah

cara daftar umkm

Bagaimana cara daftar UMKM bagi JULOvers yang ingin membuka usaha? Usaha UMKM apa yang ingin kamu jalankan?

Selama beberapa tahun terakhir ini, banyak usaha UMKM yang terus bermunculan. Masyarakat Indonesia sudah mulai tertarik untuk menjalankan bisnis sendiri.

Untuk menjalankan sebuah bisnis, JULOvers tidak harus memulainya dalam skala yang besar. Buatlah usaha dengan skala kecil terlebih dahulu dan nantinya dapat dikembangkan menjadi skala menengah atau mungkin besar.

Usaha dengan skala kecil ini yang disebut sebagai usaha UMKM. Hampir sebagian besar pelaku UMKM menjalankan usahanya dari rumah karena keterbatasan modal.

Meskipun UMKM termasuk ke dalam usaha skala kecil menengah, segala bentuk kegiatan usahanya harus didaftarkan kepada pemerintah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan keuntungan yang JULOvers dapatkan harus dimasukkan ke dalam pajak untuk membantu perekonomian negara.

Supaya JULOvers dapat memahami cara mendaftar UMKM, kamu dapat langsung menyimak pembahasannya di bawah ini. Kamu akan mempelajari banyak hal seputar pengertian UMKM dan cara mendaftarnya, hingga contoh usaha UMKM yang dapat menjadi ide bisnis untuk dicoba.

Apa Itu UMKM?

seorang barista sedang mempersiapkan kopi

(Sumber: Pixabay)

UMKM merupakan segala jenis kegiatan usaha yang termasuk ke dalam skala kecil dan menengah. Oleh karena itu, kepanjangan dari UMKM adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Baca Juga: 5 Cara Mengajukan Pinjaman UMKM Online yang Mudah

Sesuai dengan kepanjangannya, UMKM dibagi ke dalam 3 jenis untuk mengkategorikan setiap usaha berdasarkan bidang dan omzet yang didapat. Sekilas informasi mengenai ketiga jenis UMKM, yaitu:

  • Kategori usaha mikro: Omzet mencapai kurang dari 300 juta rupiah dalam setahun dan contoh usahanya adalah pedagang asongan, warung makan tenda pinggir jalan, dan lainnya.
  • Kategori usaha kecil: Omzet mencapai 300 juta rupiah atau kurang dari 2,5 miliar rupiah dalam setahun. Contoh usahanya adalah anak perusahaan, cabang perusahaan, atau usaha kecil yang berdiri sendiri dan dimiliki oleh perorangan atau suatu badan usaha.
  • Kategori usaha menengah: Omzet mencapai 2,5 miliar atau kurang dari 50 miliar per tahun. Contoh dari kategori usaha menengah adalah perusahaan besar yang didirikan oleh individu atau badan usaha.

Bagaimana Cara Daftar UMKM Dengan Tepat dan Mudah?

kaca pembesar sedang menyoroti kata Google pada layar komputer

(Sumber: Pixabay)

Untuk membantu para pelaku usaha UMKM, pemerintah telah menyediakan layanan Online Single Submission (OSS) yang dapat membantu kamu dan pelaku usaha UMKM lainnya untuk daftar UMKM secara online.

Apa saja syarat yang harus kamu persiapkan dan bagaimana caranya daftar UMKM online? Berikut adalah penjelasannya:

1. Persyaratan Daftar UMKM Secara Online

Persyaratan Daftar UMKM Secara Online

Untuk bisa mendaftarkan UMKM kamu secara online, berikut adalah persyaratan yang harus kamu persiapkan:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK);

  • Memiliki usaha mikro, kecil, atau menengah;

  • Bukan Pegawai Negeri Sipil, BUMN atau BUMD, atau TNI/Polri

  • Melampirkan Surat Keterangan Usaha

2. Cara Daftar UMKM Secara Online

Cara Daftar UMKM Secara Online

Setelah kamu memiliki semua persyaratan yang kamu butuhkan, sekarang saatnya kamu mulai mendaftarkan UMKM kamu secara online. Berikut adalah langkahnya:

  1. Kunjungi halaman OSS di https://oss.go.id;

  2. Klik daftar;

  3. Pilih jenis usaha; UMK atau non-UMK;

  4. Selesaikan registrasi untuk bisa masuk ke dalam OSS;

  5. Lakukan aktivasi agar akun kamu bisa dipakai.

Setelah mendapatkan akses ke OSS, sekarang saatnya JULOvers mulai mengurus perizinan UMKM. Berikut langkahnya:

  1. Kembali ke halaman OSS di https://oss.go.id;

  2. Pilih masuk;

  3. Masukkan username dan password yang baru saja kamu buat;

  4. Klik menu 'Perizinan Berusaha'

  5. Lengkapi data-data yang dibutuhkan seperti daftar produk atau jasa, data usaha, daftar kegiatan usaha, dan lainnya;

  6. Baca dan pahami pernyataan mandiri. Centang jika kamu sudah paham;

  7. Periksa draf perizinan berusaha.

Contoh Usaha UMKM Apa Saja?

Apa saja kegiatan usaha UMKM yang dapat JULOvers coba? Kamu dapat melihat berbagai contoh UMKM berikut ini, yaitu:

1. Menjual Sayur dan Buah Organik

tanaman di dalam pot tanah kecil

(Sumber: Pixabay)

Contoh UMKM pertama yang dapat JULOvers coba adalah dengan menjual sayur dan buah organik. Usaha ini sangat cocok untuk dilakukan bagi kamu yang memiliki lahan lebih tidak terpakai di rumah dan memiliki hobi menanam.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing serta Menguntungkan

2. Membuka Bengkel

seseorang sedang membongkar salah satu ban mobil

(Sumber: Pixabay)

Apabila JULOvers memiliki keahlian di bidang otomotif, kamu bisa membuka usaha bengkel. Usaha ini tentu saja termasuk ke dalam jenis kegiatan usaha UMKM.

Untuk membuka usaha bengkel, kamu bisa menggunakan lahan di pekarangan rumah. Jika kamu memiliki modal yang lebih, silakan cari lokasi yang strategis untuk meningkatkan penjualan.

 

kredit digital Julo

3. Menyediakan Jasa Laundry

seorang pelanggan sedang berusaha memasukkan cucian

(Sumber: Pixabay)

Jasa laundry sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah ibukota. Padatnya aktivitas sehari-hari membuat sebagian besar orang tidak memiliki waktu untuk mencuci baju mereka, padahal baju-baju tersebut sering digunakan.

Baca Juga: 7 Contoh Usaha dengan Modal 1 juta

JULOvers bisa membuka jasa laundry dengan menggunakan mesin cuci yang sudah kamu miliki di rumah. Perlahan-lahan, kembangkanlah usaha laundry kamu dengan menambah jumlah mesin cuci agar dapat melayani lebih banyak pelanggan.

4. Membuka Katering Rumahan

deretan kotak bekal roti dan sayuran segar

(Sumber: Pixabay)

Katering rumahan juga menjadi salah satu usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat masa kini. Kalau JULOvers memiliki hobi memasak, kamu bisa mencoba usaha katering rumahan.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha katering rumahan relatif kecil, tergantung dengan kelengkapan peralatan yang telah kamu miliki. Tentu saja untuk lokasi, kamu cukup memanfaatkan dapur untuk memproduksi katering.

5. Membuat Clothing Line

deretan pakaian bersih yang sedang digantung

(Sumber: Pixabay)

Clothing line merupakan jenis usaha UMKM yang digandrungi oleh anak-anak muda selama beberapa tahun terakhir. Clothing line merupakan bisnis fashion yang dikembangkan dengan menggunakan nama brand sendiri.

Untuk memulai usaha ini sangatlah mudah. Berbekal kaus polos dan ide desain yang ada di kepala, JULOvers sudah dapat membangun bisnis clothing line. Namun, tentu saja kamu akan membutuhkan inovasi-inovasi yang lebih baik lagi untuk menarik perhatian orang agar membeli baju-baju tersebut.

Mengapa Kamu Perlu Mendaftarkan UMKM-mu?

Mengapa Kamu Perlu Mendaftarkan UMKM-mu

Seperti yang sudah dijelaskan, proses pendaftaran UMKM memiliki syarat serta langkah yang cukup memakan waktu. Apa untungnya bagi kamu untuk mendaftarkan UMKM-mu?

Berikut adalah manfaat mendaftar UMKM:

1. Mendapatkan Identitas Usaha

Mendapatkan Identitas Usaha

Mendaftarkan UMKM-mu adalah langkah untuk mendapatkan identitas usaha di mata legal. Dari proses pendaftaran nanti, kamu akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Dengan adanya status legal, bisnis kamu akan bisa mendapatkan perizinan berusaha dalam banyak hal.

2. Mempermudah Kerjasama

Mempermudah Kerjasama

Dengan memiliki status legal, bisnis kamu akan bisa memulai kerjasama dengan berbagai bisnis lainnya. Misalnya, jika kamu ingin melakukan ekspor produk, maka bisnis kamu wajib memiliki izin usaha.

Lalu, pelaku usaha lain tentu akan merasa aman ketika mereka menjalin kerja sama dengan perusahaan yang memiliki izin usaha.

3. Bisa Mendapatkan Bantuan

Bisa Mendapatkan Bantuan

Pemerintah melalui berbagai kebijakannya sangat mendukung para pelaku usaha mikro. Sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah dalam bentuk apapun, kamu wajib mendaftarkan UMKM kamu agar sah di mata hukum.

Mudah sekali cara untuk mendaftar UMKM, bukan? Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini dapat memudahkan para pelaku UMKM untuk mendaftarkan usahanya, termasuk kamu.

Dalam menjalankan UMKM, ada banyak hal yang perlu JULOvers persiapkan mulai dari pendaftaran usaha hingga modal yang harus dikeluarkan untuk mengembangkan usaha. Jika kamu membutuhkan tambahan modal, silakan gunakan aplikasi JULO.

Aplikasi JULO merupakan aplikasi kredit digital aman yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan dana tambahan untuk berbagai keperluan. Salah satu keperluan tersebut adalah untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki.

Oleh karena itu, JULOvers dapat langsung menggunakan aplikasi JULO yang bisa diunduh melalui Play Store. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan promo siap melesat!

Artikel Lainnya