peran umkm dalam perekonomian indonesia

Mengenal Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

Usaha mikro, kecil, dan menengah atau biasa disebut dengan UMKM adalah bisnis yang dijalankan oleh perseorangan atau badan usaha dalam skala kecil. Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia dapat dikatakan sangat besar dan krusial. 

Pemerintah menyatakan bahwa peran UMKM dalam perekonomian Indonesia termasuk pada bagian dari sistem perekonomian yang mandiri serta berpotensi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

UMKM umumnya dibagi menjadi 4 yang ditetapkan berdasarkan jumlah aset dan omzet yang diterima setiap tahunnya. Pertama, usaha mikro dengan aset maksimal 50 juta dan total omzet 300 juta setiap tahun. Kedua, usaha kecil dengan aset maksimal antara 50 juga hingga 500 juta dan omzet 300 juta hingga 2,5 miliar setiap tahun. Ketiga usaha menengah dengan aset antara 500 juta hingga 10 miliar dan omzet 2,5 miliar hingga 50 miliar setiap tahun.

Terakhir, usaha makro yang memiliki total aset lebih dari 10 miliar dan omzet lebih dari 50 miliar setiap tahunnya. Melihat jumlah omzet dan aset yang dimiliki, UMKM jelas memegang peranan penting dalam dunia perekonomian. Lalu, bagaimana peran UMKM dalam perekonomian Indonesia? Mari simak dan pelajari informasinya di siini.

Apa Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia?

Apa Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia
Sumber: Pixabay

Indonesia merupakan negara yang berpotensi memiliki dasar perekonomian negara yang kuat. Terlebih pada unit usaha mikro dan perekrutan tenaga kerja yang besar. Sebagai salah satu dasar keseimbangan perekonomian negara, berikut merupakan peran UMKM dalam perekonomian Indonesia:

1. Meratakan Tingkat Perekonomian Masyarakat

Meratakan Tingkat Perekonomian Masyarakat
Sumber: Pxhere

Tersebarnya UMKM di berbagai daerah di Indonesia dapat mendukung adanya pemerataan tingkat perekonomian masyarakat, terlebih pada daerah terpencil. Inilah salah satu peran UMKM dalam perekonomian Indonesia.

Baca Juga: 11 Contoh Usaha UMKM yang Dapat Dicoba

UMKM membantu untuk memudahkan masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan baik pokok maupun kebutuhan sekunder.

2. Membuka Lapangan Pekerjaan

Membuka Lapangan Pekerjaan
Sumber: Pxhere

Banyaknya UMKM yang diciptakan dapat membantu masyarakat lain untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Sebuah usaha yang dikelola dalam skala kecil hingga besar, tentu membutuhkan pekerja untuk membantu dalam mengelola usaha. 

Sehingga, akan tercipta lapangan pekerjaan yang ditujukan pada masyarakat dengan keahlian sesuai dengan yang dibutuhkan UMKM. Hal ini merupakan salah satu peran UMKM dalam perekonomian Indonesia yang berdampak cukup besar.

3. Membantu Peningkatan Devisa Negara

Membantu Peningkatan Devisa Negara
Sumber: Pixabay

Bebedapa UMKM tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja, tetapi juga internasional. Kemajuan UMKM dengan melebarkan sayap pada dunia internasional tentu membawa keuntungan bagi negara. 

Negara mendapatkan pemasukan dalam bentuk devisa atau valuta asing. Apabila devisa negara pada tingkat tinggi, maka dapat dikatakan bahwa keuangan negara dalam keadaan baik dan roda perekonomian juga berjalan baik.

UMKM juga membantu menyelamatkan negara dari masa krisis melalui sektor perekonomian. Hal ini dikarenakan UMKM mampu beradaptasi pada segala keadaan serta terus berkembang sehingga dapat membantu menopang kondisi perekonomian negara yang sedang jatuh. Maksimalkan hal ini untuk memaksimalkan peran UMKM dalam perekonomian Indonesia.

 

kredit digital Julo

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha UMKM?

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha UMKM?
Sumber: Pixabay

Bukan tidak mungkin sebuah bisnis kecil suatu saat akan menjadi besar. Perlu dilakukan beberapa usaha untuk mengembangkan sebuah bisnis agar dapat menjadi besar. Kamu dapat lakukan cara ini untuk membantu mengembangkan bisnis kamu:

1. Membuat Perencanaan Bisnis Yang Baik

Membuat Perencanaan Bisnis Yang Baik
Sumber: Pixabay

Meski terdengar sepele, tetapi perencanaan bisnis yang baik justru merupakan dasar untuk membuat bisnis bisa berkembang. Pembuatan rencana bisnis dapat membantu segala pekerjaan untuk bisa diselesaikan dengan rapi dan tepat waktu.

Selain itu, rencana bisnis dapat menciptakan perhitungan keuangan yang sesuai sehingga menghindari adanya pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

2. Pelajari Kelebihan Dan Kekurangan

Pelajari Kelebihan Dan Kekurangan
Sumber: Pixabay

Saat melakukan pengembangan usaha, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari kekurangan dan kelebihannya. Baik dari segi produk maupun operasional kegiatan usaha. 

Untuk produk, perhatikan mana yang memiliki peminat lebih sedikit dan cari tahu apa kekurangan pada produk tersebut. Mempelajari dan mengevaluasi kekurangan adalah cara terbaik dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Mengetahui kelebihan produk dan usaha yang dijalankan dapat menjadi penilaian lebih untuk terus dilakukan dan dipasarkan. Sehingga usaha akan berkembang secara seimbang karena melakukan perbaikan pada kekurangan dan meningkatkan kelebihannya.

3. Pemanfaatan Kemajuan Teknologi

Pemanfaatan Kemajuan Teknologi
Sumber: Pixabay

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat. Tak hanya pada bidang hiburan, namun juga kegiatan jual beli. Hadirnya e-commerce memudahkan baik penjual maupun pembeli untuk melakukan transaksi yang aman dan tepercaya. Perkembangan ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha UMKM kamu.

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

Cara yang perlu dilakukan pun cukup mudah. Sebagai penjual, kamu hanya perlu memasukkan produk pada e-commerce pilihan beserta penjelasan dan foto produk. Dengan begitu, konsumen dari berbagai daerah akan menemukan produk kamu di e-commerce dan dapat melakukan pembelian secara langsung tanpa perlu datang ke lokasi usaha.

4. Perhatikan Target Pasar

Perhatikan Target Pasar
Sumber: Pixabay

Penetapan target pasar dalam melakukan aktivitas marketing dinilai sangat efektif dalam rangka pengembangan usaha. Sebagai pemilik UMKM, pastikan untuk selalu melakukan pengenalan produk pada pasar yang sesuai agar produk dapat digunakan dan diketahui manfaatnya secara maksimal.

Contohnya, sebuah UMKM kosmetik wajah melakukan pemasaran pada wanita dengan rentang usia 17 hingga 35 tahun. Wanita pada usia tersebut masih memiliki kebutuhan yang tinggi akan penggunaan kosmetik.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Apabila dilakukan pengenalan produk pada pasar yang tepat, informasi akan sampai sesuai dengan tujuan dan sangat mungkin untuk meningkatkan penjualan. Hal ini bisa memaksimalkan peran UMKM dalam perekonomian Indonesia.

5. Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi

Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi
Sumber: Pixabay

Dunia digital saat ini memiliki banyak sekali manfaat termasuk dalam perkembangan UMKM dengan memanfaatkan penggunaan internet sebagai alat pemasaran. Promosi atau iklan merupakan cara terbaik dalam melakukan perluasan target pasar usaha  sehingga informasi tersampaikan pada seluruh pengguna internet sesuai dengan segmentasi tertentu.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini! 

Saat ini terdapat alat periklanan pada media baru seperti instagram ads, youtube ads, google ads, dan masih banyak lagi. Teknologi tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis UMKM agar makin banyak orang yang tahu mengenai usaha yang kamu kelola. Dalam melakukan promosi menggunakan media digital, terdapat biaya yang harus dikeluarkan dengan nominal yang beragam sesuai kebutuhan.

Demikian penjelasan seputar peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Perkembangan dalam usaha UMKM sangat didukung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lain hingga negara. 

JULOvers juga dapat mulai membuka usaha UMKM sendiri. Terkendala dana untuk mengembangkannya? Tenang, Produk JULO hadir sebagai kredit digital yang dapat membantu memenuhi kebutuhan dana dan mudah untuk diakses. Hubungi JULO Kredit Digital dan dapatkan promo siap melesat sekarang juga untuk membantu kamu meningkatkan level usaha kamu sekarang juga!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…