Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa yang Dimaksud dengan Peluang Usaha?
Apa Saja Contoh Peluang Usaha yang Menguntungkan?
1. Dropshipper
2. Kursus Online
3. WO dan EO
4. DIY atau Kerajinan Tangan
5. Franchise
6. Katering
7. Kue Ulang Tahun
8. Makeup Artist
9. Rental Mobil
10. Jasa Pembuatan Website
11. Jasa Ilustrasi
12. Laundry
13. Content Creator
14. Penerjemah
15. Kafe
16. Videografer dan Video Editor
17. Fotografer
18. Clothing Line
19. Thrift Shop
20. Kos-kosan
21. Affiliate Marketing
22. Jasa Cuci Sepatu
Bagaimana Cara Memanfaatkan Peluang Usaha yang Baik?
1. Buat Perencanaan yang Matang
2. Lakukan Riset Pasar
3. Tambah Skill Baru
4. Memanfaatkan Seluruh Teknologi
5. Siapkan Modal 

22 Contoh Peluang Usaha yang Bisa Diraih di Tahun 2022!

contoh peluang usaha

Setiap peluang usaha yang datang tentu tidak boleh kita buang begitu saja. Peluang usaha merupakan kesempatan berharga yang harus dimanfaatkan selama JULOvers memiliki sumber daya. Mustahil mengusahakan peluang usaha yang ada di depan mata tanpa memiliki sumber daya untuk mengembangkannya. Sumber daya yang dimaksud dapat berbentuk apa saja seperti modal, alat atau mesin, dan kemampuan. Lalu seperti apa contoh peluang usaha yang bisa dimanfaatkan?

Kami senang JULOvers bertanya. Faktanya memang tidak semua peluang usaha yang datang dapat dimanfaatkan. Kamu perlu mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang baik supaya tidak salah mengambil keputusan. Kalau begitu langsung saja simak informasi di bawah ini supaya JULOvers memahami peluang usaha mana yang bisa dimanfaatkan dan tidak, seperti apa contohnya serta cara memanfaatkannya dengan baik. 

Apa yang Dimaksud dengan Peluang Usaha?

apa yang dimaksud peluang usaha

Peluang usaha adalah suatu kesempatan yang datang di mana seseorang bisa menjadikannya sebuah alat untuk mendatangkan laba. Peluang usaha bisa dimanfaatkan dengan baik asal setiap orang memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk mengusahakannya. Seperti sudah sempat disebutkan bahwa sumber daya yang dimaksudkan dapat berbentuk apa saja.

Mulai dari skill atau kemampuan, lokasi, modal, mesin atau alat, dan bahan baku. Namun perlu diingat bahwa tidak semua peluang usaha itu baik atau bisa direalisasikan. Ada beberapa ciri-ciri peluang usaha yang perlu diketahui agar kamu dapat memilih yang terbaik. Ciri-cirinya seperti: 

  • Memiliki risiko yang mampu diatasi. Hal ini bergantung pada kemampuan dan kapasitas setiap orang dalam mengatasi risiko yang datang. Risiko yang sama bisa menjadi beban berbeda untuk setiap orang. 
  • Memiliki nilai jual yang tinggi dan dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Usaha tersebut dapat dikembangkan atau ditingkatkan seiring berjalannya waktu.
  • Dapat beradaptasi dengan semua perubahan tren yang ada. 
  • Memiliki ketersediaan sumber daya atau bahan baku yang mudah diakses. 
  • Tidak menghabiskan modal atau uang yang sangat banyak tanpa menghasilkan keuntungan setimpal. 
  • Peluang usaha tersebut tidak hanya muncul saat musim-musim tertentu saja. 
  • Peluang usaha harus autentik atau berasal dari diri sendiri alias tidak menjiplak ide orang lain. 

Apa Saja Contoh Peluang Usaha yang Menguntungkan?

Berikut beberapa contoh peluang usaha menguntungkan yang bisa JULOvers coba: 

1. Dropshipper

Dropshipper

Dropshipper menjadi peluang usaha yang cocok untuk para pemula dalam dunia bisnis. Menjadi dropshipper bisa dikatakan tidak sulit seperti usaha lainnya. Cara kerja dropshipper cukup mudah, yakni hanya membutuhkan ponsel sebagai sumber daya utama. 

Tugas kamu ialah menjadi pemasar produk-produk yang dijual oleh supplier. Jika ada pelanggan yang tertarik dan memesan maka kamu tinggal menyampaikan pesanan kepada supplier. Soal pengemasan hingga pengiriman akan menjadi tanggung jawab supplier

2. Kursus Online

Kursus Online

Memiliki berbagai keahlian? keahlian yang kamu punya bisa dijadikan peluang usaha bagus dengan membuka les atau kursus online. Pandemi bukan lagi alasan bagi kamu untuk tidak melakukannya. Saat ini masih ada banyak orang tua mencari kursus online bagi anak mereka yang tidak bisa keluar rumah. Jadi mulailah pasarkan kursus ini di berbagai platform online.

3. WO dan EO

WO dan EO

Wedding organizer (WO) dan event organizer (EO) memang bukan usaha baru. Meskipun sudah banyak yang membuka bisnis WO dan EO, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan ini. Prospek dalam mengatur acara pada masa depan sangat menjanjikan. Apalagi dengan berita baik mengenai kasus COVID-19 yang semakin menurun. 

Hal ini tentu membuat semua pernikahan atau acara pesta yang tertunda selama dua tahun dapat kembali diadakan. Tertarik mengambil bagian dalam kebangkitan industri pernikahan dan acara?

4. DIY atau Kerajinan Tangan

DIY atau Kerajinan Tangan

Hobi yang kamu suka dapat menjadi peluang usaha menjanjikan. Jadi hobi apa yang kamu punya? Merajut, menjahit, merangkai bunga, membuat kue, membuat resin, atau membuat lilin aromaterapi? Apa pun itu kamu bisa membuatnya menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Jangan khawatir tidak laku terjual saat kamu sudah membuat perencanaan yang matang. Aspek paling penting dari semua persiapan kamu adalah ketekunan, tekad, dan kemauan yang tinggi.

Baca Juga: Beragam Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

5. Franchise

Franchise

Membuka bisnis franchise berarti kamu membuka cabang dari suatu brand yang sudah ada. Franchise bisa menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. Apalagi jika kamu membuka franchise dari brand yang nama dan produknya sudah dikenal oleh masyarakat. Pasti tidak akan sulit untuk menjadikan usaha ini berhasil. Kamu hanya perlu jeli melihat brand mana yang memiliki peluang paling menguntungkan. 

6. Katering

Katering

Membuka bisnis katering makanan menjadi peluang usaha yang menguntungkan dengan risiko kecil. Alasannya karena kamu hanya perlu membuat makanan sesuai pesanan yang masuk. Tidak perlu tempat besar sebagai permulaan. Jika bisnis sudah mulai stabil dan berkembang barulah sediakan tempat produksi sendiri.

Baca Juga: Berapa Biaya Operasi Caesar ? Simak Lengkapnya Disini

7. Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun

Bisnis kue ulang tahun kembali menjadi populer di kalangan masyarakat. Khususnya kue ulang tahun dengan desain elegan dan sederhana ala Korea. Desainnya yang unik dan bisa disesuaikan membuat bisnis ini berkembang pesat. Modal yang kamu butuhkan tidak banyak. Cukup beli bahan sesuai pesanan atau gunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Selanjutnya pasarkan di media sosial supaya orang-orang menyadari keberadaan bisnis kamu. 

8. Makeup Artist

Makeup Artist

Bangkitnya industri acara dan pernikahan tentu membuat para makeup artist mendapatkan kembali keuntungan mereka yang sempat menurun. Banyaknya acara yang diadakan membuat jasa makeup artist semakin dibutuhkan. Kamu yang memiliki keahlian dan ketertarikan pada makeup bisa memanfaatkan kesempatan ini. 

9. Rental Mobil

Rental Mobil

Usaha rental mobil memang membutuhkan modal yang besar. Namun bukan berarti mustahil untuk diwujudkan. Mulailah dari mobil yang kamu punya saat ini. Kamu bisa menyewakan mobil yang sudah lama menganggur di rumah akibat pandemi. Ajak juga beberapa teman yang memiliki mobil menganggur untuk membuka usaha bersama-sama. Saat keuntungan yang didapat sudah besar barulah tambahkan jumlah mobil untuk disewakan. 

10. Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat permintaan pembuatan website meningkat. Keahlian kamu dalam coding dan desain website bisa membawa keuntungan yang sangat besar. Apalagi semua aktivitas kini mulai beralih ke dunia digital. Bisnis ini pasti akan memberikan laba yang besar.

11. Jasa Ilustrasi

Jasa Ilustrasi

Memiliki website saja belum cukup untuk membuat pelanggan berdatangan. Desain dan tampilan ilustrasi menarik memainkan peranan penting. Untuk itu kamu dapat memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Tunjukkan semua bakat yang kamu punya kepada berbagai perusahaan dan dapatkan keuntungan daripadanya. 

12. Laundry

Laundry

Tidak perlu bingung mengapa usaha laundry masuk ke dalam contoh peluang yang menguntungkan. Nyatanya jasa laundry menjadi solusi tepat bagi banyak keluarga yang harus bekerja dan tidak sempat melakukan pekerjaan rumah. Memang terlihat sederhana yakni hanya mencuci baju. Tetapi jangan remehkan laba yang bisa didapatkan. Ada begitu banyak pebisnis yang sudah berhasil mendapat untung hingga ratusan juta rupiah hanya dengan membuka jasa laundry

13. Content Creator

Content Creator

Senang berbicara di depan umum? Menjadi seorang content creator bisa jadi pilihan usaha yang tepat. Kamu hanya perlu memilih konten seperti apa yang ingin dihasilkan. Berikutnya rencanakan desain, isi konten, dan waktu pengunggahan ke media sosial. Kunci utama keberhasilan menjadi seorang content creator ialah konsistensi, autentik, dan kreativitas.

14. Penerjemah

Penerjemah

Tidak memiliki skill lain selain berbahasa asing? Tentu hal ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat baik. Kamu dapat bekerja sebagai penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting atau menerjemahkan pidato secara langsung. Jangan salah, menjadi seorang penerjemah memiliki gaji yang sangat besar. Langsung saja buat CV dan taruh di berbagai media sosial agar pihak yang membutuhkan dapat menemukanmu. 

15. Kafe

Kafe

Sekarang bekerja bisa dilakukan dari mana saja. Mereka yang sudah lama bekerja di rumah mulai mencari kafe dan tempat lainnya karena membutuhkan suasana baru. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka kafe dengan interior yang unik dan nyaman. Jangan lupa sediakan makanan serta minuman yang enak supaya pelanggan kembali berkunjung. 

16. Videografer dan Video Editor

Videografer dan Video Editor

Mengabadikan momen berharga adalah sebuah keharusan. Keahlian kamu dalam mengoperasikan kamera, mengambil video yang bagus serta mengedit dengan mulus dapat mendatangkan keuntungan besar. Dua jenis pekerjaan ini sedang tren dan banyak dicari oleh berbagai pihak. Baik untuk WO, EO atau acara-acara perusahaan. Tertarik memulainya?

17. Fotografer

Fotografer

Selain videografer, membuka jasa fotografer merupakan peluang usaha lain yang menguntungkan. Kemampuan mengambil gambar dari berbagai angle, kreativitas serta komunikasi yang baik bisa menjadi bekal untuk memulainya. 

18. Clothing Line

clothing line

Tertarik dengan fesyen? Kamu bisa membuat clothing line sendiri yang menjual berbagai desain menarik. Buat desain pakaian sesuai gayamu untuk menjadikannya berbeda dari yang lain. Berikan kualitas terbaik supaya banyak pelanggan merasa puas terhadap produk yang kamu tawarkan. 

Baca Juga: 9 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

19. Thrift Shop

Thrift Shop

Thrift shop merupakan salah satu bisnis kekinian yang mulai banyak bermunculan. Orang-orang mulai membuka bisnis satu ini karena keinginannya untuk membuang barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan. Namun akan sangat disayangkan jika dibuang begitu saja saat kondisinya masih bagus. Jika kamu memiliki keadaan serupa, maka usaha thrift shop sangat tepat dilakukan. Ubah semua barang yang tidak dibutuhkan menjadi uang. Langsung saja foto semua barang tersebut dan taruh di berbagai media online yang ada.

20. Kos-kosan

Kos-kosan

Ingin membuka bisnis yang selalu dibutuhkan masyarakat? Kamu bisa mencoba peluang usaha kos-kosan. Modal yang dibutuhkan terbilang besar. Tetapi kamu akan mendapatkan pengembalian laba yang juga sangat besar. Kos-kosan selalu dibutuhkan untuk orang-orang rantau yang harus bekerja atau belajar. Bisnis ini juga dapat bertahan lama tidak peduli dalam keadaan apa pun.

21. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Apakah kamu gemar menggunakan produk serta membagikan ulasannya pada orang lain? Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menjadi affiliate marketer.

Simpelnya, seorang affiliate marketer adalah orang yang mereview sebuah produk dengan tujuan membuat orang-orang untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Lalu, bagaimana cara kamu mendapatkan uangnya? Apakah nanti akan menjual produk sendiri?

Kamu nantinya tidak harus menjual produk secara langsung. Untuk mendapatkan uang, kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian yang datang dari link atau ke halaman produk yang datang dari halamanmu atau membeli dengna menggunakan kode referral.

Secara teori, kamu bisa terus mendapatkan pemasukan asal ada orang yang membeli produk terkait dengan menggunakan link atau kode referral darimu.

22. Jasa Cuci Sepatu

Jasa Cuci Sepatu

Jenis bisnis satu ini mungkin tidak dianggap oleh kebanyakan orang; terlalu spesifik dan untungnya tidak banyak. Nyatanya, peluang bisnis satu ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan yang menguntungkan.

JULOvers bisa memulai usaha ini dengan modal yang hanya ratusan ribu. Hal ini tentu berarti usaha kamu akan sangat terbatas pada awalnya; mungkin hanya bisa melayani puluhan pelanggan setiap minggunya.

Selain modal awal yang relatif kecil, jenis bisnis ini juga salah satu bisnis yang awet; akan selalu ada orang-orang yang membutuhkan layanan cuci sepatu.

Lalu, bagaimana caranya kamu bisa mencari pelanggan?

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencari pelanggan bagi bisnis adalah dengan menggunakan strategi pemasaran digital. Kamu bisa membuat konten yang relateable dengan target pasar kamu; seperti membagikan tips dan trik merawat sepatu.kredit digital Julo

Bagaimana Cara Memanfaatkan Peluang Usaha yang Baik?

Sudah memilih satu peluang usaha yang dirasa tepat? Kalau begitu kamu harus tahu mulai memanfaatkannya dengan baik. Berikut cara-cara melakukannya. 

1. Buat Perencanaan yang Matang

Buat Perencanaan yang Matang

Cara pertama yang harus kamu lakukan ialah membuat perencanaan matang. Pilih model dan metode bisnis yang akan digunakan. Tentukan nama, logo, desain, kemasan, dan produk dengan keunggulan seperti apa yang ingin dijual. Seluruh aspek penting sebelum kamu menjalankan bisnis perlu direncanakan baik-baik agar saat hari eksekusi semuanya dapat berjalan lancar. 

Baca Juga: Begini 6 Cara Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif

2. Lakukan Riset Pasar

Lakukan Riset Pasar

Jangan lupa untuk mencari tahu target pasar yang kamu tuju. Adakan survei dan riset mengenai kebutuhan pelanggan. Semakin banyak informasi pelanggan yang kamu ketahui, semakin banyak juga produk yang bisa disiapkan. 

3. Tambah Skill Baru

Tambah Skill Baru

Skill yang kamu punya saat ini mungkin cukup untuk membangun bisnis pertama kali. Namun kamu perlu menambahkan berbagai skill baru supaya bisnis semakin berkembang. Skill yang kamu punya memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas bisnis. Ikut seminar dan kursus akan membantu kamu memperluas wawasan serta menambah kemampuan dalam mengelola bisnis dengan lebih baik.

Baca Juga: Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Bisnis

4. Memanfaatkan Seluruh Teknologi

Memanfaatkan Seluruh Teknologi

Dalam bisnis kamu tentu perlu memanfaatkan semua sumber daya yang ada termasuk teknologi. Gunakan teknologi untuk membuat bisnis semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Tidak berhenti di Indonesia tetapi justru sampai masyarakat dunia. Jadi gunakan semua media dan channel untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

5. Siapkan Modal 

Siapkan Modal 

Modal menjadi aspek krusial yang tidak bisa ditoleransi. Tanpa modal sia-sia saja semua persiapan yang kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan tabungan pribadi sebagai modal awal membangun bisnis. Belum cukup? Ajukan saja pinjaman di bank atau fintech tepercaya. Saat ini prosesnya sudah sangat mudah dan dapat dilakukan dari mana saja. Salah satunya di JULO Kredit Digital. Dapatkan semua kemudahan menarik dana tunai hanya dengan satu kali verifikasi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah dan Cepat

Kini JULOvers sudah mengetahui semua informasi penting untuk merespons peluang usaha yang datang. Jadi contoh peluang usaha mana yang JULOvers pilih? Jangan lupa untuk memberikan persiapan terbaik agar bisnis kamu bisa berhasil dan berkembang hingga menjadi besar. 

Kamu bisa menggunakan JULO Kredit Digital ketika membutuhkan modal usaha tambahan. Tidak perlu ragu soal keamanan karena JULO sudah memiliki izin beroperasi dari OJK. Tidak hanya fitur tarik tunai, kamu bisa memanfaatkan fitur lain seperti pembayaran tagihan, transfer, dan paylater. Jadi tunggu apalagi? Sudah #SiapMelesat bersama JULO? Langsung saja manfaatkan promo siap melesat dan #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital sekarang!

Artikel Lainnya