contoh usaha umkm

8 Contoh Usaha UMKM yang Dapat Dicoba

Apa saja contoh usaha UMKM yang dapat JULOvers coba? Apakah usaha UMKM membutuhkan modal yang besar?

Beberapa tahun terakhir ini, UMKM mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Kehadiran para pengusaha UMKM sangat membantu pergerakan ekonomi negara Indonesia. Tidak heran jika saat ini pemerintah memberikan perhatian lebih kepada para pengusaha UMKM agar bisnis yang mereka jalankan dapat terus berkembang.

Melalui artikel ini, JULOvers akan mendapatkan informasi lengkap seputar beberapa contoh usaha UMKM yang dapat dijadikan sebagai inspirasi bisnis untuk kamu. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu pengertian dari UMKM.

Apa Itu UMKM?

seorang pria sedang bekerja di depan komputer

(Sumber: Pixabay)

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dari kepanjangannya, JULOvers tentu sudah mendapatkan gambaran seperti apa jenis usaha yang termasuk ke dalam UMKM, bukan?

UMKM merupakan kegiatan usaha yang dijalankan oleh badan usaha berukuran kecil dan juga individu. Banyak pelaku usaha UMKM yang memulai bisnisnya sebagai individu dari rumah dan akhirnya dapat mengembangkan bisnisnya menjadi badan usaha.

Baca Juga: 5 Cara Mengajukan Pinjaman UMKM Online yang Mudah

Usaha yang dapat dikategorikan sebagai UMKM dilihat dari omzet yang didapatkan selama setahun. Suatu bisnis akan dikatakan sebagai UMKM bila omzetnya mencapai 300 juta dalam setahun atau di bawah 50 miliar.

Contoh Usaha UMKM Apa Saja?

Di bawah ini, ada 8 contoh usaha UMKM yang dapat JULOvers coba serta ramah pemula.

1. Katering

kumpulan bahan makanan dan sayur segar

(Sumber: Pixabay)

Contoh usaha UMKM yang pertama adalah katering. Buat JULOvers yang hobi memasak, kamu dapat menjadikan hobi tersebut sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan dengan membuka bisnis makanan satu ini.

Banyak orang yang membutuhkan jasa katering karena kesibukan aktivitas sehari-hari yang membuat mereka sulit untuk menyiapkan makanan yang sehat. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan kesempatan ini dengan membuka usaha katering. Bahkan kamu bisa memulai usaha ini dari rumah.

2. Online Shop

seseorang membayar belanjaan online menggunakan kartu kredit

(Sumber: Pixabay)

Perkembangan teknologi membuka kesempatan lebar kepada masyarakat luas untuk menjalankan bisnis dari mana pun dan kapan pun, contohnya seperti online shop. JULOvers pun juga dapat membuka bisnis online shop kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Saat ini hampir sebagian besar masyarakat luas lebih condong untuk membeli barang yang mereka inginkan melalui online shop. Mereka tidak perlu lagi repot-repot datang ke toko untuk membeli barang secara fisik berkat kehadiran online shop.

3. Clothing Line

kumpulan manekin yang berpose di depan toko pakaian

(Sumber: Pixabay)

Apakah JULOvers memiliki ketertarikan di bidang fashion? Kamu dapat mencoba membuat bisnis clothing line yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir ini. Apa itu clothing line?

Baca Juga: 6 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

Clothing line merupakan bisnis fashion dengan menciptakan merek sendiri yang dijual melalui factory outlet ataupun distro. Namun banyak juga yang membuka clothing line secara online. Mungkin contoh usaha UMKM yang satu ini dapat menarik minat kamu?

4. Toko Kelontong

sekumpulan orang bersantai di depan toko kelontong

(Sumber: Pixabay)

Toko kelontong menjadi contoh usaha UMKM yang hingga saat ini tidak pernah mati. Masyarakat membutuhkan kehadiran toko kelontong untuk mencari barang-barang yang mereka butuhkan di dalam aktivitas sehari-hari.

JULOvers dapat menjalankan usaha ini dari rumah saja. Kamu bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk membuka toko kelontong yang dapat dikunjungi oleh para tetangga.

kredit digital Julo

5. Makanan dan Minuman Kekinian

dekorasi salad buah segar di atas piring

(Sumber: Pixabay)

Bagi JULOvers yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, kamu dapat menjalankan usaha makanan dan minuman kekinian. Ciptakan inovasi produk yang unik dan kreatif untuk menarik minat pelanggan.

Produk makanan dan minuman kekinian akan lebih mudah menarik perhatian pasar. Banyak pelanggan yang tidak akan sungkan untuk mempromosikan bisnis kamu di media sosial mereka. Itulah alasan mengapa makanan dan minuman kekinian dapat menjadi contoh usaha UMKM yang menguntungkan.

6. Warmindo

kreasi mi goreng dan telor di atas piring

(Sumber: Pixabay)

Kecintaan masyarakat Indonesia untuk nongkrong di warung kopi sambil menikmati semangkuk mi instan yang hangat sangatlah tinggi. JULOvers dapat menjalankan usaha UMKM warmindo dengan melihat tingginya peluang kesuksesan melalui bisnis ini.

Agar dapat menarik perhatian orang, buat konsep warmindo yang dapat membuat pelanggan merasa betah untuk singgah dalam waktu yang lama di sana. Sajikan juga inovasi makanan yang dapat membuat pelanggan penasaran terhadap menu tersebut.

7. EO atau WO

dekorasi bunga di area pernikahan

(Sumber: Pixabay)

EO (Even Organizer) atau WO (Wedding Organizer) merupakan contoh usaha UMKM yang dapat dilakukan oleh hampir semua kalangan. JULOvers hanya memerlukan pemikiran yang kreatif dan juga tim yang solid untuk dapat menjalankan bisnis EO atau WO.

8. Laundry

seorang wanita sedang memasukkan cucian ke mesin laundry

(Sumber: Pixabay)

Orang-orang yang berada di usia produktif membutuhkan jasa laundry karena keterbatasan waktu yang mereka miliki untuk melakukan pekerjaan rumah. Tingginya permintaan pasar terhadap jasa laundry dapat menjadi ide usaha UMKM yang menguntungkan bagi JULOvers.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha laundry adalah mesin cuci dalam beberapa unit, sabun cuci, pelembut atau pengharum pakaian, dan masih banyak lagi. Untuk tempat, kamu cukup menggunakan lahan kosong yang ada di dalam rumah saja. 

Sekian informasi yang perlu JULOvers ketahui mengenai contoh-contoh usaha UMKM yang dapat menjadi pilihan bisnis untuk kamu jalankan. Apakah ada usaha UMKM yang menarik perhatian kamu melalui informasi di atas?

Apa pun usaha UMKM yang ingin atau mungkin sudah dijalankan, JULOvers pasti akan membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha tersebut. Oleh karena itu, kamu dapat langsung menggunakan aplikasi kredit digital yang mudah dari JULO.

JULO memiliki layanan kredit digital yang ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan kredit digital. Kredit digital tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk mengembangkan usaha UMKM.

Jadi, kalau JULOvers tertarik untuk melakukan pengembangan usaha UMKM dan membutuhkan kredit digital, silakan hubungi JULO sekarang juga atau unduh aplikasi JULO melalui aplikasi Play Store kamu

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…