Daftar Isi
Usaha Apa yang Cocok di Masa Pandemi dan Menguntungkan?
1. Membuka Lapak Online di Marketplace
2. Menjadi Dropshipper atau Reseller
3. Berjualan Makanan dan Minuman Secara Online 
4. Menjadi Content Creator 
5. Membuka Kelas Private
6. Bisnis Pesan Antar Suplai Makanan
7. Menjadi Freelancer
8. Berjualan Masker dan Alkes
9. Jasa Cleaning Service
10. Frozen Food
Daftar Isi
Usaha Apa yang Cocok di Masa Pandemi dan Menguntungkan?
1. Membuka Lapak Online di Marketplace
2. Menjadi Dropshipper atau Reseller
3. Berjualan Makanan dan Minuman Secara Online 
4. Menjadi Content Creator 
5. Membuka Kelas Private
6. Bisnis Pesan Antar Suplai Makanan
7. Menjadi Freelancer
8. Berjualan Masker dan Alkes
9. Jasa Cleaning Service
10. Frozen Food

10 Peluang Usaha yang Cocok di Masa Pandemi

usaha yang cocok di masa pandemi

Apakah peluang bisnis di masa pandemi tetap ada? Tentu saja ada. Meskipun banyak usaha yang merugi sebagai dampak dari pendami, tetapi terdapat berbagai peluang bisnis yang bermunculan. Sebagai contoh, usaha yang cocok di masa pandemi yaitu membuka lapak online di marketplace, menjadi dropshipper dan reseller, berjualan makanan ringan dan frozen food secara online, dan masih banyak lagi peluang bisnis lainnya.

Berbagai peluang bisnis tersebut bisa JULOvers maksimalkan dengan melakukan pinjaman modal secara online di aplikasi JULO Kredit Digital. Setelah pandemi mulai membaik, JULOvers bisa mengembalikan modal tersebut dengan tenor yang cukup fleksibel, yaitu sembilan bulan. Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai peluang bisnis tersebut akan diuraikan di bawah ini ya. 

Usaha Apa yang Cocok di Masa Pandemi dan Menguntungkan?

Usaha Apa yang Cocok di Masa Pandemi dan Menguntungkan

Sumber: Unsplash

Terdapat berbagai peluang usaha di masa pandemi yang bermunculan, terutama usaha yang mengedepankan digitalisasi. Misalnya, JULOvers dapat menjual produk tertentu dengan memanfaatkan marketplace untuk berjualan. Memaksimalkan platform digital untuk usaha akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Berikut rekomendasi beberapa usaha yang menguntungkan di masa pandemi. 

1. Membuka Lapak Online di Marketplace

Membuka Lapak Online di Marketplace

Sumber: Unsplash

Pandemi memaksa seluruh aktivitas dilakukan secara daring, begitu pun dengan kegiatan jual-beli. Dalam hal ini, JULOvers dapat memanfaatkan peluang dengan membuka lapak online di marketplace. Berjualan produk secara daring dapat dilakukan di rumah dengan bermodalkan foto-foto yang dipasarkan di marketplace. 

Profit bisnis online di marketplace terbilang tinggi lho! Hal ini karena hampir semua orang melakukan aktivitas jual-beli secara online dalam rangka meminimalisir interaksi di luar rumah. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih membeli produk melalui marketplace tanpa harus datang langsung ke toko offline. 

2. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Menjadi Dropshipper atau Reseller

Sumber: Pixabay

Semenjak pandemi, kedua bisnis ini cukup populer di kalangan pelaku usaha, lantaran sistem penjualannya cukup mudah dilakukan. Dropshipper merupakan bisnis yang menjual produk tanpa melakukan persediaan, tetapi langsung meneruskan order kepada distributor. Sedangkan reseller sebaliknya, yaitu bisnis yang dilakukan dengan menyediakan produk terlebih dahulu.

Bisnis dropshipper dan reseller dapat dilakukan di rumah dengan waktu yang fleksibel dengan modal minim bahkan tanpa modal. Di sini, JULOvers hanya membutuhkan foto-foto produk dari distributor untuk dipromosikan secara online. Untuk mendapat kualitas foto yang lebih bagus, JULOvers yang memilih bisnis reseller dapat memfoto ulang produk tersebut sebelum dipromosikan.

3. Berjualan Makanan dan Minuman Secara Online 

Berjualan Makanan dan Minuman Secara Online

Sumber: Pixabay

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang timeless, bahkan dalam kondisi pandemi sekali pun. JULOvers dapat menyediakan menu makanan sehat dengan nilai jual higienis. Mengingat kebutuhan makanan sehat selama pandemi ini meningkat cukup pesat. Selain itu, banyak orang yang mulai menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga: Inspirasi Usaha Makanan yang Cocok bagi Pemula dan Menguntungkan

Tidak hanya makanan sehat, JULOvers dapat menawarkan minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, seperti minuman herbal berbahan dasar jahe, jus yang kaya vitamin, dan lain sebagainya. Makanan dan minuman ini dapat kamu pasarkan secara online.kredit digital Julo

4. Menjadi Content Creator 

Menjadi Content Creator

Sumber: Pexels

Sejak pandemi berlangsung, profesi content creator marak digandrungi. Bermula dari pembatasan sosial berskala besar, orang-orang di rumah berkreasi menciptakan berbagai konten di sosial media. Jika dilakukan secara konsisten, menjadi content creator dapat menghasilkan passive income.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Untuk Pemula yang Layak Dicoba 

JULOvers dapat memproduksi berbagai macam konten, mulai dari aktivitas sehari-hari, memasak, cover lagu, dan lain sebagainya. Penghasilan dari content creator ini bahkan bisa tetap mengalir meski pandemi telah berakhir. Jangan lupa daftarkan akun YouTube kamu ke Google Adsense supaya bisa mendapatkan bayaran ketika orang lain menonton iklan yang menempel di video kamu.

5. Membuka Kelas Private

Membuka Kelas Private

Sumber: Pexels

Aktivitas belajar-mengajar terpaksa dilakukan dari rumah selama pandemi berlangsung. Kondisi ini membuat pelajar kurang maksimal dalam memahami berbagai materi pelajaran. Namun, keadaan ini dapat JULOvers jadikan peluang bisnis dengan membuka kelas private secara online. Apalagi kamu memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengajar dan public speaking. 

JULOvers dapat mempromosikan kelas private tersebut secara online di sosial media atau melalui platform khusus guru les. Kamu bisa memberikan potongan harga untuk pertemuan pertama dengan murid-muridmu. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen lainnya.

6. Bisnis Pesan Antar Suplai Makanan

Bisnis Pesan Antar Suplai Makanan

Sumber: Pexels

Seseorang yang terpapar virus COVID-19 wajib melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Di waktu yang bersamaan, mereka tentu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan bisa kembali sembuh. JULOvers dapat memanfaatkan situasi ini dengan membuka peluang bisnis pesan antar suplai makanan.

Bisnis ini termasuk usaha yang cocok di masa pandemi, lantaran menjanjikan. Selain mendapatkan keuntungan, JULOvers telah membantu memenuhi kebutuhan makanan para penyintas untuk kembali sembuh. JULOvers perlu berhati-hati dalam melakukan bisnis ini, sebab berpotensi terpapar virus dari para penyintas. Untuk mengantisipasinya, kamu harus mematuhi prokes dan menerapkan social distancing. 

7. Menjadi Freelancer

Menjadi Freelancer

Sumber: Pexels

JULOvers tetap bisa menghasilkan uang selama pandemi dengan menjadi freelancer. Terdapat berbagai bidang yang bisa kamu coba, mulai dari desain web, content writer, hingga mengambil proyek freelance yang berkaitan dengan UI/UX design. 

Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai freelancer pada beberapa situs, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kamu juga bisa memasarkannya secara mandiri di sosial media. Profit yang akan kamu dapatkan sebagai freelancer di era digitalisasi seperti sekarang ini tentu tidak kecil. Jadi, JULOvers bisa coba menjadi freelancer untuk mengisi waktu luang selama pandemi.

8. Berjualan Masker dan Alkes

Berjualan Masker dan Alkes

Sumber: Pixabay

Pada awal-awal pandemi, masker cukup sulit ditemukan lantaran kebutuhannya melonjak. Sebagai seorang pebisnis, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan berjualan masker dan berbagai alat kesehatan (alkes). Meskipun nanti pandemi telah surut, kebutuhan akan masker dan alkes akan tetap ada karena pandemi tidak akan hilang begitu saja. 

JULOvers dapat memasarkan produk kepada masyarakat umum, rumah sakit, marketplace, dan sosial media. Bisnis ini dijamin untung besar, lantaran produk tersebut masih sangat dibutuhkan dan dicari banyak orang. Kamu bisa bekerja sama dengan pebisnis lain untuk mendapatkan distributor masker dan alkes yang terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah.

Tidak hanya masker, kamu juga bisa menjual produk kesehatan lainnya, seperti hand sanitizer, semprotan disinfektan, serta produk kebersihan lainnya yang dapat mengurangi kuman dan bakteri secara efektif.

9. Jasa Cleaning Service

Jasa Cleaning Service

Sumber: Pexels

Dengan adanya pandemi Covid 19, orang-orang akan semakin rutin beraktifitas di rumah. Salah satu hal yang mereka pasti perhatikan adalah kebersihan rumah. Menjaga kebersihan rumah dapat menjadi hal yang sulit, khususnya bagi orang-orang yang sebelumnya jarang atau tidak pernah melakukannya.

Kamu bisa mulai menawarkan jasa ini untuk teman atau orang-orang di sekitarmu, khususnya orang yang sedang isolasi mandiri sehingga tidak bisa banyak beraktivitas. Kamu juga bisa memanfaatkan platform pemasaran digital, seperti media sosial untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Pastikan saja kamu mengenakan APD serta alat pelindung lainnya agar kamu tetap aman dari covid atau penyakit lainnya yang mungkin menyerang ketika membersihkan rumah klien.

10. Frozen Food

Frozen Food

Sumber: Pexels

Dengan adanya pandemi, orang-orang kini lebih banyak menghabiskan waktu untuk memasak di rumah atau menggunakan layanan pesan antar. Kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan menjual frozen food.

Kamu bisa mulai dengan menyetok makanan beku di kulkas yang kamu miliki di rumah. Ke depannya kamu bisa berekspansi dengan membeli lebih banyak pendingin serta menambah variasi makanan beku.

Bisnis ini juga tidak hanya akan laku di masa pandemi. Selepas masa pandemi, kamu tetap dapat melanjutkan usaha ini jadi investasi kamu akan tetap terus berjalan.

Demikian berbagai ide usaha yang cocok di masa pandemi yang bisa JULOvers coba. Pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga kestabilan ekonomi para pebisnis. Meskipun demikian, terdapat berbagai peluang usaha yang menjanjikan. 

Sebagai seorang pebisnis, tentunya kamu tidak bisa diam melihat peluang tersebut. Tidak perlu khawatir soal modal bisnis, kamu bisa mendapatkan pinjaman online yang dapat diakses dengan mudah dan cepat di JULO Kredit Digital

Peluang bisnis selama pandemi ini cukup menjanjikan, jadi kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mengembalikan pinjaman tersebut dalam waktu yang relatif cepat. Apalagi JULO cukup fleksibel dengan tenor yang ditawarkan, bahkan pembayarannya bisa disesuaikan dengan tanggal gajian. Jadi, tunggu apalagi? Download aplikasinya untuk mendapatkan promo siap melesat saat ini juga!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan