Daftar Isi
Apa Saja Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar yang Menguntungkan?
1. Penulis Lepas
2. Katering
3. Bisnis Makanan Beku
4. Kerajinan Tangan
5. Jual Produk Kecantikan
6. Menjadi Perangkai Bunga
7. Dropshipper
8. Reseller
9. Youtuber
10. Kursus Online atau Offline 
11. Budidaya Tanaman Hias
12. Laundry
13. Bisnis Kue atau Dessert
14. Penjahit Pakaian
Daftar Isi
Apa Saja Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar yang Menguntungkan?
1. Penulis Lepas
2. Katering
3. Bisnis Makanan Beku
4. Kerajinan Tangan
5. Jual Produk Kecantikan
6. Menjadi Perangkai Bunga
7. Dropshipper
8. Reseller
9. Youtuber
10. Kursus Online atau Offline 
11. Budidaya Tanaman Hias
12. Laundry
13. Bisnis Kue atau Dessert
14. Penjahit Pakaian

Cari Uang Tambahan dengan 14 Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga tidak bisa lagi melakukan aktivitas produktif atau membuat bisnis? Tentu saja bisa! Saat ini siapa saja bisa membuat bisnis, termasuk ibu-ibu rumah tangga. 

Jika JULOvers bingung ingin membuka bisnis apa maka berbagai usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar di artikel ini bisa dijadikan pilihan. Jangan merasa minder ataupun tidak mampu karena semua kemampuan dan pengalaman yang JULOvers punya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar. 

Asalkan JULOvers berusaha dengan konsisten maka keuntungan yang besar pasti bisa didapatkan. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari simak usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar di bawah ini!

Apa Saja Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar yang Menguntungkan?

Apa Saja Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar yang Menguntungkan
Sumber: Pexels

Ada banyak usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar yang bisa kamu coba. Menjadi ibu rumah tangga tidak selalu berhubungan dengan urusan rumah.

Baca Juga: Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah hingga Lancar dan Sukses

Kamu bisa mencoba melakukan berbagai hal untuk mendapatkan pengalaman baru seperti halnya membuka bisnis. Saat ini membuka bisnis tidak harus langsung dalam skala besar atau sesuatu yang kompleks. Contohnya seperti membangun bisnis berikut ini.  

1. Penulis Lepas

Penulis Lepas
Sumber: Pexels

Kamu suka menulis? Kenapa tidak memanfaatkan kesenangan tersebut untuk kegiatan produktif yang juga menghasilkan uang? Tentu sangat menyenangkan saat melakukan aktivitas yang kamu sukai, bukan? Mulailah bagikan hasil tulisan ke berbagai platform online supaya makin banyak yang menyadari kemampuanmu. 

2. Katering

Katering
Sumber: Pexels

Kemampuan memasak ibu rumah tangga tentu tidak perlu dipertanyakan. Jangan minder saat kamu hanya bisa memasak.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Justru kemampuan tersebut dapat membawa keuntungan yang sangat besar. Modal yang dibutuhkan tidak banyak. Kamu hanya perlu memasak sebanyak pesanan yang diterima. 

3. Bisnis Makanan Beku

Bisnis Makanan Beku
Sumber: Pexels

Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar lainnya yang juga menguntungkan adalah makanan beku. Makanan beku saat ini memiliki jumlah permintaan yang cukup tinggi karena sangat praktis dan mudah didapatkan.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Semuanya bisa dikirim menggunakan jasa pengiriman darat atau laut. Tidak perlu pusing makanan akan basi karena teknologi pengiriman saat ini sudah sangat cepat. Bagaimana? Tertarik melakukannya?

4. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan
Sumber: Pexels

Menjual hasil kerajinan tanganmu juga bisa menjadi alternatif usaha yang sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual hasil rajutan, hasil merangkai bunga, atau bahkan produk jadi lainnya yang telah dibuat. Makin unik kerajinan tangan yang dibuat makin banyak juga orang yang ingin membelinya.kredit digital Julo

5. Jual Produk Kecantikan

Jual Produk Kecantikan
Sumber: Pexels

Menjual produk-produk kecantikan juga bisa kamu jadikan pilihan untuk bisnis selama di rumah. Kamu hanya perlu mencari produk-produk berkualitas lalu tawarkan di berbagai platform online

Sebagai permulaan, kamu tidak perlu menyetok barang dalam jumlah banyak. Pasarkan saja terlebih dahulu sampai kamu mendapatkan banyak permintaan. Kemudian barulah mulai membeli sejumlah produk yang diminati. 

6. Menjadi Perangkai Bunga

Menjadi Perangkai Bunga
Sumber: Pexels

Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar berikutnya yang bisa dicoba ialah menjadi perangkai bunga alias florist. Peluang menjual bunga masih cukup besar meskipun sudah banyak yang melakukannya. 

Jika dalam daerah tempat tinggal belum ada yang menjual rangkaian bunga maka kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan. Sistem penjualan bunga hampir sama dengan katering. Jadi kamu hanya perlu mengeluarkan modal saat ada pesanan masuk. Mudah, bukan? 

7. Dropshipper

Dropshipper
Sumber: Pexels

Tidak ingin bisnis yang sulit? Kalau begitu kamu bisa mencoba bisnis dropshipper. Modal yang dibutuhkan hanyalah handphone dan skill kamu untuk menggunakan media sosial agar bisnis dapat berkembang.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Dropship dan Reseller? Berikut Penjelasannya

Tugas kamu saat membuka bisnis dropshipper ialah sebagai pihak ketiga. Jadi saat ada pesanan masuk, kamu hanya perlu menyampaikan informasi lengkap kepada supplier. Hal ini diperlukan karena supplier yang akan mengurus seluruh urusan packing dan pengiriman kepada pelanggan. 

8. Reseller

Reseller
Sumber: Pexels

Serupa dengan dropshipper, hanya saja tugas kamu bukan sekadar menjadi perantara. Reseller langsung membeli barang dari supplier untuk selanjutnya dijual kembali kepada pelanggan. Urusan memasarkan, packing, dan pengiriman juga menjadi tugasmu.

9. Youtuber

Youtuber
Sumber: Pexels

YouTube sudah menjadi salah satu platform yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Tidak hanya anak-anak muda tetapi juga orang tua. Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari YouTube. 

Topik hiburan sampai pengetahuan bisa didapatkan saat menonton YouTube. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Tahukah bahwa keuntungan yang didapat oleh para youtuber cukup besar? 

Adsense yang didapat ketika kamu konsisten mengunggah video tentu sangat menguntungkan. Kamu bisa memilih satu dari banyaknya pilihan topik yang tersedia. Sesuaikan saja topiknya dengan ketertarikan kamu dan mulai buat video untuk diunggah ke YouTube. 

10. Kursus Online atau Offline 

Kursus Online atau Offline 
Sumber: Pexels

Punya passion dalam mengajar khususnya di bidang akademik? Tentu kamu bisa membuka kursus akademik baik secara online maupun offline. Apabila saat ini terkendala dengan jarak atau tempat mengajar maka membuka kursus secara online bisa menjadi alternatif terbaik. 

11. Budidaya Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias
Sumber: Pexels

Budidaya tanaman hias menjadi populer sejak pandemi. Alasannya karena merawat tanaman hias dapat membantu melepaskan penat setelah sibuk bekerja atau mengurus pekerjaan rumah. 

Kamu bisa mencoba menjual tanaman hias hasil budidaya selama pandemi supaya mendapatkan keuntungan. Kamu bisa menjual tanaman berukuran kecil dalam bentuk hamper ataupun langsung menjual tanaman yang berukuran besar. 

Bahkan keduanya bisa kamu lakukan sekaligus. Pasarkan di berbagai media sosial dan e-commerce yang ada supaya keuntungan maksimal bisa didapatkan.

12. Laundry

Laundry
Sumber: Pexels

Jasa laundry sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang bekerja dan tidak sempat mengurus pekerjaan rumah seperti mencuci. Modal yang kamu keluarkan memang besar di awal tetapi bukan berarti tidak menguntungkan. 

Sebagai permulaan bahkan kamu tidak perlu membeli mesin cuci baru. Gunakan mesin cuci yang ada di rumah sampai terkumpul dana untuk membeli yang baru. Nantinya saat sudah makin berhasil kamu bisa terus menambah jumlah mesin cuci agar bisnis laundry berkembang. 

13. Bisnis Kue atau Dessert

Bisnis Kue atau Dessert
Sumber: Pexels

Kue dan dessert kembali viral dengan bentuk dan rasa yang menggugah selera. Bentuknya yang lucu serta estetik menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang ingin merayakan ulang tahun kerabat.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Berbagai desain khusus yang unik serta menarik membuat masyarakat beralih dari kue ulang tahun biasa yang dijual di toko roti setempat. Coba buat satu kue dengan desain yang estetik, kemudian foto dan pasarkan ke berbagai media sosial. Jangan lupakan copywriting yang menarik supaya ada banyak pelanggan yang tertarik mencoba kue buatanmu. 

14. Penjahit Pakaian

Penjahit Pakaian
Sumber: Pexels

Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar terakhir yang bisa dicoba ialah membuka jasa menjahit pakaian. Jika kamu memiliki kemampuan untuk menjahit bahan menjadi pakaian siap jadi maka membuka jasa jahit dapat memberikan keuntungan besar. 

Satu pakaian yang berhasil kamu buat bisa dijual dengan harga Rp500.000-Rp.1.000.000. Bahkan kalau tingkat kompleksitasnya sangat tinggi, kamu bisa menjualnya dengan harga di atas Rp2.000.000. Modal yang dibutuhkan hanya alat jahit serta ketelitian kamu saat menjahit bahan-bahan yang ada. 

Bagaimana JULOvers? Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar mana yang paling menarik untuk dicoba? Jangan langsung menyerah atau takut gagal sebelum mencoba. Kamu bisa membuat perencanaannya terlebih dahulu supaya bisnis yang dijalankan berhasil dan dapat membawa keuntungan yang besar. 

Jika JULOvers membutuhkan pinjaman untuk modal usaha maka JULO bisa menjadi platform pilihan. JULO Kredit Digital merupakan aplikasi pinjaman online yang mudah serta tepercaya karena sudah mengantongi izin dari OJK. JULOvers bisa menggunakan layanan tarik tunai untuk mencukupi modal usaha. 

Limit yang diberikan JULO juga besar yakni mencapai Rp15.000.000. Waktu cicilannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tunggu apalagi? Sudah #SiapMelesat bersama JULO? 

Yuk download aplikasi JULO di handphone dan manfaatkan promo siap melesat untuk membangun bisnis JULOvers sekarang juga! Semoga informasi mengenai usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar yang sudah dijelaskan di atas bermanfaat.

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
cara bisnis online
Keuangan & Bisnis
kriteria umkm