tujuan manajemen keuangan

4 Tujuan Manajemen Keuangan

Setiap pebisnis harus melakukan manajemen keuangan. Mengapa demikian? Apa tujuan manajemen keuangan?

Keuangan menjadi sebuah fondasi yang penting di dalam setiap bisnis. JULOvers pasti pernah membaca sebuah kalimat yang menyatakan bahwa keuangan merupakan ujung tombak perusahaan.

Apabila keuangan di dalam suatu bisnis berantakan atau tidak diatur dengan baik, maka dapat dipastikan bisnis tersebut akan mengalami banyak benturan. Bukan tidak memungkinkan bahwa bisnis yang dijalankan dapat gagal.

Sangat penting bagi JULOvers untuk menerapkan manajemen keuangan di dalam bisnis yang tengah kamu jalankan saat ini. Apalagi jika kamu saat ini tengah menyusun rencana untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih besar lagi.

Melalui artikel ini, JULOvers akan mempelajari tujuan dari penerapan manajemen keuangan di dalam bisnis. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, yuk pahami terlebih dahulu pengertian dari manajemen keuangan

Apa Itu Manajemen Keuangan?

kertas yang menunjukkan grafik tentang keuangan bisnis

(Sumber: Pixabay)

Manajemen keuangan merupakan segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan sistem keuangan di perusahaan. Kegiatan ini meliputi perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan penyimpanan.

Baca Juga: Memahami Manajemen Risiko Keuangan

Untuk melakukan manajemen keuangan, perlu dibuat sebuah perencanaan yang matang. Tanpa adanya perencanaan yang matang, perusahaan mungkin akan mengalami masalah yang besar dan bersifat merugikan.

Apa Saja Tujuan Manajemen Keuangan?

Berikut ini, ada 5 tujuan dari manajemen keuangan yang perlu JULOvers ketahui, yaitu:

1. Menjaga Arus Keluar Masuk Kas

dokumen keuangan yang sudah diperiksa

(Sumber: Pixabay)

Tujuan pertama dari penerapan manajemen keuangan adalah untuk menjaga arus keluar masuk kas. Di dalam bisnis yang JULOVers jalankan saat ini, kamu pasti memiliki kas yang digunakan untuk segala kebutuhan perusahaan, bukan?

Kas biasanya digunakan untuk  3 macam aktivitas yaitu aktivitas operasi perusahaan, aktivasi investasi, dan aktivitas pendanaan. Apa saja kebutuhan yang dibayarkan dengan uang kas pada ketiga aktivitas tersebut?

Aktivitas operasi merupakan segala aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan. Kas digunakan untuk membayar gaji karyawan, pajak hingga pembelian bahan material dan ATK.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Menjalankan Bisnis

Selanjutnya ada aktivitas investasi. Bentuk investasi di dalam perusahaan berupa barang atau properti yang dapat diperjualbelikan.

Aktivitas terakhir yang membutuhkan uang kas perusahaan yaitu aktivitas pendanaan. JULOvers dapat menggunakan uang kas untuk melakukan pembelian saham dan bahkan menjual sebagian aset seperti surat berharga sebagai arus masuk kas.

Banyaknya aktivitas di perusahaan yang membutuhkan uang kas menjadi salah satu tujuan dibuatnya manajemen keuangan. Jadi, keuangan di dalam bisnis JULOvers dapat terkontrol dengan baik. 

2. Mengatur Pengeluaran Secara Efisien

sebuah penggaris yang mengapit tumpukan uang di atas dokumen keuangan bisnis

(Sumber: Pixabay)

Pengeluaran harus diatur secara efisien dengan menggunakan manajemen keuangan. Apabila JULOvers tidak menerapkan manajemen keuangan, bisa-bisa uang yang dikeluarkan mengalami pembengkakan untuk hal yang mungkin saja bersifat pemborosan.

Cobalah untuk melakukan evaluasi melalui laporan keuangan bisnis JULOvers dalam beberapa periode waktu yang lampau. Cari sumber yang menyebabkan terjadinya pembengkakan atau pengeluaran mana yang tidak memberikan manfaat  apa pun bagi bisnis kamu.

 

kredit digital Julo

3. Memaksimalkan Keuntungan Perusahaan

seorang wanita tersenyum dan menunjuk ke arah grafik yang terus naik

(Sumber: Pixabay)

Tujuan utama setiap pebisnis dalam menjalankan usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan. Supaya bisnis JULOvers bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, maka perlu dilakukan pengambilan keputusan keuangan yang tepat.

Baca Juga: 4 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Di dalam sebuah bisnis, kamu pasti akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan yang melibatkan keuangan. Oleh karena itu, penerapan manajemen keuangan juga ditujukan untuk mengambil keputusan yang dapat membantu memaksimalkan keuntungan perusahaan.

4. Meminimalisir Risiko

sebuah bangunan dengan yang sudah ditutup dan ditinggalkan

(Sumber: Pixabay)

Setiap bisnis pasti memiliki risiko yang dapat mengancam operasionalnya. Risiko ini ditimbulkan oleh berbagai macam sebab. Contoh nyata yang pasti dapat JULOvers pahami yaitu banyaknya perusahaan yang terpaksa untuk gulung tikar akibat pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 yang lampau.

Pandemi COVID-19 merupakan situasi yang tidak dapat dicegah oleh siapa pun. Banyak perusahaan mengalami risiko yang sangat parah hingga beberapa mengalami kerugian parah.

Penerapan manajemen keuangan dapat membantu pebisnis dalam meminimalisir risiko yang dapat terjadi pada masa depan. Kamu dapat membuat rancangan strategi khusus yang akan digunakan ketika terjadi ancaman risiko terhadap keberlangsungan bisnis.

Bagaimana Cara Melakukan Manajemen Keuangan?

kaca pembesar yang memperbesar salah satu bagian dokumen keuangan

(Sumber: Pixabay)

Setelah JULOvers memahami pengertian dan tujuan dari manajemen keuangan, maka selanjutnya kamu dapat mencoba beberapa cara dalam menerapkan manajemen keuangan di dalam bisnis yang sedang berlangsung saat ini. Seperti apa cara melakukan manajemen keuangan?

Ada 5 hal yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan manajemen keuangan sebagai berikut:

  • Susun rancangan anggaran (budgeting) secara rinci agar kamu mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan di dalam bisnis. Kamu dapat mengambil keputusan yang tepat terhadap pengeluaran yang berada di luar rancangan anggaran.
  • Pisahkan uang pribadi dengan uang modal usaha. Tidak jarang pebisnis yang lupa untuk memisahkan keduanya sehingga dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.
  • Gunakan keuntungan yang kamu dapatkan untuk mengembangkan bisnis daripada kesenangan pribadi. Cukup sisihkan sebagian saja dari keuntungan yang didapatkan untuk segala hal yang bersifat personal.

Sekian informasi yang perlu JULOvers ketahui mengenai manajemen keuangan mulai dari pengertian, tujuan, dan juga cara penerapannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu dalam mengembangkan bisnis yang berlangsung saat ini.

Dalam mengembangkan bisnis, JULOvers tentu akan membutuhkan dana tambahan untuk meningkatkan jumlah produksi, menambah tenaga kerja, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu dapat menggunakan aplikasi JULO.

JULO merupakan aplikasi kredit digital yang menyediakan layanan kredit bagi siapa pun yang membutuhkan dana tambahan. Apa pun kebutuhannya, JULOvers bisa langsung mengajukan kredit yang dibutuhkan melalui aplikasi kami.

Aplikasi JULO juga tentunya sangat cocok untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi JULO sekarang juga dan manfaatkan layanan kami sesuai dengan kebutuhan JULOvers!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…