usaha kecil yang menguntungkan

Coba Beragam Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan

“Memangnya ada usaha kecil yang menguntungkan? Bukankah semua usaha belum tentu menguntungkan?” Pertanyaan yang JULOvers ajukan tidak salah sama sekali. Memang benar bahwa ada usaha yang tidak bisa bertahan dan akhirnya harus gulung tikar. 

Tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Nyatanya saat ini ada banyak usaha yang bisa JULOvers coba dan terbukti menghasilkan keuntungan. 

Namun semua keuntungan yang ingin didapatkan harus diusahakan alias didapatkan dengan bekerja keras. Kalau begitu langsung saja simak berbagai usaha kecil yang menguntungkan untuk JULOvrs. 

Apa Saja Usaha Kecil yang Menguntungkan?

apa saja usaha kecil yang menguntungkan
Sumber: Pexels

Usaha apa yang terlintas dipikiran kamu saat mendengar kata “usaha kecil yang menguntungkan”? Makanan, baju, atau warung sembako? Semuanya benar. Makanan, baju, ataupun warung sembako sudah pasti menghasilkan keuntungan yang besar. 

Namun jika kamu perhatikan lebih lanjut, sebenarnya apa yang membuat ketiganya laku terjual? Jenis usaha kecil yang menguntungkan di atas merupakan kebutuhan pokok masyarakat sehingga tidak heran jika usaha tersebut membawa keuntungan. 

Namun tidak hanya itu, masih ada lagi usaha yang mampu mendatangkan keuntungan walaupun skalanya kecil. Berikut beberapa bentuk  usaha lainnya. 

1. Dropshipper

Dropshipper
Sumber: Pexels

Ingin membuka usaha yang tidak repot? Dropshipper bisa kamu coba! Dropshipper termasuk usaha kecil yang menguntungkan karena tidak membutuhkan modal besar. Kamu bahkan tidak harus membeli barang-barang dari supplier layaknya reseller. Cukup sediakan tools untuk desain konten dan ponsel kamu. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Menjalankan Bisnis

Kemudian pasarkan di berbagai e-commerce dan media sosial. Ketika ada pesanan masuk, kamu bisa langsung memberitahukan supplier, lalu tugas sebagai dropshipper selesai. 

2. Franchise Minuman

Franchise Minuman
Sumber: Pexels

Franchise minuman juga dapat membawa keuntungan. Kamu tidak memerlukan tempat yang besar. Cukup gunakan bagian depan rumah atau menyewa ruko kecil. Lalu daftarkan usahamu ke berbagai aplikasi pengiriman makanan.

Baca Juga: Beragam Ide Usaha Franchise Modal Kecil

Kunci mendapatkan keuntungan ialah memilih brand minuman yang sudah dikenal masyarakat. Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk memasarkannya. 

3. Jus dan Salad

Jus dan Salad
Sumber: Pexels

Jus dan salad saat ini banyak dicari masyarakat. Setelah keadaan kesehatan masyarakat di seluruh dunia menurun drastis akibat pandemi, semua orang berusaha mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Itu berarti permintaan jus dan salad makin tinggi. 

Baca Juga: Biaya Awal Modal Usaha Minuman Kekinian

4. Dessert Box

Dessert Box
Sumber: Unsplash

Merayakan ulang tahun keluarga dan kerabat tidak lagi hanya menggunakan kue yang besar. Saat ini dessert box sedang tren karena ukurannya yang pas untuk satu kali makan. Selain itu kemasan yang unik dan menarik sering menjadi alasan mengapa banyak orang membelinya. 

Kamu bisa mengambil bagian dalam tren yang sedang berjalan tersebut. Buatlah varian dessert box yang belum dibuat oleh kompetitor. Entah menggunakan bahan berbeda atau kemasan unik lainnya. 

5. Frozen Food

Frozen Food
Sumber: Unsplash

Keberadaan pandemi membuat kegiatan belanja masyarakat harus beralih dari offline ke online. Itu berarti frozen food juga termasuk usaha kecil yang menguntungkan.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Saat ini belum banyak orang yang membuka frozen food dengan kualitas premium. Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. 

6. Thrift Shop

Thrift Shop
Sumber: Pexels

Memiliki barang-barang yang masih bagus dan tidak lagi digunakan? Kamu bisa menjualnya dan membuka thrift shop atau pre-loved store.

Baca Juga: 9 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

Keduanya sama-sama menyediakan produk barang bekas namun berkualitas bagus. Daripada membiarkan barang memenuhi ruangan di rumah, bukankah lebih baik kamu menjadikannya uang?

7. Hamper dan Parsel

Hamper dan Parsel
Sumber: Pixabay

Hamper dan parsel merupakan salah satu usaha yang terbilang fleksibel tetapi membawa keuntungan yang besar. Kamu bahkan bisa untung besar jika ada permintaan dari perusahaan atau pemerintahan untuk menyediakan hamper dalam jumlah yang banyak. Apakah kamu tertarik dengan usaha kecil yang menguntungkan ini?

8. Laundry Baju

Laundry Baju
Sumber: Pixabay

Laundry baju menjadi usaha yang menjawab kebutuhan masyarakat. Mereka yang harus bekerja dan tidak memiliki asisten rumah tangga akan sangat terbantu dengan adanya jasa laundry baju. Apalagi kalau kamu menyediakan layanan antar jemput. Pasti masyarakat akan menggunakan jasa laundry baju yang kamu sediakan.

kredit digital Julo

9. Laundry Sepatu

Laundry Sepatu
Sumber: Pexels

Selain laundry baju, kamu juga bisa membuka jasa laundry sepatu. Saat ini jasa tersebut banyak muncul di daerah Jakarta. Tetapi tidak di daerah lainnya. Jika kamu tinggal di luar Jakarta maka usaha laundry sepatu bisa membawa keuntungan yang besar. 

10. Warung Sembako

Warung Sembako
Sumber: Pexels

Sembako selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Kamu bisa membuka warung sembako yang menyediakan semua bahan keperluan rumah tangga dengan lengkap. Mulai dari beras, sabun, air galon, gas, dan masih banyak lagi. Makin lengkap barang yang kamu jual, makin banyak juga keuntungan yang bisa didapat. 

11. Pangkas Rambut

Pangkas Rambut
Sumber: Pexels

Punya keahlian dalam memotong dan menata rambut? Kamu bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai “ladang emas”. Buka pangkas rambut atau salon di dekat rumah. Tunjukkan keahlianmu dengan berbagai kursus atau bahkan testimoni dari kerabat. Jangan lupa pasarkan di berbagai media sosial dan gunakan strategi word of mouth. 

12. Car Wash

Car Wash
Sumber: Pexels

Pernah berpikir untuk membuka jasa cuci mobil namun tidak jadi karena ragu? Jangan ragu lagi karena membuka jasa cuci mobil dapat membawa keuntungan. Jika tidak memiliki tempat yang besar untuk cuci mobil, kamu bisa mulai dengan jasa cuci motor. Keduanya sama-sama memiliki peluang besar dan menguntungkan. 

13. Tutor Online

Tutor Online
Sumber: Pexels

Tutor online saat ini banyak dipilih oleh orang tua karena kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Kamu bisa menjadi tutor online apa saja.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Entah itu tutor yang mengajar pelajaran akademik, atau mengajar bahasa. Kamu bisa menentukannya berdasarkan kemampuan atau skill yang ada. Tidak perlu merasa tertekan karena materi pembelajaran yang harus diberikan pun sudah tersedia di internet. 

14. Penerjemah

Penerjemah
Sumber: Pexels

Jasa penerjemah juga makin banyak dicari. Kamu yang sebelumnya bekerja sebagai translator untuk acara-acara besar namun tidak bisa lagi melakukannya karena pandemi dapat beralih menjadi penerjemah dokumen. Kemampuan bahasa asing yang kamu punya jadi bisa digunakan kembali untuk menghasilkan uang tambahan. 

15. Jasa Foto Online

Jasa Foto Online
Sumber: Pexels

Jika kamu bertanya-tanya, “Apakah mungkin menghidupkan kembali usaha jasa foto?”, maka jawabannya tentu saja mungkin! Hanya saja kamu perlu beralih ke dunia virtual yaitu dengan membuka jasa foto online. Saat ini ada banyak sesi pemotretan yang dilakukan secara virtual. Hasilnya pun tidak kalah bagus dengan sesi pemotretan offline. Tertarik mencobanya?

16. Warung Kopi

Warung Kopi
Sumber: Pexels

Masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari konsumsi kopi. Dalam sehari ada banyak orang yang bisa minum 2-3 gelas kopi. Tidak heran jika banyak kedai atau warung kopi bermunculan. 

Satu brand saja tidak bisa menguasai luasnya pasar Indonesia terhadap kopi. Itu sebabnya kamu bisa masuk untuk memanfaatkan peluang usaha kopi. Tidak perlu membuat tempat kopi yang besar. Asalkan kualitas kopi yang kamu sediakan bagus maka hal itu sudah cukup baik. 

Tetapi tidak ada salahnya juga jika kamu memiliki dana lebih untuk membuka tempat kopi yang nyaman dan estetik. Masyarakat pasti betah berlama-lama di warung kopi yang kamu buka. 

Bagaimana Cara Mengelola Usaha Kecil dengan Baik?

Bagaimana Cara Mengelola Usaha Kecil dengan Baik?
Sumber: Pexels

Masih ingat bahwa kesuksesan hanya bisa didapatkan ketika kamu mengusahakannya? Kunci utama mengelola usaha kecil yang menguntungkan ialah dengan mengusahakannya sebaik mungkin. Mengusahakan berarti melakukan segala cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha. 

Baik itu melakukan peningkatan terhadap kualitas maupun layanan. Jika kamu masih bingung bagaimana mengusahakannya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

1. Dapatkan Pengakuan Izin Usaha

Dapatkan Pengakuan Izin Usaha
Sumber: Pexels

Meskipun usaha kecil, sangat penting untuk mendapatkan pengakuan atau izin usaha dari pihak yang berkepentingan. Dokumen izin usaha ini dapat digunakan sebagai “kunci” untuk menikmati layanan yang diberikan pemerintah. 

Salah satunya seperti Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang diberikan pemerintah kepada ribuan UMKM di Indonesia. Dokumen izin usaha menjadi salah satu syarat bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan BLT. Bagaimana? Dokumen ini sangat penting, bukan?

2. Kelola Keuangan

Kelola Keuangan
Sumber: Pexels

Mengelola keuangan dengan baik adalah keharusan. Tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik maka bisa dipastikan usaha akan bangkrut. Jadi penjualan bukan satu-satunya faktor penentu kesuksesan dan keberhasilan. 

Tingginya tingkat penjualan yang kamu dapatkan akan menjadi sia-sia karena buruknya pengelolaan keuangan. Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Kamu bisa mulai dengan memisahkan rekening usaha dan pribadi. Lalu catat semua arus kas secara mendetail.

Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Keuangan Di Dalam Bisnis

Atur apa saja yang perlu dikeluarkan dan apa yang masih bisa menunggu. Saat kamu pandai mengatur keuangan maka usaha dapat berjalan lancar dan konsisten.

4. Buat Rencana

Buat Rencana
Sumber: Pexels

Membuat rencana usaha untuk masa depan sangat penting dilakukan. Perencanaan sama seperti strategi yang kamu gunakan untuk mencapai tujuan usaha. 

Jika kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp20.000.000 di akhir tahun maka strategi apa yang akan digunakan untuk mencapainya? Rencana inilah yang menjadi alat bantu bagi kamu untuk memetakan ke arah mana usaha harus berjalan. 

Jangan lupa untuk membuat rencana cadangan kalau-kalau terjadi hal yang tidak terduga, sehingga kamu sudah siap menghadapi keadaan apa pun yang datang. 

4. Selalu Lakukan Evaluasi

Selalu Lakukan Evaluasi
Sumber: Unsplash

Evaluasi dilakukan supaya kamu bisa melihat kemajuan dari semua strategi yang telah digunakan. Kamu jadi bisa menilai strategi apa saja yang membawa dampak positif dan negatif. 

Hasil dari evaluasi tersebut berguna untuk bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Jadi dasar keputusan yang kamu ambil bukan hanya karena perasaan atau tren semata, tetapi benar-benar berdasarkan fakta di lapangan. 

5. Lakukan Riset Secara Berkala

Lakukan Riset Secara Berkala
Sumber: Unsplash

Riset tidak hanya dilakukan saat pertama kali kamu memulai usaha. Riset perlu dilakukan secara berkala dalam periode yang ditentukan. Hal ini berguna untuk mengetahui ke mana tren berjalan. 

Selain itu kamu jadi lebih mengerti kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan produk baru. Makin banyak informasi yang didapatkan, makin banyak juga yang bisa kamu lakukan. 

6. Pasarkan Produk Secara Aktif

Pasarkan Produk Secara Aktif
Sumber: Unsplash

Pengelolaan tidak hanya berbicara soal keuangan atau proses produksi. Pengelolaan juga berbicara tentang pemasaran yang dilakukan supaya produk makin dikenal luas.

Baca Juga: Beragam Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Dipraktekkan

Itu sebabnya kamu harus memasarkan produk secara aktif. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat giveaway atau kompetisi di media sosial. Kamu juga bisa berinteraksi dengan membuat acara live

7. Selalu Belajar Hal Baru dan Berinovasi

Selalu Belajar Hal Baru dan Berinovasi
Sumber: Unsplash

Sebagai seorang pengusaha kamu perlu terus memperlengkapi diri dengan informasi baru. Ikuti berbagai seminar usaha , kelas online, baca buku atau bahkan pertemuan khusus pengusaha. 

Bangunlah relasi antara sesama pengusaha supaya kamu bisa berdiskusi dan saling belajar. Belajar hal baru pada akhirnya akan membawa dampak positif kepada usaha yang kamu bangun. 

Kamu jadi punya berbagai ide baru yang bisa diaplikasikan. Ide-ide baru tersebut membuat usaha kamu dapat bertahan dalam ketatnya persaingan pasar. 

Itu dia berbagai ide usaha kecil yang menguntungkan. Semoga JULOvers terinspirasi dengan informasi yang baru saja dijelaskan. Sudah siap memulai usahamu sendiri? Langsung saja buat perencanaan dan siapkan modal yang diperlukan. 

Jika JULOvers membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha kecil yang menguntungkan maka JULO bisa menjadi platform yang tepat. JULO merupakan aplikasi kredit digital yang aman, tepercaya, serta mudah digunakan. JULOvers hanya perlu mendownload aplikasinya di ponsel atau tab lalu ajukan pinjaman yang dibutuhkan. 

Limit yang diberikan JULO cukup besar yakni mencapai Rp15.000.000. Selain itu JULOvers tidak perlu pusing soal tenor dan jumlah yang harus dikembalikan setiap bulannya. Aplikasi JULO sudah melakukan perhitungan sehingga kamu bisa langsung membayar sesuai jumlah yang tertera. 

JULO juga sudah memiliki izin dari OJK sehingga JULOvers tidak perlu khawatir terhadap kasus penipuan pinjaman online yang marak terjadi. Jadi apakah JULOvers sudah #siapMelesat? Yuk manfaatkan semua promo siap melesat dari JULO untuk usaha kamu sekarang juga!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…