Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa yang Dimaksud dengan Usaha Mikro?
Apa Saja Jenis Usaha Mikro yang Menguntungkan?
1. Usaha Katering
2. Usaha Kue Kering
3. Usaha Clothing Line
4. Usaha MUA
5. Usaha Bengkel Motor atau Sepeda
6. Usaha Warnet
7. Usaha Kafe atau Warung Kopi Kekinian
8. Usaha Toko Kelontong
9. Usaha Laundry Kiloan
10. Usaha Digital Marketing
Apa Saja Kelebihan Usaha UMKM?
1. Inovasi yang Relatif Cepat
2. Sangat Spesifik
3. Mudah untuk Dimulai

10 Jenis Usaha Mikro Terbaik yang Bisa Kamu Coba

jenis usaha mikro

JULOvers ingin menjadi seorang pebisnis tetapi bingung ingin menjalankan usaha apa? Kamu bisa mencoba berbagai jenis usaha mikro yang akan JULO sampaikan melalui pembahasan kali ini.

Melalui artikel ini, ada berbagai macam jenis usaha mikro yang dapat menjadi inspirasi bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis sendiri dari nol. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, sudahkah JULOvers memahami pengertian dari usaha mikro? Kalau belum, yuk langsung simak saja penjelasan singkatnya.

Checkout Keranjang E-Commerce Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Belanja di Tokopedia, Shopee, Blibli hingga Rp50 juta bisa dicicil hanya di JULO

Apa yang Dimaksud dengan Usaha Mikro?

apa yang dimaksud dengan usaha mikro

Usaha mikro merupakan kategori usaha yang termasuk ke dalam UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Setiap usaha yang memiliki kekayaan bersih hingga mencapai batas maksimal yaitu 50 juta rupiah dapat dikategorikan ke dalam usaha mikro. Hal ini tentu saja diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Selama beberapa tahun terakhir, pertumbuhan usaha mikro di Indonesia terus meningkat. Peningkatan ini disertai dengan berbagai faktor, salah satunya pandemi COVID-19.

Sejak memasuki masa pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang terpaksa melakukan PHK terhadap sebagian karyawannya sehingga banyak orang yang akhirnya tidak memiliki penghasilan sama sekali. Pada akhirnya, mereka mencoba untuk menjalankan usaha mikro yang tidak memerlukan modal yang terlalu banyak dan bahkan dapat dijalankan dari rumah terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Cara Mengajukan Pinjaman UMKM Online yang Mudah

Oleh karena berkembangnya usaha mikro, pemerintah Indonesia mengupayakan berbagai macam hal untuk dapat membantu masyarakat yang ingin menjalankan bisnisnya sendiri seperti JULOVers. Jadi, kamu memiliki banyak kesempatan untuk memulai usaha mikro dan bahkan mengembangkannya hingga menjadi perusahaan besar.

Apa Saja Jenis Usaha Mikro yang Menguntungkan?

Berikut ini, ada 10 jenis usaha mikro yang dapat menjadi inspirasi usaha bagi JULOvers yang ingin menjalankan bisnis sendiri.

1. Usaha Katering

Usaha Katering

Bisnis katering sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dan tidak memiliki waktu untuk memasak. Kamu dapat menjadikan peluang ini dengan menjalankan usaha katering rumahan yang tentu sangat membantu kebutuhan masyarakat masa kini.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Masakan rumah tentu akan selalu menjadi pilihan terbaik, khususnya bagi mereka yang tinggal merantau dan jauh dari rumah. Maka dari itu, usaha katering termasuk ke dalam jenis usaha mikro yang menjanjikan dan tentu saja menguntungkan.

2. Usaha Kue Kering

Usaha Kue Kering

JULOvers suka membuat kue kering? Kamu dapat mengubah hobi ini menjadi ide usaha mikro yang menguntungkan. Banyak orang yang suka dengan kue kering karena dapat dijadikan sebagai camilan sore.

Kamu juga dapat menjual kue kering ini dalam paketan atau hampers yang dapat dijual pada hari-hari penting. Contohnya seperti hari raya Lebaran, Natal, Valentine, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, jenis usaha mikro yang satu ini sudah pasti menguntungkan.

3. Usaha Clothing Line

Usaha Clothing Line

Clothing line menjadi salah satu jenis usaha mikro yang cukup populer di kalangan anak mudah saat ini. Clothing line merupakan ragam usaha di bidang fashion di mana kamu membuat brand sendiri untuk kemudian dijual di pasaran. Bisa dikatakan, clothing line menjadi pelopor bisnis fashion lokal yang dapat memajukan perekonomian Indonesia.

Baca Juga: 9 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

Sebagai pemula, kamu dapat mencoba menjual kaus polos yang sudah disablon dengan ide desain sendiri. Kaus seperti ini dapat dijadikan sebagai produk yang diproduksi oleh brand kamu sendiri.

4. Usaha MUA

Usaha MUA

Jenis usaha mikro Makeup Artist atau yang biasa disingkat dengan MUA masih terus dibutuhkan di berbagai acara. Mulai dari acara pernikahan, ulang tahun, hingga kebutuhan studio foto seperti iklan dan sebagainya, semuanya membutuhkan MUA.

Apabila kamu memiliki bakat di bidang makeup, tidak ada salahnya untuk mencoba ide usaha mikro ini, bukan? Kamu cukup memanfaatkan peralatan makeup yang sudah ada untuk membuat berbagai portofolio.

5. Usaha Bengkel Motor atau Sepeda

Usaha Bengkel Motor atau Sepeda

Bengkel motor atau sepeda menjadi jenis usaha mikro menguntungkan lainnya yang JULOvers coba. Kamu dapat memanfaatkan lahan di depan rumah untuk membuka bengkel sendiri.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Rumah kamu akan memiliki poin tambahan jika lokasinya berada di jalan raya atau jalan besar yang sering dilalui oleh kendaraan. Jika tidak, kamu bisa menyewa sebuah tempat kecil untuk mendirikan usaha bengkel motor atau sepeda.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO
 

6. Usaha Warnet

Usaha Warnet

Warnet menjadi tempat yang diminati oleh para muda-mudi, mulai dari mereka yang masih duduk di bangku sekolah, kuliah, bahkan bekerja. Kamu dapat memanfaatkan satu ruangan di dalam rumah untuk dijadikan sebagai tempat warnet. Selain itu, tentu saja kamu akan membutuhkan berbagai peralatan yang mendukung jenis usaha mikro ini seperti komputer dan internet.

7. Usaha Kafe atau Warung Kopi Kekinian

Usaha Kafe atau Warung Kopi Kekinian

Masih dalam memanfaatkan lahan rumah, JULOvers dapat membuka jenis usaha mikro selanjutnya yaitu kafe atau warung kopi kekinian apabila kamu memiliki halaman yang luas. Buatlah berbagai kreasi menu yang mampu menarik perhatian pembeli.

Baca Juga: Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah hingga Lancar dan Sukses

Selain dari kreasi menu, kamu juga perlu memikirkan ide konsep tempat yang mampu membuat pengunjung betah untuk singgah dalam waktu yang lama di sana. Intiplah berbagai konsep kreatif dari beberapa warung kopi dan kafe kekinian yang tengah populer.

8. Usaha Toko Kelontong

Usaha Toko Kelontong

Area perumahan menjadi tempat yang cocok untuk mendirikan usaha toko kelontong. Warga kompleks perumahan kamu tentu akan sangat terbantu dengan hadirnya toko kelontong di mana mereka dapat membeli kebutuhan sehari-hari tanpa harus pergi ke supermarket terlebih dahulu.

Apa saja yang dapat kamu jual melalui toko kelontong ini? Biasanya toko kelontong menyediakan paket sembako, lalu kebutuhan rumah tangga seperti sabun cuci, sapu, pel, dan masih banyak lagi. Jenis usaha mikro ini tidak hanya dapat menguntungkan kamu, namun juga membantu warga sekitar.

9. Usaha Laundry Kiloan

Usaha Laundry Kiloan

Mesin cuci di rumah JULOvers dapat dimanfaatkan untuk usaha laundry kiloan. Jenis usaha mikro ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang tengah berada di usia produktif dan sulit untuk mencuci baju sendiri.

Usaha laundry kiloan sangat cocok didirikan di daerah perumahan hingga kos-kosan. Wilayah yang padat penduduk akan memainkan faktor yang besar terhadap keberhasilan usaha laundry kamu.

10. Usaha Digital Marketing

Usaha Digital Marketing

Digital marketing merupakan usaha periklanan di dunia digital. Saat ini kita hidup di era teknologi di mana semua orang membutuhkan internet untuk mencari informasi hingga mempromosikan bisnisnya.

JULOvers dapat menjalankan jenis usaha mikro digital marketing ini dengan mudah. Bermodalkan ide kreatif dan pengetahuan terhadap trend terbaru, kamu sudah bisa membangun usaha digital marketing.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Apa Saja Kelebihan Usaha UMKM?

Apa Saja Kelebihan Usaha UMKM

Selain karena alasan pandemi, ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk membuka usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Berikut adalah beberapa alasan yang membuat orang membuka usaha UMKM:

1. Inovasi yang Relatif Cepat

Inovasi yang Relatif Cepat

Dengan sistem yang relatif simpel, usaha UMKM memungkinkan kamu untuk melakukan inovasi relatif lebih cepat. Kamu bisa memiliki sebuah ide segar yang kamu percayai dapat merubah pasar dan mengeksekusinya secara langsung tanpa harus menunggu persetujuan atau pandangan tambahan dari pihak lain.

2. Sangat Spesifik

Sangat Spesifik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis bisnis UMKM akan sangat spesifik. Dengan begitu, kamu bisa sangat fokus dalam memulai dan mengembangkan usaha kecil menengah milikmu nantinya.

3. Mudah untuk Dimulai

Mudah untuk Dimulai

Usaha UMKM relatif lebih mudah untuk dimulai. Kamu tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. JULOvers juga bisa mendapatkan banyak bantuan dari pemerintah untuk membantu kamu memulai dan mengembangkan usahamu.

Itulah dia penjelasan tentang jenis usaha mikro sebagai inspirasi bisnis. Jadi, dari sepuluh jenis usaha mikro di atas, mana yang menjadi pilihan JULOvers? Pastikan kamu sudah memiliki modal usaha yang cukup jika ingin menjalankan sebuah bisnis, ya.

Di dalam menjalankan bisnis, ada berbagai macam anggaran operasional yang perlu kamu persiapkan juga. Salah satu anggaran yang cukup besar dan perlu kamu perhatikan adalah anggaran untuk kebutuhan listrik yang digunakan dalam menjalankan bisnis.

Untuk memudahkan kamu dalam membayar listrik secara rutin, silakan gunakan aplikasi JULO untuk cek tagihan listrik online. Kamu dapat mencari tahu tagihan listrik periode terbaru dan bahkan melakukan pembayaran. Yuk, unduh aplikasi JULO sekarang juga dan jangan lewatkan promo siap melesat khusus untuk JULOvers!

Artikel Lainnya