manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh

Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh, Simak Tipsnya Disini

Lari pagi adalah olahraga sederhana yang punya segudang manfaat untuk tubuh. Dengan olahraga lari pagi, JULOvers bisa mendapatkan berbagai macam khasiatnya bagi kesehatan tubuh tanpa harus repot repot mempersiapkan banyak hal. Tidak hanya praktis, lari pagi juga ekonomis. JULOvers tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan olahraga lari pagi ini.

Umumnya, lari pagi dilakukan pada sekitar jam 6 sampai dengan jam 8 pagi, karena di waktu tersebut udaranya masih sejuk dan mataharinya tidak terlalu terik. Olahraga lari pagi tidak memerlukan target jarak spesifik dalam melakukannya. Syarat yang dibutuhkan hanyalah konsistensi dalam melakukan olahraga lari pagi tersebut. Karena olahraga lari pagi baru bisa dirasakan manfaat dan khasiatnya ketika tubuh JULOvers sudah beradaptasi terhadap kebiasaan baik yang sudah dilakukan.

Setelah melakukan lari pagi secara rutin tubuh anda mulai bisa merasakan adanya perubahan positif yang dihasilkan oleh kebiasaan lari pagi tersebut. JULO sudah merangkum beberapa manfaat yang bisa anda rasakan ketika JULOvers sudah melakukan rutin olahraga lari pagi. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang sudah JULO rangkum untuk JULOvers.

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana

Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk memulai beragam aktivitas termasuk lari pagi. Tidak hanya karena udaranya sejuk dan terkesan masih bersih, pagi hari juga waktu dimana tubuh masih dalam kondisi prima setelah beristirahat di malam hari. Memulai pagi JULOvers dengan olahraga memberikan macam-macam manfaat yang dapat dinikmati, mulai dari tubuh yang kuat hingga mental yang sehat. JULOvers dapat memilih lari pagi sebagai olahraga yang mudah dilakukan sehari-hari karena  tidak perlu persiapan yang banyak.

Olahraga lari pagi adalah suatu kegiatan yang mudah, praktis dan murah untuk dilakukan berbagai kalangan, mulai dari yang muda hingga tua bisa melakukan olahraga tersebut. Olahraga lari pagi juga dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok. JULOvers dapat membuat olahraga lari pagi ini sebagai kegiatan rutin bersama keluarga juga lho. Dengan demikian, tidak hanya JULOvers tapi juga orang orang terdekat bisa mendapatkan manfaat dari olahraga lari pagi.

Berbagai macam manfaat dapat dinikmati oleh JULOvers, akan tetapi lari pagi haruslah dilakukan dengan rutin hingga bisa menuai manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dinikmati oleh JULOvers kalau melakukan rutin olahraga lari pagi:

1. Meningkatkan Produktivitas

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Salah satu manfaat dari kegiatan lari pagi adalah mampu meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Hal ini karena olahraga dapat memberikan rangsangan pada tubuh yang terkait dengan kesehatan mental dan fisik. Setelah berlari, hormon endorphin dan adrenalin dalam tubuh anda akan lebih banyak mengalir ke seluruh tubuh. Hormon-hormon tersebut akan menimbulkan perasaan senang yang mampu bertahan selama berjam-jam setelah aktivitas fisik ini dilakukan.

Tidak hanya itu, berolahraga ringan saat udara masih segar, membuat tubuh merasa lebih segar dan siap menjalani berbagai aktivitas harian. Bahkan, setelah melakukan olahraga ringan tersebut, tubuh otomatis mengirimkan sinyal untuk mengisi tenaga terlebih dahulu agar lebih bersemangat.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Apakah JULOvers sering mengalami masalah tidur? Jika JULOvers merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang sulit untuk tidur meski sudah diatas kasur, cobalah untuk rutin melakukan lari pagi di pagi hari. Berdasarkan beberapa informasi mengenai kesehatan, seseorang yang berolahraga di pagi hari mendapatkan tidur yang nyenyak dibandingkan seseorang yang berolahraga di sore atau malam hari. Manfaat lari pagi di pagi hari juga dapat membuat seseorang membangun rutinitas tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Lari pagi merupakan salah satu jenis olahraga kardio. Itu artinya, salah satu manfaat olahraga lari pagi adalah membantu JULOvers menjaga kesehatan jantung. Semakin cepat JULOvers berlari, semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan tubuh. Hal ini membuat jantung bekerja lebih optimal untuk memompa darah agar bisa mengalirkan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Bila dilakukan secara rutin, jantung JULOvers akan lebih kuat dan sehat. Tidak hanya itu, olahraga lari pagi juga bisa membantu meluruhkan endapan kolesterol yang mungkin menumpuk di pembuluh darah JULOvers . Alhasil, JULOvers pun akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang sistem kardiovaskuler, seperti stroke dan serangan jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Sendi

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Beberapa orang menganggap jika berlari dapat berdampak buruk bagi kesehatan sendi. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan jika seseorang yang rutin berlari lebih kecil kemungkinannya untuk alami masalah persendian. Hal ini dapat terjadi karena pelari cenderung memiliki tubuh bugar dan berat badannya terjaga karena rutinitas ini, sehingga jumlah ketegangan pada sendi berkurang.

Selain itu, manfaat lari pagi adalah mampu menjaga kesehatan tulang. Saat mulai lari pagi, tulang merasakan tekanan dan beban sehingga terbiasa akan hal tersebut dan menjadi lebih kuat. Saat tulang lebih kuat, trauma dan cedera tulang dapat dicegah. Dengan meningkatnya ketebalan tulang, beberapa masalah tulang dapat dihindari, seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

5. Melancarkan Pencernaan

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Selain untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, tanpa kamu sadari, olahraga bisa merangsang kinerja otot-otot di dalam usus, sehingga membantu feses untuk bergerak keluar dengan cepat. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat memperlancar BAB dengan cara meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan kontraksi sistem pencernaan. Selain memperlancar pembuangan kotoran dalam tubuh,  olahraga juga dapat membantu produksi vitamin B dan K, serta membantu tubuh mencerna makanan yang sulit dicerna di perut dan usus halus.

Baca Juga : Begini Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

6. Meningkatkan Kesehatan Mental

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Lari pagi untuk kesehatan mental merupakan suatu manfaat yang sering dilupakan dan tidak dihiraukan, padahal lari pagi untuk kesehatan mental sangatlah berpengaruh terhadap banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh JULOvers di kesehariannya. Banyak pelari menemukan bahwa latihan mereka membantu meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Latihan fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mental. Itu artinya, dengan melakukan lari pagi, JULOvers tidak hanya  mendapatkan kesehatan secara fisik, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. 

Saat Anda berolahraga, endorfin dan serotonin, yang merupakan zat kimia untuk meningkatkan suasana hati, dilepaskan di dalam tubuh. Begitu juga ketika Anda sedang olahraga lari pagi ketika udara masih sangat segar, maka tubuh pun akan merespon dengan mengeluarkan endorfin dan serotonin di dalam tubuh yang menyenangkan hati pula.

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Mental

Persiapan Sebelum Lari Pagi

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Selain perlu harus dilakukan secara rutin, olahraga lari pagi juga harus dilakukan dengan senyaman mungkin. Agar dalam proses melakukannya, JULOvers tetap dapat menikmati kegiatan olahraga pagi ini tanpa terbebani. Itu artinya selain mudah dan praktis dilakukan, alangkah baiknya olahraga lari pagi dilakukan dengan beberapa persiapan agar menjadi lebih optimal. Persiapan olahraga lari pagi tidaklah serumit yang anda bayangkan. Tidak seperti olahraga lain yang butuh banyak peralatan tertentu. Berikut ini adalah persiapan yang perlu dilakukan sebelum anda melakukan lari pagi.

1. Persiapkan Niat

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Niat merupakan bagian awal dari sebuah persiapan. JULOvers dapat memulai persiapan lari pagi dengan berkomitmen kepada diri sendiri untuk melakukan olahraga secara rutin. Dengan berkomitmen pada diri sendiri, itu artinya JULOvers siap melakukan olahraga lari pagi dan melawan rasa malas untuk memberikan kebaikan kepada  diri sendiri, baik secara fisik maupun mental.

2. Pemanasan

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh

Lari pagi membutuhkan waktu pemanasan yang lebih lama dibanding lari pada sore hari karena otot masih dalam keadaan kaku selepas tidur malam

JULOvers dapat memulai kegiatan pemanasan dengan berjalan kaki dan melakukan peregangan, seperti mengangkat lengan ke atas untuk mempercepat detak jantung. Lalu, JULOvers dapat memulai melakukan teknik pernapasan menggunakan otot dada dan perut. Setelah lima menit, putar pergelangan kaki, lutut, dan kepala JULOvers supaya persendian juga tidak terasa kaku. Setelah melakukan kegiatan pemanasan tersebut, JULOvers sudah siap melakukan kegiatan lari pagi dengan maksimal!

3. Tidur yang Cukup

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Istirahat yang cukup dapat memberikan energi yang diperlukan untuk lari pagi. Sehubungan dengan itu, penting bagi JULOvers untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berolahraga di pagi hari. Dengan cukup beristirahat, tubuh JULOvers pun akan terasa menjadi lebih segar alih-alih kelelahan. Jadi, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam sebelum lari pagi, ya!

Baca juga: Resmi Naik Kelas, Fintech Lokal JULO Kini Kantongi Izin OJK

4. Baju yang Nyaman

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Selain sepatu, pemilihan pakaian yang tepat juga penting untuk menjaga kenyamanan saat jogging. Pilihlah pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti spandex, katun, atau poliester.

JULOvers bisa memilih pakaian yang santai, seperti kaos, celana jogging, atau celana pendek, untuk berlari. Bagi para wanita, tersedia legging dan bra khusus olahraga yang nyaman dikenakan saat jogging.

5. Persiapkan Minuman

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Selain sarapan, penting juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi baik sebelum dan selama lari pagi. Hal ini karena setelah tidur malam selama 7-8 jam, tubuh akan mengalami dehidrasi ringan. Meskipun kamu tidak mau berlari dengan perut berisi air, minum 6-8 cangkir beberapa menit sebelum lari pagi tidak akan menyebabkan kamu merasa tidak nyaman.

Selain itu, kamu juga perlu membawa minuman olahraga kaya elektrolit untuk kamu minum di sepanjang rute lari. Aturan umumnya adalah minum 3-6 ons cairan untuk setiap mil kamu berlari.

6. Sepatu

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuh
Source: Pexels.com

Jangan lupa untuk memilih sepatu khusus lari. Sepatu lari didesain senyaman mungkin untuk mencegah kaki dari cedera saat berlari. Jangan menggunakan sembarang sepatu yang terasa berat di kaki dan menghambat Anda saat berolahraga.

Sepatu adalah perlengkapan paling penting yang harus dipersiapkan sebelum berlari. Kaki menjadi tumpuan saat berlari sehingga sepatu yang tepat dapat memberikan kenyamanan pada kaki dan mencegah kaki dari cedera. Sepatu lari diciptakan mengikuti bentuk kaki sehingga dapat mengurangi beban pada kaki saat berlari.

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Mental

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pakaian dan sepatu yang sesuai merupakan salah satu perlengkapan yang perlu dipertimbangan sebelum melakukan kegiatan olahraga lari pagi. Tentunya, JULOvers harus memilih perlengkapan tersebut secara cermat. JULOvers bahkan dapat membeli perlengkapan melalui banyak platform e-commerce dengan banyak pilihan menarik sesuai kebutuhan kamu. Tidak hanya itu, biasanya kamu juga dapat memilih jenis pembayaran yang sesuai dengan anggaran dana yang JULOvers miliki.

Baca Juga: Seberapa Mahal Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai ?

Tentunya, kini JULOvers tidak perlu bingung memilih moda pembayaran yang pas dengan kebutuhan, karena sekarang JULO Kredit Digital dapat membantu kamu untuk mencapai kemudahan pembayaran. Dengan JULO Kredit Digital pembayaran tagihan online menjadi cepat dan hemat. Langkah-langkah mudah yang disediakan juga anti membuat kepala anda pusing tujuh keliling! Selain itu, JULOvers juga dapat menikmati beragam fungsi kredit digital dalam kemudahan genggaman smartphone - sebagai berikut:

  • Tarik Dana - merupakan fitur yang dapat membantu anda mendapatkan kredit
  • Kirim Dana - merupakan fitur yang dapat membantu anda mengirimkan dana kepada kerabat
  • Bayar BPJS - merupakan fitur yang bisa digunakan untuk membayar tagihan BPJS
  • Isi Dompet Digital - merupakan fitur untuk melakukan top up atau pengisian terhadap dompet digital anda
  • Bayar E-Commerce - merupakan fitur yang bisa membantu anda dalam melakukan checkout pembayaran pada E-Commerce pilihan anda
  • Isi Pulsa dan Data - merupakan fitur yang dapat membantu anda untuk mengisi saldo pulsa hingga paket data telepon seluler anda
  • Bayar Tagihan Listrik - merupakan fitur yang dapat membantu anda dalam mengisi token listrik hingga pembayaran tagihan listrik pasca bayar
  • Bayar Kartu Pascabayar - merupakan fitur yang membantu anda untuk membayar tagihan telepon pascabayar anda

Lengkap banget kan? Tentunya JULOvers tidak perlu merasa khawatir jika memilih JULO Kredit Digital. Selain berizin OJK, JULOvers bisa mendapatkan limit sampai dengan 15 juta rupiah dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya. Tidak hanya tenor cicilan yang fleksibel sampai 9 bulan, tanggal pengembalian dapat disesuaikan dengan tanggal gajian sehingga mempermudah JULOvers dapat mengatur arus keuangan dan dapat terhindar dari risiko telat bayar. Praktis banget ya, JULOvers!

Nah, JULOvers sudah tahu kan kiat-kiat untuk melakukan olahraga lari pagi? Sekarang JULO mau memberitahukan sebuah event seru yang bisa JULOvers ikuti lho. Yaitu JULO Charity Run! Sekarang kamu bisa berdonasi sambil ikutan JULO Charity Run di GBK Senayan! Setiap partisipasi kamu akan menjadi sumbangan bagi komunitas UMKM Indonesia. Yuk langsung Daftar Sekarang dan #SIAPMELESAT bareng JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…