Pengajuan Kredit
Update Terbaru dari OJK Mengenai Pengajuan Kredit
Sesuai dengan Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 19 / SEOJK.06/2023, pengguna baru yang mengajukan kredit digital dihimbau untuk:
- Memiliki rasio cicilan yang tidak melebihi 50% dari sumber pendapatan.
- Memiliki cicilan secara terencana - tidak melebihi 3 (tiga) pinjaman aktif pada 3 (tiga) institusi / pihak penyedia jasa perbankan digital maupun Fintech.
Dalam menggunakan jasa kredit, pengguna akan dikenakan biaya berikut sebagai bagian dari kewajiban yang terstandarisasi:
- Bunga dari 0,1% s/d maksimum 0,3% per harinya.
- Biaya administrasi/biaya provisi
- Biaya lainnya seperti denda keterlambatan - maksimum 0,3% per hari, bea materai beserta pajak.
Sebagai bentuk komitmen JULO dalam memberikan transparansi pada penyediaan jasa kredit serta patuh akan hukum yang berlaku, akan sangat penting bagi kamu untuk memahami ketentuan terbaru serta standar terkait dari OJK ketika mengajukan kredit di JULO.
Bagaimana cara dan syarat pengajuan kredit digital di JULO?
Berikut cara pengajuan kredit digital di JULO:
- Install aplikasi JULO lewat Google Playstore
- Isi formulir dan unggah dokumen yang diperlukan (< 5 menit)
- Tunggu persetujuan dari JULO (sekitar 1 - 2 hari kerja, tergantung kelengkapan dokumen dan uji kelayakan kredit)
Syarat agar kamu dapat mengajukan limit kredit digital di JULO:
- Berdomisili di wilayah Indonesia / Warga Negara Indonesia
- Berusia 18 - 65 tahun
- Pengajuan menggunakan smartphone Android milik sendiri yang aktif digunakan minimal 1 bulan terakhir.
Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk pengajuan?
Kamu perlu mengunggah 3 dokumen berikut dengan aplikasi JULO
- KTP
- Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan
- Foto selfie dengan KTP
Apa saja biaya tambahan di JULO?
Jika kamu menggunakan JULO, ada 2 jenis biaya tambahan:
- Biaya provisi sebesar 5 - 8% jika kamu memilih fitur tarik & kirim dana.
- Biaya keterlambatan pembayaran cicilan limit akan dikenakan sesuai ketentuan yang berlaku.
Apakah pengajuan limit kredit saya pasti diterima?
JULO hanya dapat memberikan limit kredit pada pemohon yang lolos proses uji kelayakan kredit dan verifikasi data.
Kenapa pengajuan saya ditolak?
Ada beberapa alasan kenapa pengajuanmu ditolak, yaitu:
- Syarat dokumen yang diajukan kurang lengkap atau kurang jelas
- Jumlah pinjaman melebihi limit maksimal yang kamu punya
- Kamu tidak bisa dihubungi oleh pihak JULO
- Nama pemohon dan nama rekening penerima pinjaman berbeda
- Tempat tinggalmu di luar wilayah layanan keuangan dan bisnis JULO
Berapa lama saya dapat mengajukan kembali setelah sebelumnya ditolak?
Kamu dapat melihat batas waktu pengajuan kembali di Home Page